Tertarik menjalankan bisnis make up artist dan menjadi MUA profesional?

Harus mulai dari mana, bagaimana cara memasarkannya, apa saja modalnya?

Daripada pusing membayangkannya, yuk langsung saja cari tahu beberapa rahasia sederhana dalam menjalankan bisnis ini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Pengalaman Menjalankan Bisnis Make Up Artist

Sebelum masuk ke rahasia dalam menjalankan bisnis yang satu ini, izinkan saya menceritakan pengalaman saya dalam bidang make up artist tersebut.

Kebetulan sejak lahir, saya memiliki sebuah kelemahan. Mungkin sebenarnya bukan kelemahan, namun bagi saya ini adalah sebuah masalah sejak dulu. Apakah itu?

Jawabannya adalah saya memiliki kelopak mata monolid alias tidak ada lipatan pada kelopak mata saya. Akibatnya mata saya sangatlah sipit.

Karena kelopak mata saya tidak ada lipatan dan sayangnya kelopaknya pun sangat tebal, banyak sekali MUA profesional yang kesulitan mendandani saya.

Sudah beberapa kali saya mencoba pergi ke MUA profesional terkenal dengan pengalaman luar biasa, masih juga tidak berhasil.

Sampai suatu titik saya merasa, sudah cukup mengandalkan MUA profesional. Saya akhirnya belajar otodidak untuk memasangkan eyetape ke mata saya agar terlihat seolah-olah memiliki lipatan.

Dari situ saya mulai tertarik dengan dunia make up artist, dan saya mulai belajar secara otodidak untuk membekali diri dengan teknik-teknik make up.

Akhirnya, kini saya sudah bisa mendandani diri sendiri.

Bisnis Make up Artist 1 Finansialku

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

 

Kecintaan saya pada bisnis ini tidak berhenti sampai di sana, saya kemudian belajar untuk menjadi make up artist profesional. Namun di sinilah saya mulai mengalami beberapa kendala, antara lain:

  • Keterbatasan peralatan make up saya untuk mendandani orang lain (make up saya hanya sebatas cocok untuk wajah saya saja)
  • Klien make up sangat bervariasi, mulai dari jenis kulit, undertone, bentuk muka, dan preferensi style make up
  • Bagaimana membangun karier agar dikenal klien
  • Mencari ciri khas make up tersendiri
  • Mengumpulkan portfolio berkualitas

 

Saya selalu berharap untuk memiliki teman atau kerabat dengan latar belakang bisnis make up artist profesional ini agar dapat menjalankannya dengan baik. Namun dahulu masih sulit sekali mendapatkan informasi seperti ini.

Kabar baiknya bagi Anda, kini teknologi informasi sudah sangat berkembang. Anda bisa memperoleh banyak informasi mengenai bisnis.

Sebagai contohnya, bekali diri Anda dengan pengetahuan mengenai bisnis dasar dengan cara download e-book bisnis dari Finansialku berikut ini:

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Mata dan pikiran Anda akan terbuka dengan ilmu-ilmu dalam memulai sebuah bisnis, dan seluruh informasi ini dikemas secara menarik dan GRATIS tentunya.

Setelah memahami dasar bisnis, kini Anda bisa mendalami ilmu dalam bisnis make up artist, mulai dari situs, media sosial, dan Youtube.

MUA profesional juga semakin terbuka dengan teknik make up-nya, terbukti dari banyaknya kelas-kelar make up profesional yang bisa Anda akses dengan mudah.

Nah, sekian kisah pengalaman saya sebagai seorang make up artist. Kini saatnya saya dan Finansialku berbagi beberapa rahasia sederhana dalam menjalankan bisnis make up artist bagi Anda calon MUA profesional:

 

Rahasia Sederhana Menjalankan Bisnis Make Up Artist Profesional

Siapa bilang menjadi MUA itu mudah? Semua bisnis harus dimulai dengan tekun dari bawah. Namun beruntung kini sudah banyak MUA profesional yang siap membagikan rahasianya bagi Anda.

Sebagai contoh, mari kita lihat Marlene Hariman, seorang MUA profesional yang namanya mulai dikenal sejak menjadi make up artist seorang penyanyi ternama Indonesia, Raisa.

Dirinya bercerita dalam wawancara eksklusif dengan Wanita Indonesia:

“Tahun 2007, saya dapat penawaran dari seorang fotografer untuk merias artis-artis baru. Saya udah pesimis, jangan-jangan artis yang saya dandani ini nantinya tidak terkenal. 2 tahun kemudian setelah make up Raisa, tidak lama ia booming, jadinya nama saya ikut terangkat. Sampai sekarang kami masih menjalin hubungan baik. Kalau sama dia sudah seperti teman dekat, merias dia itu rasanya tidak seperti bekerja!”

 

Marlene berkata bahwa sering sekali hasil make up-nya dinilai “tidak manglingi” alias tidak membuat pangling. Namun menurutnya, make up itu bukan untuk mengubah muka seseorang, namun untuk mengeluarkan versi “lebih” dari diri seseorang yang tentunya sudah cantik dari asalnya.

Bisnis Make up Artist 2 Finansialku

[Baca Juga: Jangan Nekat Mulai Bisnis, Modal Kartu Kredit. Coba Baca Dulu Penjelasannya!]

 

Bukan hanya Marlene Hariman, sudah sangat banyak MUA profesional yang berhasil membuktikan eksistensinya dalam beberapa dekade ini. Misalnya saja Bubah Alfian, Bennu Sorumba, Anpa Suha, Irwan Riady, dan masih banyak lagi.

Penasaran apa sih rahasia MUA profesional dalam menjalankan bisnis make up artist ini? Yuk simak rangkumannya di bawah ini:

 

#1 Memulai dari yang Kecil

Semua tahu bahwa menjadi MUA profesional membutuhkan modal yang tidak sedikit. Mulai dari peralatan make up-nya, biaya kursus make up, hingga modal untuk mendatangi klien di mana-mana.

Namun di sini kuncinya adalah memulai dari yang kecil. Anda tidak perlu langsung memulai dengan peralatan ratusan juta rupiah, kursus di luar negeri, dan sebagainya.

MUA profesional yang sukses pun bercerita bahwa mereka mulai dari bawah. Misalnya Marlene yang mengungkapkan bahwa pada awal kariernya, dirinya sering kali tidak dibayar.

Jadi, jangan langsung mulai besar-besaran. Belilah peralatan dan ambil kursus yang masuk akal, kemudian perlahan-lahan tambah peralatan dan pengetahuan setelah mulai memperoleh penghasilan dari bisnis ini.

 

#2 Ilmu Bisa Diperoleh dari Mana Saja

Jika Anda ingin menjadi MUA profesional, maka Anda harus mengumpulkan ilmu sebanyak-banyaknya.

Pada umumnya, Anda bisa membekali diri dengan belajar di sebuah sekolah kecantikan atau kursus make up. Kelebihan dari 2 sumber ilmu ini adalah sebagai berikut:

  • Kurikulum sekolah terstruktur, sehingga Anda akan memperoleh ilmu lengkap mulai dari keahlian dasar seperti make up pengantin dan keahlian lanjutan seperti make up spesial efek. Anda juga akan dikenalkan dengan berbagai jenis peralatan make up dan fungsinya secara tepat.
  • Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi kosmetologis berlisensi, karena umumnya Anda akan memperoleh sertifikat legal.

 

Bisnis Make up Artist 3 Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis UMKM: Masih Ribet Membuat Pembukuan Sederhana? Lupakan Saja, Ini Solusi untuk Anda]

 

Namun, sebagai MUA profesional, tidak ada salahnya untuk selalu meng-update teknik make up dengan cara terus belajar. Dewasa ini sumber ilmu sangatlah banyak, sebagai contohnya:

  • Tutorial YouTube,
  • Instagram story atau live para MUA profesional,
  • Make up workshop atau demo,
  • Semi private make up course, dan masih banyak lagi.

 

Intinya jika Anda ingin terus maju di zaman serba berubah ini, teruslah bekali diri Anda agar tidak kalah dengan MUA baru lainnya.

 

#3 Rajin Membuat Portofolio

Sebagai seorang MUA profesional, yang dilihat adalah hasil karya Anda. Jika klien tidak melihat hasil kerja Anda, dari mana mereka dapat mempercayai Anda mendandaninya? Di sinilah pentingnya untuk membuat portofolio.

Pada zaman dulu, portofolio biasanya dikemas dalam sebuah binder berisi foto.

 

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Namun beruntungnya Anda, kini membuat portofolio jauh lebih mudah. Anda bisa membuatnya hanya dengan meng-update post di media sosial, misalnya instagram.

Adapun langkah-langkah membuat portofolio adalah sebagai berikut:

  1. Mencari model, pakaian (misal dress atau pakaian sesuai tema), rekanan photographer atau videographer, dan studio foto
  2. Membuat berbagai tampilan (misalnya: wedding look, atau edgy look)
  3. Memasukan hasil foto tersebut ke media sosial Anda

 

Namun yang terpenting di sini adalah untuk selalu meng-update portofolio Anda. Mengapa demikian? Karena tren make up terus berubah, dan Anda harus terus menunjukkan eksistensi Anda dari sini.

 

#4 Bereksperimen dengan Berbagai Jenis Wajah

Setiap klien tentunya memiliki jenis wajah yang berbeda. Sebagai contoh:

  • Bentuk muka kotak atau bulat atau lonjong
  • Undertone kulit (pink atau yellow undertone)
  • Kondisi kulit (berjerawat, bertekstur, sensitif, dan sebagainya)
  • Jenis kulit (berminyak atau kering atau kombinasi)
  • Kondisi tertentu (bekas luka, mata monolid, dan sebagainya)

 

Artinya, Anda tidak bisa menyamaratakan teknik make up untuk semua klien. Setiap klien memiliki karakteristiknya masing-masing dan Anda tidak dapat memaksakan make up yang sama.

Bisnis Make up Artist 4 Finansialku

[Baca Juga: Kenali Peluang Usaha Melakukan Bisnis Online Untuk Wanita Karier]

 

Sebagai contoh, Marlene menjelaskan dalam Wanita Indonesia, bahwa dalam merias Raisa, ia memilih makeup minimalis sesuai preferensi Raisa.

Hal ini artinya foundation yang ringan, bentuk alis natural mengikuti arah bulu alis, dan riasan mata yang natural, bernada coklat muda dan tua, sedikit bergaya smokey

 

#5 Bereksperimen dengan Make Up dan Peralatannya

Eksperimen kedua adalah dalam memilih make up dan peralatannya. Seperti Anda ketahui, setiap MUA profesional memiliki preferensinya masing-masing dalam merek make up dan peralatannya.

Umumnya preferensi ini terbentuk dari pengalaman yang banyak, sehingga Anda tahu mana make up dan peralatan yang sesuai dengan teknik make up Anda.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Sebagai contoh, beberapa informasi dasar mengenai make up dan peralatannya adalah sebagai berikut:

  • Mencari base make up dan complexion yang sesuai dengan jenis kulit (misalnya: foundation dengan full coverage untuk jenis kulit berminyak, base make up glowing untuk jenis kulit kering, dan sebagainya)
  • Memilih kuas yang sesuai dengan make up yang digunakan (misalnya: kuas padat dengan teknik buffing agar coverage lebih padat)
  • Mencari eye shadow yang tahan lama dan tidak creasing.

 

#6 Jangan Berhenti Mencari Pengalaman

Anda tentunya pernah mendengar bahwa pengalaman itu mahal. Memang betul umumnya “jam terbang” lah yang membentuk karier seorang MUA profesional.

Mengapa demikian?

Semakin lama dan banyak pengalaman Anda mendandani, jelas bahwa Anda akan:

  • Mengenal lebih banyak jenis dan bentuk wajah
  • Mengenal lebih banyak teknik make up yang tepat untuk setiap jenis wajah
  • Lebih sering melatih kemampuan Anda
  • Mengenal lebih banyak produk make up yang sesuai

 

Bisnis Make up Artist 5 Finansialku

[Baca Juga: Inilah 5 Cara Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Sampingan Anda]

 

Klien zaman sekarang sudah cerdas, mereka tahu mana MUA yang sudah terbukti berkualitas dan mana yang abal-abal. Jadi, selalu tambah pengalaman Anda dan jangan mudah puas ya!

 

#7 Membuat Ciri Khas Tersendiri

Apakah Anda pernah mendengar mengenai Imel Vilentcia? Ya, beliau merupakan MUA profesional yang terkenal akan teknik make upbarbie’s eyes”.

Dengan ciri khasnya ini, Imel berhasil mengembangkan bisnisnya hingga sukses bukan kepalang. Mengapa bisa?

Karena Imel memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki MUA lainnya. Imel pun tidak hanya mengikuti tren dan meniru gaya make up MUA profesional lain. Dirinya hadir dengan teknik make up-nya sendiri yang orisinil.

Memang tidak mudah membuat ciri khas ini. Tetapi jangan menyerah! Perlahan-lahan Anda akan menemukan apa yang menjadi ciri khas make up Anda.

Yang terpenting adalah jangan putus asa dan kemudian malah meniru ciri khas orang lain. Ingatlah plagiat sangat jarang dihargai di Tanah Air kita ini.

 

Karier atau Bisnis Sukses Merefleksikan Pribadi yang Sukses

Jika Anda merasa karier atau bisnis Anda masih gitu-gitu aja, jangan khawatir. Itu tandanya perjalanan bisnis Anda masih panjang, dan Anda masih memiliki banyak peluang untuk sukses.

Sama halnya dengan bisnis make up artist, saya pun masih terus belajar bagaimana mengembangkan bisnis ini dan diri saya agar terus bisa berkarier di tengah persaingan bisnis ini.

Dalam bisnis ini, salah satu aset terpentingnya adalah kemampuan dan keterampilan Anda. Sehingga bisnis yang sukses adalah refleksi dari pribadi Anda.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai rahasia sederhana bisnis make up artist MUA profesional lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Andhika Lady Maharsi. Desember 2017. 8 Langkah Jitu Merintis Karier Sebagai Makeup Artist, meski Belajar via Youtube dan Autodidak. Hipwee.com – https://goo.gl/ohPRRN
  • Selli Rahayu. 2 Februari 2017. Ingin Berkarier Sebagai Makeup Artist? Yuk, Perhatikan 7 Hal Berikut! Journal.sociolla.com – https://goo.gl/h13tTy
  • 20 Januari 2018. Marlene Hariman : Manglingi Tidak Harus Berubah. Wanitaindonesia.co.id – https://goo.gl/Xfup4q
  • Cara Menjadi Makeup Artist. Id.wikihow.com – https://goo.gl/1KYzUd

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis MUA – https://goo.gl/qySGsX
  • Bisnis MUA 2 – https://goo.gl/S2gnBe
  • Bisnis MUA 3 – https://goo.gl/ZNjAsN
  • Bisnis MUA 4 – https://goo.gl/8JkJLT
  • Bisnis MUA 5 – https://goo.gl/yRZykR
  • Bisnis MUA 6 – https://goo.gl/xYQG9u

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang