Mengenal Investasi Reksa Dana untuk Pemula : Pahami dan Nikmati

Reksa dana adalah produk investasi yang sedang berkembang pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini. Perkembangan yang pesat itu bukanlah hal yang aneh, karena tingkat pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai produk investasi dan keuangan (literasi keuangan / financial literacy) sudah mulai meningkat. Lalu bagaimana dengan Anda?

  • Apakah Anda saat ini belum berinvestasi?
  • Apakah Anda saat ini sudah memiliki banyak mimpi yang ingin diwujudkan, seperti membeli rumah, kendaraan, menyiapkan biaya pendidikan anak, persiapan dana hari tua dan lainnya?
  • Apakah Anda saat ini sudah memiliki rencana keuangan?

 

Jika saat ini Anda belum memulai, tidak masalah. Satu hal yang penting: Anda sudah memiliki minat untuk mengetahui dan mempelajari investasi reksa dana. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk Anda memulai belajar dan berinvestasi. Pertama-tama Anda perlu tahu, 4 tahapan sebelum seseorang berinvestasi:

 

 

4 Step Sebelum Berinvestasi

Bagaimana cara sukses berinvestasi? Agar Anda sukses dalam berinvestasi, kami sebagai perencana keuangan independen menyarankan agar Anda, melakukan 4 hal berikut ini:

1 Pelajari
2. Rencanakan
3. Praktekkan
4. Optimalkan

#1 Pelajari

Kami selalu menyarankan kepada klien dan Anda  untuk berinvestasi pada pendidikan sebelum berinvestasi pada produk keuangan. Salah satu penyebab kegagalan seorang investor adalah mereka tidak tahu dan tidak memegang kontrol investasi mereka.  

Investor : orang yang berkomitmen untuk mengembangkan atau mengelola uangnya dengan harapan keuntungan di masa depan.

 

Kami ucapkan selamat, jika Anda sudah membaca artikel serial reksa dana ini, Anda sebenarnya sudah mulai melakukan langkah pertama.

 

#2 Buat Perencanaan

Setelah Anda selesai membaca seluruh seri artikel reksa dana ini, Anda dapat segera membuat perencanaan keuangan (financial planning). Tujuannya agar investasi Anda dapat lebih terarah dan optimal untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan. Anda dapat berkonsultasi dengan para perencana keuangan di Finansialku.

 

#3 Praktekkan

Belajar investasi yang paling bagus adalah belajar yang dipraktekkan. Seseorang yang belajar investasi, ibarat anak kecil yang belajar berenang.

  • Apakah Anda pernah melihat anak kecil pandai berenang, tanpa harus masuk ke kolam?
  • Apakah anak-anak kecil tersebut langsung masuk ke kolam yang dalam?
  • Apakah anak-anak kecil tersebut pertama kali menggunakan pelampung? Dan didampingi guru les renangnya?

 

Iklan Bareksa 1 - 728x250 - Cara Investasi Reksadana Online

 

Begitupula seorang investor pemula, mereka harus mulai belajar berinvestasi dari jumlah yang kecil (risiko terukur), berusaha meningkatkan jam terbang dan pengalaman dalam berinvestasi reksa dana (memilih reksa dana, membeli reksa dana dan menjual reksa dana) dan sebisa mungkin didampingi mentor atau orang yang lebih berpengalaman.

 

#4 Optimalkan

Setelah Anda memahami cara kerja, lebih berpengalaman dalam memilih reksa dana, tahu strategi untuk membeli dan menjual reksa dana serta jam terbang Anda makin tinggi, Anda dapat mulai mengoptimalkan investasi reksa dana.

 

Apa Itu Investasi Reksa Dana?

Pertama akan berbagi mengenai apa sebenarnya reksa dana itu? Berikut ini sebuah infografik yang menggambarkan definisi reksa dana:

Mengenal Investasi Reksa Dana untuk Pemula  Pahami dan Nikmati - Definisi Reksa Dana - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Menurut Undang-Undang No 8 Tahun 1995 pasl 1 ayat 27, definisi reksa dana adalah:

KamusWadah untuk mengumpulkan dana dari masyarakat pemodal untuk kemudian diinvestasikan ke portofolio efek oleh perusahaan manajer investasi.

 

Kami akan bantu menjelaskan definisi tersebut:

  1. Reksa dana adalah produk investasi yang merupakan tempat atau wadah untuk mengumpulkan uang dari investor. Dalam hal ini Anda juga termasuk investor.
  2. Uang yang terkumpul dalam wadah tersebut akan dikelola oleh perusahaan manajer investasi (disingkat MI).
  3. Manajer investasi akan mengelola uang investor ke portofolio efek yang terdiri dari produk-produk pasar uang (money market), obligasi dan saham. Besarannya disesuaikan dengan jenis reksa dana yang Anda pilih.
  4. Diharapkan manajer investasi dapat menghasilkan keuntungan. Keuntungan tersebut kemudian diberikan kepada investor.

 

KamusManajer investasi adalah manajemen profesional (perusahaan berbadan hukum PT dan berpengalaman dibidang keuangan) yang mengelola beragam sekuritas atau surat berharga seperti saham, obligasi dan aset lainnya dengan tujuan untuk mencapai target investasi yang menguntungkan bagi investor.

 

Jadi aturan main pengelolaan investasi di Indonesia adalah: perusahaan yang boleh mengelola uang investor adalah manajer investasi. Istilah lain dari manajer investasi (MI) adalah : manajemen investasi, investment management, asset management. Jika Anda mendapatkan penawaran investasi dari perusahaan bukan manajer investasi, Anda patut curiga dan menanyakan legalitas perusahaan tersebut. Apakah perusahaan tersebut memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengelola uang investor

 

Pertanyaan kedua yang sering ditanyakan oleh para investor pemula adalah, reksa dana itu bentuknya seperti apa? Apakah berbentuk seperti logam mulia (emas) atau sertifikat tanah atau bentuk lainnya?

Jawabannya adalah: investasi reksa dana berbentuk laporan kinerja reksa dana, secarik kertas yang akan menjelaskan berapa jumlah reksa dana yang Anda miliki, berapa harga terakhir reksa dana tersebut. Contoh laporan kinerja reksa dana:

Mengenal Investasi Reksa Dana untuk Pemula  Pahami dan Nikmati - Laporan Kinerja Investasi Reksa Dana - Perencana Keuangan Independne Finansialku

Contoh Laporan Akun dan Hasil Kinerja Reksa Dana

Disclaimer: contoh di atas hanya digunakan sebagai sarana edukasi, bukan untuk saran investasi

 

Kesimpulan: Pahami dan Nikmati

Beberapa tahun yang lalu, orang-orang memandang investasi reksa dana adalah invetsasi yang eksklusif dan hanya dimiliki oleh  orang-orang kaya. Sekarang ini investasi reksa dana didesain menjadi lebih mudah untuk seluruh lapisan kalangan masyarakat. Kita dapat berinvestasi mulai dari Rp 100.000. Namun sebelum berinvestasi reksa dana dan produk keuangan lainnya, Anda harus memahami produknya baru bisa menikmati hasilnya.

 

Apakah Anda pernah berinvestasi di logam mulia, emas atau barang-barang sebelumnya? Bagaimana pendapat Anda mengenai investasi reksa dana ini?

 

Subscribe Finansialku

dan dapatkan informasi selengkapnya mengenai informasi reksa dana

[]
1 Step 1
Nama
Previous
Next

 

Image credits:

  • Happy Investors – http://goo.gl/rLNcCI

 

By | 2016-11-30T16:25:35+00:00 July 26th, 2016|Categories: Reksa Dana|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Melvin Mumpuni CFP
Melvin Mumpuni ST., MBA., CFP., QWP adalah seorang perencana keuangan independen dan technopreneur.Memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan Bandung dan mengambil pendidikan pasca sarjana di Sekolah Bisnis dan Management Institut Teknologi Bandung (MBA - ITB). Memiliki pengalaman di bidang personal finance, corporate finance, internet marketing dan technopreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download