Peta penyebaran virus corona mana saja yang real time dan akurat? Yuk cari tahu di sini!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Ini Tujuh Situs Untuk Memantau Penyebaran Virus Corona

Pada suatu pagi, matahari baru memunculkan sinarnya, dan sesaat setelah terjaga dari tidur, kamu langsung menyabet ponsel dan melacak berapa angka positif virus corona di negeri ini atau dunia.

Tentu, kami paham, tindakan itu hanya untuk rasa ingin tahu tentang perkembangan seperti apa yang telah membaik.

Faktanya, pandemi virus corona telah masuk pada ratusan ribu orang di dunia. Kasusnya, hingga Selasa pukul 12.17 WIB, mencapai 182,723 dengan angka kematian 7,174 dan yang pulih 79,883.

7 Situs Peta Penyebaran Virus Corona yang Akurat (RI dan Global) 02

[Baca Juga: Terbaru! Ini Daftar 132 Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Indonesia!]

 

Sementara itu, di Indonesia tercatat 134 terinfeksi, 8 sembuh, 5 meninggal dunia.

Lantas, dari mana kita bisa tahu terkait informasi interaktif perkembangan virus corona ini?

Sobat Finansialku, sejak virus ini menjalar cepat ke seluruh dunia, ada berbagai situs yang menyediakan peta interaktif dan dasbor yang dapat diakses.

Melansir dari CNN Indonesia, berikut sejumlah situs yang bisa kita gunakan untuk memantau perkembangan penyebaran virus corona di Indonesia maupun dunia;

 

#1 Data Pemantauan Penyebaran Virus Corona Jakarta

Pemerintah provinsi DKI Jakarta telah menyediakan situs khusus peta penyebaran virus corona di Jakarta. Situs ini bekerja secara real time.

Masyarakat yang tinggal di Jakarta, dapat mengakses situs di alamat https://corona.jakarta.go.id/.

Di dalam situs itu, pemprov menyajikan data jumlah pasien yang masuk ke daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Situs virus corona Jakarta juga menyajikan peta persebaran virus, mulai dari kawasan Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat.

 

#2 Pusat Informasi & Koordinasi Penyebaran Virus Corona Provinsi Jawa Barat

Situs pusat informasi dan koordinasi Covid-19 yang diluncurkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) tak berbeda jauh dengan situs Jakarta Tanggap Covid-19 milik DKI ala Gubernur Anies Baswedan.

Pada bagian beranda situs, website milik Jabar serupa dengan DKI yang menampilkan hotline yang bisa dihubungi oleh masyarakat jika hendak bertanya atau melaporkan hal darurat terkait Covid-19.

Lalu, situs Pemprov Jabar menampilkan peta berikut data sebaran Covid-19 yang diperbarui secara berkala.

Pada peta itu, pengunjung bisa langsung mengetahui daerah mana yang paling banyak terdapat Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), atau pasien yang terkonfirmasi positif dengan nama lain SARS-Cov-2 itu.

Masyarakat bisa mengakses di pikobar.jabarprov.go.id.

 

#3 Peta John Hopkins

Peta digital ini disediakan oleh Universitas John Hopkins, Baltimore, Amerika Serikat. Peta dinilai lebih akurat dibanding milik WHO.

Peta ini dibuat oleh Departemen Teknik Sipil Universitas John Hopkins. Data pada peta dikumpulkan dari berbagai sumber, yakni WHO, US Centers for Disease Control and Prevention, National Health Commission of the People’s Republic of China, dan Dingxiangyuan, situs jejaring sosial bagi tenaga medis yang menyediakan informasi kasus corona secara real time.

Investasi Aman Di Tengah Ancaman Corona 01

[Baca Juga: Tangkal Corona, Ini Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Atau Imunitas]

 

Lewat peta ini pengguna bisa melakukan perbesaran untuk menunjukkan jumlah kasus di negara tertentu.

Bahkan untuk kawasan AS, pengguna bisa melihat jumlah kasus di tiap negara bagian.

Selain menghadirkan peta interaktif, pengguna juga bisa melihat total orang yang terinfeksi, jumlah yang meninggal, dan total yang sembuh.

John Hopkins juga menyediakan grafik total yang terinfeksi di berbagai wilayah.

 

#4 WHO

Peta interaktif milik Badan Kesehatan Dunia ini menunjukkan total kasus infeksi, jumlah kematian, dan negara yang terinfeksi.

Ada juga grafik jumlah kasus yang terjadi di seluruh dunia berdasarkan tanggal. Peta ini menyediakan pilihan untuk melihat data infeksi Covid-19 berdasarkan provinsi.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#5 Healthmap

Peta ini dikembangkan oleh Mapbox, berkolaborasi dengan OpenStreetMaps. Data yang ada di peta ini merupakan kontribusi dari berbagai pihak.

Menariknya, peta ini bisa memberikan animasi penyebaran virus corona SARS-Cov-2 mulai dari China hingga ke negara-negara lain.

Pengguna juga bisa melihat siapa saja yang menyumbang pembaruan data di peta dengan mengklik tulisan “Full list contributors” (data lengkap kontributor).

Healthmap dikembangkan oleh sekelompok peneliti, epidomiologis, dan pengembang software dari rumah sakit Boston Children. Kelompok ini kerap memberikan sumber informal secara online untuk ketika terjadi wabah.

 

#6 The Wuhan Virus

Situs ini menyediakan peta yang berisi data total orang yang terinfeksi virus corona. Namun, pengguna tidak bisa melakukan perbesaran (zoom) untuk melihat detil jumlah di tiap negara.

Pengembang memberikan data berapa angka peningkatan kasus virus corona. Situs ini dibuat oleh pengembang The Base Lab.

 

#7 Corona Arrangy

Peta interaktif yang disediakan Arrangy ini juga menyediakan data soal kasus infeksi Covid-19 yang menjangkiti berbagai negara.

Bukan cuma jumlah, tapi pengguna bisa detil lokasi penyebaran virus tersebut di tiap negara ini. Pengguna juga bisa memilih untuk melihat laporan kasus pada periode tertentu, misal pada 3 minggu terakhir atau sejak kasus ini bermula

 

Sobat Finansialku, kami hadir mengajak kepedulian Anda untuk membantu dan memberikan harapan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Sampai saat ini, mereka masih berjuang untuk mendapatkan makanan, pekerjaan bahkan kehidupan saat situasi seperti ini.

Sudah saatnya! Anda dan Finansialku, bersama-sama membantu mereka!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Peta interaktif tentu penting untuk transparansi informasi. Itu untuk acuan agar kita semua tetap waspada. Sobat Finansialku, bagaimana menurutmu? Kamu bisa lho tuangkan pendapat di kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 16 Maret 2020. 8 Situs Pantau Peta Penyebaran Covid-19. CNN Indonesia – https://bit.ly/2IU5KIo
  • Dian Erika Nugraheny. 17 Maret 2020. Update Virus Corona di Indonesia: 134 Terinfeksi, 8 Sembuh, 5 Meninggal Dunia. Kompas.com – https://bit.ly/2ISTGra

 

Sumber Gambar:

  • Peta Corona 01 – http://bit.ly/39T7Hki
  • Peta Corona 02 – http://bit.ly/3aZSU7y