Ternyata, salah satu langkah menjadi dropshipper yang sukses adalah memilih media yang benar. Apa saja langkah menjadi dropshipper sukses?

Simak artikel Finansialku berikut ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Apa Itu Dropshipper?

Sistem dropship sangat direkomendasikan untuk para pemilik online shop atau pun para pemula karena tidak membutuhkan modal yang besar juga tidak perlu mengirim barang atau memiliki stok dulu.

Pembeli membayar pesanannya pada Anda. Lalu, tugas Anda hanyalah melakukan order sesuai dengan permintaan pembeli. Pihak supplier yang akan mengirimkannya.

Banyak orang yang berbisnis dengan cara ini. Kebanyakan dari mereka adalah para pemula yang baru berkecimpung di dunia bisnis online.

Mau Jadi Dropshipper Sukses_ Ikuti 10 Langkah Ini 03

[Baca Juga: Model Bisnis Online Dropship, Affiliate atau Reseller, Mana yang Paling Untung ?]

 

Untuk Anda yang tidak memiliki modal besar atau takut untuk berbisnis, menjadi dropshipper bisa menjadi pilihan tepat. Hasilnya, lumayan, lho! Apalagi jika Anda berhasil menjadi dropshipper sukses.

Tapi perlu diingat, walaupun bisnis ini tanpa modal, Anda tetap harus membayarkan harga barang pada supplier Anda. Oleh sebab itu, jangan lupa pisahkan catatan uang yang menjadi keuntungan Anda dengan uang bisnis.

Anda bisa membaca e-book Finansialku mengenai pentingnya mengelola keuangan bisnis dan pribadi yang bisa Anda unduh di bawah ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

10 Langkah untuk Menjadi Dropshipper Sukses

Sukses tidak didapat secara instan. Perlu usaha dan upaya yang harus dilakukan supaya bisa meraih sukses. Begitu pula dalam bisnis dropship. Jika Anda ingin sukses di bisnis ini, ada 10 langkah yang harus Anda lakukan.

 

#1 Pahami Bagaimana Sistem Reseller

Sebetulnya, apa sih bedanya dropshipper dan reseller? Tentunya dalam hal menyetok barang. Hal ini menjadi perbedaan yang mendasar.

Seperti namanya, reseller adalah orang yang membeli barang dari supplier dalam jumlah yang banyak.

Hal ini dilakukan supaya harga barang yang diperolehnya kompetitif sehingga selisih harga beli dan harga jual yang didapat semakin besar.

Walaupun berbeda, Anda tetap harus memahami sistem reseller. Satu hal yang menjadi persamaan adalah Anda tidak perlu memproduksi barangnya. Ini justru menjadi keuntungan karena tidak akan menghabiskan banyak waktu produksi.

 

#2 Ketahui Jenis Produk

Ketahuilah jenis produk yang akan Anda jual. Anda perlu menjual barang spesifik dan tidak terlalu banyak. Artinya, ambil satu tema saja sebagai profil online shop Anda. Semakin spesifik, semakin orang akan mengenal online shop Anda.

Misalnya saja, Anda ingin menjual produk kosmetik Korea. Nah, Anda fokus menjual produk itu saja. Sebaiknya jangan dicampur dengan kosmetik produksi dalam negeri atau produk makanan.

Hal tersebut berguna untuk meningkatkan brand awareness untuk online shop Anda.

 

#3 Target Pasar

Tentukan untuk siapa produk Anda dijual. Tentukan siapa target market yang Anda tuju. Untuk lebih spesifik, misalnya Anda perlu menentukan rentang usia apakah remaja atau dewasa, wanita atau pria, dan sebagainya.

Hal ini bertujuan supaya Anda bisa fokus menjual produk yang spesifik supaya mudah dikenal dan dicari orang yang memerlukan produk tersebut.

 

#4 Menganalisis Kompetitor

Jangan takut dengan kompetitor! Memang, menjadi dropshipper pasti mendapati kompetitor yang menjual produk sejenis.

Namun, jangan jadikan ini sebagai penghalang kesuksesan Anda. Justru, inilah tantangannya. Berbisnis pasti ada kompetitor supaya Anda bisa belajar lebih banyak.

Mau Jadi Dropshipper Sukses_ Ikuti 10 Langkah Ini 01

[Baca Juga: 5 Passive income Mahasiswa Ini Buat Cash Flow Mahasiswa Sehat]

 

Anda perlu menganalisis kompetitor. Anda bisa menganalisis beberapa aspek seperti, bagaimana produk mereka dipresentasikan, cara mereka memasarkan produk, dan cara mereka mempromosikan produk.

Dengan menganalisis tiga hal tersebut, Anda bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan apa yang membedakan Anda dengan kompetitor.

 

#5 Mencari Supplier

Setelah Anda menentukan produk yang akan Anda jual, jangan lupa untuk mencari supplier yang sesuai. Langkah ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Carilah supplier yang memberikan harga terbaik dengan kualitas bagus.

Namun, beberapa hal yang patut diperhatikan dalam memilih supplier yang tepat, yaitu:

  • Carilah supplier yang fast response
  • Menawarkan harga yang murah dengan kualitas baik
  • Informasi mengenai komisi yang jelas
  • Pastikan supplier Anda terpercaya

 

#6 Membeli Produk Sebagai Contoh

Jika sudah mendapatkan supplier, sebaiknya Anda membeli beberapa produk sebagai contoh.

Lewat langkah ini, Anda dapat mengetahui bagaimana kualitas produk tersebut dan respon supplier terhadap pesanan Anda, apakah sesuai kriteria yang diinginkan atau tidak.

Perlu dipertimbangkan juga apakah pengirimannya tergolong cepat atau tidak. Nilailah kecepatan pengiriman dari supplier ke konsumen Anda. Hal ini akan berdampak pada kepercayaan pembeli Anda.

 

#7 Tentukan Harga Jual

Setelah mengetahui kualitas produknya, Anda dapat menentukan harga jual. Ada beberapa supplier yang mewajibkan para dropshippers untuk menjual produk dengan harga yang sudah ditentukan.

Tujuannya supaya harga pasaran tidak jatuh. Namun, ada juga yang membebaskan. Ini artinya, Anda dapat menentukan harga jual sendiri untuk mendapatkan keuntungan.

Namun, jangan terlalu banyak mengharapkan keuntungan banyak. Biasanya profit sebesar 10% sampai 20% sudah lebih dari cukup.

 

#8 Menentukan Identitas Brand

Brand berkaitan dengan citra produk online shop Anda. Dengan mengemas brand Anda dengan unik, kemungkinan orang mengenal online shop Anda menjadi tinggi.

Hal ini tentu saja akan menguntungkan Anda. Karena itulah sebelumnya Anda harus menentukan target konsumen dan fokus terhadap produk tertentu saja.

Identitas brand yang berbeda dari kompetitor akan membuat toko online Anda dikenang. Apalagi, jika sudah ada testimoni yang didapat dari konsumen. Ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap toko online Anda.

 

#9 Visualisasikan

Ada beberapa supplier yang memberikan sejumlah foto produk. Namun, usahakan Anda memiliki foto sendiri walaupun barangnya sama. Di sinilah letak keunikannya.

Supplier Anda bisa jadi memiliki banyak dropshippers. Jika mereka menggunakan foto yang sama dari supplier, di mana letak keunikan brand Anda?

bisnis-online-dropship-affiliate-atau-reseller-mana-yang-paling-menguntungkan-2-finansialku

[Baca Juga: 5+ Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Tanpa Bersusah-susah]

 

Karena itu, akan lebih baik jika Anda memesan beberapa produk sebagai contoh, lalu mengambil beberapa foto untuk promosi sendiri. Foto Anda jadi berbeda dengan yang lain.

Hal ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen bahwa produk yang Anda jual memang berkualitas bagus. Ini berarti visual branding bisa berhubungan dengan ketertarikan konsumen terhadap produk Anda.

 

#10 Pilih Media

Anda memperkenalkan produk Anda pada khalayak ramai. Pilihlah media yang sesuai dengan target konsumen Anda. Anda perlu menempatkan produk Anda di media sosial yang tepat.

Media sosial bisa sangat beragam, seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Pikirkan apakah target konsumen Anda lebih banyak menggunakan media sosial itu atau tidak.

Jika ya, silakan lanjutkan. Jika tidak, Anda bisa memanfaatkan media e-commerce.

 

Dropshippers yang Sukses Harus Tahu Hal Ini

Menjadi dropshippers bisa menghasilkan keuntungan. Beberapa di antaranya, Anda bisa berbisnis tanpa modal, bisnis yang fleksibel, hemat tenaga dan waktu, tidak memerlukan stok barang, serta sedikit kerugian.

Apa Anda berniat menjadi dropshipper?

 

Anda sudah mengetahui langkah-langkah untuk menjadi dropshippers sukses.

Akan lebih berguna jika Anda share artikel ini pada rekan atau kerabat Anda yang ingin memulai bisnis namun tak memiliki modal banyak. Siapa tahu Anda bisa menjadi penyelamat mereka.

 

Sumber Referensi:

  • Dosen Online. 22 April 2019. Cara menjadi Dropship Untuk Pemula Tanpa Modal. Dosenonline.id – http://bit.ly/2XfQEDz

 

Sumber Gambar:

  • Dropship 1 http://bit.ly/2qeJ8g8
  • Dropship 2 http://bit.ly/2Kq9vqf
  • Dropship 3 http://bit.ly/2CQOtNb