Fasilitas Wisata Cikole: Cikole adalah sebuah kawasan di Bandung yang menyimpan banyak tempat wisata sejuk dan kekinian.

Artikel ini akan membahas wisata Cikole yang wajib kamu coba, apalagi menjelang akhir pekan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Grafika Cikole

Grafika Cikole merupakan sebuah tempat wisata yang berada di daerah Bandung, lebih tepatnya di Jalan Raya Tangkuban Perahu KM 8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Di sini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas alam sambil menghabiskan waktu dengan keluarga. Tempat ini juga sering dijadikan sarana berkumpul untuk para pegawai perusahaan dan pelajar sekolah.

 

Fasilitas Wisata Cikole

Di bawah ini adalah 5 fasilitas wisata Cikole yang harus Anda coba seluruhnya.

 

Fasilitas Wisata Cikole #1 Outbound

Outbound regular yang disediakan adalah:

  • Flying Fox
  • Paint Ball
  • Turun Tebing
  • Jembatan Burma
  • Jembatan Tali Dua

 

Selain outbound regular, juga terdapat classified outbound.

Classified outbound adalah fasilitas outbound yang sengaja dirancang untuk acara perusahaan maupun instansi seperti sekolah atau universitas.

Classified outbound dibagi menjadi classified outbound dewasa dan classified outbound anak-anak. Classified outbound anak adalah paket yang dikhususkan untuk anak-anak TK hingga maksimal siswa kelas 3 Sekolah Dasar.

5 Fasilitas Wisata Cikole yang Wajib Kamu Coba 02 Outbound - Finansialku

[Baca Juga: 10 Makanan Enak Di Bandung yang Paling Recommended, Murah Lagi!]

 

Jumlah peserta minimal adalah 20 orang dan terdiri dari 3 paket outbound untuk paket dewasa dan 2 paket outbound untuk anak-anak.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama, menstimulasi daya pikir dan meningkatkan kepercayaan diri dan kerja sama antar para pelajar.

Pemesanan untuk kegiatan outbound ini harus dilakukan minimal 3 hari sebelumnya. Harga yang Anda bayar sudah termasuk fasilitas air mineral, instruktur outbound serta area outbound.

 

Fasilitas Wisata Cikole #2 Kegiatan Interaktif

Di dalam Terminal Wisata Grafika Cikole, Anda juga dapat melakukan kegiatan interaktif sembari belajar, bermain dan meningkatkan pengetahuan akan budaya. Yang pertama adalah Angklung interaktif.

Pada aktivitas ini, Anda dapat menari bersama sambil belajar bermain angklung. Metode pengajarannya pun dibagi untuk dewasa dan untuk anak-anak.

Yang kedua, Anda juga dapat mengunjungi kebun strawberry, dimana Anda dapat memberi makan rusa, memetik strawberry matang dan menanam bibit strawberry.

 

Fasilitas Wisata Cikole #3 Penginapan

Jika Anda sekalian mengunjungi tempat ini, maka Anda harus sekaligus merasakan menginap di alam. Terdapat berbagai pilihan tempat penginapan yang dapat memberikan pengalaman khusus.

 

#1 Pondok Wisata Alam

Tempat ini merupakan salah satu tempat penginapan di Lembang, Bandung. Tempat penginapan ini berada di atas bukit dan terletak di antara pohon pinus yang sejuk dan berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu.

Setiap pondok dapat menampung hingga 6 orang tamu dengan harga Rp1,1 juta setiap malam di luar pajak dan service charge. Pada area ini, terdapat 3 jenis pondokan, Pinus, Damar dan Cemara.

 

#2 Urban Camp

Urban Camp disebut juga dengan nama “TWGC Camping Land”, tempat ini menawarkan konsep Glamping (Glamour Camping).

Tempatnya sangat sejuk karena terletak di atas bukit dengan hamparan rumput luas dan di tengah-tengah pepohonan pinus.

5 Fasilitas Wisata Cikole yang Wajib Kamu Coba 03 Glamping - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Destinasi Wisata Selfie Kekinian yang Ada di Bandung]

 

Tempat ini ditawarkan dengan harga Rp1,4 juta per malam (tanpa tax dan service) dengan kapasitas 4 orang. Total unit Urban Camp adalah 20 unit.

Di setiap unit perpaduan pondok dan camping memiliki fasilitas kamar mandi, air panas dan sarapan untuk 4 orang.

 

#3 Camping

Bercamping atau bertenda di wisata Grafika Cikole juga sangat menyenangkan. Fasilitas ini dinamakan Tendadome. Tendadome telah disediakan oleh tempat wisata lengkap dengan alas tenda, matras dan sleeping bag.

Ketika bertenda, Anda pun dapat menikmati api unggun dan jungle tracking di pagi hari yang merupakan fasilitas bersama.

Tidak perlu khawatir, kamar mandi telah disediakan sehingga Anda tidak harus pergi ke hutan untuk buang air.

Untuk menjaga fasilitas di sana, Anda tidak diperbolehkan untuk membawa makanan dan minuman dari luar, Anda dapat menikmati jagung bakar, atau mie instan cup serta makan pagi di Tendadome tersebut.

Total unit yang tersedia adalah 50 unit dengan harga Rp400 ribu (+15% tax dan service) dengan kapasitas 4 orang setiap pondoknya.

Biaya tambahan lainnya adalah:

  • Kayu bakar (tambahan): Rp75 ribu per ikat
  • Sleeping bag (tambahan): Rp50 ribu (termasuk jagung dan mie instan)
  • Sarapan (tambahan): Rp50 ribu

 

Waktu check in adalah pukul 14.00 dan check out pukul 12.00. Anda dapat memilih jenis camping, ada yang camping keluarga dan ada pula camping massal.

 

Fasilitas Wisata Cikole #4 Tempat Makan

Ketika Anda berkunjung ke tempat baru, tentu salah satu hal yang ingin Anda coba adalah kuliner khas daerah itu.

Di Grafika Cikole, Anda dapat memilih hidangan khas dari berbagai tempat dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

 

#1 Restoran Sunda Buana

Restoran ini berada di bagian paling depan Terminal Wisata Grafika Cikole. Tempat ini biasanya menjadi tempat untuk rombongan wisata yang berjumlah 20 hingga 200 orang.

Restoran ini dilengkapi dengan live music, toilet, mushola dan area parkir yang dapat menampung total 24 bus wisata. Sesuai dengan namanya, makanan yang disajikan di sini kebanyakan bercita rasa Sunda.

5 Fasilitas Wisata Cikole yang Wajib Kamu Coba 04 - Finansialku

[Baca Juga: Asyiknya Menginap di 5 Hotel Kapsul di Bandung yang Tak Terlupakan]

 

#2 Pendopo Hutan

Tempat makan ini cocok bagi mereka yang menginginkan tempat sejuk yang dekat dengan kawasan hutan. Pendopo Hutan sendiri berada di alam terbuka di kawasan hutan pinus di atas bukit.

Kapasitas tempat makan ini mencapai 100 orang dengan sajian yang disediakan adalah sajian prasmanan. Fasilitas yang diberikan oleh Pendopo Hutan juga tergolong lengkap.

 

#3 Aula Bambu

Aula Bambu ini juga dikenal dengan nama Aula Dayang Sumbi, yang mana restoran ini memiliki kapasitas 600 orang lengkap dengan berbagai fasilitas yang lengkap.

Desain interior restoran ini mengadopsi gaya minimalis dan terinspirasi dari bangunan balai desa di Jawa Barat. Furnitur di dalamnya pun menggunakan konsep kayu dengan meja dan bangku kayu panjang.

5 Fasilitas Wisata Cikole yang Wajib Kamu Coba 05 - Finansialku

[Baca Juga: Rumah Hobbit Bandung, Tempat Wisata Keren untuk Keluarga]

 

#4 Saung Lesehan

Saung Lesehan adalah tempat makan yang dibangun menyerupai saung di persawahan.

Pada Terminal Wisata Grafika Cikole, terdapat 18 saung lesehan berukuran kecil dengan kapasitas 4 orang dan saung lesehan berukuran besar dengan kapasitas 20 orang setiap saungnya.

Terdapat fasilitas bermain anak di area Saung Lesehan, yaitu di rumah pohon.

Selain itu, terdapat air terjun mini di ujung area Saung Lesehan. Anda harus melewati jembatan kecil menyeberangi aliran air yang langsung dari bukit untuk menuju ke Saung Lesehan. Menyenangkan bukan?

 

Fasilitas Wisata Cikole #5 Fasilitas Umum

Sebuah tempat wisata tentu akan lengkap jika menyediakan fasilitas umum yang memadai, terutama jika tamunya banyak.

Pada Terminal Wisata Grafika Cikole, berbagai fasilitas umum disediakan untuk para pengunjung.

Yang pertama adalah mushola di mana para umat Islam dapat melaksanakan ibadah Sholat. Yang kedua adalah area parkir yang sangat luas, sehingga mobil pribadi maupun bus dapat berhenti dan parkir dengan leluasa. Yang terakhir adalah toilet di berbagai area.

 

Nah, selain Anda mengetahui fasilitas-fasilitas wisata Cikole, maka Anda perlu mengetahui cara merencanakan liburan akhir pekan Anda. Meskipun liburan akhir pekan, tetap harus kamu rencanakan lho!

Rencana liburan yang baik akan membuahkan hasil liburan yang baik juga, karena Anda sudah melakukan hal yang benar untuk dilakukan.

Ayo, mulai membuat rencana liburan, terlebih lagi untuk dana liburan Anda.

 

Sangat seru dan menyenangkan bukan? Pasti Anda sudah tidak sabar ingin segera berkunjung dan mencoba fasilitas tersebut kan?

Yuk, bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Niken Widya Yunita. 12 April 2019. 3 Fasilitas Wisata Grafika Cikole Lembang Untuk Libur Akhir Pekan. Travel.detik.com – https://bit.ly/33iXpH
  • Admin. Grafika Cikole. Grafikacikole.com – https://bit.ly/2GWJNIi

 

Sumber Gambar:

  • Wisata Cikole – https://bit.ly/2Z8WbeD
  • Outbound Cikole – https://bit.ly/2KBeIMo
  • Urban Camp – https://bit.ly/2YZLEqY
  • Restoran Sunda Buana – https://bit.ly/31MBWoO
  • Aula Bambu – https://bit.ly/31Gl4ji