Apa sih yang pertama kali terlintas di pikiran kamu ketika mendengar ‘Kota Bandung’? Pasti di antaranya tertuju ke destinasi wisata atau makanan enak yang menggugah selera.

Ngomongin tentang makanan, kali ini Finansialku akan mengulas 10 makanan enak di Kota Bandung yang wajib kamu coba!

Eits tenang aja, harga makanan enak dari Bandung ini enggak akan bikin nguras kantong kok. Check it out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Ngaku Pecinta Kuliner? Wajib Coba 10 Makanan Enak dan Murah di Bandung

Kota Bandung dikenal dengan sebutan Kota Kembang atau Bumi Pasundan memang berhasil memanjakan setiap orang yang tinggal atau bertandang di kota ini.

Makanya, enggak heran kalau seorang fenomenolog, psikolog, dan budayawan, M.A.W Brouwer menyebutkan “Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum”.

Selain suguhan tempat wisata yang menarik perhatian, makanannya pun jadi satu hal yang cukup dirindukan.

Yup, Bandung juga dikenal sebagai surganya para pecinta kuliner karena bukan satu hal yang sulit untuk menemukan jajanan enak di Bandung.

Bahkan seiring perkembangan zaman, kuliner tersebut semakin berinovasi.

Nah, kali ini Finansialku akan memberikan rekomendasi makanan enak di Bandung.

Penasaran? Ini dia jawabannya:

 

#1 Cireng

Kuliner yang satu ini memang enggak ada matinya. Cireng adalah salah satu jajanan yang berbahan dasar aci. Sesuai dengan namanya, cireng merupakan singkatan dari Aci Goreng.

Cireng yang identik berwarna putih dengan potongan kecil daun bawang memiliki tekstur kenyal dan empuk serta cita rasa gurih.

Biasanya, isian cireng adalah bumbu kacang kering dan ada juga yang disajikan dengan saus kacang.

Makanan Enak Bandung 01 (Cireng) - Finansialku

[Baca Juga: Gimana Cara Mengatur Keuangan Orang yang Hobi Kuliner Supaya Keuangan Sehat?]

 

Banyak inovasi yang lahir dari jajanan cireng, misalnya dengan mengganti isian bumbu kacang menjadi isian keju, sosis, ayam, daging sapi, dan sebagainya.

Nah yang lagi hits, ada juga rujak cireng, yaitu menggabungkan antara cireng dengan saus rujak. Menarik bukan?

Gampang banget kok kalau kamu mau mencoba cireng di Kota Bandung, mulai dari kafe-kafe sampai pedagang kaki lima banyak menjajakan kuliner ini.

 

#2 Seblak

Selain cireng, makanan selanjutnya yang lagi naik daun terutama di kalangan anak muda adalah seblak.

Melansir laman tripzilla.id (Senin, 10/6/2019), seblak adalah jajanan berbahan dasar kerupuk basah yang dimasak dengan campuran bumbu bawang.

Buat kamu yang suka pedas, bisa ditambah dengan cabai sehingga menghasilkan hidangan berkuah yang unik.

Kerupuknya memberikan tekstur kenyal yang pas dicampur dengan kuah pedas.

Oiya seblak juga bisa disesuaikan dengan selera lho, kalau enggak mau yang berkuah kamu bisa pesan seblak kering.

Selain kerupuk, saat ini seblak dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan lainnya sebagai topping.

Mulai dari ceker, sosis, bakso, cilok, mie, kwetiau, jamur, siomay, dan sayuran hijau seperti sosin.

Tinggal kamu pilih aja deh, topping yang sesuai dengan selera.

 

#3 Batagor

Ngomongin batagor, inilah salah satu makanan legend di Kota Bandung.

Jangan heran, kalau kamu sering lihat gerobak penjual makanan bertuliskan batagor Bandung meski sedang tidak berada di Bandung.

Batagor adalah singkatan Bakso Tahu Goreng dengan campuran ikan tenggiri sehingga bercita rasa gurih.

Umumnya batagor disajikan dengan saus kacang dan kecap serta perasan jeruk sambal yang menambah kesegaran rasa.

Makanan Enak Bandung 02 (Batagor) - Finansialku

[Baca Juga: Senang Dengan Wisata Kuliner Tengok 4 Peluang Kerja Ini!]

 

Tapi ada juga yang dikenal dengan batagor kuah, yaitu dengan menambahkan kuah bening berbumbu seperti bakso.

Meski jajanan ini sudah ada cukup lama, buat kamu pecinta kuliner tetap wajib menyantapnya ketika berada di Bandung supaya bisa merasakan keaslian sajiannya.

Apalagi di Bandung sudah ada beberapa batagor legendaris yang tak pernah sepi dari pembeli.

 

#4 Siomay

Lain batagor, lain juga dengan siomay. Meski disajikan sama dengan bumbu kacang tapi siomay adalah kuliner yang diolah dengan cara dikukus, bukan digoreng seperti batagor.

Adonan siomay juga dilengkapi campuran ikan tenggiri, bedanya siomay dilengkapi dengan pare, kentang, dan sayur kubis yang tidak bisa kamu temukan di batagor.

Tapi satu hal yang pasti, dua-duanya sama-sama mantap jiwa!

 

#5 Cuanki

Inilah salah satu kuliner kesegaran yang wajib kamu coba di Bandung. Walaupun secara tampilan, cuanki ini mirip dengan bakso malang tapi bedanya cuanki tidak menggunakan mie kuning ya.

Semangkok cuanki, biasanya terdiri dari tahu putih isi aci, bakso, siomay, pangsit rebus, pangsit goreng, dan bakso goreng.

Kuahnya dibiarkan bening dan hanya ditambahkan sedikit daun bawang dan bawang goreng. Rasanya gurih dan cocok untuk disantap saat cuaca dingin.

Bumbu pelengkap dari cuanki ini hanya ditambahkan sambal dan saus untuk kamu yang suka rasa pedas.

Meski begitu ada juga yang tetap ditambahkan kecap seperti bakso pada umumnya. Tergantung selera ya Guys.

Makanan Enak Bandung 03 (Cuanki) - Finansialku

[Baca Juga: 10 Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia Ini Wajib Kamu Cicipi]

 

#6 Surabi

Surabi juga menjadi salah satu makanan legendaris di Kota Bandung nih, yang masih punya banyak penggemar sampai sekarang.

Apalagi surabi Bandung yang tradisional masih dimasak dengan menggunakan tungku kayu dan gerabah tanah liat. Sehingga bau gosong dari lapisan gerabah memberikan aroma khas.

Surabi Bandung ini memiliki sedikit perbedaan dengan Serabi Solo. Surabi memiliki bentuk yang lebih tebal dan lebih gurih serta padat dibanding serabi solo.

Surabi biasanya diberi topping oncom, kinca, atau bahkan tanpa topping sama sekali.

Menariknya, kini surabi tampilannya lebih modern dengan aneka topping manis atau asin dari bahan makanan kekinian yang juga tidak kalah menggoda.

 

#7 Bandros

Bandros adalah jajanan yang terbuat dari adonan tepung beras dan kelapa parut yang dicetak dalam loyang berbentuk setengah lingkaran.

Selain di Bandung, jajanan serupa dengan bandros juga ada di beberapa daerah lainnya tapi dengan nama berbeda.

Ada yang disebutnya dengan kue pancong atau jajanan bernama Rangin.

Walaupun bandros tradisional tidak menggunakan topping apapun, kini bandros telah berevolusi dengan terciptanya aneka rasa topping.

Mulai dari yang gurih dengan menggunakan keju dan mayonaise hingga yang manis dengan menambahkan coklat dan susu.

Makanan Enak Bandung 04 (Bandros) - Finansialku

[Baca Juga: 8 Usaha Indonesia Di Luar Negeri Berhasil dan Sukses Mewarnai Dunia Kuliner]

 

#8 Kue Cubit

Makanan enak selanjutnya yang wajib kamu coba ketika di Bandung adalah kue cubit.

Kue ini semakin hits di tahun 2016, seiring dengan inovasi bentuk dan topping yang ditawarkan. Padahal, mulanya hanya kue biasa yang banyak dijual di sekolah-sekolah.

Kata cubit diambil dari teknik mengangkat kue yang sudah matang dari loyang.

Topping kue cubit kini sudah sangat bervariasi, mulai dari green tea, taro, oreo, hingga kue cubit bertema red velvet.

Sudah pernah mencobanya? Kalau belum, mungkin ini saat yang tepat untuk mencoba jajanan imut ini dan rasanya pasti bikin ketagihan.

 

#9 Cilok

Back to Aci Family hehehe

Ngomongin makanan dari olahan aci enggak ada habisnya sih. Selain cireng, ada juga cilok atau dikenal sebagai Aci Dicolok.

Nama ini sesuai dengan penyajiannya karena si penjual akan mengambil cilok dengan cara dicolok menggunakan batang kayu kecil dan dimasukkan ke dalam plastik.

Makanan Enak Bandung 05 (Cilok) - Finansialku

[Baca Juga: Hey, Mau Tahu Rahasia Cepat Kaya Raya Di Usia Muda?]

 

Cilok ini sepintas memang mirip dengan bakso tapi hanya terbuat dari aci tanpa tambahan daging.

Meski tanpa daging tapi paduan aci yang kenyal dengan bumbu gurihnya memberikan sensasi makan yang bisa buat kamu ketagihan.

Bumbu cilok ini biasanya saus sambal, kecap, dan juga bumbu kacang.

Saat ini modifikasi cilok sudah beragam, ada yang diisi dengan aneka isian seperti keju, telor, atau cabai rawit. Bahkan ada juga yang menjual versi cilok kuah.

 

#10 Cilor

Cilor bisa dibilang merupakan anak bungsu dari keluarga jajanan aci karena masih tergolong baru.

Cilor memiliki nama lengkap Cilok Telor, yang maksudnya adalah menggoreng cilok dengan telor.

Tampilan cilor bermacam-macam, mulai dari yang dibentuk seperti sate telur gulung sampai yang disajikan dalam mangkuk berkuah pedas. Semuanya sama-sama enak dan bikin ketagihan!

Cilor ini sangat cocok disantap saat masih hangat, biasanya dicampur dengan saus sambal ditambah bubuk cabai kering untuk kamu yang suka pedas. Tapi tanpa tambahan apapun, cilor juga sudah bercita rasa gurih.

Sebagai pecinta kuliner, mencicipi berbagai jenis makanan seperti ini sudah menjadi bagian dari hobi.

Walaupun harga makanannya enggak semua mahal, tetap harus diperhatikan supaya hobi kuliner ini enggak mengganggu kondisi finansialmu. Kamu bisa memulainya dengan melakukan perencanaan keuangan.

Perencanaan keuangan memiliki fungsi yang dapat membantu kamu untuk mengetahui hal apa saja yang dapat kamu rencanakan secara keuangan untuk saat ini dan masa mendatang.

Kamu juga bisa membuat perencanaan keuangan dalam bentuk anggaran keuangan.

Nah, Agar lebih praktis, mudah, dan menyenangkan, gunakan saja Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkanmu dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansial kamu semakin baik.

Jika belum memilikinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Jika uangmu ingin dialokasikan untuk membangun keuntungan melalui investasi dengan cara yang tepat, bangun dasar pengetahuanmu dengan mendengarkan tayangan cara berinvestasi yang benar dalam channel Youtube Finansialku.

Kamu juga bisa mendaftar seminar atau meminta nasihat dari penasihat keuangan terpercaya, salah satunya Penasihat Keuangan Finansialku.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Manjakan Lidah Tanpa Menguras Kantong

Guys, apakah 10 makanan yang telah diulas menambah referensi kuliner yang wajib kamu coba di Bandung?

Kuy ah, saatnya manjakan lidah dengan makanan enak yang menggugah selera.

Rasanya yang mantap, dijamin deh enggak bikin nguras kantong. Apalagi kalau kamu sudah punya anggaran untuk hobi kulinermu ini.

Tunggu apalagi? Segera realisasikan dan selamat mencoba!

 

Apakah kamu punya referensi makanan enak dan murah yang recommended di Bandung?

Jangan lupa share di kolom komentar ya supaya menambah daftar kuliner yang wajib dicoba Sobat Finansialku ketika di Bandung. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hanif K. Wardhani. 5 Juli 2018. 22 Jajanan Kaki Lima Bandung yang Murah Dan Menggoyang Lidah. Tripzilla.id- https://bit.ly/2WzqRcx

 

Sumber Gambar:

  • Makanan Enak 1 – http://bit.ly/2KTJKQb
  • Makanan Enak 2 (Rujak Cireng) – http://bit.ly/2IWNuOv
  • Makanan Enak 3 (Batagor) – http://bit.ly/2WJ65lQ
  • Makanan Enak 4 (Cuanki) – http://bit.ly/2WJDvpt
  • Makanan Enak 5 (Bandros) – http://bit.ly/2Rljn6X