Apakah Anda harus hindari utang untuk beberapa keperluan? Berikut ini salah satu rekan Finansialku, akan membahas apa saja yang tidak boleh dibayar dengan utang.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Hindari Utang untuk Keperluan Ini

Apa yang Anda lakukan jika ingin membeli barang tetapi tidak cukup uangnya? Pastinya Anda terpikir untuk meminjam uang kan? Pinjam ke bank, keluarga, teman, perusahaan pembiayaan, bahkan ada juga yang nekat utang di rentenir. 

Hindari Utang untuk Keperluan Ini - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Jawab Quiz: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan dengan Benar?]

 

Menurut kami, sebaiknya Anda perlu lebih cermat dan tepat mengenal keperluan mana saja yang sebaiknya dibayar dengan uang kontan, tabungan, berinvestasi terlebih dahulu atau dengan utang. Anda disarankan untuk menghindari utang untuk lima hal ini : . 

 

Biaya Pendidikan Anak

Pendidikan adalah hal yang paling penting bagi masa depan anak. Setiap orang tua pastinya berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya. Zaman sekarang, adalah zaman yang kompetitif. Setiap orang tua berharap anaknya paling tidak mengenyam pendidikan sarjana (S1). Bagaiamana dengan biaya pendidikannya?

[Baca Juga: Contoh Merencanakan Dana Pendidikan Anak]

 

Idealnya Anda harus hindari utang untuk kebutuhan biaya pendidikan anak. Anda dapat merencanakan dana pendidikan anak, jauh-jauh hari. Anda dapat berinvestasi dengan produk-produk investasi (contoh reksa dana) untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak. 

 

Biaya Pernikahan

Apakah Anda pernah mendengar teman, saudara atau kenalan yang melakukan pesta pernikahan mewah dan setelah itu mereka masih menanggung utang? Jangan sampai kehidupan Anda setelah pernikahan semakin berat karena terbebani utang.

[Baca Juga: Menghitung Biaya Pernikahan]

 

Sebuah keputusan bodoh jika Anda menggelar resepsi pernikahan yang hanya berlangsung 2-3 jam saja, dan setelah itu harus mencicil utang resepsi pernikahan. Idealnya biaya pernikahan telah disiapkan dan direncanakan, sebelumnya. Jangan hanya gara-gara GENGSI, keuangan Anda menjadi berantakan.

 

Biaya Rumah Sakit

Hindari utang untuk membayar biaya rumah sakit. Nah kalau sakit kan tidak bisa direncanakan, bagaimana saya harus menyiapkan biayanya? Jawabannya adalah gunakan dana darurat (emergency fund). Selain itu Anda dapat membeli polis asuransi kesehatan, seperti BPJS Kesehatan.

[Baca Juga: Mengenal BPJS Kesehatan]

 

Biaya Jalan-Jalan atau Travelling

Siapa yang tidak ingin jalan-jalan atau travelling? Banyak orang meyakini travelling adalah jalan untuk melepas stress. Tetapi jangan sampai Anda jalan-jalan dengan utang ya, karena sangat tidak bijak. Jalan-jalannya paling 2 – 3 hari, tetapi bayar utangnya berbulan-bulan. 

[Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Liburan Anda]

 

 

Menurut Anda, apa saja manfaatnya jia kita menghindari utang?

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang