Singapura merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang kemajuan ekonominya sangat pesat, namun ternyata kemajuan ekonomi tersebut dibarengi dengan biaya hidup yang juga sangat tinggi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Biaya Hidup di Singapura Paling Tinggi di Dunia

Pada tahun 2018 ini, Singapura dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal di dunia.

Singapura berhasil mempertahankan gelar ini selama lima tahun berturut-turut.

Menurut laporan The Economist Intelligence Unit yang dikutip oleh Koran Kontan, Kamis (15/3/18), selain Singapura, hanya Seoul yang bertahan di peringkat yang sama pada barisan 10 besar kota dengan biaya hidup termahal di dunia.

Selain Singapura dan Seoul, Hong Kong dan Sydney menyusul kedua kota ini di barisan 10 besar kota dengan biaya hidup termahal.

Di sisi lain Tokyo dan Osaka mengalami inflasi yang rendah dan menyebabkan kedua kota ini keluar dari 10 besar kota dengan biaya hidup tertinggi.

Padahal, hingga tahun 2013, Tokyo menjadi kota dengan biaya hidup paling mahal.

Peringkat Tokyo merosot tujuh peringkat dalam 12 bulan. Sebaliknya, Seoul yang menduduki peringkat 21 pada lima tahun lalu, kini berada di peringkat enam.

Berikut adalah 10 kota dengan biaya hidup termahal:

Tel Aviv yang lima tahun lalu berada di peringkat 34 dunia, kini menduduki peringkat 9. Penguatan nilai tukar mengambil peran dalam lonjakan ini.

The Economist Intelligence Unit dalam laporannya memaparkan bahwa:

“Tapi Tel Aviv juga mencatat kenaikan harga di beberapa barang, terutama berkaitan dengan pembelian mobil, yang mendorong biaya transportasi kota di Israel ini 79% lebih tinggi ketimbang New York.”

 

Kota-kota di Eropa kembali masuk jajaran kota paling mahal. Paris naik lima peringkat dari peringkat tujuh tahun lalu ke peringkat kedua.

Zurich, Jenewa, dan Kopenhagen hanya naik 1 peringkat. Sedangkan Oslo naik hingga enam peringkat.

Pada barisan 10 besar, hanya Hong Kong yang turun 2 peringkat dari ranking 2 tahun lalu.

Sementara itu, kota-kota di Amerika Serikat (AS) keluar dari 10 besar karena pelemahan nilai tukar dolar. New York turun empat peringkat ke ranking 13 tahun ini.

Meski turun dibandingkan dengan tahun lalu, New York masih terhitung mahal. Lima tahun lalu, New York berada di peringkat 27.

New York

[Baca Juga: Wow! Bunga P2P Indonesia Bisa 2 Kali Lipat Dari Singapura]

 

Untuk membuat peringkat ini, The Economist Intelligence Unit menggunakan patokan besaran biaya hidup di kota New York.

Indeks New York berada di angka 100. Sebagian besar pergerakan ranking biaya hidup di kota-kota besar dunia ini disebabkan oleh nilai tukar mata uang setempat.

Menjadi kota dengan biaya hidup termahal di dunia, Singapura masih memiliki berbagai barang yang lebih murah ketimbang kota-kota lain.

Misalnya, produk kelontong dan peralatan rumah tangga. Biaya asisten rumah tangga di Singapura pun masih lebih murah ketimbang kota-kota mahal lainnya.

Sama seperti Tel Aviv, barang paling mahal di Singapura adalah kepemilikan mobil. Selain itu, Singapura pun menjual pakaian dengan harga termahal ketiga dunia.

The Economist Intelligence Unit menyurvei 133 kota di dunia untuk menentukan kota dengan biaya hidup termahal. Survei dilakukan pada lebih dari 400 harga barang serta 160 produk dan jasa.

Survei ini termasuk makanan, minuman, pakaian, peralatan rumah tangga, barang kelontong, sewa rumah, transportasi, biaya utilitas, sekolah swasta, asisten rumah tangga, dan biaya rekreasi.

 

Ekonomi Singapura Diperkirakan Tumbuh Hingga 3,2%

Para ekonom menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi Singapura pada 2018. Konsumsi pribadi serta perdagangan grosir dan eceran yang meningkat menjadi faktor pendorong ekonomi Singapura di tahun ini.

Survei Monetary Authority of Singapore (MAS) terhadap 24 ekonom menyimpulkan, produk domestik bruto (PDB) Singapura diperkirakan tumbuh 3,2% tahun ini. Angka tersebut naik dari survei pada Desember 2017 sebesar 3%

 

Apakah informasi ini berguna bagi Anda? Jangan lupa bagikan artikel ini kepada rekan-rekan dan kerabat Anda.

 

universitas termurah di indonesia
kota termahal di indonesia
kota kota di singapura
kota termurah di indonesia
10 kota termahal di indonesia
biaya hidup di los angeles
kota termurah di dunia
ihk indonesia
peringkat kota di indonesia

Sumber Referensi:

  • Wahyu Tri Rahmawati. 15 Maret 2018. Biaya Hidup di Singapura Termahal. Koran Kontan

 

Sumber Gambar:

  • New York – https://goo.gl/nZr67f
  • Singapura – https://goo.gl/T1Vfb1

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Fantastis! Singapura Merupakan Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia
Article Name
Fantastis! Singapura Merupakan Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia
Description
Singapura merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang kemajuan ekonominya sangat pesat, namun ternyata kemajuan ekonomi tersebut dibarengi dengan biaya hidup yang juga sangat tinggi.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo