HR: Mengapa Program Kesejahteraan Karyawan Sangat Menguntungkan bagi Perusahaan?

Mengapa program kesejahteraan karyawan sangat menguntungkan bagi perusahaan? Program kesejahteraan karyawan saat ini menjadi sorotan di kalangan perusahaan. Ada beberapa keuntungan serta penghalang yang perlu dipertimbangkan sebelum mengadakan program kesejahteraan karyawan tersebut.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Keuntungan Program Kesejahteraan Karyawan

Permasalahan keuangan bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Baik dalam kehidupan seorang staf, manajer maupun pimpinan perusahaan, setiap orang pasti memiliki permasalahan keuangan dalam tarafnya masing-masing. Semakin hari tingkat stres terhadap keuangan semakin tinggi. Hal ini tentunya dipengaruhi juga oleh peningkatan harga-harga yang dipengaruhi oleh inflasi setiap tahunnya.

Harga bahan-bahan pokok di pasar semakin meningkat setiap tahun, sementara gaji belum tentu meningkat. Kalaupun gaji meningkat, belum tentu setara dengan peningkatan harga di pasaran. Di sinilah sumber utama permasalahan keuangan terjadi.

HR Mengapa Program Kesejahteraan Karyawan Sangat Menguntungkan bagi Perusahaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perlukah Program Kesejahteraan Karyawan? Dari Survei PwC 2017, 53% Karyawan Stres Akibat Masalah Keuangan Keluarga]

 

Sebuah survei mengenai kesejahteraan karyawan perusahaan diadakan di perusahaan PwC. Dari 1.600 responden yang merupakan karyawan full time PwC, 53% di antaranya mengalami stres akibat keuangan pribadinya. Mereka yang mengalami stres keuangan seringkali performa kerjanya terganggu. Permasalahan-permasalahan keuangan membuat karyawan terdistraksi dan banyak menghabiskan waktu kerjanya untuk mengurus keuangan pribadi. Bahkan tidak jarang absensi meningkat karena karyawan harus mengurus keperluan keuangan pribadinya.

Hal ini tentunya akan mengganggu kinerja perusahaan. Mau tidak mau kemunduran performa karyawan akan mempengaruhi produktivitas perusahaan. Banyak kerugian yang bisa disebabkan oleh kelalaian atau tidak efektifnya kinerja karyawan. Sudah tentu gangguan-gangguan ini bisa membuat perusahaan merugi bukan sekedar moril tetapi juga material.

 

Inilah Saat yang Tepat

Program kesejahteraan karyawan sedang menjadi pembicaraan hangat di perusahaan-perusahaan besar saat ini. Sekarang adalah saat yang tepat untuk mengadakan program kesejahteraan karyawan. Mengapa? Berdasarkan hasil survei Paychex, sebagian besar dari 1.000 karyawan tetap menyatakan bahwa insentif yang paling diharapkan dari perusahaan bukanlah cuti atau asuransi kesehatan, melainkan bonus reguler.

Bonus ini sangat diharapkan karena dapat membantu mengatasi permasalahan keuangan sehari-harinya. Karyawan bukan hanya perlu perusahaan yang mengarahkan kemana mereka harus menyimpan dana pensiunnya, tetapi justru bagaimana mengelola keuangan sehari-hari dan mengatasi utang yang menumpuk.

HR Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

 

Ini adalah sebuah krisis! Sederhananya saja, banyak karyawan yang mencari kestabilan keuangan, tetapi tidak memikirkan fleksibilitas secara keuangan. Hal yang saya sebutkan di sini terkait dengan dana darurat. Gaji yang didapatkan setiap bulan bisa digunakan untuk membuat keuangan keluarga stabil, tetapi hanya stabil dalam keadaan ideal. Begitu terjadi sesuatu atau biasa disebut ‘money shock’ maka keuangan tidak lagi stabil. Misalnya ketika terjadi kecelakaan, penyakit, serta kejadian lainnya yang tidak terduga namun mengharuskan Anda mengeluarkan banyak uang.

Padahal jauh di atas kestabilan keuangan, seharusnya karyawan bisa mencapai fleksibilitas keuangan. Salah satunya adalah dengan memiliki dana darurat. Sekalipun terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, kestabilan keuangan tetap terjaga karena ada dana darurat yang dapat melindungi keuangan bulanan. Anda bisa menghitung sendiri berapa banyak di antara karyawan di perusahaan Anda yang sudah memiliki dana darurat sesuai kebutuhan?

Jika belum tahu secara lengkap mengenai dana darurat, Anda bisa membaca artikel Finansialku terkait dana darurat berikut ini:

Sudah Cukupkah Dana Darurat Anda Yuk Ketahui Cara Mudah Mengumpulkan Dana Darurat 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Cukupkah Dana Darurat Anda? Yuk Ketahui Cara Mudah Mengumpulkan Dana Darurat]

 

Pastikan Anda men-share artikel dana darurat ini kepada karyawan Anda. Dengan begitu mereka mengerti pentingnya dana darurat dan segera mempersiapkannya sesuai kebutuhan masing-masing.

Dana darurat hanyalah salah satu contoh faktor keuangan penting yang harus dipahami oleh karyawan perusahaan Anda. Terkadang terlihat sepele, tetapi dampaknya bisa sangat besar dalam kehidupan karyawan dan dalam kemajuan perusahaan secara tidak langsung.

Setiap perusahaan memiliki tanggung jawab dan kesempatan untuk menyelesaikan permasalahan keuangan karyawan tersebut. Mengapa saya mengatakan bahwa sekarang adalah saat yang tepat untuk mengadakan program kesejahteraan karyawan?

Untungnya saat ini karyawan pada umumnya telah sampai pada taraf kesadaran keuangan yang lebih tinggi. Misalnya karyawan pada umumnya lebih peduli terhadap peningkatan biaya kesehatan yang terjadi setiap tahun, mahalnya kebutuhan-kebutuhan dalam jangka panjang, pentingnya mempersiapkan dana pensiun, dan lain sebagainya.

Perlukah Program Kesejahteraan Karyawan Dari Survei PwC 2017, 53% Karyawan Stres Akibat Masalah Keuangan Keluarga 01 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Praktis Mengurangi Pinjaman Karyawan dan Membantu Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan]

 

Pada dasarnya permasalahan-permasalahan ini dapat diatasi dengan berkonsultasi kepada perencana keuangan profesional. Hanya saja tidak semua karyawan mau dan mampu untuk berkonsultasi secara pribadi dengan perencana keuangan. Di sinilah Anda memiliki peluang besar untuk mengambil alih permasalahan karyawan dan menjadi problem solver bagi kehidupan keuangan karyawan.

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan perlu mengadakan program kesejahteraan karyawan:

 

#1 Distraksi Permasalahan Keuangan Mengharuskan Perusahaan Membayar

Jika Anda berpikir bahwa mengadakan program kesejahteraan karyawan terbilang mahal secara nominal, Anda juga perlu menghitung berapa kerugian yang dialami perusahaan jika program tersebut tidak diadakan. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, setiap distraksi yang mengganggu performa karyawan juga akan mengganggu produktivitas perusahaan. Akhirnya keuntungan perusahaan bisa menurun. Bukankah ini kerugian yang lebih besar?

 

#2 Ketidakhadiran Menurun

Kehadiran karyawan di kantor sangatlah penting. Sekalipun ada beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan dari tempat lain selain di kantor, tetapi ada kemungkinan diskusi dan ide-ide baru yang dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

ilmu-dasar-manajemen-untuk-karir-dan-kesejahteraan-keuangan-finansialku

[Baca Juga: Ilmu Dasar Manajemen untuk Karir dan Kesejahteraan Keuangan]

 

Jika sebelumnya permasalahan keuangan sering membuat karyawan absen di kantor, dengan keuangan yang lebih baik tentu ketidakhadiran akan menurun. Hal ini dikarenakan dengan keuangan karyawan yang membaik, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk mengurus permasalahan keuangannya.

 

#3 Menarik Perhatian Karyawan Baru Sekaligus Mempertahankan Karyawan Lama

Program kesejahteraan karyawan akan sangat bermanfaat bagi karyawan Anda karena keuangan merupakan kebutuhan mendasar setiap orang. Karenanya program ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi calon karyawan baru. Semakin banyak calon karyawan yang akan tertarik untuk bergabung dengan perusahaan Anda karena terdapat ‘fasilitas’ yang bermanfaat bagi kehidupannya.

Selain menarik karyawan baru, program ini juga tentunya akan membantu mempertahankan karyawan lama. Dengan begitu turn over atau perputaran karyawan di dalam perusahaan bisa ditekan. Ingat, perusahaan yang memilik turn over karyawan terlalu tinggi seringkali sulit mencapai kestabilan.

 

#4 Karyawan Berpeluang Merespon dengan Baik

Cobalah memposisikan diri Anda sebagai seseorang yang sedang mengalami permasalahan keuangan. Misalnya saat ini Anda sedang dililit tagihan utang bulanan. Solusi keuangan apapun yang ditawarkan pasti akan Anda coba. Karena itu, ada peluang besar bahwa karyawan akan merespon program tersebut dengan baik. Dengan begitu output yang didapatkan bisa lebih efektif bagi karyawan dan bagi perusahaan.

8 Cara Menuju Kesejahteraan Keuangan ala Carl Richards - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Menuju Kesejahteraan Keuangan ala Carl Richards]

 

Menyelesaikan Permasalahan dari Akarnya

Setiap orang membutuhkan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik karena keuangan merupakan kebutuhan dasar dalam hidup. Seringkali permasalahan keuangan mempengaruhi kinerja karyawan. Ujung-ujungnya produktivitas dan bahkan keuntungan karyawan bisa menurun. Mulailah menyelesaikan permasalahan dari akarnya, yaitu permasalahan keuangan karyawan. Program kesejahteraan karyawan dapat menjadi jawaban untuk permasalahan tersebut.

 

Apakah Anda memiliki tanggapan terhadap program kesejahteraan karyawan? Silakan memberikan komentar pada kolom yang tersedia di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kerry Hannon. 18 Mei 2017. Why Workplace Financial Wellness Programs Are Hot. Forbes.com – https://goo.gl/vYqX3y

 

Sumber Gambar:

  • Kesejahteraan Karyawan – https://goo.gl/ntttJN
  • Karyawan – https://goo.gl/zBe13z

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Stacia E. H. Sitohang CFP®
Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP® adalah perencana keuangan independen yang bersertifikasi (Nomor 1700 0001). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Business Management dengan konsentrasi Finance, School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang Personal Finance dan Entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download