Tahukah Anda? Bangunan-bangunan kuno mewah di dunia yang masih berdiri kokoh hingga saat ini ternyata buatan manusia lho!

Meskipun tanpa bantuan teknologi, orang-orang jaman dahulu berhasil membuat bangunan mewah yang tahan lama. Bagaimana bisa?

Artikel kali ini akan membahas 9 bangunan kuno termewah buatan tangan manusia:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bangunan Kuno Mewah: Benarkah buatan Manusia?

Mungkin Anda sering mendengar atau melihat hal-hal aneh dan misterius yang terdapat di dunia.

Salah satu misteri yang sampai sekarang masih sering diperdebatkan oleh banyak orang adalah misteri bangunan kuno mewah dan bersejarah yang masih berdiri begitu kokoh hingga masa sekarang.

Bangunan-bangunan tersebut memicu perdebatan oleh banyak orang bahkan juga para ahli karena bangunan-bangunan tersebut dinilai terlalu mewah, kompleks, dan terbilang cukup mustahil untuk dibangun di eranya.

Apalagi pada masa itu belum terdapat teknologi secanggih sekarang.

Oleh karena itu, banyak yang merasa bahwa akan sangat mustahil bangunan-bangunan kuno mewah tersebut hanya dibuat oleh tangan manusia dan dengan alat-alat yang masih sangat sederhana dan seadanya.

Sehingga muncul dan mulai berkembang banyak teori konspirasi bahwa alien yang membangun bangunan kuno mewah tersebut.

Nah, apa saja sih bangunan-bangunan kuno mewah buatan manusia yang masih berdiri kokoh hingga saat ini?

Di bawah ini terdapat ulasan 9 bangunan kuno mewah yang masih ada sampai sekarang:

 

#1 Piramida Giza di Mesir

Bangunan kuno mewah pertama pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda, yaitu Piramida yang berada di Mesir.

Piramida di Mesir dibangun sekitar 2.500 SM dengan menggunakan kurang lebih 2.3 juta blok batu yang masing-masing beratnya mencapai 2 sampai 50 ton. Luas pada dasar Piramida adalah sebesar 55.000 meter persegi yang masing-masing sisinya memiliki luas lebih dari 20.000 meter persegi.

Misteri-9-Bangunan-Kuno-Termewah-Buatan-Manusia-Piramida-Mesir-1-Finansialku

[Baca Juga: Halo Ladies, Ini dia 7 Kota Ramah untuk Traveling Walau Hanya Sendirian]

 

Tidak hanya terlihat megah dari luar saja, di dalam Piramida juga terdapat banyak barang-barang mewah seperti emas, berlian, mahkota raja, mumi kucing, pakaian mewah, madu, dan makanan.

Selain bertujuan sebagai makam, Piramida juga bertujuan sebagai rumah yang kekal bagi raja setelah kematian. Oleh karena itu, benda-benda tersebut disimpan di dalam Piramida dan diharapkan dapat melayani dan menemani raja di akhirat.

Misteri-9-Bangunan-Kuno-Termewah-Buatan-Manusia-Piramida-Mesir-2-Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah: 20 Tips Hemat Pengeluaran saat Liburan Bersama Keluarga]

 

Hal yang masih menjadi misteri dan perdebatan di banyak kalangan adalah bagaimana rakyat Mesir Kuno dapat membangun Piramida hanya dengan alat-alat yang seadanya.

Setiap blok batunya saja sudah sangat berat dan mereka harus menyusunnya dengan saksama dan dengan jumlah yang sangat banyak agar terbentuk menjadi Piramida yang kokoh.

Bahkan, arsitek terbaik di dunia pun diyakini tidak akan mampu membuat bangunan mewah seperti Piramida.

Pasalnya, diperlukan teknologi yang tepat seperti yang dimiliki masyarakat Mesir Kuno untuk membangun Piramida. Namun sayangnya, hingga kini pertanyaan ini masih menjadi misteri.

 

#2 Sacsayhuamán di Peru

Sacsayhuamán atau biasa disebut juga dengan Saksaq Waman merupakan reruntuhan Inca kuno di Cusco, Peru.

Sacsayhuamán berbentuk benteng besar yang dibangun dengan blok batu yang beratnya mencapai 300 ton dan masih menjadi misteri hingga sekarang bagaimana batu-batu tersebut dipotong, dipindahkan, dan dimasukkan ke dalam tempatnya.

Dibutuhkan sekitar 6.000 meter kubik volume batu pada Sacsayhuamán dan beberapa batu yang lebih besar harus diangkut lebih dari 80.5 kilometer di medan pegunungan yang terjal.

Hebatnya, menurut ahli sejarah, Suku Inca tidak menggunakan kendaraan roda seperti kereta. Maka dari itu, bagaimana cara mereka membawanya masih menjadi misteri.

Misteri-9-Bangunan-Kuno-Termewah-Buatan-Manusia-Sacsayhuaman-4-Finansialku

[Baca Juga: 36 Fakta Unik dan Manfaat Travelling! Dijamin Anda Akan Langsung Merencanakan Liburan]

 

Dalam pembangunan Sacsayhuamán dibutuhkan sekitar 20.000 hingga 30.000 tenaga kerja dan membutuhkan waktu sekitar 60 tahun untuk menyelesaikannya.

Metode konstruksi dari Sacsayhuamán juga dianggap sangat rumit. Suku Inca memotong dan mengangkat batu-batu besar untuk membuat dinding dan batu-batu tersebut disusun bersama-sama tanpa menggunakan semen.

Saking rapatnya susunan batu tersebut, pisau tipis atau secarik kertas saja tidak bisa menembus celah antar batu tersebut.

Misteri-9-Bangunan-Kuno-Termewah-Buatan-Manusia-Sacsayhuaman-Finansialku

[Baca Juga: 10 Tempat Wisata yang Ada di Paket Wisata Bromo]

 

Sacsayhuamán juga cukup kuat untuk bertahan terhadap gempa bumi yang besar.

Karena merasa takjub sekaligus terkejut melihat hasil bangunan kuno mewah dari Suku Inca, terdapat beberapa ahli sejarah Spanyol yang berpendapat bahwa Sacsayhuamán dibangun oleh roh-roh jahat dan setan.

Mereka juga percaya bahwa alien yang membangun Sacsayhuamán atau setidaknya alien-lah yang mengajarkan Suku Inca cara membangun Sacsayhuamán.

Akan tetapi, menurut hasil analisis para ahli dilihat dari struktur dan gaya konstruksi, Sacsayhuamán dapat dipastikan merupakan hasil karya dari insinyur Suku Inca.

 

#3 Stonehenge di Inggris

Selanjutnya adalah Stonehenge yang berada di Wiltshire, Inggris yang diperkirakan dibangun pada 3.000 SM.

Stonehenge merupakan lingkaran batu tegak yang berada di dalam lingkup tembok tanah dan dibangun pada zaman Perunggu dan Neolitikum.

Setiap batu yang berada di Stonehenge diperkirakan beratnya mencapai 30 ton.

Menurut hasil penelitian, batu-batu tersebut ternyata bukanlah berasal dari daerah sekitar tetapi berasal dari Wales atau sekitar 241 kilometer dari Stonehenge.

Misteri-9-Bangunan-Kuno-Termewah-Buatan-Manusia-Stonehenge-5-Finansialku

[Baca Juga: Tips Liburan Menyenangkan dan Tidak Khawatir Mengenai Keuangan (Lihat Checklist-nya)]

 

Hal tersebut menimbulkan banyak pertanyaan tentang proses pembuatan, fungsi, dan maksud dari susunan batu pada Stonehenge tersebut.

Para peneliti mengungkapkan, Stonehenge pernah jadi bagian dari struktur yang rumit berupa gundukan kuburan, pemukiman, rute prosesi dan penguburan emas.

Hal tersebut menurut peneliti membuat Stonehenge menjadi jauh lebih misterius dan rumit daripada yang diperkirakan sebelumnya.

 

#4 Teotihuacán di Meksiko

Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai Piramida di Mesir, kali ini yang akan dibahas adalah Piramida Matahari dan Piramida Bulan di Teotihuacán.

Teotihuacán yang bermakna “City of Gods’ yang artinya kota para dewa ini dibangun sekitar 100 SM dan merupakan salah satu kota terbesar dalam peradaban kuno.

Menurut arkeolog, Teotihuacán memiliki desain kota dari perpaduan arsitektur, ilmu matematika, dan astronomi.

Misteri-9-Bangunan-Kuno-Termewah-Buatan-Manusia-Teotihuacan-6-Finansialku

[Baca Juga: 7 Bumbu Dapur Termahal di Dunia. 2 di Antaranya Ada di Indonesia Lho!]

 

Teotihuacán memiliki 3 area utama di antaranya adalah Kuil Quetzalcoatl, Piramida Matahari dan Piramida Bulan.

Para ahli juga menemukan bahwa terdapat banyak kemiripan antara Piramida di Mesir dan Piramida Matahari di Teotihuacán, salah satunya adalah kesamaan luas area dasar pada kedua piramida tersebut.

Selain itu, pada ketiga area utama Teotihuacán yaitu Kuil Quetzalcoatl, Piramida Matahari dan Piramida Bulan memiliki tata letak berdasarkan rasi bintang Orion, yang juga digunakan pada tata letak Piramida di Mesir.

 

#5 Pulau Paskah di Samudra Pasifik

Pulau Paskah atau dalam bahasa Polinesia disebut dengan Rapa Nui merupakan salah satu pulau paling misterius yang sampai saat ini masih menyimpan teka-teki yang belum terpecahkan.

Salah satu misteri yang masih belum terjawab adalah keberadaan patung-patung kepala batu yang disebut dengan Patung Moai dengan berat mencapai 14 ton dan tinggi mencapai 4 meter.

Tetapi itu baru berat dan tinggi bagian kepalanya saja, menurut peneliti masih terdapat bagian tubuh dari Patung Moai yang terkubur di bawahnya.

Misteri-9-Bangunan-Kuno-Termewah-Buatan-Manusia-Pulau Paskah-7-Finansialku

[Baca Juga: Fantastis! Singapura Merupakan Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia]

 

Tentunya dibutuhkan usaha yang sangat besar untuk membangun patung ini, tetapi sampai saat ini tidak ada yang tahu persis alasan penduduk di Rapa Nui mengerjakan tugas yang sangat berat itu.

Ahli sejarah berspekulasi, Patung Moai diciptakan untuk menghormati leluhur, kepala, dan tokoh penting lain, tetapi tidak ada bukti tertulis akan hal itu dan juga sangat sedikit sejarah lisan yang ada di pulau itu sehingga tak mungkin memastikannya.   

Misteri-9-Bangunan-Kuno-Termewah-Buatan-Manusia-Pulau Paskah-8-Finansialku

[Baca Juga: 10 Parfum Pria Termahal di Dunia, Kira-kira Apa Namanya dan Berapa Harganya]

 

Selain itu, keadaan ekosistem di Rapa Nui juga sudah hancur. Menurut beberapa ahli, faktor utama tampaknya akibat pemotongan jutaan pohon raksasa untuk membersihkan ladang atau dengan membuat api.

Terdapat sebuah penelitian baru-baru ini yang dilakukan tim peneliti internasional sedikit demi sedikit berhasil menguak masa lalu pulau Paskah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penduduk Rapa Nui memiliki makanan yang lebih beragam dan merawat alam mereka lebih baik daripada yang diperkirakan oleh para ahli sebelumnya.

 

#6 Tembok Besar Cina di Cina

Anda juga pasti sudah tidak asing dengan bangunan kuno mewah yang satu ini, yaitu Tembok Besar Cina.

Membentang sejauh 8.851 kilometer membuat Tembok Besar Cina menjadi satu-satunya bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia.

Pembangunan Tembok Besar Cina memakan waktu lebih dari 2.000 tahun dan bagian pertama tembok dibangun awal abad ke-8 SM.

Misteri-9-Bangunan-Kuno-Termewah-Buatan-Manusia-Tembok-Cina-9-Finansialku

[Baca Juga: Ingin Tahu Mewahnya 10 Apartemen Termahal di Dunia? Cek Di Sini!]

 

Terdapat teori konspirasi yang mengatakan bahwa bahan yang digunakan sebagai pondasi bangunan terbuat dari tulang manusia.

Namun hal tersebut dibantah oleh para ahli bahan bangunan. Menurut mereka, material yang digunakan merupakan bahan-bahan yang tersedia kala itu seperti batu, puing-puing kayu, batu bata, genting tanah liat, serta batu kapur.

Untuk membangun Tembok Besar Cina ini dibutuhkan banyak sekali tenaga kerja dan menurut beberapa penelitian jumlahnya kurang lebih sebanyak 800.000 orang.

 

#7 Göbekli Tepe di Turki

Bangunan kuno mewah selanjutnya adalah Göbekli Tepe di Turki. Göbekli Tepe diperkirakan dibangun pada tahun 9.000 SM dan merupakan salah satu kuil pemujaan tertua di dunia.

Misteri-9-Bangunan-Kuno-Termewah-Buatan-Manusia-Gobekli-Tepe-10-Finansialku

[Baca Juga: 10 Motor Termahal di Dunia yang Bakal Bikin Kamu Tampil Keren]

 

Namun, terdapat hal yang aneh yaitu Göbekli Tepe menggunakan struktur megalitikum, di mana struktur ini baru muncul ketika manusia purba sudah meninggalkan pola hidup berpindah-pindah (nomaden).

Tetapi, dari bukti-bukti yang ada menunjukkan bahwa Göbekli Tepe dibangun oleh manusia purba yang masih menganut pola hidup nomaden, sehingga memunculkan teori tentang alien kuno yang sebenarnya membangun Göbekli Tepe.

 

#8 Kuil Ġgantija di Malta

Kuil Ġgantija merupakan kuil paling awal dibangun dari beberapa kuil yang ada dengan ciri khas tradisi megalitik di Malta, bahkan Kuil Ġgantija lebih tua 1.000 tahun dibandingkan dengan Piramida di Mesir dan Stonehenge di Inggris.

Misteri-9-Bangunan-Kuno-Termewah-Buatan-Manusia-Kuil-Ggantija-11-Finansialku

[Baca Juga: Penyuka Sneakers Harus Tahu, 15 Sneakers Termahal di Dunia (Sepasang Sampai US$20.000)]

 

Tradisi megalitik juga dikenal sebagai kebudayaan Megalitikum yang merupakan praktik kebudayaan dengan ciri adanya pelibatan monumen atau struktur yang tersusun dari batu-batu besar (megalit) sebagai komponen utamanya.

Kuil Ġgantija diperkirakan berumur lebih dari 5.500 tahun dan merupakan kuil pemujaan tertua kedua di dunia setelah Göbekli Tepe.

 

#9 Candi Borobudur di Indonesia

Bangunan kuno mewah yang terakhir pastinya sudah tidak asing lagi dan bahkan Anda mungkin sudah sering mengunjunginya, yaitu Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Indonesia.

Candi Borobudur dibangun pada tahun 750 masehi pada masa pemerintahan Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra.

Misteri-9-Bangunan-Kuno-Termewah-Buatan-Manusia-Borobudur-12-Finansialku

[Baca Juga: Yuk Ketahui Biaya Kuliah 10 Universitas Termahal Di Dunia]

 

Tanpa bantuan teknologi dan alat canggih lainnya, Gunadarma selaku arsitek dan pemimpin proyek berhasil menciptakan bangunan mewah dengan luas 123 x 123 meter persegi dan juga dilengkapi dengan 504 patung Buddha, 72 stupa terawang, dan 1 stupa induk.

Kemegahan Candi Borobudur bukan hanya dilihat dari ukurannya yang besar. Salah satu alasan yang mendasari UNESCO untuk menetapkan monumen Budha termegah ini sebagai warisan budaya dunia adalah keberadaan ribuan panel relief yang tersebar di tiap-tiap tingkatnya.

Relief yang menceritakan kehidupan manusia pada zaman itu serta kisah perjalanan Budha ini diakui sebagai ansambel relief terlengkap di dunia.

 

Mengagumi Bangunan-bangunan Mewah Buatan Manusia

Selain penuh misteri, keindahan kesembilan bangunan di atas juga membuat seluruh orang yang melihatnya berdecak kagum.

Kemegahan bangunan-bangunan tersebut tentu membuat kita selalu mengingat besarnya kuasa Tuhan.

 

Apakah Anda mengetahui misteri dan fakta unik di bangunan kuno mewah lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Raisa Angelin. Maret 2018. Rahasia di Balik 8 Bangunan Kuno Paling Megah. Masih Berdiri Kokoh, Padahal Tanpa Teknologi Modern. Hipwee.com – https://goo.gl/uDZyfi
  • Puri Yuanita. 11 Februari 2016. 9 Fakta Mencengangkan Tentang Piramida Mesir. Travel.dream.co.id – https://goo.gl/jGrVjb
  • Annisa Aprilia. 28 Juli 2017. TERUNGKAP! Misteri di Balik Stonehenge yang Bersejarah dan Penuh Makna. Lifestyle.okezone.com – https://goo.gl/ZkDN3Q
  • Retnaningtyas Dwi Hapsari. Mei 2016. Kota Kuno Teotihuacan Di Meksiko (The Sister Pyramid Of Giza). Sejarahdk.com – https://goo.gl/sb3ngJ
  • Redaksi CNN Indonesia. 2 April 2015. Misteri Pulau Paskah dan 800 Patung Kepala Batu Raksasa. Cnnindonesia.com – https://goo.gl/Nin15F
  • Puri Yuanita. 10 Februari 2016. Fakta Mengejutkan Tembok China yang Jarang Diketahui. Travel.dream.co.id – https://goo.gl/CCu4zU
  • Tantri Setyorini. 21 Desember 2014. Gobekli Tepe, Situs Prasejarah Di Turki Yang Berliput Misteri. Merdeka.com – https://goo.gl/qYkpsr
  • Redaksi Kompas. 23 September 2014. Ggantija, Salah Satu Kuil Tertua di Dunia. Klasika.kompas.id – https://goo.gl/QNVH3A
  • Kidung Arunika. Candi Borobudur, Puzzle Batu Raksasa Dengan Ribuan Kisah. Maioloo.com – https://goo.gl/7nQhXU
  • Admin. Juli 2014. Sacsayhuamán – https://goo.gl/Y7PPy6

 

Sumber Gambar:

  • Piramida Mesir – https://goo.gl/jUhNp2
  • Piramida Mesir 2 – https://goo.gl/j1zBCY
  • Sacsayhuamán – https://goo.gl/LNShRv
  • Sacsayhuamán 3 – https://goo.gl/BKWJYF
  • Stonehenge – https://goo.gl/ux8fyN
  • Teotihuacán – https://goo.gl/8bFiVF
  • Pulau Paskah – https://goo.gl/AcdhBu
  • Pulau Paskah 2 – https://goo.gl/SA5xzV
  • Pulau Paskah 3 – https://goo.gl/xCeqR2
  • Tembok Cina – https://goo.gl/jMVnES
  • Göbekli Tepe – https://goo.gl/GH377A
  • Kuil Ġgantija – https://goo.gl/y3H63z
  • Candi Borobudur – https://goo.gl/i9gPgf

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang