Pemerintah akan sediakan alat cek corona dan gelar tes massal layaknya Korea Selatan! Benarkah?

Cari tahu selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Serupa Test Pack, Ini Alat Cek Corona!

Memerangi pandemi virus corona bukan hanya butuh tenaga atau merapal mantra agar malapetaka ini berlalu begitu saja.

Kita perlu yang namanya kebijakan dari pemerintah yang cepat tanggap dan efektif. Salah satu caranya adalah menggelar tes secara masif.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menginstruksikan perusahaan pelat merah untuk memesan ratusan ribu alat rapid test virus corona dari China.

Dengan adanya alat tes virus corona ini, pengecekan virus corona bisa dilakukan secara massal. “Kami sudah pesan sekitar 500.000 (alat rapid test). RNI lagi kerja sama dengan China itu mau produksi rapid test corona,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, sebagaimana melansir dari Kompas.com.

Ada Alat Cek Corona, Indonesia Ikutan Korsel Bikin Tes Masal_ 01

[Baca Juga: Sembuh Dari Virus Corona, Fungsi Paru-paru Gak Akan 100%?]

 

Sementara itu, salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Joko Widodo, Putri Kuswisnu Wardani mengunggah foto alat tes penyakit COVID-19 atau virus corona dalam akun Instagramnya.

Alat tes tersebut berbentuk kecil, seperti alat tes kehamilan yang beredar di pasaran.

Bedanya, dalam alat ini tertulis “COVID-19” dengan tulisan “C”, “IgG”, dan “IgM” sebagai tanda apakah seseorang mengidap virus atau tidak.

Dalam akun Instagram pribadinya @putri_k_wardani209, Selasa (17/03), mengumumkan bahwa beberapa anggota Wantimpes (Dewan Penasihat Presiden RI) melakukan tes Covid-19 dengan alat test kit tersebut.

Mereka adalah, Luhut Binsar Panjaitan, Mahfud MD, dan Terawan Agus Putranto. Menurut Putri, semua anggota yang dites mendapatkan hasil yang negatif.

“Kami semua keluar negatif dengan hanya satu garis yang ditunjukkan pada kit,” lanjut Putri dalam cuitannya.

“(Namun) jika (ada garis) di sebelah IgG atau IgM strip keluar, itu berarti bahwa orang tersebut memiliki infeksi atau telah terinfeksi oleh virus (dan sudah memiliki antibodi),” paparnya.

Lebih lanjut Putri menjelaskan jika keakuratan tes ini tersebut dikatakan 95,1% dari 100%, dan hanya membutuhkan 15 menit untuk hasilnya keluar.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Seberapa Terpercaya Alat Tersebut?

Ahmad Utomo, Principal Investigator di Stem Cell and Cancer Research Institute, menyarankan untuk lebih dahulu memastikan cara kerjanya, apakah berbasis antibodi atau PCR (Polymerase Chain Reaction).

Ia juga berkata bahwa alat tersebut harus dipastikan, apakah tervalidasi dengan baik.

“Tapi saya tidak menganjurkan untuk beli, karena bagaimanapun harus dikerjakan oleh laboratorium,” kata Ahmad mengutip dari Detik.com.

 

Indonesia Adakan Tes Massal

Sementara itu, Presiden Joko Widodo meminta kepada para tim satuan gugus tugas Covid-19 agar segera melakukan tes massal atau rapid test dengan cakupan yang cukup luas.

Keputusan tersebut adalah langkah yang serius dan cepat tanggap dari pemerintah untuk mendeteksi lebih awal seseorang yang terpapar virus corona.

Sesaat artikel ini dimuat, masih belum ada kepastian kapan diadakannya tes massal tersebut.

 

Sobat Finansialku, kami hadir mengajak kepedulian Anda untuk membantu dan memberikan harapan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Sampai saat ini, mereka masih berjuang untuk mendapatkan makanan, pekerjaan bahkan kehidupan saat situasi seperti ini.

Sudah saatnya! Anda dan Finansialku, bersama-sama membantu mereka!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Sobat Finansialku, bagaimana menurutmu tentang artikel di atas? Kamu bisa lho tuangkan pendapat di kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Ferry Sandi. 18 Maret 2020. Kabar Gembira! Pemerintah Siapkan Test Pack Corona Buat Warga! CNBC Indonesia – https://bit.ly/33uhKK9
  • AN Uyung Pramudiarja. 17 Maret 2020. Test Pack Corona COVID-19 Bertebaran di Lapak Online, Terpercaya Nggak? Detik.com – https://bit.ly/2Qtsa7z
  • Thea Fathanah Arbar. 17 Maret 2020. Seperti Test Pack, Wantimpres Tes Corona dengan Alat Ini. CNBC Indonesia – https://bit.ly/2IYfaCS
  • Akhdi Martin Pratama. 18 Maret 2020. Erick Thohir Pesan 500.000 Alat Tes Virus Corona. Kompas.com – https://bit.ly/392krUy

 

Sumber Gambar:

  • Cek Corona 01 – http://bit.ly/2UdVKz6
  • Cek Corona 02 – http://bit.ly/3bb1HDA