5+ Cara Mengatur Keuangan Pabrik Secara Efektif dan Efisien

Apakah Anda memiliki sebuah pabrik atau bisnis? Apakah Anda ingin mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan pabrik dan bisnis Anda?

Jika Anda memiliki sebuah pabrik atau bisnis dan Anda sedang mencari cara bagaimana caranya untuk mengatur keuangan pabrik maupun bisnis Anda. Maka Anda berada di tempat yang tepat.

 

Rubrik FinansialkuRubrik Finansialku Start It Up

 

Bisnis Pertama

Saya selalu senang mendatangi sebuah kafe baru atau bahkan toko baru yang memiliki konsep yang unik. Saya penasaran bagaimana para youngster memulai dan mengelola bisnis mereka.

Pada satu kesempatan, saat saya sedang reuni dengan teman SMA, saya bertemu dengan teman saya yang memiliki bisnis di bidang fashion. Saya langsung penasaran dan ngobrol banyak sama teman saya ini.

“Wah, aku dari dulu penasaran nih sama orang yang bikin bisnis. Gimana sih cara mulainya?”

 

Teman saya pun menjawab,

“Awalnya aku juga nggak kepikiran kalau bisnisnya bisa jalan, tapi ya kunci utamanya, memang kita harus maksain untuk mulai supaya bisnis kita jadi kenyataan.”

 

Saya kembali bertanya:

“Oh iya, aku penasaran nih. Cara ngatur keuangan di bisnis kamu gimana?”

 

Teman saya pun memberikan jawaban yang tidak asing saya dengar dari mulut seorang pebisnis:

“Nah, sejujurnya aku masih bingung gimana caranya ngatur keuangan yang efektif gimana. Soalnya aku masih ngerasa kewalahan.”

 

Dia pun bertanya, apa pekerjaan saya. Saya pun memberitahunya bahwa saya adalah seorang perencana keuangan. Dia langsung excited setelah tahu profesi saya.

Dia akhirnya bercerita bagaimana ia kewalahan karena harus meng-handle toko maupun pabrik tempatnya memproduksi pakaian.

Memiliki bisnis pertama memang sangat menyenangkan dan deg-degan juga pastinya. Kita pasti ingin merawat dan mengembangkan bisnis kita sebaik mungkin.

Sama halnya dengan anak, kita juga pasti ingin memberikan yang terbaik untuk bisnis yang kita buat ini. Tapi kadang, apa yang kita inginkan yang terbaik tidak sejalan dengan keuangan kita.

Padahal, kalau kita mengelola keuangan kita secara efektif dan efisien, kita tentu bisa mendapatkan yang terbaik untuk kemajuan usaha kita.

Nah, sesuai dengan permasalahan di atas, saya akan memberikan tips-tips bagaimana cara mengatur keuangan yang efektif dan efisien. Yuk kita simak tipsnya!

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Cara Mengatur Keuangan Pabrik atau Bisnis

Jika Anda belum memiliki seorang yang ahli dalam mengatur keuangan Anda, maka Anda akan membutuhkan tips berikut dalam mengatur keuangan pabrik atau bisnis Anda.

 

#1 Pisahkan Keuangan Pribadi dan Keuangan Pabrik atau Bisnis

Anda harus memiliki catatan keuangan pribadi dan catatan keuangan pabrik atau bisnis secara terpisah. Karena Anda akan pasti akan kewalahan jika Anda tidak memisahkannya.

Anda tentu memiliki banyak kebutuhan, yang mungkin sekali atau dua kali Anda terpaksa menggunakan uang pabrik atau bisnis untuk keperluan pribadi. Jika Anda ingat untuk membayarnya, maka tidak akan menjadi masalah yang besar.

Tapi, bagaimana jika Anda melakukannya terus menerus dan Anda lupa mengembalikan uang untuk pabrik atau bisnis Anda dengan segera?

Bayangkan, jika saat itu Anda sedang membutuhkan biaya produksi secepatnya tapi uang yang Anda pinjam untuk keperluan pribadi belum Anda kembalikan.

Padahal produksi tidak boleh terlambat satu hari pun, kalau terlambat, pasti pelanggan akan mengeluh dan lari mencari pengusaha lainnya.

Tentu Anda tidak mau seperti itu, bukan?

5+ Cara Mengatur Keuangan Pabrik Secara Efektif dan Efisien 02 Finansialku

[Baca Juga: Terbaru! 10 Tips Sukses Berbisnis di Usia Muda yang Mudah Dilakukan]

 

Jika Anda masih menggabungkan keuangan Anda dan pabrik atau bisnis Anda, Anda akan mengalami kesulitan saat audit, Anda akan kehilangan kesempatan untuk mengurangi beberapa pajak dari pengeluaran pabrik atau bisnis Anda.

Dengan memiliki akun yang terpisah akan membawa banyak keuntungan dan akan membrikan manajemen keuangan secara keseluruhan yang mudah dan efektif.

Pelajari tips dan manfaat memisahkan arus kas uang pribadi dan uang bisnis di ebook Finansialku berikut ini. Gratis lho! Download sekarang juga yuk!

 

#2  Rencanakan dan Lakukan Perputaran Kas Pabrik atau Bisnis yang Efektif dan Sesuai

Anda tentu sudah memikirkan, bagaimana keuntungan yang Anda peroleh akan digunakan.

Alangkah baiknya, jika keuntungan yang Anda miliki Anda gunakan untuk investasi, baik investasi untuk menambah modal atau investasi untuk menambah kualitas dan kuantitas produksi Anda.

Anda juga harus sudah mengetahui jenis investasi mana yang cocok dengan pabrik atau usaha Anda.

Jika Anda takut dan masih tidak ingin berinvestasi, bagaimana Anda akan maju?

Dengan arus kas yang baik dan sehat, maka keuangan pabrik atau usaha Anda pun akan semakin membaik.

Jika Anda ingin belajar berinvestasi saham, Anda bisa belajar lebih banyak dengan men-download ebook investasi saham untuk pemula di bawah ini!

 

(offering ebook investasi saham untuk pemula)

 

#3 Hindari Utang Konsumtif atau Utang yang Tidak Memberikan Keuntungan untuk Anda

Apakah pabrik atau bisnis yang baru tidak boleh berutang? Tentu saja boleh, tetapi sebelum Anda berutang, pastikan Anda sudah menghitung dan tahu bagaimana cara mengembalikan utang tersebut.

Hindari utang yang bersifat konsumtif, karena utang ini hanya akan menambah pengeluaran Anda tanpa memberikan keuntungan untuk Anda.

Menghitung Simulasi Utang dengan Aplikasi Finansialku 02 Kalkulator Kredit- Finansialku

[Baca Juga: Mau Buka Bisnis? Ini Dia Tipe Mitra Bisnis yang Harus Anda Cari!]

 

Jika Anda ragu untuk berutang namun Anda membutuhkan modal atau uang untuk produksi, ada baiknya Anda bertanya kepada ahlinya.

Anda bisa bertanya kepada perencana keuangan atau berbagi cerita kepada sesama pengusaha.

 

#4 Jangan Lupa Untuk Mencatat

Jangan menyepelekan aktivitas pencatatan arus keuangan pabrik atau usaha Anda.

Begini, Anda memiliki sebuah pabrik atau bisnis yang di mana setiap harinya selalu ada arus pemasukan dan pengeluaran. Kalau tidak dicatat, dari mana Anda bisa memiliki data untuk evaluasi?

Anda bisa saja sih mencoba mengingat-ingatnya karena merasa ingatan Anda sangat kuat. Namun, alangkah lebih baiknya, Anda menulis segala pemasukan dan pengeluaran yang terjadi di pabrik atau bisnis Anda.

Apakah Perlu Mahasiswa Mencatat Pengeluaran Ini Rahasianya 01 Finansialku

[Baca Juga: Belajar Bisnis dari 11 Anak Muda Indonesia yang Masuk 30 Under 30 Forbes 2018]

 

Dengan memiliki catatan pemasukan dan pengeluaran, Anda akan tahu kemana uang pabrik atau bisnis banyak digunakan. Anda pun dapat mengevaluasi kinerja pabrik atau bisnis Anda.

Selain itu, catatan arus kas berguna sebagai patokan untuk membuat proyeksi pemasukan dan pengeluaran di bulan depan.

Dengan begitu, Anda tahu kapan Anda harus mengeluarkan uang dan kapan Anda mendapatkan uang. Anda juga bisa mengecek seberapa banyak uang tunai yang Anda miliki.

Terakhir, dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, Anda juga bisa mengantisipasi dan tahu bagaimana cara mengatasi jika arus keuangan pabrik/bisnis mendekati minus.

 

#5 Tentukan Persentase untuk Pengeluaran Pabrik Anda

Anda sekarang sudah mencatat segala pemasukan dan pengeluaran yang terjadi, selanjutnya apa?

Anda sudah harus menentukan berapa persen keuangan pabrik atau bisnis yang Anda gunakan untuk kebutuhan keuangan operasional seperti menggaji karyawan, sewa tempat, dan lain sebagainya.

Lalu, Anda juga perlu menentukan berapa persen laba yang ingin dicapai tiap bulan atau bahkan per tahun.

Dengan Anda tahu target yang ingin Anda capai, maka Anda pun tahu langkah apa yang akan Anda lakukan untuk mencapai target tersebut.

 

#6 Lakukan Pengembangan Bisnis

Anda sudah tahu berapa persen dana yang Anda lokasikan untuk pabrik atau bisnis. Langkah selanjutnya, adalah mengembangkan bisnis Anda.

Apakah Anda akan membuka cabang baru atau membuat produk yang baru? Atau bahkan Anda menginginkan untuk membuat bisnis yang baru?

Anda tentu dapat melakukannya, karena Anda sudah tahu bagaimana Anda mencapai semua target Anda.

 

Kuasai Keuangan Pabrik atau Bisnis Anda

Sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana caranya mengatur keuangan pabrik atau bisnis yang efektif dan efisien. Anda juga telah mempunyai rencana yang sudah Anda atur sedemikian rupa Anda untuk mengembangkan bisnis Anda.

Salah satu kunci utama dalam berbisnis adalah menguasai keuangan bisnis Anda. Setelah keuangan bisnis Anda sudah terurus, Anda bisa fokus mengembangkan bisnis dengan tenang.

 

Setelah Anda membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui cara mengatur keuangan pabrik yang efisien dan efektif.

Mungkin masih ada teman Anda yang belum mengetahui mengatur keuangan pabrik atau bisnis yang efektif dan efisien.

Untuk itu, jika Anda membagikan informasi ini, maka Anda akan dapat membantu teman Anda untuk mencapai tujuan keuangannya!

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Monica Sari. 24 April 2018. 7 Cara Efisiensi Kelola Keuangan Usaha. Liputan6.com – https://goo.gl/1spVKa
  • Intan Rizky Adelia. 30 Oktober 2017. 6 Cara Mengelola Keuangan Usaha Secara Efektif. Danaxtra.com – https://goo.gl/Erx2mG
  • Admin. 9 Januari 2018. 7 Cara Mengelola Keuangan Bisnis Secara Efektif. Jurnal.id – https://goo.gl/whegBP
  • Izna Faruq. Cara Mengelola Keuangan Bisnis dan Usaha Secara Efektif. Centrausaha.com – https://goo.gl/yr5qzm
  • Melissa Burns. 8 November 2016. 10 Effective Ways To Manage Your Business Finances Effectively. Tweakyourbiz.com – https://goo.gl/vAXacu

 

Sumber Gambar:

  • Pabrik Baju – https://goo.gl/y4sYKH
  • Mengatur Keuangan Bisnis – https://goo.gl/49QRmi

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Summary
5+ Cara Mengatur Keuangan Pabrik Secara Efektif dan Efisien
Article Name
5+ Cara Mengatur Keuangan Pabrik Secara Efektif dan Efisien
Description
Apakah Anda memiliki sebuah pabrik atau bisnis? Apakah Anda ingin mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan pabrik dan bisnis Anda?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Widya Yuliarti CFP®
Widya Yuliarti, SST., MM., CFP® adalah seorang Financial Planner dari Finansialku bersertifikasi (FPSB ID: 1800 0526), ahli dalam keuangan syariah. Menempuh Pendidikan Diploma 4 Teknik Kimia di Politeknik Negeri Bandung dan menempuh Pendidikan S2 Manajemen di Universitas Padjadjaran.

Leave A Comment