Banyak kabar bahwa setelah sembuh dari virus corona, fungsi paru-paru tidak akan berfungsi seperti sediakala. Benarkah?

Informasi selengkapnya, dapat dibaca di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Virus Corona Menyerang Paru-Paru, Bukan Berarti Mematikan

Cara kerja pandemi virus corona adalah merusak bagian paru-paru manusia. Sifatnya destruktif alias mematikan.

Pandemi virus corona ini pertama kali dideteksi pada akhir 2019 lalu di Wuhan sebagai kasus pneumonia dengan penyebab yang tidak diketahui.

Kemudian, diketahui bahwa penyebab kasus pneumonia ini adalah sebuah virus corona baru.

Mengutip Kompas.com dari The Guardian dokter pernapasan, Prof. John Wilson mengatakan bahwa orang-orang yang terinfeksi Covid-19 dapat dibagi menjadi empat kategori.

Pertama, pasien yang tergolong pada kategori subklinis. Pada kategori ini, pasien terinfeksi virus corona tetapi tidak menunjukkan gejala apa pun.

Kedua, orang yang terinfeksi pada saluran pernapasan atas.  “Artinya, seseorang mengalami demam dan batuk serta gejala ringan seperti sakit kepala atau konjungtivitis,” Ungkap Wilson.

Ketiga, merupakan kelompok terbesar yaitu mereka yang positif terinfeksi Covid-19 dan perlu dirawat di rumah sakit atau menjalani operasi. 

Keempat, pasien yang mengalami gejala yang parah.

Sembuh Dari Virus Corona, Fungsi Paru-paru Gak Akan 100%_ 02

[Baca Juga: Wah, Virus Corona Menular Lewat Keringat! Masa, Sih?]

 

Salah satu orang yang pulih dari Covid-19 adalah Julie. Warga Singapura tersebut dinyatakan pulih setelah dikarantina selama sembilan hari.

“Saya tidak batuk atau bersin, tapi suatu pagi saya terbangun dan ruangan terasa berputar,” ujarnya. “Saya periksa ke dokter dan dinyatakan positif (virus corona).”

Julie juga mengisahkan saat dia masuk ke tahap kritis. “Yang saya ingat, saya susah sekali bernapas. Rasanya paru-paru saya seperti akan meledak karena bekerja sangat keras,” Ungkapnya sebagaimana mengutip dari BBC, Selasa (17/03).

 

Pasien Yang Pulih dan Hasil CT Scan

Para peneliti dari Rumah Sakit Tongji di Wuhan, China, telah mengumpulkan ratusan CT Scan dada para pasien yang terpapar virus corona.

Hasilnya, ada beberapa indikasi dari infeksi pada paru yang dikenal sebagai “Ground-glass opacification/opacity (GGO)”, menunjukkan adanya cairan yang memenuhi paru-paru dan alveoli paru-paru, atau kantung udara kecil yang menukar molekul oksigen dan karbon dioksida ke dan dari aliran darah.

GGO ini muncul di dalam CT scan seperti gumpalan putih yang dapat menyebar dan menimbulkan sejumlah penyakit kronis, salah satunya pneumonia.

Bagaimana virus itu tampak dalam CT Scan, Sobat Finansialku, bisa memerhatikan gambar di bawah ini;

Gambar CT dada seorang pria berusia 29 tahun yang dites positif SARS-CoV-2 pada 5 Febuari_ 2020_ Panah warna kuning menunjukkan adanya GGO_ Foto_ Tao Ai et al_RSNA (dari Kumparan_com)

Gambar CT dada seorang pria berusia 29 tahun yang dites positif SARS-CoV-2 pada 5 Febuari. 2020. Panah warna kuning menunjukkan adanya GGO. Foto: Tao Ai et al/RSNA (dari Kumparan.com)

 

GGO sebenarnya dapat ditemukan pada sejumlah kasus infeksi dan penyakit paru-paru yang berbeda.

Namun, pada kasus SARS-CoV-2, dengan melihat bentuk dan penyebaran mereka, memungkinkan seorang dokter secara spesifik mengidentifikasi kasus COVID-19.

Sebetulnya lebih dari 50 persen pasien terinfeksi virus corona dinyatakan sembuh. Pertanyaannya, apakah paru-paru pasien akan normal kembali? Tentu tidak.

Sebuah penelitian mencatat bahwa beberapa pasien menunjukkan penurunan kapasitas paru-paru setelah pulih.

Merajalela, Virus Corona Ditetapkan WHO Sebagai Pendemi 01

[Baca Juga: Tangkal Corona, Ini Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Atau Imunitas]

 

Melansir dari Kompas.com dari Science Alert, Selasa (17/03) Otoritas Rumah Sakit Hong Kong telah menemukan pengaruh virus corona terhadap fungsi organ paru.

Para ahli medis di sana, menemukan hasil yang janggal setelah memeriksa 12 orang gelombang pertama yang keluar dari rumah sakit setelah dinyatakan pulih dari Covid-19.

“Mereka terengah-engah jika berjalan sedikit lebih cepat,” ujar Owen Tsang Tak-yin, direktur medis otoritas Pusat Penyakit Menular, mengutip dari laman yang sama dari South China Morning Post.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Meningkatkan Fungsi Paru-Paru dengan Berenang

Sobat Finansialku, dari penjelasan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa banyak yang sembuh dari virus corona ini.

Meski begitu, pulihnya tak utuh. Dalam artian fungsi paru-paru akan melemah.

Orang yang sudah pulih diimbau untuk melakukan kardiovaskular untuk meningkatkan fungsi paru-paru. Misalnya dengan berenang, bersepeda, lompat tali atau bisa dengan berjalan kaki.

 

Sobat Finansialku, saat ini alam sedang menguji solidaritas manusia di muka bumi. Sebagian dari kita, harus diuji kesabarannya dengan tempaan dari kiri dan kanan.

Inilah saatnya! Kita perlu membuktikan pada alam akan keseriusan kita dalam membantu sesama.

Sobat Finansialku bisa membuktikannya melalui donasi bersama Finansialku, yaitu dengan menekan tombol di bawah ini sekarang. Terima kasih :)

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Sederhananya, paru-paru takkan utuh kembali setelah diserang virus corona, ibarat kata, ngerokok aja bisa melumpuhkan kinerja paru-paru apalagi virus. Gimana menurutmu? Kamu bisa lho berbagi ide dan pendapat lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan juga informasi ini kepada kawan dan sanak-saudara. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Holy Karika Nurwigati Sumartiningtyas. 14 Maret 2020. Sembuh dari Virus Corona, Benarkah Fungsi Paru-paru Berkurang? Kompas.com – https://bit.ly/2vvjVkg
  • Mia Fahrani. 12 Maret 2020. Kembali Dirilis, CT Scan Tunjukkan Rusaknya Paru-paru Korban Meninggal Virus Corona. Galamedianews.com – https://bit.ly/2wcRnfF
  • Huminca Sinaga. 14 Maret 2020. Begini Kondisi Paru-paru Manusia Saat Pneumonia dan Terinfeksi Virus Corona. Pikiranrakyat.com – https://bit.ly/33pGiUT
  • Admin. 16 Maret 2020. CT Scan Tampilkan Bagaimana Virus Corona Serang Paru-paru Manusia. Kumparan.com – https://bit.ly/2WjkdFR
  • Admin. 13 Maret 2020. Bagaimana Kondisi Paru-Paru Saat Terinfeksi Virus Corona? Berikut Infonya Kompas.com – https://bit.ly/2w3UoPy
  • Admin. 04 Maret 2020. Virus corona: ‘Paru-paru saya seperti akan meledak’, kata perempuan Singapura yang pulih dari Covid-19. BBC Indonesia – https://bbc.in/33nmtNT
  • Asni Harismi. 18 Juni 2019. Tanpa Ribet, 7 Olahraga Kardio Ini Cocok untuk Anda yang Sibuk. SehatQ.com – https://bit.ly/2vqwi0P

 

Sumber Gambar:

  • Fungsi Paru-paru 01 – http://bit.ly/2vsDR7f
  • Fungsi Paru-paru 02 – http://bit.ly/2U6uBOk