Ini daftar cara menambah penghasilan lewat internet untuk menambah penghasilan tambahan!

Cari tahu selengkapnya di artikel Finansialku satu ini!

 

Summary

  • Dengan kemudahan teknologi, kita bisa dengan mudah mendapat tambahan penghasilan dengan pekerjaan sampingan yang bermodalkan internet.
  • Selain kita mencari cara untuk menambah penghasilan, kita tidak boleh lupa untuk menyikapi penghasilan kita dengan bijak.

 

5 Cara Menambah Penghasilan Lewat Internet

Belum lama ini, kenaikan harga BBM dan kebutuhan sehari-hari membuat kita geleng-geleng kepala, karena lagi-lagi harus putar otak, mencari cara agar bisa tetap memenuhi kebutuhan bulanan tanpa harus merampingkan anggaran.

Meski begitu, kadang ada beberapa hal yang tidak berjalan sesuai keinginan kita, di mana pada akhirnya, kita lah yang harus menyerah pada keadaan, dan mencari solusi lain agar tetap bisa bertahan hidup.

Salah satunya adalah, mulai berselancar di internet, mencari cara dengan berbagai kata kunci, seperti, ‘cara menambah penghasilan lewat internet, daftar bisnis online, daftar pekerjaan sampingan online, atau cara dapat uang di internet’.

 

Sialnya, semua informasi yang kita baca kadang tidak cukup memberikan kita gambaran tentang apa yang bisa dilakukan selanjutnya.

Entah karena kita sudah terlalu banyak membaca konten serta tips yang sama, atau karena cara menambah penghasilan lewat internet yang kita dapatkan itu membutuhkan modal yang cukup tinggi.

Tenang, lewat artikel Finansialku kali ini, kamu mungkin akan menemukan cara yang belum pernah terpikir sebelumnya, atau sesuatu yang sudah kamu ingin lakukan sejak lama, tapi harus tertunda karena beberapa alasan.

[Baca Juga: 8 Cara Menambah Penghasilan Tambahan Bagi Karyawan]

 

Ini dia lima cara menambah penghasilan lewat internet yang bisa dijadikan pekerjaan sampingan!

 

#1 NFT

Belakangan ini, platform pencari uang NFT ramai dibicarakan oleh seluruh kalangan, terlebih saat Ghozali, berhasil meraup untung miliaran setelah menjual swafotonya di platform ini.

Kamu juga bisa cek video tentang Ghozali di bawah ini.

 

NFT sendiri, secara singkat bisa kita pahami sebagai token digital yang ditautkan dengan sistem besar blockchain, seperti beberapa aset mata uang kripto.

Nah, platform ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Kamu bisa lebih dulu memulainya dengan membuat akun OpenSea dan mulai mengunggah karya-karyamu di sana. Berikut adalah langkah-langkahnya!

  • Buat akun OpenSea untuk transaksi di NFT, dengan membuka tautan https://opensea.io melalui peramban Google Chrome.
  • Klik ikon dompet atau ikon foto profil, dan pilih ‘Connect Wallet
  • Pilih dompet digital yang sudah kamu gunakan atau pernah buat akun, misalnya MetaMask, kemudian hubungkan extension MetaMask yang telah terinstal di Google Chrome, tekan ‘Connect Wallet’, kemudian dompet digitalmu akan terhubung secara otomatis ke OpenSea
  • Selanjutnya, klik opsi ‘Account’ lalu ‘Profile’ di halaman utama OpenSea untuk melakukan pengaturan profilmu di OpenSea.
  • Masukkan username, e-mail, dan data pribadimu, kemudian klik ‘Save’
  • Lakukan verifikasi lewat tautan yang dikirimkan OpenSea lewat email yang kamu daftarkan.
  • Setelah itu, kamu sudah siap untuk menjual karyamu di NFT.

 

#2 Afiliasi Marketing

Sederhananya, afiliasi adalah sebuah bentuk kerja sama promosi dan penjualan produk, di mana nantinya kamu akan mendapatkan komisi untuk setiap produk yang terjual melalui kode referal yang diberikan kepada kamu.

Kamu bisa memulai ini tanpa modal, dengan memanfaatkan program-program dari e-commerce atau aplikasi layanan lain yang menyediakan program serupa.

Untuk memulainya, kamu hanya perlu mendaftarkan diri di aplikasi terkait, kemudian membagikan kode referal tersebut ke teman-teman atau keluargamu.

[Baca Juga: Cara Mendapat Penghasilan Tambahan Ala Ibu Rumah Tangga, Wajib Baca!]

 

#3 Trading

Tidak bisa dipungkiri, trading adalah salah satu cara menghasilkan uang yang cepat dan aman, selama kita tahu analisisnya dan tahu platform apa saja yang aman dan legal.

Nggak sedikit pula para trader yang menjadikan pekerjaan trading ini menjadi sumber mata pencaharian utama, karena keuntungannya yang jauh lebih besar dibandingkan gaji bulanan mereka.

Kamu bisa mulai mempelajari terkait trading dengan membaca ebook dari Finansialku yang bisa didapatkan secara gratis di bawah ini.

Banner Iklan Ebook Belajar Trading Untuk Pemula - HP
Banner Iklan Ebook Belajar Trading Untuk Pemula - PC

 

Kalau kamu ingin mempelajarinya secara intens, kamu bisa mulai mengikuti kelas trading Finansialku yang dilaksanakan secara intens selama 3 bulan untuk menuntun kamu sampai menjadi trader profesional.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menekan banner di bawah ini.

Banner Traders Lab - Desktop
Banner Traders Lab - Mobile

 

#4 Isi Survei

Selanjutnya, kalau kamu membutuhkan ‘recehan’ dalam waktu yang cepat dan aman, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengisi survei di website penyedia survei perusahaan-perusahaan besar yang akan meluncurkan produk barunya.

Beberapa daftar website penyedia layanan ini di antaranya adalah:

  • YouGov Indonesia
  • OpinionWorld
  • Survey Junkie (luar negeri)
  • Prize Rebel (luar negeri)

 

Bayarannya berbentuk poin, yang bisa kamu tukarkan dengan uang digital seperti Gopay, Ovo, dll.

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika hendak mengisi survei, di antaranya:

  • Pastikan platform tersebut terpercaya dan memiliki riwayat bayar yang baik, tidak pernah punya kasus penipuan, dan sejenisnya.
  • Kadang, ada survei yang berlangsung lama, sehingga penting untuk kamu menyisihkan waktu yang cukup luang ketika hendak melakukannya.
  • Jangan gunakan email utama ketika mendaftarkan diri, karena akan ada banyak penawaran dan promosi yang bakal memenuhi kotak masukmu.
  • Baca syarat dan ketentuan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

[Baca Juga: Efektif! Ini Cara Menambah Penghasilan Tambahan Bagi Karyawan!]

 

#5 Job Portal Internasional

Cara menambah penghasilan lewat internet yang terakhir adalah dengan melamar pekerjaan melalui job portal internasional.

Kadang, kita terlalu lama terpuruk dalam impostor syndrome, merasa tidak punya kapabilitas untuk menjual diri pada perusahaan asing.

Padahal, syarat serta kualifikasi yang diminta oleh perusahaan asing tidak terlalu berbeda jauh dengan perusahaan-perusahaan dalam negeri.

Selain itu, biasanya, sedikit berbeda dengan job portal Indonesia yang hanya memberikan daftar pekerjaan full time, di beberapa job portal internasional, juga menyediakan daftar pekerjaan freelance hingga part time.

Berikut ini adalah beberapa daftar job portal internasional yang bisa kamu kunjungi:

  • Letsdeel.com (Bahasa Inggris)
  • Taledo.com (Bahasa Inggris)
  • Monster.com (Bahasa Inggris)
  • Jobkorea.com (Bahasa Korea)
  • Careertjet.com (Bahasa Inggris)

 

Ingat, ada beberapa perusahaan yang menyaratkan pelamar untuk memiliki nomor identitas atau izin tinggal di negara tujuan.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah, memilih perusahaan yang mencari pekerja lepasan atau remote-workers, yang biasanya tidak mengharuskan kamu untuk tinggal atau memiliki izin tinggal di negara tersebut.

 

Jangan Lupa Tips Ini!

Terlalu sibuk mencari penghasilan tambahan kadang membuat kita nggak mengindahkan satu hal, yaitu mengatur keuangan dengan baik, agar usahamu mencari pekerjaan tambahan nggak sia-sia.

Maryadi Santana, CFP QWP, salah satu perencana keuangan dari Finansialku memberikan tips tentang bagaimana seharusnya kita menyikapi penghasilan kita dengan bijak.

Hal pertama, gunakan uang yang telah susah payah kamu kumpulkan itu untuk tabungan, investasi, atau kebutuhan sehari-hari.

Jangan sampai gunakan pemasukan tambahan itu sebagai pengeluaran gaya hidup tersier yang tidak terlalu berguna untuk produktivitasmu.

[Baca Juga: Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Rumah Ini Jarang Diketahui!]

 

Selain itu, pastikan apakah penghasilan dari pendapatan tambahan itu pasti atau tidak.

Karena, jika pendapatan tersebut masih bersifat belum pasti, maka akan ada kemungkinan nilainya akan berubah, atau bahkan menghilang, akhirnya memaksa kita untuk mengatur ulang pengeluaran pribadi yang tentunya akan jauh lebih sulit.

Diperlukan sebuah kesadaran menggunakan dana penghasilan tambahan ini dengan bijak, kamu harus memiliki tujuan yang jelas, dan untuk pos apa saja dana tersebut akan dialokasikan.

Apabila kamu memiliki kendala seputar keuangan, kamu bisa hubungi Maryadi Santana atau perencana keuangan Finansialku lainnya lewat aplikasi Finansialku di menu ‘Konsultasi Keuangan’ untuk berdiskusi dan mencari solusi terbaiknya. 

Banner Iklan Konsultasi via Apps - PC
Banner Iklan Konsultasi Apps - HP

 

Itu lah lima cara menambah penghasilan dari internet yang mungkin saja belum pernah kamu pertimbangkan untuk lakukan, atau pernah dipertimbangkan, tapi lupa untuk dilakukan.

Apakah kamu punya pertanyaan tambahan terkait ini? Kalau ada, sampaikan pertanyaanmu lewat kolom komentar, ya!

Kamu juga bisa membagikan informasi ini kepada teman-teman atau saudaramu lewat pilihan platform yang tersedia di samping, agar mereka juga punya kesempatan yang sama untuk menambah pekerjaan sampingan seperti kamu!

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Kristina Martic. 15 Mei 2019. 10 Best International Job Boards. Medium.com – https://bit.ly/38ufoS9
  • Suryadi Kurniawan. Oktober 2021. 40+ Cara Cepat untuk Mendapatkan Uang dari Internet [Modal Kecil]. Niagahoster.co.id – https://bit.ly/3jhhE1f