Para HRD: 3 Cara Praktis Mengurangi Pinjaman Karyawan dan Membantu Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Mengurangi pinjaman karyawan dan meningkatkan kesejahteraan karyawan adalah tantangan yang dihadapi setiap perusahaan. Bagaimana cara praktis untuk mengurangi pinjaman karyawan dan membantu meningkatkan kesejahteraan karyawan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Para HRD, Apakah Anda Memiliki Permasalahan yang Sama?

Sebagai perencana keuangan, saya pernah menemui kasus HRD perusahaan yang memiliki permasalahan: pinjaman karyawan yang besar dan karyawan merasa kurang sejahtera (meskipun penghasilan bertambah dari lembur).

Apakah Anda juga termasuk HRD yang mengalami permasalahan serupa?

Silakan tulis komentar Anda pada kolom di bawah ini, karena perencana keuangan kami akan mencoba mendiskusikan solusinya.

Para HRD 5 Cara Praktis Mengurangi Pinjaman Karyawan dan Membantu Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Solusi untuk HRD menangani Masalah Keuangan Karyawan]

 

Salah satu pendekatan yang kami lakukan adalah memberikan pelatihan atau training. Apakah sebuah pelatihan atau training selama 5-6 jam dapat menyelesaikan permasalahan tersebut? Jawabannya: tentu saja tidak. Menurut Melvin Mumpuni CFP®, salah satu perencana keuangan di Finansialku.com:

Permasalahan keuangan yang paling utama adalah masalah pada mindset.

 

Anda para HRD dan kami para perencana keuangan tidak bisa mengubah mindset hanya dengan waktu 5-6 jam. Kita tidak dapat mengubah mindset hanya dengan sebuah pelatihan atau training. Lalu bagaimana solusinya?

 

Mindset seseorang dapat berubah 100% jika orang tersebut yang mengubahnya. Click to Tweet

 

 

Apakah HRD cukup diam saja dengan kondisi seperti itu? Tentu saja jawabannya tidak. Anda ada di bagian HRD, karena Anda adalah orang yang spesial. Anda ada untuk menjadi problem solver.

5 Ketakutan Utama orang HR Mengenai Keuangan Karyawan dan Solusinya 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ketakutan Utama orang HR Mengenai Keuangan Karyawan dan Solusinya]

 

Anda memerlukan ide bagaimana solusinya untuk mengurangi pinjaman karyawan dan cara meningkatkan kesejahteraan karyawan. Serta Anda juga perlu tahu cara mengimplementasikan, betul? Yuk kita bahas satu per satu.

 

Pondasi: Setiap Orang Menginginkan Keuangannya Aman dan Nyaman. Apakah Anda juga Sama?

Sebelum kami membahas lebih dalam, kami akan membahas hal yang paling mendasar atau basic kebutuhan. Ingat teori motivasi Maslow, setiap orang butuh keamanan. Setelah keamanan baru ingin lebih nyaman.

Anda perlu tahu setiap orang, khususnya para karyawan Anda menginginkan kondisi keamanan finansial (financial security) dan kenyamanan finansial.

  • Keamanan finansial adalah kondisi seseorang dapat memenuhi kebutuhan jangka pendek (1-12 bulan ke depan). Jujur saja, Anda sendiri juga tentunya ingin memiliki keamanan finansial tersebut bukan?
  • Kenyamanan finansial adalah kondisi seseorang dapat memenuhi kebutuhan jangka menengah (2-5 tahun) dan jangka panjang (lebih dari 5 tahun).

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Keamanan Finansial?

Ada 3 syarat yang harus dipenuhi, agar seseorang dapat mencapai keamanan finansial yaitu: memiliki dana darurat, memiliki asuransi jiwa (atau proteksi yang cukup) dan cashflow yang sehat (anggaran dan catatan keuangan). Mari kita bahas singkat masing-masing bagian:

 

Pertama, Miliki Dana Darurat (Emergency Fund)

Miliki dana darurat (emergency fund) dalam jumlah yang cukup. Jika Anda ingin menghitung kebutuhan dana darurat silakan gunakan Aplikasi Keuangan Finansialku (daftar di www.Aplikasi.Finansialku.com atau Download di Google Play Store. Panduan menghitung dana darurat, lihat di sini).

Dana Darurat, Berapa yang Saya Butuhkan Apakah Boleh Dicicil 01 - Finansialku

[Cek Infografis: Cara Mengelola Cashflow dan Mempersiapkan Dana Darurat]

 

Kedua, Miliki Proteksi yang Cukup

Banyak orang meremehkan fungsi asuransi, terlebih jika perusahaan telah memberi perlindungan asuransi. Anda sebagai HR penting untuk mengetahui, permasalahannya bukan punya atau tidak. Permasalahannya apakah perlindungan yang saya miliki cukup atau tidak. Ketika menghitung kebutuhan asuransi, hitung berapa uang pertanggungan yang dibutuhkan. Sekali lagi hitung uang pertanggungan, bukan hasil investasinya. Anda dapat menghitung berapa kebutuhan uang pertanggungan asuransi jiwa dengan menggunakan Aplikasi Finansialku, lihat di sini. Jika memang asuransi dari kantor masih kurang memadai, maka pertimbangkan untuk membeli asuransi tambahan.

Asuransi Kenapa Anda Harus Tahu dan Harus Punya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Slide: Mengapa Harus Punya Asuransi? Serta Istilah-istilah Asuransi]

 

Ketiga, Cashflow yang Sehat: Anggaran dan Catatan Keuangan

Masalah keamanan keuangan tidak akan luput dari anggaran dan mencatat keuangan. Harus diakui kedua hal ini adalah pekerjaan yang mudah, tetapi banyak diremehkan. Percaya atau tidak, kebiasaan mencatat keuangan dan membuat anggaran dapat mengubah total cara Anda menggunakan uang. Anda harus mencobanya (panduan cara membuat anggaran dan cara mencatat keuangan).

Cara Mengelola Keuangan Keluarga Versi 2.0 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Rahasia Cara Mengatur Keuangan Keluarga bagi yang Susah Disiplin]

 

Jika Anda orang HRD, sudah mengenalkan keamanan finansial kepada karyawan, maka permasalahan pinjaman karyawan akan berkurang. Seseorang meminjam (selain karena hobi dan kebiasaan) adalah karena kekurangan uang (disebut kekurangan likuiditas) dalam jangka pendek.

  • Mau bayar anak sekolah, tidak memiliki tabungan yang cukup.
  • Mau beli elektronik, tidak memiliki tabungan yang cukup.
  • Mau bayar cicilan utang, tidak memiliki tabungan yang cukup.

 

Seperti yang Anda ketahui para karyawan tidak memiliki masalah uang untuk makan, transport dan hidup.

 

Gaji para karyawan cukup untuk hidup, tetapi tidak cukup untuk lifestyle. Click to Tweet

 

Jika para karyawan dapat mencapai keamanan finansial, HRD dapat mengurangi masalah pinjaman karyawan.

 

Salah satu indikator meningkatkan kesejahteraan karyawan adalah jumlah utang. Jika pinjaman karyawan berkurang, maka boleh dibilang ada hasil dari meningkatkan kesejahteraan karyawan. Memang bukan 100% meningkat, paling tidak: bebas utang.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Kenyamanan Finansial

Cara mencapai kenyamanan finansial adalah dengan perencanaan keuangan (financial planning). Perencanaan keuangan adalah sebuah GPS atau peta yang dapat menuntun seseorang bergerak dari kondisi keuangan saat ini (titik A) dan bergerak mewujudkan tujuan-tujuan keuangannya (titik B).

Konsultasi dengan Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Karyawan Anda Membutuhkan Konsultasi Perencanaan Keuangan]

 

Coba Anda bayangkan seseorang tanpa background HRD dan tidak mempelajari ilmu HRD, mengurus divisi HRD? Tentunya orang tersebut akan banyak melakukan kesalahan bukan?

Karyawan Anda sangat membutuhkan perencanaan keuangan (financial planning), karena mereka butuh GPS tersebut. Bagaimana seseorang tanpa dasar keuangan, dapat mengurus keuangan jika tidak belajar dan tidak praktik?

 

3 Cara Mudah Mengurangi Pinjaman Karyawan (Kasbon) dan Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Berikut ini solusi yang dapat kami bagikan untuk Anda yang bekerja sebagai HRD. Solusi ini dapat Anda praktikkan dengan diadaptasi dan disesuaikan kondisi perusahaan:

 

#1 Kenali State dan Permasalahan Keuangan Karyawan Saat Ini

Pertama Anda perlu mengetahui bagaimana pola pengeluaran karyawan di perusahaan Anda. Anda dapat melakukan pengecekan kondisi kesehatan keuangan dengan menggunakan Cek.Finansialku.com atau gunakan Financial Health Check Up di aplikasi keuangan Finansialku versi Android.

Jika Anda melakukan hal ini, Anda akan mengetahui titik A (titik awal) Anda.

 

#2 Mulai Perbaikan

Belum ada cara yang paling ampuh untuk mengubah mindset seseorang dalam waktu cepat. Jika Anda pernah mendengar NLP (Neuro Linguistic Programming) atau Hypnotherapy, keduanya dapat mengubah perilaku sementara tetapi tidak mengubah mindset.

Jika Anda mengubah mindset dengan cara:

  1. Pelatihan perencanaan keuangan yang secara berkala. Kami tahu permasalahan utama adalah waktu dan biaya. Oleh sebab itu, Anda dapat menggunakan modul online learning di Finansialku.com. Untuk mendapatkan video online learning, silakan hubungi tim pemasaran kami di 0819 1151 6119, 022-2056 5890 atau Solusi@Finansialku.com.
  2. Lakukan coaching secara berkelanjutan. Kami di Finansialku menggunakan permainan untuk menggambarkan simulasi cara berpikir yang benar mengenai keuangan. Jangan hanya mengandalkan teori untuk memberikan informasi keuangan. Belajar dengan melakukan kesalahan di simulasi (permainan) dan lakukan yang benar di dunia nyata.
  3. Setiap karyawan perlu memiliki perencanaan keuangan dan harus diakui biaya pembuatan perencanaan keuangan tidak murah. Silakan gunakan Aplikasi Finansialku versi Premium untuk membuat sendiri rencana keuangan untuk karyawan. Aplikasi keuangan Finansialku versi premium memungkinkan pengguna untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan.

 

#3 Lakukan Pengecekan Periodik

Anda perlu mengukur pencapaian program dengan cara mengecek kondisi kesehatan keuangan karyawan secara berkala. Sama seperti seseorang mengecek kondisi tensi, asam urat, kolesterol dan lainnya.

Selain itu Anda juga dapat mengecek apakah permasalahan pinjaman karyawan dapat menurun.

 

2 Cara Ampuh Selesaikan Pinjaman Karyawan dan Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Masalah pinjaman karyawan adalah permasalahan yang terjadi karena karyawan tidak dapat mengelola keuangannya untuk kebutuhan jangka pendek dan kesalahan dalam membuat prioritas. Permasalahan pinjaman karyawan akan berkurang jika, para karyawan sudah mulai mendapatkan keamanan keuangan.

Meningkatkan kesejahteraan karyawan (financial wellness) memang pekerjaan yang cukup sulit dan menantang. Program meningkatkan kesejahteraan karyawan harus dijalankan oleh dua belah pihak: manajemen perusahaan dan karyawan sendiri (dengan difasilitasi oleh HRD). Meningkatkan kesejahteraan karyawan, dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan tentang uang (increase financial education) dan memiliki rencana keuangan.

Apakah Anda sudah siap untuk mengurangi pinjaman karyawan dan membantu meningkatkan kesejahteraan karyawan?

 

Tinggalkan komentar Anda mengenai concern, pertimbangan atau tantangan Anda dalam mengurangi pinjaman karyawan dan meningkatkan kesejahteraan karyawan Anda. Perencana keuangan kami akan membantu menjawab dan berdiskusi dengan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Calculator – https://goo.gl/9XxPTJ
  • Financial Wellness Program – https://goo.gl/vqcjgR

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Melvin Mumpuni CFP
Melvin Mumpuni ST., MBA., CFP., QWP adalah seorang perencana keuangan independen dan technopreneur.Memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan Bandung dan mengambil pendidikan pasca sarjana di Sekolah Bisnis dan Management Institut Teknologi Bandung (MBA - ITB). Memiliki pengalaman di bidang personal finance, corporate finance, internet marketing dan technopreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download