Bagaimana ya cara mengatur tagihan kartu kredit? Agar tagihan kartu kredit terbayar 100%, tidak terkena bunga atau denda? Kali ini salah satu rekan Finansialku akan mengulas mengenai 10 cara cerdas [dan harus Anda praktekkan!] untuk mengatur tagihan kartu kredit!

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

5 Cara Menjalankan Resolusi Keuangan 2016

Memasuki tahun yang baru, selalu saja ada harapan baru. Anda tentu maunya kondisi keuangan Anda di tahun 2016, lebih baik kan? Buatlah segera resolusi keuangan 2016 dan segera laksanakan. Ingat ya tetap semangat dan nikmati prosesnya. Jangan sampai Anda kempos di jalan, baru bulan Febuary sudah menyerah dengan resolusinya.

5 Cara Menjalankan Resolusi Keuangan 2016 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Resolusi Keuangan, Buat di Januari Lupa di Febuary]

 

Apa saja yang harus Anda lakukan agar tetap semangat menjalankan resolusi keuangan 2016?

 

Cara 1: Ubah Resolusi Menjadi Rencana yang Spesifik

Langkah pertama untuk mewujudkan resolusi keuangan Anda adalah ubah resolusi atau impian Anda menjadi sebuah rencana keuangan yang spesifik. Pastikan rencana Anda mudah dilakukan dan dijalankan.

[Baca Juga: Buat Tujuan Keuangan Anda Sekarang!]

 

Cara 2: Buat Anggaran Keuangan dan Catatan Keuangan

Cara kedua untuk mewujudkan resolusi keuangan Anda adalah mulai membuat anggaran dan catatan keuangan. Kedua catatan ini sangat penting dimiliki, karena Anda dapat mengetahui dimana letak kebocoran keuangan Anda. Setelah Anda tahu letak kebocoran keuangan Anda, segera lakukan perbaikan.

 

Cara 3: Lakukan dengan Otomatis

Anda harus melakukan segalanya dengan otomatis alias autodebet. Mulai dari autodebet investasi, autodebet untuk tabungan dan autodebet untuk pembayaran tagihan kartu kredit. Namanya orang kadang kali ada lupa, ada malas, ada kata nanti. Nah permudah hidup Anda, agar investasi, tabungan dan tagihan kartu kredit Anda dapat terbayar secara otomatis.

[Baca Juga: Autodebet Investasi Reksadana Online, Step by Step]

 

Cara 4: Tambah Penghasilan

Tidak ada salahnya Anda mulai mencari cara untuk menambah penghasilan. Seorang ahili bernama Robert G. Allen menyarankan agar seseorang idealnya memiliki beberapa sumber pendapatan. Nah saatnya Anda berfikir kreatif, kira-kira barang apa yang dapat Anda jual melalui toko online gratis, misal melalui tokopedia.com atau bukalapak.com.

 

Cara 5: Lunasi Utang

Oh stop utang-utang konsumtif. Hari gini masih memiliki utang yang konsumtif? Sebaiknya segera lunasi utang-utang konsumtif Anda, mulai dari utang terbesar dengan bunga terbesar. Setelah utang Anda lunas, jangan berutang untuk barang-barang konsumtif.

 

Jadi Sudah Siap Mewujudkan Resolusi Keuangan 2016?

Tidak terlalu sulit untuk mewujudkan resolusi keuangan 2016, pertanyannya adalah apakah Anda mau atau tidak? Kalau Anda benar memang mau mewujudkan resolusi keuangan dan ingin kondisi keuangan keluarga Anda lebih baik di tahun ini, ya sudah saatnya Anda bertindak. Mulai dari langkah pertama ya.

 

 

Sudahkah Anda memiliki rencana keuangan di tahun 2016?

 

Sumber Gambar:

  • Resolusi Keuangan – http://goo.gl/uLZYuN

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang