Bagaimana cara untuk menuju kesejahteran keuangan? Berikut ini pandangan dari salah seorang perencana keuangan Amerika bernama Carld Richards.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menuju Kesejahteraan Keuangan ala Carl Richards

Siapa yang tidak mau hidup dalam kondisi yang sejahtera secara keuangan. Ternyata setelah dipelajari lebih dalam, kesejahteraan keuangan dapat diwujudkan dengan perencanaan yang tepat. Tentunya Anda mau kan mencapai kesejahteraan keuangan?

 

8 Cara Menuju Kesejahteraan Keuangan ala Carl Richards - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Jawab Quiz: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan Keluarga dengan Benar?]

 

Salah seorang perencana keuangan Amerika bernama Carl Richards, memberikan 8 cara menuju kesejahteraan keuangan. Dia mengatakan bahwa dirinya pernah mengalami kesalahan dalam mengelola keuangan, salah satunya saat dirinya terlilit utang. Belajar dari kesalahan yang pernah dilakukannya, Carl memahami 8 hal yang dapat dilakukan untuk menuju kesejahteraan keuangan.  Apa saja ke 8 hal tersebut?

 

8 Cara Menuju Kesejahteraan Keuangan ala Carl Richards

Berikut ini 8 cara menuju kesejahteraan keuangan ala Carl Richards, yaitu:

 

#1 Tentukan mengapa uang penting untuk Anda

Pertanyaan pertama, Menurut Anda apakah uang itu penting? Jika diberi skala 1 sampai dengan 10, (angka 1 berarti tidak penting dan angka 10 berarti sangat penting), berapa skala Anda? Mengapa Anda memberikan skala tersebut? Silahkan tuliskan jawaban Anda di kolom komentar ya.

[Baca Juga: Sudut Pandang yang Berbeda Menilai dan Memandang Uang]

 

Ada orang yang mengatakan uang itu bukan segalanya dan memang betul uang itu bukan segalanya. Tetapi realistisnya, kita tidak bisa beli ini itu, mewujudkan tujuan keuangan kita jika tidak memiliki cukup uang.

  1. Untuk membeli rumah butuh uang
  2. Untuk membeli kendaraan butuh uang
  3. Untuk menyekolahkan anak butuh uang
  4. Untuk dana hari tua (pensiun) butuh uang
  5. Dan lain sebagainya

 

#2 Kenali Titik awal Anda

Setelah Anda tahu motivasi Anda mengenai uang, Anda perlu bergerak. Dari kondisi saat ini menuju ke kondisi yang ingin Anda wujudkan. Contoh Anda ingin bergerak dari kondisi saat ini menuju titik yang lebih sejahtera (memeliki rumah, kendaraan dan lain sebagainya). Apakah Anda sudah mengetahui kondisi Anda saat ini? Bagaimana cara mengetahuinya?

[Baca Juga: Apakah Anda Memiliki Mindset Orang Kaya?]

 

  1. Anda perlu mengetahui berapa penghasilan Anda
  2. Anda perlu mengetahui berapa pengeluaran Anda
  3. Anda perlu mengetahui berapa asset Anda
  4. Anda perlu mengetahui berapa utang Anda
  5. Setelah itu Anda perlu tahu kondisi kesehatan keuangan Anda

 

#3 Tentukan Arah dan Tujuan Anda

Carl Richards menyarankan agar kita tahu kemana arah yang ingin kita tuju. Contoh saya ingin membeli rumah seharga Rp 500.000.000 pada 5 tahun yang akan datang. Jika kita sudah tahu apa yang kita ingin wujudkan, kita mulai susun langkah dan strategi untuk mencapainya. Dalam ilmu perencanaan keuangan, langkah dan strategi yang dimaksud adalah perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan dapat membantu Anda mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda.

 

#4 Mulailah dengan membuat Anggaran

Selain memiliki rencana keuangan, Anda juga harus mengelola keuangan dengan cara yang benar. Langkah pertama adalah membuat anggaran. Baik orang kaya maupun kelas menengah membutuhkan anggaran untuk membantu mengelola keuangan dan meningkatkan kesejahteraan keuangan.

[Baca Juga: Apa itu Anggaran dan Apa Manfaatnya?]

 

#5 Usahakan untuk menabung dan berinvestasi

Banyak orang masih mengandalkan pemasukan dari segi gaji atau pendapatan aktif. Padahal ada cara lain untuk meningkatkan kesejahteraan keuangan, yaitu dengan mengubah pendapatan aktif (gaji) menjadi pendapatan semi aktif (portfolio income) dan pendapatan pasif. Setiap perencana keuangan dan penasehat keuangan, selalu mengarahkan agar kita memiliki investasi.

[Baca Juga:  Karyawan Juga Bisa Kaya dengan Cara Ini]

 

#6 Miliki asuransi

Salah satu pilar penting dalam perencanaan keuangan adalah manajemen risiko atau proteksi. Tidak ada gunanya investasi besar jika ujung-ujungnya terkuras untuk bayar rumah sakit dan perawatan kesehatan. Asuransi adalah hal yang penting, khususnya asuransi jiwa dan kesehatan. Saat ini pemerintah memiliki program jaminan kesehatan nasional, yaitu BPJS Kesehatan. Minimum manfaatkan program tersebut.

 

#7 Lunasi utang konsumtif

Salah satu hal yang dapat merusak kondisi keuangan adalah utang konsumtif. Jangan heran jika banyak orang dengan berpendapatan besar ternyata memiliki utang konsumtif (kartu kredit, KTA, kredit kendaraan, cicilan barang elektronik) yang juga besar. Segera perbaiki kondisi utang konsumtif tersebut dan fokus pada peningkatan asset.

[Baca Juga: Hindari Utang untuk Pengeluaran Ini]

 

#8 Berinvestasi dengan bijak

Ada orang ahli keuangan dan investasi yang pernah mengatakan jangan menjadi naked investors (investor yang polos). Sebelum Anda berinvestasi pada produk-produk keuangan, Anda perlu berinvestasi pada waktu dan pendidikan. Anda harus tahu bagaimana cara untuk mengoptimalkan investasi Anda agar dapat bekerja dan mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda.

 

Kesejahteraan Keuangan adalah Hak untuk Setiap Orang yang Memperjuangkannya

Kesejahteraan keuangan tidak hanya hak orang-orang berpenghasilan besar. Banyak sekali orang-orang berpenghasilan besar yang belum mencapai kesejahteraan keuangan. Kesejahteraan keuangan adalah buah dan hak setiap orang yang telah berjuang mendapatkannya. Carl Richards sudah memberi tahukan 8 resep untuk mencapainya. Memang bukan hal baru, memang bukan hal yang luar biasa hebat dan memang membutuhkan proses. Silahkan buktikan pada diri Anda, bahwa Anda memang berhak mendapatkan kesejahteraan keuangan.

 

Apa langkah yang akan Anda ambil untuk meningkatkan kesejahteraan keuangan Anda?

 

  • Happy – http://goo.gl/YNaonF 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang