Karena insiden pembunuhan Presiden William McKinley, Theodore Roosevelt, yang belum genap berusia 43, menjadi presiden ke-26 dan menjadi presiden termuda dalam sejarah bangsa Amerika Serikat.

Semasa jabatannya, Theodore Roosevelt membawa kegembiraan dan kekuatan baru dengan penuh semangat memimpin kongres dan masyarakat Amerika menuju reformasi progresif dan kebijakan luar negeri yang kuat.

Mari simak perjuangannya melawan koruptor dan menjadi pemimpin bangsa adikuasa melalui pembahasan artikel berikut ini.

Selamat membaca dan selamat terinspirasi oleh kata-kata bijak Theodore Roosevelt!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Theodore Roosevelt

Theodore Roosevelt, yang biasa disebut Teddy Roosevelt atau TR, lahir pada 27 Oktober 1858 di New York, Amerika Serikat. Theodore Roosevelt meninggal pada 6 Januari 1919 di Oyster Bay, New York.

Theodore Roosevelt adalah Presiden ke-26 Amerika Serikat yang menjabat pada tahun 1901 hingga 1909.

Semasa hidupnya, Theodore Roosevelt juga dikenal sebagai seorang penulis, naturalis, dan tentara.

Kata-kata Bijak Theodore Roosevelt 7 Finansialku

[Baca Juga: Strategi Paling Ampuh untuk Para Pebisnis Menang Persaingan Dari Sun Tzu Art of War, Filsuf Tiongkok]

 

Pada masanya, Theodore Roosevelt memperluas kekuasaan kepresidenan dan pemerintah federal untuk mendukung kepentingan publik dalam konflik antara bisnis besar dan tenaga kerja serta mengarahkan Amerika Serikat ke arah peran aktif dalam politik dunia, khususnya di Eropa dan Asia.

Sebagai pemimpin besar dan atas jasanya, Theodore Roosevelt memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1906 untuk menengahi Perang Rusia-Jepang yang sempat bergejolak pada tahun 1904 hingga 1905).

Selain itu, Theodore Roosevelt juga melakukan pembangunan Terusan Panama yang dimulai pada tahun 1904 dan berakhir pada tahun 1914).

 

Masa Kecil Theodore Roosevelt

Theodore Roosevelt adalah anak kedua dari empat bersaudara yang lahir dari keluarga keturunan Belanda dan Inggris yang terkemuka secara sosial.

Ayahnya, Sr. Theodore Roosevelt,  adalah seorang pengusaha dan filantropis terkemuka, sedangkan ibunya, Martha Bulloch dari Georgia, ia berasal dari keluarga pemilik perkebunan yang kaya.

Dalam kesehatan yang lemah saat masih kecil, Theodore Roosevelt dididik oleh guru pribadi. Dari masa kanak-kanak ia menunjukkan keingintahuan intelektual yang kuat dan luas.

Theodore Roosevelt lulus dari Harvard College, di mana dia terpilih untuk Phi Beta Kappa – mahasiswa sarjana dan beberapa lulusan yang anggotanya dipilih atas dasar prestasi akademik yang tinggi, pada tahun 1880.

Dia kemudian belajar di Columbia Law School tetapi segera beralih ke bidang menulis dan politik sebagai karier yang ia kejar.

Pada tahun 1880 Theodore Roosevelt menikahi Alice Hathaway Lee, yang olehnya ia memiliki seorang anak perempuan, Alice.

Setelah kematian istri pertamanya, pada tahun 1886 Theodore Roosevelt menikah dengan Edith Kermit Carow (Edith Roosevelt), dan ia tinggal bersama istri keduanya ini selama sisa hidupnya di Sagamore Hill, sebuah perkebunan dekat Oyster Bay, Long Island, New York.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Keluarga ini memiliki lima anak, di antaranya Theodore Jr., Kermit, Ethel, Archibald dan Quentin.

Sejak kecil Theodore Roosevelt menderita asma berat, dan penglihatannya yang lemah juga menjadi beban tersendiri sepanjang hidupnya.

Berkat program pengembangan fisik, ia mengembangkan fisiknya agar semakin kuat sehingga mampu melakukan berbagai aktivitas yang ia lakukan.

Kehidupannya semakin menantang semenjak ia merilis bukunya pada tahun 1901 yang berisi tentang pandangan hidup serta cita-citanya dan sebagai seorang politikus.

Miliki kemapanan finansial dari sekarang dengan mengelola keuangan dengan baik melalui ebook Panduan Mengelola Keuangan sesuai usia yang dapat Anda unduh secara gratis dari Finansialku berikut ini:

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Berdedikasi bagi Negara dalam Politik

Pada usianya yang ke-23 ia sudah berkecimpung dalam dunia politik dan bergerak memberantas korupsi.

Sayangnya, pada tahun 1884, karena kematian istri pertamanya dan juga ibunya di hari yang sama, Theodore Roosevelt meninggalkan politik sementara untuk menghabiskan dua tahun di peternakannya di tanah tandus Wilayah Dakota, di mana ia menjadi semakin khawatir tentang kerusakan lingkungan dan margasatwa di daerah Barat.

Oleh sebab itu, ia berpartisipasi sebagai delegasi Konvensi Nasional Partai Republik pada tahun 1884.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Upayanya untuk memasuki kembali kehidupan publik pada tahun 1886 tidak berhasil karena Theodore Roosevelt dikalahkan dalam upaya untuk menjadi walikota New York City.

Namun demikian, Theodore Roosevelt tidak pantang menyerah. Ia tetap aktif dalam politik dan sekali lagi memerangi korupsi sebagai anggota Komisi Dinas Sipil Amerika Serikat pada tahun 1889 hingga 1895 dan sebagai Presiden Komisaris Dewan Kota New York.

Setelah pengangkatannya sebagai asisten sekretaris angkatan laut oleh Presiden William McKinley, Theodore Roosevelt dengan gigih memperjuangkan angkatan laut yang lebih besar dalam usaha untuk berperang dengan Spanyol pada masa itu.

Ketika perang diumumkan pada tahun 1898, Theodore Roosevelt mengorganisasi The 1st Volunteer Cavalry (Kavaleri Sukarela ke-1), yang dikenal sebagai Rough Riders, yang dikirim untuk berperang di Kuba.

Kata-kata Bijak Theodore Roosevelt 5 Finansialku

[Baca Juga: Buktikan! 7 Tips Mengajukan KPR Supaya Pengajuan Anda Segera Diterima Bank]

 

Theodore Roosevelt adalah seorang pemimpin militer yang berani dan dikenal baik di ranah publik.

Tuduhan Rough Riders (dengan berjalan kaki) di Kettle Hill selama Pertempuran Santiago membuatnya menjadi pahlawan nasional terbesar yang keluar dari Perang Spanyol-Amerika.

Miliki kehidupan finansial yang mapan dan semakin sejahtera dengan membiasakan diri mencatat setiap arus keuangan sehari-hari dengan bantuan Aplikasi Finansialku yang memudahkan Anda dalam pencatatan keuangan setiap melalui gadget pintar Anda.

Selain adanya fitur pencatatan arus keuangan setiap waktu, Anda juga bisa merencanakan pembelian barang dengan fitur “Dana Membeli Barang”.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store


 

Mempersiapkan dana akan menjadi lebih mudah dan praktis tentunya!

Gunakan segera fasilitas free trial-nya untuk mengenal lebih banyak setiap manfaat dari fitur Aplikasi Finansialku.

Jika Anda berniat untuk meng-upgrade akun Anda menjadi premium, Anda sangat disarankan untuk berlangganan selama satu tahun.

Selain untuk menghemat biaya berlangganan, Anda juga akan mendapatkan benefit tambahan berupa kursus online perencanaan keuangan secara gratis selama 1 tahun yang akan dipandu oleh perencana keuangan profesional dari Finansialku.

 

Jadi Orang Nomor 1 di Amerika Serikat

Jika, para petinggi Partai Republik di New York meminta Theodore Roosevelt untuk mencalonkan diri sebagai gubernur, meskipun mereka sendiri sebenarnya ragu tentang kesetiaan politik Theodore Roosevelt.

Akhirnya Theodore Roosevelt dipilih sebagai gubernur pada tahun 1898. Ia menjadi pembaharu di bidang politik yang energik, menghapus pejabat korup, dan memberlakukan undang-undang untuk mengatur perusahaan dan layanan sipil.

Sayangnya, tindakannya yang mulia tersebut sangat mengganggu atasan partai sehingga mereka bersekongkol untuk menyingkirkannya.

Namun ternyata, Theodore Roosevelt terpilih dalam nominasi wakil presiden dari Partai Republik pada tahun 1900.

Dipilih mendampingi McKinley, Theodore Roosevelt merasa trauma dan tidak berdaya hingga 14 September 1901, ketika McKinley meninggal setelah ditembak oleh seorang pembunuh.

Kata-kata Bijak Theodore Roosevelt 4 Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

Insiden itu membuat Theodore Roosevelt diberi tanggung jawab untuk menggantikan peran presiden.

Enam minggu setelah ulang tahunnya yang ke-43, Theodore Roosevelt tercatat sebagai orang termuda yang pernah memasuki kursi kepresidenan.

Meskipun dia sempat menjanjikan kesinambungan dengan kebijakan McKinley, dia mengubah citra kantor kepresidenan sekaligus.

Dia mengganti nama rumah mewah eksekutif Gedung Putih dan membuka pintunya untuk menghibur para koboi, penjelajah, penjelajah, penulis, dan seniman.

Dia juga menolak aksi penembakan terhadap anak beruang pada perjalanan berburu di tahun 1902 yang menginspirasi pembuat mainan untuk menamai boneka beruang dengan namanya, dan teddy bear pun menjadi tren di Amerika Serikat.

 

Kata-kata Bijak Theodore Roosevelt

Simak kata-kata bijak Theodore Roosevelt sang pemberantas koruptor di Amerika Serikat dan pelayan publik berikut ini.

 

#1 “Believe you can and you’re halfway there.”

“Percayalah Anda bisa dan Anda sedang setengah jalan menuju ke sana.”

 

#2 “The reactionary is always willing to take a progressive attitude on any issue that is dead.”

“Kaum reaksioner selalu bersedia mengambil sikap progresif pada setiap masalah yang sudah berakhir.”

 

#3 “Do what you can, with what you have, where you are.”

“Lakukan apa yang kamu bisa, dengan apa yang kamu miliki, di mana kamu berada.”

 

#4 “Nobody cares how much you know, until they know how much you care.”

“Tidak ada yang peduli seberapa banyak yang kamu tahu, sampai mereka tahu seberapa besar kamu peduli.”

 

#5 “Freedom from effort in the present merely means that there has been effort stored up in the past.”

“Kebebasan dari upaya di masa sekarang hanya berarti jika telah ada upaya yang tersimpan di masa lalu.”

 

Kata-kata Bijak Theodore Roosevelt 3 Finansialku

[Baca Juga: 2 dari 100 Orang Bisa Mencapai 5 Level Leadership John C Maxwell, Apakah Anda Salah Satunya?]

 

#6 “It behooves every man to remember that the work of the critic is of altogether secondary importance, and that, in the end, progress is accomplished by the man who does things.”

“Sangat penting bagi setiap orang untuk mengingat bahwa karya para kritikus sama sekali tidak penting, dan bahwa, pada akhirnya, kemajuan dicapai oleh orang yang melakukan sesuatu.”

 

#7 “Far and away the best prize that life has to offer is the chance to work hard at work worth doing.”

“Hadiah terbaik yang ditawarkan kehidupan adalah kesempatan untuk bekerja keras di tempat kerja yang layak untuk dilakukan.”

 

#8 “People ask the difference between a leader and a boss. The leader leads, and the boss drives.”

“Orang-orang menanyakan perbedaan antara pemimpin dan bos. Pemimpin memimpin, dan bos mengarahkan. “

 

#9 “With self-discipline, almost anything is possible.”

“Dengan disiplin diri, hampir semua hal bisa dilakukan.”

 

#10 “The best executive is one who has sense enough to pick good people to do what he wants done, and self-restraint enough to keep from meddling with them while they do it.”

“Eksekutif terbaik adalah orang yang memiliki cukup akal untuk memilih orang yang baik untuk melakukan apa yang dia inginkan, dan menahan diri untuk tidak ikut campur dengan mereka sementara mereka melakukannya.”

 

#11 “Nine-tenths of wisdom is being wise in time.”

“Sembilan per sepuluh kebijaksanaan menjadi bijaksana pada waktunya.”

 

#12 “Get action. Seize the moment. Man was never intended to become an oyster.”

“Bertindak. Tangkap momennya. Manusia tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi tiram.”

 

#13 “Courtesy is as much a mark of a gentleman as courage.”

“Kesopanan sama pentingnya seperti seorang pria yang berani.”

 

#14 “If you could kick the person in the pants responsible for most of your trouble, you wouldn’t sit for a month.”

“Jika Anda bisa memilih orang yang mampu bertanggung jawab atas masalah Anda, Anda tidak akan duduk bekerja selama sebulan.”

 

#15 “Great thoughts speak only to the thoughtful mind, but great actions speak to all mankind.”

“Pemikiran hebat hanya berbicara kepada pikiran yang bijaksana, tetapi tindakan besar berbicara kepada semua umat manusia.”

 

Kata-kata Bijak Theodore Roosevelt 2 Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Bagaimana Orang Sukses Menanggapi Permasalahan?]

 

#16 “Old age is like everything else. To make a success of it, you’ve got to start young.”

“Usia tua sama seperti yang lainnya. Untuk membuatnya sukses, Anda harus kembali ‘muda’. “

 

#17 “The most important single ingredient in the formula of success is knowing how to get along with people.”

“Unsur terpenting dalam formula kesuksesan adalah mengetahui bagaimana bergaul dengan orang lain.”

 

#18 “There has never yet been a man in our history who led a life of ease whose name is worth remembering.”

“Belum pernah ada pria dalam sejarah kita yang menjalani kehidupan yang mudah diingat yang namanya perlu diingat.”

 

#19 “I don’t pity any man who does hard work worth doing. I admire him. I pity the creature who does not work, at whichever end of the social scale he may regard himself as being.”

“Saya tidak mengasihani siapa pun yang melakukan kerja keras yang memang layak untuk dilakukan. Saya mengaguminya. Aku kasihan pada makhluk yang tidak bekerja, di mana pun status sosial ia berada.”

 

#20 “It is hard to fail, but it is worse never to have tried to succeed.”

“Begitu sulit untuk gagal, tetapi lebih buruk lagi jika tidak pernah mencoba untuk berhasil.”

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#21 “The boy who is going to make a great man must not make up his mind merely to overcome a thousand obstacles, but to win in spite of a thousand repulses and defeats.”

“Anak laki-laki yang akan menjadi orang hebat tidak boleh mengambil keputusan hanya untuk mengatasi seribu rintangan, tetapi untuk menang terlepas dari seribu tantangan dan kekalahan.”

 

#22 “The things that will destroy America are prosperity-at-any-price, peace-at-any-price, safety-first instead of duty-first, the love of soft living, and the get-rich-quick theory of life.”

“Hal-hal yang akan menghancurkan Amerika adalah kemakmuran — harga apa pun, perdamaian dengan harga apa pun, keselamatan yang utama, bukan kewajiban pertama, cinta akan hidup yang lembut, dan teori hidup mengenai kaya dengan cara yang cepat.”

 

#23 “In any moment of decision, the best thing you can do is the right thing, the next best thing is the wrong thing, and the worst thing you can do is nothing.”

“Dalam setiap keputusan, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah hal yang benar, hal terbaik berikutnya adalah hal yang salah, dan hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah tidak melakukan apa-apa.”

 

#24 “I am a part of everything that I have read.”

“Saya adalah bagian dari semua yang saya baca.”

 

#25 “The only man who never makes a mistake is the man who never does anything.”

“Satu-satunya orang yang tidak pernah membuat kesalahan adalah orang yang tidak pernah melakukan apa pun.”

 

Kata-kata Bijak Theodore Roosevelt 6 Finansialku

[Baca Juga: Bong Chandra: “Insting Terbentuk dari Beberapa Kali Kesalahan” Baca 40 Kata Bijak Lainnya]

 

#26 “Big jobs usually go to the men who prove their ability to outgrow small ones.”

“Pekerjaan besar biasanya didapati pada orang-orang yang membuktikan kemampuan mereka untuk mengatasi hal kecil.”

 

#27 “A vote is like a rifle; its usefulness depends upon the character of the user.”

“Suara itu seperti senapan; kegunaannya tergantung pada karakter pengguna.”

 

#28 “I am only an average man but, by George, I work harder at it than the average man.”

“Saya hanya seorang pria biasa tetapi, oleh George, saya bekerja lebih keras daripada orang lain kebanyakan.”

 

#29 “When you play, play hard; when you work, don’t play at all.”

“Ketika kamu bermain, bermainlah dengan keras; ketika Anda bekerja, jangan bermain sama sekali.”

 

#30 “When you are asked if you can do a job, tell ’em, ‘Certainly I can!’ Then get busy and find out how to do it.”

“Ketika Anda ditanya apakah Anda dapat melakukan pekerjaan, katakan kepada mereka, ‘Tentu saja saya bisa!’ Kemudian berolahragalah dan cari tahu cara melakukannya.”

 

728x90 - Entrepreneur
300x250 Kotak - entrepreneur

 

#31 “Keep your eyes on the stars, and your feet on the ground.”

“Terus awasi bintang-bintang, dan jaga agar kakimu tetap di tanah.”

 

#32 “Order without liberty and liberty without order are equally destructive.”

“Perintah tanpa kebebasan dan kebebasan tanpa aturan sama merusaknya.”

 

#33 “Some men can live up to their loftiest ideals without ever going higher than a basement.”

“Beberapa orang dapat hidup sesuai dengan cita-cita luhur mereka tanpa pernah pergi lebih tinggi dari ruang bawah tanah.”

 

#34 “The human body has two ends on it: one to create with and one to sit on. Sometimes people get their ends reversed. When this happens they need a kick in the seat of the pants.”

“Tubuh manusia memiliki dua ujung di atasnya: satu untuk menciptakan dan satu untuk diduduki. Terkadang orang mendapatkan tujuan mereka terbalik. Ketika ini terjadi mereka membutuhkan dorongan semangat untuk maju.”

 

#35 “Far better is it to dare mighty things, to win glorious triumphs, even though checkered by failure… than to rank with those poor spirits who neither enjoy nor suffer much, because they live in a gray twilight that knows not victory nor defeat.”

“Jauh lebih baik memiliki keberanian melakukan hal-hal yang hebat, untuk memenangkan kemenangan yang gemilang, meskipun dibandingkan dengan kegagalan… daripada peringkat dengan semangat kemiskinan yang tidak menikmati atau mengalami banyak penderitaan karena mereka hidup dalam senja yang tidak mengenal kemenangan atau kekalahan.”

 

#36 “No man is worth his salt who is not ready at all times to risk his well-being, to risk his body, to risk his life, in a great cause.”

“Tidak ada manusia yang siap setiap saat untuk mempertaruhkan kesejahteraannya, mempertaruhkan tubuhnya, mempertaruhkan nyawanya, dalam sebuah tujuan besar.”

 

#37 “It is only through labor and painful effort, by grim energy and resolute courage, that we move on to better things.”

“Hanya melalui kerja dan usaha yang keras, dengan energi dan keberanian yang teguh, kita mampu beralih ke hal-hal yang lebih baik.”

 

#38 “I care not what others think of what I do, but I care very much about what I think of what I do! That is character!”

“Saya tidak peduli apa yang orang lain pikirkan tentang apa yang saya lakukan, tetapi saya sangat peduli dengan apa yang saya pikirkan tentang apa yang saya lakukan! Itulah karakter!”

 

Akhir Masa Theodore Roosevelt

Meninggalkan Presidensi pada tahun 1909, Theodore Roosevelt melanjutkan safari Afrika, lalu terjun kembali ke politik. Pada tahun 1912, dia mencalonkan diri sebagai Presiden dengan tiket progresif.

Saat berkampanye di Milwaukee, dia ditembak di dada oleh seorang fanatik. Syukurlah, Theodore Roosevelt segera pulih dan terselamatkan.

Ia meninggal pada tahun 1919 dengan mewariskan berbagai pandangan dan gaya serta kepemimpinan bagi rakyat Amerika bahkan bagi dunia.

Sebelum kematiannya, Theodore Roosevelt pernah mengatakan:

“No man has had a happier life than I have led; a happier life in every way.”

“Tidak ada seorang pun yang memiliki kehidupan yang lebih bahagia daripada (mereka) yang saya pimpin; kehidupan yang lebih bahagia dalam segala hal.”

 

Kata-kata bijak Theodore Roosevelt manakah yang menginspirasi Anda? Anda dapat menuliskannya pada kolom yang tersedia di bawah ini.

Anda juga dapat membagikan inspirasi dari katak-kata bijak Theodore Roosevelt di atas kepada rekan-rekan dan kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda membutuhkan konsultasi tentang perencanaan keuangan pribadi, keluarga atau bisnis, Anda dapat menghubungi perencana keuangan Finansialku yang siap menolong Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Joel Brown. 8 Februari 2016. 38 Historical Theodore Roosevelt Quotes. Addicted2success.com – https://goo.gl/kF62Y6
  • Admin. Theodore Roosevelt. Whitehouse.gov – https://goo.gl/mEPY6n
  • Admin. 21 Agustus 2018. Theodore Roosevelt. History.com – https://goo.gl/ysX6Bg
  • John Milton Cooper. Theodore Roosevelt President Of United States. Britannica.com – https://goo.gl/Wn3VeZ

 

Sumber Gambar:

  • Theodore Roosevelt – https://goo.gl/2vqNPY
  • Theodore Roosevelt 2 – https://goo.gl/tNRvDX
  • Theodore Roosevelt 3 – https://goo.gl/Z7vwLd
  • Theodore Roosevelt 4 – https://goo.gl/UTn3FG
  • Theodore Roosevelt 5 – https://goo.gl/3QBC6z
  • Theodore Roosevelt 6 – https://goo.gl/1QmEPE
  • Theodore Roosevelt 7 – https://goo.gl/dA5Cie