Mindset sukses perlu dimiliki oleh setiap manusia yang ingin meraih puncak keberhasilan dalam kehidupannya. Sudahkah Anda memilikinya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

9 Mindset Sukses

Semua kesuksesan bermula dari kemampuan seseorang mengelola mental atau mindset mereka. Dan tentu semua orang pasti ingin meraih kesuksesan dan impian masing-masing.

Sukses dalam perspektif setiap orang berbeda satu dengan yang lainnya. Tidak semua orang menganggap kekayaan adalah kesuksesan mereka. Begitu pun dengan popularitas.

Ada seseorang akan menganggap sukses jika ia dapat meraih gelar akademik di bidang tertentu, sementara yang lainnya menetapkan kesuksesan mereka jika mereka dapat mengikuti atau bahkan melebihi figur idola mereka. Dan masih banyak definisi kesuksesan lainnya menurut masing-masing pribadi.

Tidak ada standar tertentu yang dapat dijadikan patokan mengenai kesuksesan. Lalu bagaimana kesuksesan menurut Anda sendiri? Bisakah Anda meraihnya?

Mula-mula, simak artikel ini yang mengubahkan cara pandang anda dan cobalah untuk Anda praktikkan.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Mindset Sukses #1 Bekerja Keras Mengumpulkan Pengetahuan

Kompetisi adalah bagian dari kehidupan seorang professional, bersaing dengan bisnis baru, produk baru, dan orang baru lainnya. Keberhasilan seperti sebuah permainan yang kita semua coba untuk jadi pemenangnya.

Orang yang cerdas akan menang banyak. Orang yang lebih cerdas akan menang lebih sering. Terus berusaha untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman dan pengetahuan adalah cara terbaik untuk sukses.

 

Mindset Sukses #2 Fokus Pada Pesan Yang Disampaikan

Ketika seseorang berbicara dalam posisi sebagai seseorang yang memiliki kekuasaan, otoritas, atau popularitas, hal-hal tersebut bisa menggoda seseorang untuk lebih mendapatkan pesan yang berkesan untuk sebuah saran dan ide yang diutarakan.

Bagaimanakah Anda melihat Jack Ma, Warren Buffet dan jajaran orang-orang ternama lainnya? Anda akan mendengarkan mereka dengan seksama.

Tetapi jika Anda ingin menjadi seorang yang lebih cerdas, Anda akan benar-benar mengupas semua bingkai-bingkai yang menyelimuti mereka dan menemukan pesan yang lebih dalam dari sekadar pesan yang disampaikan. Anda akan menemukan pesan baik itu positif atau pun negatif.

Cek Apa Kamu Punya 9 Mindset Sukses Ini Atau Tidak 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tiru Mindset Pengusaha Ini, Dijamin Makin Sukses!]

 

Anda perlu mengevaluasi informasi, saran, dan masukan ide yang berdasarkan pada manfaatnya.

Ketika Branson berkata, “Screw it; just do it and get on with it,” itu merupakan kalimat yang powerful. Jangan pernah memotong pesan karena Anda akan menghambat pembawa pesannya. Saran yang baik tetap sebuah saran yang baik, terlepas dari siapa sumbernya.

 

#3 Memberi Sebelum Berpikir Untuk Menerima

Tujuan dari networking adalah untuk memiliki hubungan dengan orang-orang yang dapat memberikan referral, membantu dalam penjualan, dapat berbagi informasi penting, berfungsi sebagai mentor, dan hal lainnya.

Ketika seseorang membangun jaringan, tidak dapat dibantah mereka menginginkan sesuatu. Namun sebagai awalnya, jangan pernah meminta apa yang Anda inginkan. Lupakan apa yang Anda inginkan tetapi fokuslah pada apa yang dapat Anda beri.

Memberi adalah satu-satunya cara untuk membangun hubungan yang nyata dan koneksi yang berjangka panjang.

Anda akan membuat koneksi yang berguna dan saling menguntungkan. Pendekatan networking seperti ini memberi kesan bermakna seperti seolah semua tentang mereka, bukan tentang Anda. Anda akan menciptakan lebih banyak kontak dan teman.

 

#4 Bekerja Lebih Keras Dalam Mengumpulkan Orang-Orang yang Berpengetahuan

Anda mungkin tidak tahu tentang semuanya, tetapi Anda pasti tahu bahwa ada orang cerdas yang bersama Anda yang hampir tahu segala hal dan melakukan semuanya dengan mereka.

Bekerja keraslah untuk menjadi lebih cerdas. Bekerja keras untuk mendapatkan orang yang cerdas agar berada di pihak Anda.

Cek Apa Kamu Punya 9 Mindset Sukses Ini Atau Tidak 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Trik Dahsyat Mengubah Mindset Negatif Menjadi Positif]

 

#5 Mengubah Ide Menjadi Sebuah Tindakan

Kata “ide” akan menjadi nyata ketika Anda mengubah inspirasi tersebut ke dalam sebuah tindakan. Ide tanpa tindakan bukanlah ide, tetapi penyesalan.

Sungguh disayangkan jika setiap hari kita membiarkan keraguan dan ketidakpastian menghentikan kita dari tindakan atas ide-ide kita.

Rasa ketakutan seperti takut tidak diketahui dan kegagalan adalah apa yang menghentikan beberapa orang, dan mungkin hal itu yang menghentikan Anda juga.

Pikirkan tentang beberapa ide yang Anda miliki, apakah itu mengenai sebuah bisnis baru, karir baru, atau bahkan walaupun pekerjaan sampingan.

Coba Anda periksa, ada banyak sekali ide-ide Anda yang ternyata mengagumkan, terutama jika Anda telah memberikan upaya terbaik Anda untuk melakukannya.

Percayalah pada analisa, penilaian, dan naluri Anda sendiri. Percayai lebih dari yang Anda lakukan. Percaya dengan kemauan Anda untuk bekerja melalui semua tantangan serta hambatannya.

Anda tidak selalu benar setiap waktu, tapi ketika Anda hanya membiarkan sebuah ide tetap menjadi ide, yang Anda lakukan dapat dipastikan salah.

 

#6 Pernah Termakan Dengan Kata-Kata Sendiri

Jika Anda selalu benar maka Anda tidak akan berkembang. Ketika Anda melihat kembali ke belakang, Anda akan menemukan bahwa kesalahan merupakan salah satu hal yang baik, karena ketika Anda berbuat kesalahan, Anda diberi kesempatan untuk belajar.

Tidak perlu khawatir, setiap orang yang sukses telah gagal berkali-kali. Mereka telah gagal lebih banyak dari Anda. Itulah kenapa mereka menjadi sukses sekarang.

Lakukan kesalahan dan kegagalan dan akui Anda membuat kesalahan, Anda kacau, sampaikan juga kepada orang lain, tetapi yang lebih penting adalah bercerminlah dan katakan hal itu kepada diri Anda sendiri.

Lalu berjanjilah untuk memastikan bahwa di kesempatan lainnya semuanya akan lebih baik.

Cek Apa Kamu Punya 9 Mindset Sukses Ini Atau Tidak 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mindset Adalah – Semua Informasi yang Harus Kamu Ketahui!]

 

#7 Bekerja Pada Apa yang Harus Dilakukan Selanjutnya

Hal yang mustahil untuk diprediksi adalah apa yang akan bekerja atau berhasil, apalagi seberapa baik itu akan bekerja.

Beberapa produk akan diminati tapi mungkin hanya untuk sementara. Beberapa layanan berkembang lalu kemudian ditinggalkan. Beberapa usaha berkembang dan akhirnya gulung tikar.

Anda akan selalu berpikir untuk apa yang harus dilakukan selanjutnya. Seperti, produk baru, servis baru, customer baru dan koneksi. Tidak peduli seberapa sukses Anda hari ini, selalu tanamkan berpikir ke depan dalam benak Anda.

Jika pada suatu kesempatan produk, jasa atau perusahaan Anda saat ini terus berkembang, itu hal yang sangat bagus! Itulah cara orang sukses menghadapi badai yang melanda bisnis pada saat-saat sulit, dan menjadi lebih sukses ketika bisnis pada akhirnya dicari dan diminati.

 

#8 Tidak Berhenti Mencari Pengalaman Baru

Menurut Robert Cloninger, “Mencari hal baru adalah salah satu sifat yang membuat Anda sehat, bahagia, dan mendorong kepribadian sesuai umur Anda.”

Jika Anda menggabungkan antara petualangan dan rasa ingin tahu dengan ketekunan serta perasaan bahwa ini bukan semua tentang Anda, maka Anda mendapatkan kreativitas yang bermanfaat untuk masyarakat secara keseluruhan.

Cloninger juga mengatakan, “Untuk sukses, Anda pasti ingin dapat mengatur dorongan hati Anda sementara juga memiliki imajinasi untuk melihat seperti apa masa depan jika Anda mencoba sesuatu yang baru.”

Cek Apa Kamu Punya 9 Mindset Sukses Ini Atau Tidak 04 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Jadi Seorang yang Sukses? Miliki Mindset Sukses Berikut Ini]

 

#9 Menemukan Kebahagiaan Dalam Kesuksesan Orang Lain

Mindset sukses terakhir ini tak kalah penting. Tim bisnis yang hebat berhasil karena anggota paling berbakat mereka bersedia untuk berkorban untuk membuat orang lain bahagia.

Tim hebat yang terdiri dari karyawan yang saling membantu, bertanggung jawab dan menyadari peran mereka, menyampingkan tujuan pribadi, menganggap keberhasilan tim lebih bernilai dibandingkan dari yang lain.

Dari mana datang sikap seperti itu? Jawabannya Anda.

Setiap orang yang sukses menjawab pertanyaan, “Bisakah Anda membuat pilihan bahwa kebahagiaan Anda akan datang dari keberhasilan dari orang lain?” dengan tegas mereka akan menjawab, “Tentu!”

 

Mari Meraih Sukses Dengan Mindset Sukses!

Sudah saatnya Anda meraih kesuksesan Anda sekarang. Cek apakah Anda memiliki pikiran sukses di atas. Terlepas dari 9 mindset sukses di atas, Anda harus tetap berpikir positif dan menghargai setiap kerja keras yang sudah Anda lakukan.

Mindset datang dari diri sendiri. Segera ubah pola pikir Anda apabila itu sangat merugikan diri Anda. Sebagai referensi, simak cerita sukses Achmad Zaky si pendiri Bukalapak.com di bawah ini.

 

Apakah Anda sudah menemukan sebuah cara baru atau mindset sukses Anda? Anda dapat berbagi pengalaman Anda menuju kesuksesan di kolom komentar.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar semakin banyak orang sukses di dunia ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 9 Tanda Anda Memiliki Mindset yang Dibutuhkan untuk Sukses. Elitemarketer.id – https://bit.ly/3bLwLKt

 

Sumber Gambar:

  • Mindset 1 – https://bit.ly/2UDnGO5
  • Mindset 2 – https://bit.ly/2R6LOGY
  • Mindset 3 – https://bit.ly/39Gw2sO
  • Mindset 4 – https://bit.ly/3aGo5oK