Di setiap tempat kerja, peraturan biasa disampaikan saat masuk kerja. Tapi ada peraturan tidak tertulis yang harus kamu patuhi lho!

Namun, ada pula peraturan tidak tertulis yang perlu Anda ketahui sehingga Anda dapat diterima oleh rekan kerja Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

8 Peraturan Tidak Tertulis yang Perlu Anda Ketahui

Saat masuk ke dunia kerja, tentu saja Anda akan mengupayakan banyak hal untuk meningkatkan performa kerja Anda dengan harapan karier Anda dapat berkembang dengan baik.

Tak jarang seseorang mengupayakan berbagai cara agar perusahaan mau terus mempertahankannya dan memberikan promosi.

Namun ternyata, kadang kala ada hal-hal yang Anda lakukan justru dapat membuat rekan kerja Anda merasa terganggu bahkan membenci Anda.

Meskipun tidak tertulis, beberapa hal berikut ini adalah hal yang dapat membuat Anda dibenci oleh rekan kerja Anda di kantor:

 

#1 Terlalu Banyak Komplain

Setiap pekerjaan belum tentu berjalan lancar sebagaimana yang Anda harapkan.

Selalu saja ada suatu hal yang membuat Anda merasa pekerjaan yang dilakukan kurang sesuai atau tidak berjalan sebagaimana ekspektasi Anda.

Saat hal tersebut terjadi, Anda perlu menyesuaikan diri dengan beberapa aspek terkait yang menyebabkan pekerjaan Anda tidak berjalan dengan lancar.

Peraturan Tidak Tertulis yang Harus Anda Ketahui Saat Di Kantor 01 Finansialku

[Baca Juga: 10 Penyebab Konflik di Tempat Kerja yang Harus Anda Ketahui]

 

Ketidaksesuaian ini mungkin saja akan membuat Anda merasa sebal dan ingin mengajukan komplain. Namun akan lebih baik jika Anda menahan diri.

Memberikan komplain, apalagi jika terlalu sering dapat membuat Anda memiliki cap negatif di mata rekan kerja bahkan atasan Anda.

Karena pada dasarnya, tidak setiap orang siap menerima komplain. Apalagi jika seseorang melakukan komplain terlalu sering.

 

#2 Terlalu Berinisiatif

Memiliki inisiatif dalam bekerja memang bukan hal yang buruk. Dan tidak ada salahnya jika Anda melakukan beberapa pekerjaan di luar tugas Anda.

Memiliki inisiatif yang baik bahkan dapat membantu Anda mendapat nilai tambah dari atasan Anda.

Namun, jangan sampai inisiatif yang Anda lakukan justru membuat pekerjaan wajib Anda jadi terbengkalai. Karena hal tersebut justru akan membuat rekan kerja Anda menjadi repot dan membuat citra Anda di mata rekan kerja menjadi buruk.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#3 Memakai Pakaian Tidak Sopan

Setiap perusahaan biasanya memiliki aturan berpakaiannya masing-masing yang harus digunakan seorang pegawai saat berada di kantor dan selama jam kerja.

Beberapa perusahaan memiliki seragam yang wajib digunakan selama jam kerja, sementara beberapa perusahaan lain mewajibkan pegawainya menggunakan pakaian apapun selama pakaian tersebut adalah pakaian resmi.

Bahkan, jika Anda cukup beruntung, bukan mustahil Anda bisa mendapatkan tempat kerja yang membebaskan karyawannya mengenakan pakaian kasual selama jam kerja.

Peraturan Tidak Tertulis yang Harus Anda Ketahui Saat Di Kantor 02 Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Walaupun perusahaan Anda memberikan kebebasan berpakaian pada pegawainya, pastikan Anda menggunakan pakaian yang rapi dan sesuai dengan norma yang berlaku di perusahaan Anda.

Jangan memakai pakaian yang tidak sopan atau terlalu terbuka saat berangkat kantor ataupun selama jam kerja.

Selain akan terlihat mengganggu, pakaian yang tidak sopan juga akan membuat Anda terkesan sebagai orang yang tidak profesional.

Akan tetapi, jika Anda hanya memiliki sedikit pakaian yang bisa Anda gunakan untuk berangkat ke kantor, pastikan pakaian yang Anda gunakan adalah pakaian yang rapi, bersih, dan sopan.

 

#4 Membicarakan Politik

Tidak ada salahnya membicarakan politik dengan rekan kerja Anda. Namun, sebaiknya Anda membatasi pembicaraan hanya mengenai hal yang umum seperti mekanisme pemilihan umum saja.

Hindari pembicaraan politik yang melebar hingga ke pilihan pribadi seseorang. Sebab tidak semua orang suka membicarakan pilihan politiknya di tempat umum.

Salah-salah, mereka akan menganggap Anda sebagai orang yang menyebalkan dan tidak menyenangkan sebagai teman berbincang.

Dan jika Anda terpaksa terlibat ke dalam suatu pembicaraan politik atau sebuah diskusi politik oleh teman kantor Anda, cobalah untuk menunjukkan sikap netral sepanjang pembicaraan tersebut.

Hal ini akan membuat Anda terhindar dari pertengkaran antar rekan kerja yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#5 Bergosip

Meskipun cukup menggoda, sebaiknya Anda tidak bergosip di tempat kerja.

Hindari kesempatan bergosip tentang rekan kerja Anda. Ingat, tujuan Anda ke kantor adalah untuk bekerja, bukan untuk bergosip mengenai rekan kerja Anda.

Selain membuang waktu Anda yang berharga, menggosipkan rekan kerja juga akan memberikan risiko Anda dibenci oleh rekan kerja yang Anda gosipkan.

 

#6 Terlalu Sering Bermain Media Sosial

Seiring dengan kemajuan teknologi, mengakses media sosial juga semakin mudah karena adanya aplikasi yang membuat Anda dapat mengaksesnya secara langsung dari smartphone Anda.

Berbeda dengan beberapa tahun lalu di mana Anda perlu mengetikkan alamat website media sosial di browser agar bisa mengakses media sosial Anda.

Dengan kemudahan ini, seorang pegawai kadang kala menjadi sulit membedakan antara kehidupan pribadi dan kehidupan profesionalnya.

Cara Investasi Reksadana Online - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: HR: Mengapa Program Kesejahteraan Karyawan Sangat Menguntungkan bagi Perusahaan?]

 

Sehingga, banyak dari pegawai yang menghabiskan jam kerjanya dengan mengecek media sosial yang ia miliki.

Mengecek media sosial terlalu sering dapat mengganggu produktivitas Anda di kantor.

Sebaiknya Anda menahan diri untuk mengecek media sosial Anda selama jam kerja. Dengan demikian, Anda bisa semakin produktif dan efektif dalam memanfaatkan jam kerja Anda.

 

#7 Memaksakan Kerja Saat Sakit

Untuk dapat terlihat baik, beberapa pekerja terkadang memaksakan diri untuk datang ke kantor dan bekerja meskipun sedang kurang sehat.

Namun, hal ini ternyata justru dianggap kurang baik. Salah-salah Anda justru dianggap negatif karena menyebabkan rekan kerja Anda ikut tertular sakit yang Anda derita.

Jika Anda merasa kurang sehat, maka akan lebih baik jika anda mengajukan surat izin sakit sampai Anda merasa sehat.

 

#8 Mencuri Makanan Rekan Kerja Anda

Meskipun terkesan sepele, jangan abaikan hal ini. Beberapa pekerja ternyata sering melakukan ini karena dianggap sebagai hal yang wajar. Dan kadang kala, rekan kerja Anda pun tidak mempermasalahkan jika Anda mengambil sedikit makanan yang ia miliki.

Namun, tetap saja sebaiknya Anda tidak melakukan hal tersebut. Karena bukan tak mungkin rekan kerja Anda menganggap Anda sebagai orang yang serakah atau tidak mengerti etika sehingga dapat membuat Anda dibenci oleh rekan kerja Anda di kantor.


 

Jaga Perilaku dan Sikap di Tempat Kerja

Itulah beberapa hal sepele yang ternyata dapat membuat Anda dibenci oleh teman kerja Anda.

Jika Anda ingin menjadi karyawan yang berprestasi dan dihargai, maka sebaiknya Anda menjaga hubungan dengan rekan kerja Anda agar tidak menimbulkan pertengkaran atau rasa benci.

Di samping itu, maksimalkan pula seluruh potensi yang Anda miliki dan pastikan Anda melakukan pekerjaan utama Anda dengan baik.

 

Menurut Anda, hal apa lagi yang dapat membuat rekan kerja membenci Anda? Atau apakah Anda pernah memiliki rekan kerja yang menyebalkan menurut Anda? Ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar!

Bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda agar mereka tahu hal-hal yang harus dihindari agar tidak dibenci oleh rekan kerja. Semoga sukses!

 

Sumber Referensi:

  • Vina A Mulianana. 14 Juli 2017. Hati-hati! 8 Hal Sepele Ini Bisa Buat Anda Dicap Buruk di Kantor. Bisnis.liputan6.com –¬†https://goo.gl/4QBwDU

 

Sumber Gambar:

  • Peraturan Tidak Tertulis di kantor – https://goo.gl/TVECFN
  • Komplain – https://goo.gl/jxUCbi
  • Pakaian rapi – https://goo.gl/jRf1UT