Ikuti cara menambah daya tahan tubuh atau imunitas ini agar tidak mudah sakit dan bisa terlindungi dari serangan corona!

Selengkapnya, ada di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tangkal Corona dari Dalam, Terapkan Cara-Cara di Bawah Ini Untuk Tingkatkan Daya Tahan atau Imunitas Tubuh

Terpaan wabah virus corona di Indonesia membuat kita merasa tidak tenang, karena setiap hari, kita diberikan informasi bertambahnya pasien virus corona di Indonesia.

Meskipun sebenarnya, tingkat kematian pasien virus corona lebih rendah jika dibandingkan dengan pasien yang berangsur sembuh.

Kecemasan ini tentu bukan tanpa alasan. Penyebarannya yang masif dan cepat menjadi salah satu alasan kenapa orang-orang dilanda kepanikan.

Berbagai pencegahan dilakukan oleh setiap orang, demi terhindar dari infeksi virus corona.

Berita dan kabar negatif dari kiri kanan mau tidak mau membuat diri kita secara tidak sadar menaikkan tingkat kesiagaan dalam diri kita. Tapi jangan khawatir, kepanikan wajar terjadi dalam suasana yang chaos ini.

Namun, sebenarnya sobat Finansialku bisa melakukan pencegahan dari dalam diri sendiri, agar setidaknya bisa memotong mata rantai wabah virus corona, salah satunya dengan meningkatkan daya tahan atau sistem imunitas tubuh kita.

8 Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru Menikah, Agar Keuangan Anda Sehat 03 - Finansialku

[Baca Juga: Upaya Mencegah Corona, Ganjil Genap Ditiadakan Mulai Hari Ini]

 

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh, melansir laman merdeka.com, adalah sel-sel yang memiliki tanggung jawab untuk melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan virus dari luar.

Ada beberapa cara dalam meningkatkan daya tahan atau sistem imunitas tubuh. Kami telah himpun cara-cara dari beberapa sumber informasi, di antaranya adalah:

 

#1 Perbanyak Makanan Berserat

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh adalah dengan banyak mengonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur.

Dalam sebuah penelitian, dikatakan kalau orang yang banyak mengonsumsi buah dan sayur cenderung memiliki imunitas yang baik dan tidak mudah sakit.

Alasannya, kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam sayur dan buah bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Beberapa sayur dan buah yang bisa membantu meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh di antaranya adalah:

  • Buah Jeruk: Mengandung vitamin C yang mampu membantu membangun menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh memproduksi sel darah putih.
  • Pepaya: Buah ini, memiliki enzim pencernaan yang memiliki efek anti-inflamasi. Selain itu, mengandung kalium, vitamin B, dan folat.
  • Kiwi: Buah kiwi mengandung folat, kalium, vitamin K dan C.
  • Paprika Merah: Selain mengandung vitamin C, paprika merah juga memiliki kandungan karoten yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan kulit dan mata.
  • Brokoli: Mengandung vitamin A, C, dan E dan mineral yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita.

 

#2 Rutin Berolahraga

Bukan hanya membuat tubuh kita sehat dan bugar, olahraga yang dilakukan dengan rutin juga mampu melindungi tubuh kita dari berbagai macam penyakit, lho!

“Sel darah putih dapat menjadi tidak aktif. Namun, olahraga dapat memobilisasi mereka dan meningkatkan aliran darah sehingga sel darah putih dapat melakukan fungsi mereka untuk mencari dan bahkan menghancurkan virus atau benda asing di bagian tubuh lainnya.” Ucap Arne Akbar, selaku Presiden British Society for Immunologi dan Profesor di University of College, London, mengutip laman kompas.com, (15/03).

Kita disarankan untuk rutin berolahraga setiap hari, selama 150 menit dalam satu minggu untuk olahraga ringan, dan 75 menit dalam satu minggu untuk olahraga yang cukup berat, disesuaikan dengan kemampuan tubuh masing-masing.

 

#3 Pola Tidur Baik

Mulai sekarang, biasakan untuk memiliki pola tidur yang baik, ya, sobat Finansialku. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam, selama remaja dianjurkan untuk tidur selama 9-10 jam.

Bukan cuma memiliki waktu tidur yang cukup dan ideal, usahakan untuk memiliki waktu tidur yang sama setiap harinya.

Hal ini dilakukan agar tubuh bisa mengetahui kapan kita tidur dan kapan kita bangun, sehingga kita beristirahat dengan maksimal, karena tubuh pun menyesuaikan pada pola tidur kita.

 

#4 Rutin Minum Air Putih

Meski berat bagi sebagian orang, tapi mau tidak mau, kita harus biasakan untuk mengonsumsi air putih sebanyak dua liter atau 8 gelas sehari.

Selain membantu tubuh meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh kita, air putih juga membantu membuang racun berbahaya dari dalam tubuh, melalui air kencing.

Bukan hanya itu, manfaat lainnya dari air putih adalah, menjaga kesehatan organ dalam tubuh kita seperti ginjal dan hati.

 

#5 Mengurangi/Hindari Rokok dan Alkohol

Melalui laman kompas.com, Sheena Cruickshank selaku Profesor Imunologi di University of Manchester mengatakan kalau sistem pertahanan tubuh menjadi tidak begitu efektif pada orang yang mengonsumsi alkohol.

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh kekurangan limfosit. Hal ini membuat sistem imun menjadi tidak bisa menahan virus yang menyerang tubuh.

10 Cara Ampuh Diet Tanpa Efek Samping yang Cepat dan Alami 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ditekankan Jokowi Demi Cegah Corona, Social Distance Adalah..?]

 

Sementara untuk perokok pasif yang terpapar asap rokok secara berlebih dari lingkungannya, berisiko untuk merusak imunitas atau daya tahan tubuh kita.

Adapun perokok aktif, memiliki risiko yang sangat tinggi untuk mengalami infeksi paru-paru seperti bronkitis dan pneumonia.

 

#6 Menjaga Kebersihan Tubuh

Selain melakukan hal-hal di atas, jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan tubuh kita, ya!

Biasakan diri kita untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah batuk dan bersin, membuang sampah, atau melakukan hal-hal yang memungkinkan telapak tangan kita kotor atau mengundang bakteri.

 

#7 Hindari Stres

Ketika kita mengalami stres yang berlebihan dan tidak terkontrol, tubuh akan memproduksi hormon kortisol.

Hormon kortisol yang diproduksi terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh kita.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan daya tahan dan imunitas kita.

5+ Jenis Olahraga Malam yang BOLEH Kamu Lakukan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bisa Minimalkan Penyebaran Corona, Lockdown Adalah..?]

 

Mengelola stres, bagi setiap orang punya cara yang berbeda, oleh karena itu, kita harus sering berkomunikasi dengan diri kita sendiri, agar kita mengetahui hal apa yang harus kita lakukan ketika sedang stres.

Daripada panik dan merugikan diri sendiri, ada baiknya kita melakukan apa yang bisa kita lakukan secara mandiri.

Selain melaksanakan lima pencegahan dasar yang sebagaimana dianjurkan oleh Kemenkes, Anda juga bisa melakukan 7 hal di atas untuk memastikan kalau tubuh kita punya daya tahan tubuh yang baik.

Informasi ini juga kami sajikan melalui video informatif yang ada di kanal youtube kami, lho! Klik di sini untuk menonton!

 

Oh ya Sobat Finansialku, kami hadir mengajak kepedulian Anda untuk membantu dan memberikan harapan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Sampai saat ini, mereka masih berjuang untuk mendapatkan makanan, pekerjaan bahkan kehidupan saat situasi seperti ini.

Sudah saatnya! Anda dan Finansialku, bersama-sama membantu mereka!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Adakah rekomendasi lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh kita selain tujuh poin di atas? Sampaikan pada kami melalui kolom komentar di bawah ini, ya!

Jangan lupa, beritahu rekan-rekan dan keluarga sobat Finansialku, agar kita bisa sama-sama meningkatkan kualitas tubuh dan tidak terinfeksi virus corona! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 16 Maret 2020. Berbagai Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit. Alodokter.com – http://bit.ly/39ULFOa
  • Admin. 15 Maret 2020. 14 Makanan yang Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Konsumsi Buah-buahan dan Sayuran Sehat. Tribunnews.com – http://bit.ly/2Qk5Jlb
  • Mela Nurhidayati Syamsiyah. 14 Maret 2020. 7 Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh untuk Antisipasi Penularan Virus Corona. Kumparan.com – http://bit.ly/2WhCeo8
  • Vina Fadhrotul Mukaromah. 15 Maret 2020. Cegah Virus Corona, Simak 5 Tips Ini untuk Tingkatkan Imun Tubuh. Kompas.com – http://bit.ly/33rDJS3
  • Admin. 16 Maret 2020. Agar Tak Mudah Sakit, Ini Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh di Musim Hujan dan Banjir. Alodokter.com – http://bit.ly/2Wh3qDa
  • Admin. 16 Maret 2020. 5 cara Meningkatkan Imunitas Tubuh untuk Cegah Virus dan Penyakit. Jawapos.com – http://bit.ly/3aZnU7C
  • Rakha Fakreza Widyananda. 4 Maret 2020. 7 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh untuk Cegah Penularan Virus Corona. Merdeka.com – http://bit.ly/2QjQubW