Pepatah lama mengatakan bahwa tidak baik untuk memulai bisnis dengan modal kartu kredit. Namun nyatanya kondisi ekonomi kini memaksa beberapa orang untuk menggunakan kartu kredit demi modal bisnisnya. Lalu apakah modal kartu kredit berbahaya? Mari kita lihat dulu penjelasannya sebelum Anda nekat mulai bisnis dengan modal kartu kredit.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apa Boleh Mulai Bisnis Modal Kartu Kredit?

Saat Anda ingin memulai suatu bisnis, tentunya Anda perlu melakukan riset sederhana untuk membandingkan beberapa alternatif modal bisnis. Misalkan saja Anda membandingkan Kredit Tanpa Agunan dan kartu kredit untuk modal bisnis membuat kedai kopi. Manakah yang Anda pilih? Jika keputusan Anda adalah dengan kartu kredit, maka kemungkinan besar muncul satu pertanyaan di benak Anda:

“Apa boleh menggunakan kartu kredit untuk modal bisnis?”

 

Kabar baik bagi Anda, jawabannya adalah BOLEH, TETAPI Anda harus menggunakannya dengan cara yang bijak dan benar. Malah kenyataannya kini sudah banyak yang menggunakan kartu kredit sebagai solusi kurangnya modal bisnis. Namun penting untuk tidak jatuh ke dalam malapetaka keuangan, dimana awalnya berniat untung menjadi buntung.

Jangan Nekat Mulai Bisnis, Modal Kartu Kredit. Coba Baca Dulu Penjelasannya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Lakukan dan Jangan Lakukan Penggunaan Kartu Kredit yang Benar]

 

Melalui artikel ini, Finansialku akan mengajak Anda membandingkan beberapa alternatif modal bisnis dan melihat beberapa cara bijak dalam memulai bisnis dengan modal kartu kredit.

 

Alternatif Modal Bisnis: Perbandingan Apple to Apple

Banyak orang yang membandingkan beberapa alternatif modal kartu kredit, sebagai contoh kredit multi guna, kartu kredit, atau bahkan hingga rentenir. Namun salah jika Anda hanya membandingkan suku bunganya saja, karena banyak aspek lainnya yang dapat membedakan beberapa jenis kredit. Adapun beberapa contoh aspek lain yang sebaiknya ikut dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

  1. Tinggi atau rendahnya risiko
  2. Syarat dan ketentuan (sebagai contoh: butuh jaminan atau tidak, adanya sistem sita atau tidak)
  3. Kesesuaian dengan besaran modal yang dibutuhkan.

 

Kesimpulannya adalah jangan pernah membandingkan sesuatu yang tidak sebanding, sebagai contoh membandingkan monyet dan ayam dalam kemampuannya memanjat pohon. Tentunya tidak sepadan karena hanya membandingkan satu aspek saja.

 

Perbandingan harus apple to apple dan sepadan dalam manfaat, keuntungan, dan risiko. Click to Tweet

 

Ingat Hal Berikut Jika Ingin Mulai Bisnis Modal Kartu Kredit

Apakah Anda sudah membandingkan beberapa alternatif modal bisnis yang sepadan? Jika keputusan Anda tetaplah pada kartu kredit, seperti telah disebutkan sebelumnya menggunakan kartu kredit untuk memulai bisnis boleh-boleh saja. Tetapi jangan lupa untuk bijak dan berhati-hati dalam pemanfaatannya. Adapun beberapa tips aman untuk memulai bisnis dengan kartu kredit adalah sebagai berikut:

 

#1 Pahami Keuntungan Kartu Kredit dalam Keuangan

Lagi-lagi mengulang poin sebelumnya: Anda perlu mengetahui dan memahami manfaat, keuntungan, dan risiko dari sebuah alternatif modal bisnis. Anda tidak akan memanfaatkannya dengan maksimal jika tidak memahami keuntungan utama kartu kredit dalam keuangan. Secara mendasar, dua keuntungan utama kartu kredit adalah sebagai berikut:

#1 Fleksibel dan Akses yang Mudah

Keuntungan utama kartu kredit yaitu mampu membantu menangani kekurangan dalam arus kas atau menangani kebutuhan modal bisnis jangka pendek. Mengapa jangka pendek? Sebagai contoh, jika Anda menggunakan kartu kredit untuk membeli bahan baku bisnis dan melunasinya bulan depan saat Anda sudah memperoleh omzet, maka Anda sebenarnya telah memanfaatkan kredit tanpa bunga dan tanpa jaminan selama 1 bulan itu.

#2 Kesempatan untuk Membangun Riwayat Kredit yang Baik

Anda perlu pandai-pandai mengatur penggunaan kartu kredit, dimana pemakaian pribadi harus dipisahkan dengan pemakaian bisnis. Dengan demikian riwayat kredit Anda akan terjaga dengan baik dan tidak akan menyulitkan jika Anda ingin mengajukan kredit lainnya kelak.

 

#2 Pahami Risiko Kartu Kredit dalam Keuangan

Selain keuntungannya, tentunya kartu kredit juga memiliki risikonya sendiri. Walaupun kartu kredit memungkinkan penggunaan kredit jangka pendek yang fleksibel, ini juga dapat menjadi bencana saat tidak diatur penggunaannya.

Bagaimana Jika Tidak Bisa Bayar Penuh Tagihan Kartu Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Jika Tidak Bisa Bayar Penuh Tagihan Kartu Kredit]

 

Beberapa risiko yang mungkin muncul akibat menggunakan kartu kredit sebagai modal bisnis adalah:

  1. Hancurnya riwayat kredit
  2. Bisnis yang gagal
  3. Tumpukan utang yang tiada habisnya

Lalu bagaimana mengantisipasinya? Perlakukan kartu kredit layaknya kredit rentenir, sehingga Anda lebih waspada dan berhati-hati dalam pengaturannya.

 

#3 Pilihlah Jenis Kartu yang Tepat dan Sesuai untuk Bisnis Anda

Bingung kartu kredit seperti apa yang cocok dengan kebutuhan Anda? Setiap orang pastinya memiliki kebutuhan modal bisnis dengan jumlah dan ketentuan yang berbeda-beda, namun ada persamaan dasar yaitu kebutuhannya adalah MODAL BISNIS. Beberapa ciri kartu kredit yang umum dipilih oleh pemilik bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Kartu kredit berbasis bisnis dengan limit yang tinggi.
  2. Kartu kredit dengan penawaran bonus berbasis bisnis.
  3. Program reward dan bonus yang lebih menguntungkan daripada biaya tahunannya.
  4. Kartu kredit dengan suku bunga yang terjangkau.

 

#4 Membuat Ketentuan Penggunaan Kartu Kredit

Tentunya dalam memulai sebuah bisnis banyak orang yang terlibat di dalamnya. Disinilah Anda perlu menetapkan aturan penggunaan kartu kredit seperti siapa saja yang berhak menggunakannya, tujuan penggunaannya, serta jumlah yang boleh digunakan.

Ketentuan ini bermanfaat dalam sistem kontrol penggunaan kartu kredit agar tetap aman dan terjaga. Anda harus tahu berapa pengeluaran Anda dan berapa kemampuan membayar Anda setiap bulannya.

 

#5 Manfaatkan Promo Suku Bunga pada Awal Periode

Umumnya kartu kredit memberlakukan bunga 0% jika Anda melakukan pembayaran sesuai tagihan setiap bulannya. Beberapa promo lainnya adalah gratis biaya tahunan, sehingga yang perlu Anda bayar hanyalah biaya meterai setiap bulannya.

Waspadai Penipuan Kartu Kredit dan Bagaimana Cara Menghindari Penipuan Kartu Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Waspadai Penipuan Kartu Kredit dan Bagaimana Cara Menghindari Penipuan Kartu Kredit?]

 

Anda perlu memanfaatkan promo-promo seperti ini untuk mengetahui cara meminimasi biaya tambahan kartu kredit yang mungkin muncul. Dengan demikian, kontrol kartu kredit akan lebih terjaga dan Anda tidak akan terjerumus dalam utang.

 

#6 Hindari Kartu Kredit yang Inaktif

Walaupun Anda harus membatasi penggunaan kartu kredit dalam bisnis, bukan berarti Anda membiarkan kartu tersebut inaktif atau tidak digunakan. Kartu kredit yang dibiarkan dormant hanya akan mengakibatkan rusaknya riwayat kredit Anda. Namun tetaplah batasi penggunaannya agar tidak melebihi 30% dari limit kartu kredit untuk tetap menjaga riwayat kredit Anda. Mengapa 30%?

Ini adalah batasan umum debt to credit ratio yang biasa digunakan pihak bank. Artinya Anda sebaiknya hanya memanfaatkan maksimal 30% dari limit kartu kredit Anda karena bagi bank pada nilai itulah kemampuan membayar Anda.

 

#7 Hindari Telat Bayar

Teori lebih mudah diungkapkan daripada kenyataan, tetapi inilah kunci utama manajemen keuangan untuk bebas dari utang: selalu bayar tagihan kartu kredit Anda secara penuh dan tepat waktu. Hal ini akan menyelamatkan Anda dari banyak bencana keuangan yang mungkin terjadi. Salah satunya adalah utang yang terus bertambah karena tingginya suku bunga dan hancurnya riwayat kredit Anda.

Jangan Gunakan Kartu Kredit, Jika Anda Berada dalam 6 Kondisi Keuangan Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Gunakan Kartu Kredit, Jika Anda Berada dalam 6 Kondisi Keuangan Ini]

 

#8 Memangkas Bunga Kartu Kredit dari Pajak

Selama digunakan untuk hal-hal atau kebutuhan berbasis bisnis, Anda dapat memangkas bunga kartu kredit dari pajak bisnis tersebut. Namun kembali diperjelas mengenai hal ini kepada pihak bank dan petugas pajak terkait. Pahami peraturannya dan nikmati keuntungannya.

 

Mulai Bisnis Modal Kartu Kredit dengan Risiko Rendah

Bagaimana? Apakah Anda sudah semakin yakin untuk memulai bisnis dengan bermodalkan kartu kredit? Kuncinya hanya kontrol penggunaan yang baik dan memahami seluruh manfaat, keuntungan, dan risikonya.

Kini menggunakan kartu kredit tidaklah dikategorikan nekat, karena Anda sudah siap menanggung seluruh risiko yang mungkin terjadi. Bangunlah bisnis bermodalkan kartu kredit dengan aman dan raih kesuksesan sekarang juga!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara memulai bisnis aman dengan modal kartu kredit lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Roy Shakti. 13 Juni 2016. Bunga Kartu Kredit Apa Gak Tinggi Untuk Bisnis. Youtube.com – https://goo.gl/uo23i7
  • Jared Hecht. 31 Agustus 2016. 8 Steps To Wisely Financing A Business with A Credit Card. Forbes.com – https://goo.gl/4ETnYA

 

Sumber Gambar:

  • Modal Kartu Kredit – https://goo.gl/AzijDy
  • Bisnis Online Kartu Kredit – https://goo.gl/cW9wpw

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana