Ibu rumah tangga bisa lho punya income! Gimana caranya? Ini dia cara mendapat penghasilan tambahan ala ibu rumah tangga.

Penasaran? Cek di artikel berikut ini ya. 

 

Menjadi Ibu Rumah Tangga Produktif

Memutuskan untuk jadi ibu rumah tangga tidak sesederhana yang dibayangkan, apalagi jika sebelumnya Anda wanita pekerja yang notabene punya penghasilan. 

Salah satu yang jadi kegalauan adalah berkurangnya pemasukan keluarga. Dari semula dua sumber, menjadi satu saja yaitu penghasilan pasangan. Seringkali, yang dikhawatirkan adalah nasib cashflow keuangan. 

Belum lagi adaptasi kebiasaan, saat menjadi wanita karier mungkin setiap hari Anda lebih banyak beraktivitas di luar rumah. Sebaliknya, jadi Ibu Rumah Tangga akan lebih banyak stay at home untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah. 

To be honest, tidak mudah membuat keputusan ini dan menjalani masa awal sampai akhirnya bisa beradaptasi.

Somehow, ada momen dimana kita membayangkan keadaan, duh coba aja masih kerja pasti bisa ini itu, atau bosen juga ya dirumah dengan kegiatan monoton, dan lain sebagainya.

Wajar gak sih? Wajar banget kok. Saya sendiri pun mengalaminya. Bekerja hampir 4 tahun dengan aktivitas yang cukup menguras waktu, tenaga, dan pikiran.

Sampai akhirnya, tiba di suatu kondisi dan memutuskan jadi Ibu Rumah Tangga supaya lebih fokus mengurus keluarga terutama anak pertama.  

[Baca Juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Bulanan untuk Ibu Rumah Tangga]

Cara Mendapat Penghasilan Tambahan Ala Ibu Rumah Tangga, Wajib Baca!

Ilustrasi Ibur Rumah Tangga dan Anak. Sumber: Envato

 

Menghadapi masa awal jadi Ibu Rumah Tangga, saya benar-benar beradaptasi. Coba menciptakan flow aktivitas yang membuat kita nyaman menjalani hari demi hari.

Awalnya, saya pun sempat berpikir “Apa bisa saya menjadi Ibu Rumah Tangga yang menghabiskan 24 jam di rumah?”

Practice makes perfect”, semua bisa karena terbiasa. Akhirnya saya melawan keraguan dan bisa menjalani peran sebagai Ibu Rumah Tangga dengan nyaman. 

Meskipun demikian, masih ada yang mengganjal di pikiran. Mungkin karena biasa punya penghasilan sendiri, saya ingin lebih produktif dengan memanfaatkan waktu dan kemampuan untuk mencari pemasukan tambahan. 

Menurut saya, tidak ada salahnya Ibu Rumah Tangga punya penghasilan apalagi bisa membantu keuangan keluarga. Asalkan, tidak mengesampingkan tanggung jawab utama untuk mengurus keluarga, setuju? 

 

Pentingnya Ibu Rumah Tangga Punya Penghasilan Tambahan 

Sobat Finansialku, banyak orang bilang pekerjaan Ibu Rumah Tangga itu sederhana padahal seperti tidak ada selesainya. Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, ada saja yang harus diselesaikan.

Meski begitu, jika sudah terbiasa melakukannya sambil manage waktu dengan baik, lambat laun Anda akan terbiasa dan menemukan sela waktu yang bisa dimanfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan.

Sayangnya, ada juga Ibu Rumah Tangga yang berpikir, “Kenapa harus repot cari penghasilan tambahan? Ibu Rumah Tangga kan cukup urus keluarga aja biar keuangan jadi tanggung jawab pasangan”.  Ada yang sependapat?

Cara Mendapat Penghasilan Tambahan Ala Ibu Rumah Tangga, Wajib Baca! 0

Ilustrasi Penghasilan Tambahan. Sumber: Envato

 

Sebenarnya tidak masalah jika Anda dan pasangan menyepakati demikian. Tapi perlu diketahui juga, ada beberapa alasan yang mendasari pentingnya Ibu Rumah Tangga punya penghasilan tambahan, diantaranya:

[Baca Juga: Begini Cara Cek Cash Flow Bulanan Untuk Ibu Rumah Tangga]

Bantu Keuangan Keluarga

Tidak ada salahnya, istri membantu suami untuk mencari penghasilan tambahan. Pasalnya saat ini perempuan dan laki-laki memiliki kesetaraan. Jadi, mencari nafkah bukan hanya tugas suami saja. 

Dengan begitu, Anda dan suami saling support dalam hal keuangan. Harapannya bisa lebih mudah mencapai berbagai tujuan keuangan yang direncanakan. 

 

Jadi Sumber Pendapatan

Judulnya memang cari penghasilan tambahan, tapi jika Anda melakukan pekerjaannya secara disiplin dan komitmen tinggi bisa saja penghasilan tersebut jadi sumber dana darurat. 

Ketika dikemudian hari terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, misalnya suami tidak lagi bekerja dan menafkahi keluarga, maka pekerjaan sampingan yang Anda lakukan sangat membantu perekonomian keluarga. 

FYI, dana darurat untuk yang sudah menikah sekitar 9x pengeluaran bulanan. Sedangkan jika sudah menikah dan memiliki 1 anak, sekitar 12x pengeluaran bulanan. 

Supaya lebih mudah merencanakan dana darurat, Anda bisa gunakan Aplikasi Finansialku untuk mengetahui dan menghitung dana darurat yang Anda perlukan. Anda bisa download aplikasinya di Google Playstore atau Appstore dan pilih fitur ‘Rencana Keuangan’. 

 

Mewujudkan Kemandirian Finansial

Meskipun kebutuhan keluarga sudah tercukupi dari penghasilan suami, tidak ada salahnya jika istri ikut mencari penghasilan tambahan yang bisa dialokasikan untuk tabungan

Dengan penghasilan sendiri, Anda akan belajar mandiri dalam mengelola keuangan dan pastinya menjadi kebanggaan serta kepuasan pribadi karena bisa menjadi Ibu Rumah Tangga yang produktif. 

 

Mengisi Waktu Luang

Jika Anda bisa manage waktu dengan baik, sebanyak apapun pekerjaan yang harus diselesaikan di rumah pasti ada waktu santainya untuk beristirahat sejenak. 

Nah, manfaatkan waktu luang ini supaya lebih bermanfaat. Misalnya dengan bisnis online, sebagai reseller atau dropshipper yang notabene tidak memerlukan banyak modal dan pekerjaannya cukup by phone saja. 

 

Mengasah Kemampuan

Setiap orang pasti dibekali kemampuan yang bisa dimanfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan, termasuk Ibu Rumah Tangga. Misalnya Anda punya pengalaman atau passion di bidang bisnis.

Manfaatkan ilmu yang dimiliki, semakin terasah kemampuan maka semakin besar peluang keberhasilannya. Jadi, jangan pernah ragu untuk menggunakan kemampuan dan keterampilan Anda ya…

[Baca Juga: Perbandingan Peran Ibu Rumah Tangga Vs Wanita Karier, Wajib Tahu!]

 

Menambah Wawasan 

Apapun pekerjaan sampingan yang Anda lakukan, di dalamnya pasti ada ilmu-ilmu baru yang bisa dikembangkan. Apalagi dalam dunia bisnis, ilmu bisa datang dari mana saja, partner bisns bahkan konsumen.

Jadi, jalani pekerjaan sampingan Anda dan petik ilmu-imu yang ada di dalamnya untuk aktualisasi diri sekaligus menambah penghasilan. 

[Baca Juga: Gimana Cara Mengelola Uang Bulanan yang Dijatah?]

Memberikan Pendidikan untuk Anak

Saat menjalani pekerjaan sampingan di rumah, sedikit banyak Anda bisa melibatkan anak dengan memberikan pengertian tentang apa yang sedang dilakukan.

Contohnya saat Anda berbisnis. Anda bisa ajarkan si anak pentingnya nilai uang dan usaha untuk mendapatkan uang tersebut supaya anak lebih menghargai apa yang dimilikinya. 

Selain itu Anda bisa sekaligus ajarkan buah hati untuk berani berinteraksi dengan orang lain yang tidak mereka kenal melalui berbisnis. Supaya anak terhindar dari sifat pemalu dan akan lebih memiliki inisiatif yang tinggi dalam melakukan sesuatu.

 

Sobat Finansialku, apakah anda tertarik untuk mencari pengasilan tambahan? Kalo saya pribadi sih makin yakin. Apalagi banyak keuntungan ketika sebagai istri bisa membantu pemasukan keluarga.

Ditambah lagi dengan pengetahuan cara mengatur keuangan keluarga, saya semakin semangat untuk mewujudkan angan-angan keluarga. 

banner_cara_mengelola_keuangan_keluarga_dengan_tepat_dan_benar (1)

 

10 Ide Pekerjaan Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Saat ini semakin banyak Ibu Rumah Tangga yang merangkap peran dengan bekerja sampingan. Jangan khawatir soal urusan rumah tangga yang terabaikan, karena bayak pekerjaan fleksibel dan bisa dilakukan tanpa mengganggu tanggung jawab utama. 

Jika Anda tertarik untuk melakukan hal serupa, mungkin beberapa ide yang saya bahas berikut ini, salah satunya bisa jadi pilihan pekerjaan sampingan yang cocok untuk Anda.

Cara Mendapat Penghasilan Tambahan Ala Ibu Rumah Tangga, Wajib Baca! 1

Ilustrasi Mencari Pemasukan Tambahan. Sumber: Envato

 

Online Shop Reseller atau Dropshipper

Menjadi reseller atau dropshipper dari produk-produk online shop adalah pekerjaan yang banyak dilakukan Ibu Rumah Tangga. Cukup bermodalkan gadget dan internet, Anda bisa dapat penghasilan tanpa harus keluar banyak modal.

Apa bedanya reseller dan dropshipper? Jika menjadi reseller, Anda sebagai penjual yang kembali menjualkan barang yang sudah dibeli dari orang lain. Sementara dropshipper yaitu penjual dagangan milik orang lain tanpa kamu perlu menyetok barang. Tinggal pilih sesuai keinginan Anda…

 

Bisnis Kuliner

Anda punya hobi di bidang masak memasak? Tidak ada salahnya untuk membuka bisnis kuliner. Bisa dibilang, bisnis yang satu ini gak ada matinya. 

Tidak perlu bingung memikirkan sewa tempat untuk jualan, manfaatkan saja area rumah untuk produksi dan jualan via online atau pasarkan ke lingkungan sekitar tempat tinggal. 

 

Penulis Lepas

Jika Anda punya pengalaman atau skill di bidang menulis, salurkan kemampuan tersebut untuk menjadi penulis lepas. 

Keuntungannya Anda bisa mengatur waktu sendiri, tanpa terikat dengan perusahaan. Artinya, Anda bisa menulis di mana dan kapan saja. Bisa sambil mengurus rumah dan juga keluarga.

 

Jasa Les Privat

Pekerjaan sampingan berikutnya yang bisa dilakukan Ibu Rumah Tangga yaitu menjadi guru les privat. Modal utamanya adalah keahlian dalam mengajar, serta buatlah tempat bagi anak-anak agar merasa nyaman belajar.

Menjadi guru les privat itu banyak keuntungan, selain menambah penghasilan, ilmu yang dimiliki bisa tersalurkan kepada generasi selanjutnya. 

 

Berkebun Tanaman Hias

Bisnis di bidang tanaman hias sekarang ini lagi nge-hits lho. Semakin banyak orang yang tertarik pada berbagai jenis tanaman hias untuk mempercantik area rumah. Sebut saja janda bolong, kuping gajah, lidah mertua, succulent, dan sebagainya, 

Jika tertarik untuk terjun di bisnis ini, yang paling dibutuhkan adalah keterampilan, ketekunan, dan kesabaran agar tanaman hias yang Anda tanam bisa tumbuh dengan baik dan terjual dengan harga fantastis.

[Baca Juga: Pekerjaan Sampingan (Side Hustle) untuk Ibu Rumah Tangga]

 

Jasa Laundry

Jika Anda punya mesin cuci di rumah, tidak ada salahnya untuk dimanfaatkan dengan membuka jasa laundry. Apalagi jika lokasi tempat tinggal Anda terbilang strategis seperti di pinggir jalan dan dekat area kos.

Dengan menjalankan usaha ini, Anda sekaligus bisa mengurus keluarga dan mendapat penghasilan tambahan.

 

Jasa Make Up

Punya hobi di dunia make up? Jangan disimpan sendiri, Anda bisa manfaatkan untuk membuka jasa make up. Mulai dari riasan untuk pengantin, acara wisuda, maupun acara kondangan.

Modal utama yang diperlukan, pastinya alat make up lengkap. Oia, untuk pemasarannya Anda bisa gunakan media sosial. Lumayan kan, pekerjaan sampingan Anda adalah hobi yang dibayar. 

 

Berjualan Pulsa

Hidup berdampingan dengan teknologi seperti saat ini membuat setiap orang memerlukan gadget. Tapi, apalah arti gadget tanpa pulsa?

Nah, manfaatkan peluang dengan berjualan pulsa, apalagi sudah banyak orang yang beralih menggunakan token listrik prabayar yang juga menggunakan pulsa, lho!

Kerjaan ini tentunya tidak akan banyak menghabiskan waktu. Anda cukup daftarkan diri ke agen pulsa yang menyediakan deposit.

Alternatif lainnya, Anda bisa gunakan layanan e-commerce untuk membeli pulsa. Setelah itu tinggal tawarkan kepada tetangga, teman, atau lingkungan sekitar Anda.

 

Jasa Menjahit Pakaian

Bermodalkan keterampilan menjahit dan tentunya mesin jahitnya, Anda bisa membuka jasa jahit di rumah. Umumnya layanan jasa jahit yang Anda terima bisa berupa menjahit pakaian, permak maupun servis pakaian yang robek

Jika hasil jahitan Anda rapi dan bagus, tentunya mereka akan terus datang kembali. Artinya ini bisa jadi sumber penghasilan yang bisa dilakukan sambil mengurus keluarga di rumah.

 

Membuat Kerajinan Tangan

Jika Anda merasa punya keahlian membuat berbagai kerajinan tangan, tidak ada salahnya memulai bisnis di bidang ini. Jangan salah, kerajinan tangan bisa bernilai tinggi dan menguntungkan asalkan Anda pandai mengolah dan mengemasnya dengan menarik.

Salah satu bisnis kerajinan tangan yang dicoba seperti merajut, jepit rambut, sulam, hiasan dinding, tas daur ulang, dan berbagai macam kerajinan tangan unik lainnya.

 

Pilih Pekerjaan Sampingan yang Bikin Nyaman

Itulah beberapa ide pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan Ibu Rumah Tangga. Apakah salah satunya ada yang cocok dengan Anda?

Kalo saya pribadi, setelah melalui fase kegalauan dari wanita karir menjadi Ibu Rumah Tangga, akhirnya pilihan jatuh pada pekerjaan sampingan sebagai penulis lepas. Kenapa? Sesuai dengan hobi dan pengalaman saya di pekerjaan sebelumnya. 

Sekarang giliran Anda. Tidak perlu dilema lagi ya antara urus keluarga atau bekerja. Tinggal sesuaikan pekerjaan sampingan yang cocok menurut Anda dan nyaman menjalaninya supaya tidak menjadi beban.

 

Semoga informasi yang dibagikan kali ini bisa bermanfaat. Kira-kira masih ada pekerjaan lain yang bisa Ibu Rumah Tangga lakukan selain yang tertulis di atas. Apa saja itu? Anda bisa klik tombol di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada sesame Ibu Rumah Tangga lainnya ya. Terima kasih.

 

Editor: Eunice Caroline

Sumber Referensi:

  • Admin. 4 September 2020. Alasan Kenapa Ibu Rumah Tangga Tetap Perlu Penghasilan Tambahan. Superapp.id- https://bit.ly/3zvLk1g
  • Vera Yunii. 20 Januari 2021. 10 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga, Fleksibel!. Idntimes- https://bit.ly/3joKjlT