Berita terbaru virus corona. Bukan kelelawar, ternyata trenggiling yang punya potensi sebarkan wabah virus corona!

Kok bisa? Simak berita selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Trenggiling Ternyata Jadi Penyebab Virus Corona?

Sebuah penelitian dari ilmuwan menduga, bahwa wabah virus corona yang pertama kali menyebar di daerah Wuhan, China, diduga bukan disebabkan oleh binatang ular dan kelelawar, melainkan trenggiling.

Binatang mamalia bersisik yang biasanya digunakan oleh orang Asia untuk makanan dan obat-obatan itu diduga inang perantara penyebaran virus mematikan itu.

Menurut Liu Yahong, Presiden Universitas Pertanian China mengatakan, tim peneliti yang dipimpin oleh universitas itu diketahui menganalisis lebih dari seribu sampel metagenome hewan liar.

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

Melalui penelitian itu, tim yang dipimpin oleh Profesor Shen Yongyi kemudian ditemukan bahwa lebih dari 70 persen trenggiling yang dijadikan sampel untuk diperiksa membawa virus yang berasal dari keluarga yang sama dengan infeksi yang ditemukan di kota Wuhan, sebagaimana dilansir dari laman sukabumiupdate.com, Sabtu (08/02).

Gawat! WNI Terinfeksi Virus Corona di Singapura 01

[Baca Juga: Gawat! Ada WNI Terinfeksi Virus Corona di Singapura]

 

Bukan hanya itu, mereka juga dikatakan menemukan urutan genom dari strain coronavirus adalah 99 persen identik dengan orang yang terinfeksi.

“Penemuan terbaru ini akan sangat penting untuk pencegahan dan pengendalian.” Kata peneliti dari South China Agricultural University dikutip dari laman cnnindonesia.com yang mengutip dari AFP, Minggu (09/02).

Melansir laman bali.tribunnews.com, salah satu faktor yang menjadikan trenggiling memiliki kemungkinan menjadi perantara virus corona adalah karena hewan ini merupakan salah satu hewan yang dijual dan laku paling laris di pasar penjualan hewan liar secara ilegal di Asia.

Arnaud Fontanet dari France’s Pasteur Institute juga turut menambahkan probabilitas atas kebenaran bahwa hewan tersebut adalah perantara virus corona seperti yang dikutip dari laman tribunnews.com, Minggu (09/02).

Pihaknya dikatakan membandingkan dengan kelelawar. Dia menyebut, kalau nyatanya banyak hewan yang bisa menularkan virus ke spesies lain, salah satunya kelelawar.

Dikatakan olehnya, virus corona tidak langsung berpindah dari kelelawar ke manusia.

Virus Corona Makin Mencekam, Korban Tewas Jadi 425 Orang! 01

[Baca Juga: Lakukan 5 Langkah ini Agar Tidak Tertular Virus Corona]

 

Beberapa penelitian menunjukkan kalau virus yang berasal dari kelelawar tidak memiliki fitur yang diperlukan untuk menempel pada reseptor sel manusia.

Pihaknya percaya kalau ada hewan lain yang berperan sebagai perantara dalam menyebarkan virus corona pada manusia, dan trenggiling adalah kemungkinan terbesarnya.

Meski begitu, Dirk Pfeiffer, seorang Profesor kedokteran hewan di City University Hong Kong, mengatakan kalau penelitian tersebut masih dikatakan prematur dan belum bisa dipastikan dan dibuktikan seratus persen kalau trenggiling memang hewan yang menularkan virus corona.

“Anda hanya dapat menarik kesimpulan yang lebih pasti jika Anda membandingkan prevalensi antara spesies yang berbeda berdasarkan sampel yang representatif.” Katanya kepada Reuteurs sebagaimana dikutip dari laman kanalkalimantan.com, Minggu, (09/02).

 

Sobat Finansialku, kami hadir mengajak kepedulian Anda untuk membantu dan memberikan harapan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Sampai saat ini, mereka masih berjuang untuk mendapatkan makanan, pekerjaan bahkan kehidupan saat situasi seperti ini.

Sudah saatnya! Anda dan Finansialku, bersama-sama membantu mereka!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Kalau benar dugaan bahwa binatang ini adalah mata rantai yang hilang dari penyebaran wabah virus corona, Finansialku berharap para pihak terkait dapat menemukan penawar untuk mematikan virus corona.

Menurut Anda, apakah dugaan ini benar adanya? Sampaikan pada kami lewat kolom komentar, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Garudea Prabawati. 9 Februari 2020. Peneliti Ini Justru Sebut Trenggiling yang Paling Berpotensi Jadi Perantara Virus Corona. Tribunnews.com – http://bit.ly/2OH9m3O
  • Admin. 9 Februari 2020. Trenggiling Diduga Penyebar Virus Corona, Kenapa Orang China Makan Trenggiling?. Bali.tribunnews.com – http://bit.ly/2SpNvyQ
  • Admin. 8 Februari 2020. Trenggiling Diduga Perantara Virus Corona dari Kelelawar ke Orang. Sukabumiupdate.com – http://bit.ly/2Swk1zp
  • Andy Arfian. 9 Februari 2020. Usai Kelelawar, Trenggiling Diduga Ikut ‘Tersangka’ Sebarkan Virus Corona. Kanalkalimantan.com – http://bit.ly/2tIE3ym
  • Nabilla Ramadhian. 9 Februari 2020. Trenggiling Diduga Penyebar Virus Corona, Mengapa Orang China Makan Trenggiling?. Travel.kompas.com – http://bit.ly/389Av7g
  • Admin. 9 Februari 2020. Usai Kelelawar, Trenggiling Diduga Ikut Sebarkan Virus Corona. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/2vYXIuB

 

Sumber Gambar:

  • Penyebab Corona – http://bit.ly/3boGzux