Ternyata ada 4 tipe kepribadian orang, dilihat dari cara mereka memakai uang. Keempatnya adalah tipe penggenggam, pembelanja, penghindar & terang. Anda termasuk yang mana?

 

Rubrik Finansiaku 

 

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

4 Tipe Kepribadian Orang Menurut Cara Mereka Memakai Uang

Ternyata orang memiliki cara pandang masing-masing terhadap uang. Ada yang tipenya hemat cenderung pelit, ada yang royal dan berani membelanjakan uang, ada yang sebisa mungkin menghindari yang namanya pembahasan uang dan ada juga yang menggangap uang itu sumber dari masalah. Kali ini Finansialku.com akan membahas keempat jenis kepribadian tersebut.

4 Tipe Kepribadian Orang Menurut Cara Memakai Uang, Kalau Anda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Memandang Uang dari Sudut Pandang yang Berbeda]

 

Melansir dari sumber Success Resources, kepribadian orang dibedakan menjadi 4 jenis, berdasarkan cara mereka memakai atau membelanjakan uang.

 

#1 The Hoarder (Orang yang Hemat cenderung Pelit)

Kepribadian yang pertama ini melihat uang adalah alat untuk membeli barang-barang yang mereka butuhkan dan inginkan. Orang-orang dengan kepribadian hoarders mencari sebuah ‘keamanan finansial’. Tipe yang pertama ini cenderung konservatif dan takut melakukan kesalahan yang dapat menyebabkan kemiskinan untuk dirinya.

[Jawab Quiz: Apakah Anda Seorang yang Hemat atau Pelit?]

 

Perilaku umum seorang Hoarder:

  • Berperilaku cenderung pelit dan tidak mau mengeluarkan uang.
  • Kebanyakan asetnya berada di tabungan dan/atau deposito.
  • Sering mengecek buku tabungan dan merasa senang dengan jumlah tabungan yang meningkat dari bulan ke bulan.

 

Nasehat untuk Hoarders

Lakukan langkah-langkah percepatan untuk masa depan keuangan Anda. Pelajari keuangan, khususnya perencanaan keuangan, cara membangun penghasilan pasif, kebebasan keuangan dan investasi ! Ambil risiko-risiko yang sudah terukur dan pekerjakan uang Anda.

 

#2 The Spender (Orang yang Suka Menghabiskan Uang)

Kepribadian yang kedua ini kebalikan dari kepribadian yang pertama. Orang-orang tipe spender lebih berani membelanjakan uang. Terkadang mereka juga sulit untuk menunda kesenangan, salah melakukan prioritas antara kebutuhan dan keinginan serta sulit berkomitmen memenuhi tujuan keuangan jangka panjang.  

[Jawab Quiz: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan dengan Benar?]

 

Perilaku umum seorang Spender:

  • Membeli tas bermerk supaya kelihatan wow di mata orang lain.
  • Nomor 1 adalah gengsi, masalah baik atau tidak urusan kedua. Contoh: makanan tidak harus enak rasanya, yang penting mahal harganya (untuk difoto dan dipamerkan di social media).
  • Sulit untuk melunasi utang – utang kartu kredit.

 

Nasehat untuk Spenders

Buatlah anggaran (budget) serta catatan pengeluaran. Turuti anggaran yang sudah dibuat dan milikilah kendali atas keuangan Anda. Jangan lupa mulai merencanakan keuangan untuk memenuhi tujuan – tujuan keuangan.

 

#3 The Avoider (Orang yang Menghindari Uang)

Kepribadian yang ketiga ini tidak merasa nyaman dengan pembahasan mengenai uang. Jadi sebisa mungkin avoider akan menghindar dan menjauhi topik-topik berhubungan dengan uang.

[Baca Juga: 90+ Cara Milliarder Mengelola Keuangan, yang Harus Anda Tiru]

 

Perilaku umum seorang Avoider:

  • Sulit untuk membuat keputusan-keputusan yang berhubungan dengan keuangan.
  • Merasa tidak nyaman berbicara dengan topik uang, kebebasan keuangan, investasi, mengelola keuangan dan lain sebagainya.
  • Malas untuk mengurus tagihan dan acuh terhadap kondisi keuangan keluarga. Serahkan semua masalah dan hal-hal berbau uang kepada istri atau pasangan.

 

Nasehat untuk Avoiders

Ubah cara berpikir Anda mengenai uang, Anda perlu belajar mengelola keuangan Anda. Ambil kursus atau seminar mengenai edukasi keuangan, mulai membuat tujuan keuangan dan berusaha untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda.

 

#4 The Money Monk (Orang yang Menganggap Uang adalah Sumber Masalah)

Orang-orang dengan tipe money monk, menyerah dengan masalah uang. Tidak jarang orang-orang ini memiliki pengertian mendalam mengenai ajaran agama dan politik, serta dibesarkan dari keluarga yang menganggap kapitalis adalah hal yang buruk.

[Baca Juga: Mengapa Membeci Orang Kaya Bisa Membuat Kita Tetap Miskin?]

 

Perilaku umum seorang The Money Monk:

  • Anda merasa memiliki godaan uang, dapat menyebabkan seseorang merasa tamak.
  • Mempercayai bahwa uang dapat merusak moral.
  • Jika sedang mendapatkan rezeki, the money monk tidak bisa menunggu untuk menghabiskan. Jadi langsung disumbangkan untuk amal atau orang-orang yang membutuhkan.

 

Nasehat untuk The Money Monk

Anda perlu memahami bahwa uang tidaklah buruk semuanya. Satu hal yang membuat buruk adalah cara manusia menggunakan uang tersebut. Terkadang manusia serakah dan tamak dalam menggunakan uang. 

 

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Berdasarkan penjelasan keempat kepribadian orang dalam memakai uang, Anda termasuk tipe yang mana? Tinggalkan komentar Anda di bawah ini ya. Terima kasih.

 

Sumber Artikel

  • Success Resources. There Are 4 Money Personalities, What’s Yours? Srpl.net -https://goo.gl/DzOCFp

 

Sumber Gambar:

  • Personality – http://goo.gl/lv2ueW

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang