Social distance adalah..? Ketahui arti dari istilah yang muncul setelah wabah pandemik corona mampir ke Indonesia ini!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Social Distance Adalah..

Menindaklanjuti virus corona yang per hari ini, Senin (16/03) mewabahi 177 orang Warga Negara Indonesia, Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk tetap tenang dan terapkan social distance.

“Saat ini yang penting social distance, jaga jarak. Dengan kondisi itu maka kita kerja dari rumah, belajar dan ibadah di rumah.” Katanya sebagaimana dikutip laman viva.co.id saat mengadakan konferensi pers, Minggu (15/03).

Jokowi juga mengatakan kalau saat ini pemerintah sudah bersiaga dan mengatur pedoman berdasarkan Undang-Undang 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Dikatakan, pemerintah sudah meningkatkan pelayanan pengetesan infeksi virus corona dengan memanfaatkan kapabilitas rumah sakit daerah dan bekerja sama dengan rumah sakit swasta dan lembaga riset yang direkomendasikan Kemenkes.

“Menteri keuangan juga telah mengeluarkan pedoman penyediaan anggaran untuk seluruh Kementerian dan Lembaga.” Ungkap Jokowi.

Ditekankan Jokowi Demi Cegah Corona, Social Distance Adalah.._ 02

[Baca Juga: Bisa Tularkan Virus Corona, Korsel Bakar Uang Kertas, RI Ikutan?]

 

Jokowi juga pada kesempatan tersebut, meminta rakyat Indonesia untuk tetap tenang, tidak panik, tetap produktif dan meningkatkan kewaspadaan.

“Dengan kondisi ini, saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah dari rumah. Inilah saatnya kita bekerja bersama-sama, saling tolong menolong, bersatu padu, bergotong royong. Kita ingin gerakan masyarakat agar masalah COVID-19 ini bisa tertangani maksimal.” Ungkapnya, dikutip laman yang sama.

Adapun, yang dimaksud dengan istilah social distance adalah menjaga jarak sosial.

Dilansir dari laman resmi John Hopkins University melalui laman viva.co.id, dalam konteks kebijakan kesehatan, social distance adalah praktik kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk mencegah orang sakit melakukan kontak dekat dengan orang sehat untuk mengurangi peluang penularan penyakit.

Sehingga, sederhananya, social distance artinya menjauhi kerumunan ramai dan berada di satu tempat tertutup dengan banyak orang.


Jika dikaitkan dengan wabah pandemik virus corona ini, social distance dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi kemungkinan pasien-pasien terinfeksi baru di antara populasi padat penduduk.

Masyarakat diimbau untuk setidaknya menjaga jarak sekitar enam kaki atau dua meter dari orang lain yang menunjukkan tanda-tanda penyakit seperti batuk, bersin, ataupun demam.

Selain menjaga jarak, social distancing juga berarti untuk menghindari adanya kontak fisik atau sentuhan langsung dengan orang lain.

Ditekankan Jokowi Demi Cegah Corona, Social Distance Adalah.._ 03

[Baca Juga: Wah, Virus Corona Menular Lewat Keringat! Masa, Sih?]

 

Kontak fisik atau sentuhan langsung ini termasuk pada kegiatan bersalaman, berpelukan, karena virus dapat tersebar melalui kontak fisik antara dua orang.

Selain dua hal di atas, karantina mandiri juga termasuk ke dalam social distancing. Karantina mandiri atau mengisolasi diri sendiri bisa memotong rantai penyebaran wabah virus corona.

Apabila kita mengisolasi diri setelah berinteraksi dengan pasien terinfeksi atau setelah mengunjungi kota terinfeksi, kita bisa melepas rantai infeksi, dan menyelamatkan banyak orang.

Isolasi diri atau karantina mandiri, direkomendasikan untuk dilakukan selama empat belas hari.

 

Bagaimana pendapat sobat Finansialku mengenai fenomena ini? Sampaikan pada kami melalui kolom komentar di bawah ini, ya!

Tidak bosan kami juga ingatkan untuk terus melakukan pencegahan diri seperti menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan diri, agar kita bisa memotong mata rantai penyebaran virus corona!

 

Sumber Referensi:

  • Andhina Effendi. 14 Maret 2020. Social Distancing, Mampukah Cegah Penyebaran Virus Corona?. Popbela.com – http://bit.ly/2IMg1Xa
  • Fitri Syarifah. 15 Maret 2020. Antisipasi Corona, Jokowi Tekankan Social Distance. Liputan6.com – http://bit.ly/33jngzc
  • Admin. 15 Maret 2020. Mengenal Social Distance, dan Cara Terhindar dari COVID-19. Viva.co.id – http://bit.ly/33l2lvB
  • Leslie Goldman. 15 Maret 2020. What are the rules of social distancing?. Vox.com – http://bit.ly/39ZO8ag

 

Sumber Gambar:

  • Social Distance 01 – http://bit.ly/39TJMBn
  • Social Distance 02 – http://bit.ly/3b1RWrB
  • Social Distance 03 – http://bit.ly/33szlSY

FAQ

Apa itu social distance?

Social distance adalah menjaga jarak sosial. Dalam konteks kebijakan kesehatan, social distance adalah praktik kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk mencegah orang sakit melakukan kontak dekat dengan orang sehat untuk mengurangi peluang penularan penyakit. 
Sederhananya, social distance adalah menjauhi kerumunan ramai dan berada di satu tempat tertutup dengan banyak orang.

Saya sehat, apakah saya harus melakukannya juga?

Ya. Meskipun kita mengklaim kalau diri kita sehat, sebenarnya kita tidak tahu pasti apakah kita bebas dari patogen virus corona. Dengan melakukan social distance, kita bisa memotong rantai penularan virus corona, dan menyelamatkan banyak orang. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak melakukan social distance.

Jika saya harus benar-benar keluar rumah, Bagaimana menyikapinya?

Keluarlah. Dengan catatan, jangan banyak melakukan kontak fisik atau sentuhan dengan orang lain. Kita tidak tahu, riwayat pertemuan orang itu, sebelum melakukan kontak fisik dengan kita. Juga jangan lupa, selalu ikuti langkah-langkah pencegahan virus corona seperti sering mencuci tangan, menutup mulut dengan sikut ketika bersin atau batuk, dan tindakan preventif lainnya.

Seberapa jauh jarak yang harus saya jaga dengan orang lain ketika berada di luar rumah?

Kita diimbau untuk menjaga jarak dengan orang asing sekitar 6 kaki atau dua meter dari orang lain yang menunjukkan tanda-tanda penyakit seperti batuk, bersin, ataupun demam.

Kalau saya harus isolasi diri di rumah, saya takut bosan. Apa yang harus saya lakukan selama mengisolasi diri di rumah?

Netflix and chill.