Apa saja kondisi keuangan yang harusnya sudah dicapai saat berusia kepala 3? Kali ini Finansialku akan kolaborasi dengan DuitPintar.com untuk membahas 8 kondisi keuangan yang seharusnya sudah Anda capai saat berusia kepala 3.

 

Artikel ini kerja sama dengan

DuitPintar

 

8 Kondisi Keuangan yang Harusnya Sudah Dicapai saat Berusia Kepala 3

Saat seseorang menginjak usia 30-an, ada beberapa hal yang harus disesuaikan dalam mengelola keuangan. Pada usia 30, seseorang seharusnya lebih siap dan mengelola keuangan dengan benar. Beberapa kondisi keuangan yang harusnya sudah Anda capai.

8 Kondisi Keuangan yang Harusnya Sudah Dicapai Saat Berusia Kepala 3 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an]

 

#1 Punya Penghasilan Aktif dan Pendapatan dari Hasil Investasi

Kondisi keuangan pertama yang harus Anda capai adalah, Anda sudah memiliki penghasilan aktif (karena Anda bekerja) dan penghasilan investasi. Rata-rata orang Indonesia memang sudah mencapai fase ini, meskipun penghasilan investasinya belum besar. Ada beberapa orang yang bahkan sudah bisa mulai mendapatkan penghasilan pasif, karena mereka memiliki bisnis sampingan (waralaba, bisnis online dan lain sebagainya). Sebagai informasi kondisi keuangan #1 ini adalah fase 1 dalam perjalanan menuju kebebasan keuangan (financial freedom) menurut J.D Roth.

[Baca Juga: 6 Tahapan Seseorang untuk Mencapai Kebebasan Keuangan]

 

#2 Mampu Mengelola Cashflow dengan Lebih Baik & Tahu Prioritas

Pada saat seseorang berusia 30 an, orang tersebut juga seharusnya sudah bijak dalam mengelola arus kas (cash flow) keluarga. Setidaknya mereka sudah mengetahui mana yang harusnya menjadi kebutuhan (needs), mana yang keinginan (wants) dan tahu menyusun prioritas. Bukan berarti Anda tidak boleh menikmati hasil kerja keras Anda, tetapi Anda perlu mengetahui kemana uang Anda harus dibelanjakan, karena hidup tidak hanya sekarang. Dan jika Anda sudah berkeluarga, Anda juga perlu memikirkan keluarga Anda. Contoh yang paling sederhana adalah, Anda memprioritaskan penghasilan Anda untuk menabung dan berinvestasi.

Cara Mengelola Keuangan Keluarga Versi 2.0 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Prioritaskan Penghasilan Anda untuk Menabung dan Berinvestasi]

 

#3 Memiliki Dana Darurat Sesuai dengan Kebutuhan

Kondisi keuangan ketiga adalah memiliki dana darurat (emergency funds) sesuai dengan kebutuhan. Misal jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, setidaknya memiliki dana darurat sebesar 12 x pengeluaran bulanan. Jangan gunakan kartu kredit untuk 100% dana darurat Anda. Dana darurat ini bertujuan untuk mengantisipasi kondisi-kondisi yang gawat dan sebagai dana talangan.

 

#4 Setidaknya Utang Konsumtif Mulai Berkurang (Bahkan Lunas)

Sebisa mungkin pada usia 30 an, Anda sudah mengurangi (atau bahkan melunasi) utang-utang konsumtif, seperti kartu kredit, KTA, KKB. Tujuannya adalah uang untuk cicilan bulanan dijadikan satu untuk diinvestasikan dan memenuhi tujuan-tujuan keuangan jangka menengah dan panjang. Contoh Anda perlu menyiapkan biaya kuliah anak, pergi beribadah, biaya untuk nanti pensiun dan lain sebagainya.

[Baca juga: Perbedaan Utang Produktif dan Utang Konsumtif]

 

Pada titik ini, kita berbicara mengenai bebas utang konsumtif. Jika Anda memiliki utang produktif, misal kredit kendaraan untuk membeli mobil yang disewakan, KPR untuk membeli rumah (biar bisa disewakan) sah-sah saja. Usaha Anda tersebut adalah jalan yang tepat untuk membangun penghasilan pasif (passive income).

 

#5 Mulai Mencicil Rumah

Kondisi keuangan kelima, Anda sudah harus mulai mencicil rumah. Setidaknya Anda mulai mencicil rumah pertama Anda, sesuai dengan kemampuan. Jika Anda membeli rumah pertama, pertimbangkan mengenai kemampuan finansial Anda, kebutuhan dan jarak ke sekolah serta tempat kerja. Kesampingkan dahulu pertimbangan jika ada tamu atau saudara yang menginap. Anda dapat memanfaatkan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah), agar Anda dapat segera mewujudkan impian memiliki rumah pertama.

[Baca Juga: Keuntungan Membeli Rumah dengan KPR]

 

#6 Memiliki Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Kondisi keuangan ke 6 yang harus Anda miliki adalah asuransi jiwa dan kesehatan. Terlebih jika Anda sudah memiliki tanggungan (istri dan anak-anak), maka Anda wajib memiliki asuransi jiwa. Asuransi jiwa dan kesehatan memiliki fungsi yang berbeda, meskipun beberapa perusahaan asuransi menawarkan dalam satu paket. Perhitungkan jumlah uang pertanggungan asuransi jiwa yang Anda butuhkan dan pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

[Baca Juga: Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan]

 

#7 Memiliki Rencana Keuangan dan Berinvestasi Sesuai Tujuan Keuangan

Satu hal yang perlu dan wajib Anda miliki saat Anda sudah berusia 3 adalah renana keuangan (financial plan). Kesalahan orang-orang zaman dahulu adalah mereka tidak memiliki rencana yang matang untuk masa depan keuangan mereka. Misal menyiapakan biaya kuliah anak, biaya pensiun dan lain sebagainya. Anda sebagai orang-orang yang berusia 30-an, jangan sampai melakukan kesalahan yang sama. Segera miliki rencana keuangan (financial plan), atur keuangan Anda agar dapat mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda.

[Baca Juga: Berinvestasi Sesuai dengan Tujuan Keuangan]

 

Selain itu Anda juga perlu berinvestasi setidaknya untuk dapat menyiapkan kebutuhan-kebutuhan keuangan jangka panjang. Salah satu cara pikir (mindset) yang salah mengenai investasi adalah Takut Rugi atau Menghindari Risiko Rugi. Padahal ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperkecil (bukan menghilangkan) risiko. Beberapa diantaranya adalah memiliki rencana keuangan dan mempelajari sungguh-sungguh cara mengoptimalkan investasi tersebut.

 

#8 Menyiapkan Dana Hari Tua

Terakhir Anda juga harus sudah memikirkan strategi untuk membiayai pensiun Anda. Setidaknya Anda memiliki gambaran, apa yang harus Anda siapkan sejak usia 30-an agar pensiun Anda aman dan sejahtera secara keuangan. Jadi pada saat pensiun, Anda dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai .

 

Apa yang Harus Dilakukan Jika Belum Sesuai dengan Kondisi di Atas?

Jangan kecewa atau berkecil hati jika Anda masih ada satu atau beberapa kondisi keuangan yang belum Anda capai. Anda masih memiliki waktu dan kesempatan untuk melakukan perubahan. Pertanyaannya adalah: Apakah Anda mau segera memulai? Apa yang akan Anda lakukan dalam waktu dekat ini? Jika Anda masih bingung darimana harus memulai, Anda dapat berkonsultasi dengan perencana keuangan untuk membahas kondisi keuangan Anda di hari ini.

 

Apakah Anda sudah mencapai beberapa kondisi keuangan di atas? Poin mana yang menjadi poin paling berat menurut Anda?

 

Referensi

DuitPintar. 26 Januari 2016. Kalau Sudah Menginjak Usia Kepala 3, Mestinya Sudah Memiliki 8 Hal Ini. DuitPintar.com – http://goo.gl/toke8a

Sumber

Plumber – https://goo.gl/NKAwJM

 

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang