Bagaimana saja tahapan seseorang untuk mencapai kebebasan keuangan? Berikut ini 6 tahapan utama seseorang mencapai kebebasan keuangan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

6 Tahapan Menuju Kebebasan Keuangan

J.D. Roth salah seorang penulis di website keuangan menjelaskan ternyata ada 6 tahapan yang harus kita lalui untuk bisa menuju kebebasan keuangan. Mulai dari tahapan pertama Solvency hingga tahap akhir Financial Abundance. Berikut ini penjelasan dari masing-masing bagian:

 

Stage 1 – Solvency

Tahap pertama disebut dengan Fase Solvency yang berarti kemampuan untuk memenuhi kewajiban-kewajiban keuangan, khususnya kebutuhan jangka pendek. Anda dapat mulai bekerja atau menjadi pengusaha kemudian memenuhi kebutuhan keuanganan sendiri. Termasuk didalamnya kemampuan untuk melunasi utang-utang konsumtif. Tidak mudah untuk dapat melewati fase ini, karena semakin besar penghasilan seseorang, biasanya tawaran kredit akan semakin menarik. Dan sayangnya sebagian besar adalah kredit yang bersifat konsumtif.

[Baca Juga: Gaji Besar Tetapi Tidak Memiliki Tabungan, Ini Sebabnya]

 

Stage 2 – Stability

Fase kedua disebut dengan fase stability yaitu fase setelah Anda dapat membayar seluruh utang-utang konsumtif dan memiliki tabungan untuk dana darurat serta menjalankan penghasilan Anda. Pada fase ini Anda mungkin saja masih memiliki utang produktif, seperti KPR untuk rumah yang disewakan atau KKB untuk kendaraan kerja dan lain sebagainya. Setidaknya di titik ini Anda sudah dapat mengelola keuangan keluarga (cashflow) dengan baik, memiliki dana darurat yang cukup, bebas dari utang konsumtif dan memiliki proteksi.

 Cara Melunasi Hutang, Kredit dan Cicilan [Flowchart] - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Flowchart Panduan untuk Bebas dari Utang]

 

Stage 3 – Agency

Fase ketiga adalah fase agency yaitu Anda menjadi orang yang benar-benar bebas. Bebas untuk bekerja dan hidup, karena Anda sudah tidak memiliki beban utang. Pada tahapan ini Anda harus sudah bebas dari segala utang, baik utang produktif maupun utang konsumtif. Pada fase ini Anda dapat mulai begerak untuk membangun rencana untuk menjadi bebas keuangan (financial freedom). Pada saat ini sebaiknya Anda memiliki sebuah rencana keuangan yang dapat mendukung upaya untuk mencapai tujuan keuangan.

[Baca Juga: Mengenal Investasi Reksa Dana untuk Pemula]

 

Stage 4 – Security

Pada fase keempat atau fase security, Anda sudah berada dititik investasi Anda dapat memenuhi kebutuhan hidup Anda. Jadi pada fase ini penghasilan dari investasi Anda dapat memenuhi kebutuhan bulanan Anda dan keluarga. Pada titik ini sebenarnya Anda sudah bisa memikirkan untuk pensiun dini, karena kebutuhan dasar Anda sudah terpenuhi dari hasil investasi Anda.

[Baca Juga: Pensiun Sebelum Waktunya, Karena Sudah Bebas Keuangan]

 

Stage 5 – Independence

Financial independence adalah fase yang menjadi impian banyak orang. Pada tahapan ini investasi Anda jauh lebih berkembang dan dapat mencukupi kebutuhan jangka pendek, jangka menengah serta kebutuhan jangka panjang.  Fase ini adalah fase yang memungkinkan kita dapat hidup dalam kondisi “bebas” bebas untuk menjadi diri sendiri, bebas melakukan apa yang kita mau dan bebas dari permasalahan keuangan (khususnya masalah kekurangan uang).

[Baca Juga: 10 Cara Mencapai Kebebasan Keuangan atau Financial Freedom]

 

Stage 6 – Abundance

Pada fase terakhir abundance, Anda dapat membangun perusahaan Anda lebih besar, menjadi philanthropist yang mendonasikan kekayaan untuk sesama manusia atau pilihan hidup lainnya.

[Baca Juga: Ikuti Ritual Malam para Milliarder]

 

Apa yang Harus Dilakukan Saat Ini?

Anda tentu sudah tahu, dimana Anda berdiri saat ini dan kemana Anda ingin berjalan. Sekarang mulailah untuk menyusun langkah-langkah untuk menuju tempat yang Anda inginkan. Apakah Anda merasa cukup di security, independence atau mencapai abundance. Buatlah rencana keuangan yang mendukung tujuan Anda dan jalankan rencana tersebut.

 

Dimanakah letak posisi keuangan Anda dan apakah Anda ingin bergerak menuju ke Abundance ?

 

Sumber Gambar:

  • Financial Freedom – https://goo.gl/vCiTa4

 

Referensi:

  • D. Roth. 30 December 2015. The Six Stages of Financial Freedom Moneyboss.com – http://goo.gl/ZVyCaJ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang