Afiliasi adalah salah satu istilah dalam pemasaran. Namun sudahkah Anda mengetahui betul definisi lengkapnya?

Affiliate marketing memang sudah umum dewasa ini, sayangnya masih banyak yang menyalahartikan. Yuk, cari tahu apa definisi jelas dari afiliasi dan apa manfaatnya di sini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Definisi Afiliasi

Apakah Anda berprofesi sebagai seorang pengusaha online? Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah affiliate marketing. Affiliate marketing memang menjadi salah satu kunci dalam menjalankan bisnis dan pemasaran online.

Jadi, apa sih sebenarnya afiliasi itu? Afiliasi merupakan pertalian atau perhubungan sebagai anggota atau cabang.

Jika diibaratkan sebagai dua orang, maka antara orang yang satu dengan orang yang lainnya saling memiliki hubungan. Hubungan yang didasari saling membutuhkan untuk mencapai tujuan.

Istilah afiliasi dapat digunakan dalam berbagai konteks, misalnya saja dalam psikologi dan marketing. Nah, berikut beberapa definisi afiliasi menurut konteksnya:

NoKonteksDefinisi Afiliasi
1. PsikologiAfiliasi dalam psikologi adalah kebutuhan manusia untuk membentuk hubungan dan memiliki kaitan yang erat dengan kebutuhan untuk diakui dan diterima oleh lingkungannya.
2. Pasar modal

Afiliasi dalam pasar modal adalah jenis hubungan antara:

  • Pemegang saham utama dengan perusahaan
  • Perusahaan dengan berbagai pihak baik secara langsung atau tidak langsung untuk mengontrol perusahaan.
  • Dua perusahaan yang dikontrol baik secara langsung atau pun tidak langsung oleh satu pihak yang sama.
  • Dua perusahaan yang terdapat satu atau lebih dewan komisaris/anggota direksi yang sama

Hubungan komisaris, direktur dan pegawai dengan pihak yang memiliki hubungan keluarga karena keturunan dan perkawinan baik secara vertikal maupun horizontal.

3. MarketingAfiliasi pemasaran adalah memasarkan produk dari suatu lembaga atau perusahaan pemilik produk (affiliate merchant) dengan cara bergabung atau mendaftar terlebih dahulu menjadi affiliate marketer. Para affiliate marketers (pemasar produk) hanya akan dibayar ketika produk tersebut sudah laku terjual.

 

Jadi, istilah afiliasi tidak melulu dihubungkan dengan pemasaran atau marketing saja. Namun pada kesempatan kali ini Finansialku akan memfokuskan pembahasan selanjutnya dalam afiliasi pemasaran (affiliate marketing).

Dari definisi di atas, dapat diartikan bahwa afiliasi pemasaran adalah sebuah jenis pemasaran di mana perusahaan pemilik produk (affiliate merchant) memasarkan produknya dengan melibatkan pihak ketiga (affiliate marketer).

Dalam hal ini, perusahaan dapat menjadi affiliate marketer atau membayar jasa affiliate marketer lain.

Definisi Afiliasi Adalah Cek Informasi Lengkapnya di Sini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Hal Yang Perlu Dihindari Vlogger Baru pada Channel YouTube]

 

Tentu ini sangat menguntungkan kedua belah pihak, di mana dengan melakukan afiliasi dengan pihak lain (dalam hal ini disebut sebagai affiliate marketer), pekerjaan Anda akan relatif lebih mudah dengan adanya “cabang” yang setiap saat mempromosikan produk Anda.

 

Cara Kerja Afiliasi

Apabila Anda sudah memahami definisi afiliasi, kini mari melirik sedikit cara kerjanya. Seperti Anda ketahui, afiliasi umumnya berbentuk link yang dapat digunakan di platform lain.

Nah, sebagai seorang affiliate marketer Anda diwajibkan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu ke perusahaan web afiliasi untuk bisa mendapatkan sebuah link afiliasi.

Link yang sudah diberikan tersebut kemudian dapat Anda promosikan ke platform atau sosial media yang Anda miliki.

Apabila ada seseorang yang kemudian meng-klik link yang Anda promosikan tersebut dan berminat untuk melakukan pembelian maka Anda akan mendapatkan komisi sesuai dari produk yang dibeli tersebut.

Jadi, kesimpulannya Anda akan menerima komisi sesuai dengan produk atau jasa yang terjual sesuai dengan peraturan dan syarat yang sudah ditentukan.

Sedangkan bagi perusahaan, semakin banyak jumlah afiliasi yang Anda miliki, semakin besar kesempatan untuk meningkatkan penjualan. Meski artinya semakin banyak juga komisi yang diperoleh affiliate marketer.

Definisi Afiliasi Adalah Cek Informasi Lengkapnya di Sini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pengusaha vs Pedagang, Apa Bedanya?]

 

Benefit Afiliasi

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa afiliasi memiliki beberapa benefit yang dapat Anda manfaatkan:

 

#1 Tidak Membutuhkan Modal yang Besar

Untuk menjalankan bisnis afiliasi, Anda hanya membutuhkan laptop atau komputer dengan layanan internet.

 

#2 Tidak Perlu Repot Membayar Gaji Karyawan

Afiliasi dapat Anda lakukan sendiri karena cara kerjanya yang sederhana. Dengan demikian Anda tidak perlu untuk repot mengeluarkan uang guna membayar gaji karyawan

 

#3 Fleksibel untuk Semua Produk

Afiliasi dapat dimanfaatkan untuk semua jenis produk. Saat Anda menjadi rekan dari bisnis affiliate marketing, maka secara tidak langsung sudah termasuk sebagai pemilik toko atau pusat grosir karena anda dapat menjual berbagai jenis produk.

 

#4 Pasar Lebih Luas

Bisnis afiliasi merupakan bisnis yang terbuka sangat terbuka luas. Dalam hal ini memiliki pasar yang sangat luas karena menggunakan jejaring online.

Definisi Afiliasi Adalah Cek Informasi Lengkapnya di Sini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Tahu Bedanya PKP (Pengusaha Kena Pajak) dan Non PKP?]

 

Manfaatkan Afiliasi Sekarang Juga

Kini Anda sudah mengenal definisi afiliasi, terutama dalam penerapannya di pemasaran (marketing). Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi Anda dalam memperluas kesuksesan bisnis Anda.

Setelah Anda memanfaatkan afiliasi dalam bisnis, Anda tetap harus merencanakan keuangan agar kondisi keuangan Anda tetap sehat. Namun jangan bingung, video ini akan membantu Anda bagaimana merencanakan keuangan Anda.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai afiliasi lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Pengertian Afiliasi dan Contohnya. Pengertianmenurutparaahli.com – https://bit.ly/2UVWQzN
  • Admin. 21 November 2019. Mengenal Apa itu Afiliasi (Affiliate): Defenisi, Keunggulan, Manfaat, Cara Kerja. Idcloudhost.com – https://bitly.is/34bf8Bu

 

Sumber Gambar:

  • Afiliasi 1 – https://bit.ly/3dM37qo
  • Afiliasi 2 – https://bit.ly/3aEvaWG
  • Afiliasi 3 – https://bit.ly/2JuxxQd