Mau beli alat makeup lengkap tapi tak pernah kesampaian karena terlalu mahal? Jangan khawatir, mahal bukan berarti mustahil untuk dibeli.

Meski gaji Rp3 juta sekalipun, kamu tetap dapat membeli satu set alat makeup super komplit yang berisi puluhan item kosmetik lho.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Makeup Sebagai Kebutuhan Pokok Wanita

Produk makeup kini telah menjadi kebutuhan wajib bagi para wanita. Bagaimana tidak, kegiatan merias wajah sudah menjadi aktivitas keseharian yang penting dilakukan bagi wanita sebelum bepergian.

Hal ini mengakibatkan permintaan pasar akan produk kosmetik semakin besar dari tahun ke tahun. Bahkan, banyak wanita yang rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah demi mendapatkan makeup yang diinginkan.

 

Cara Sakti Beli Alat Makeup Lengkap, Meski Gaji Rp3 Juta

Membeli makeup memang sah-sah saja, apabila digunakan untuk memaksimalkan penampilan diri atau bahkan untuk bekerja sebagai MUA misalnya. Menjadi tidak wajar apabila keinginan kamu yang satu ini tidak didukung dengan dana yang cukup sehingga terkesan memaksakan.

Sebenarnya meski dengan gaji Rp3 juta sekalipun, kamu tetap dapat membeli makeup impian yang telah di-review oleh para beauty vlogger.

Tidak percaya? Berikut akan dibahas mengenai apa saja cara yang dapat kamu lakukan untuk membeli satu set alat makeup lengkap meski dengan penghasilan yang terbatas.

 

#1 Tentukan Spesifikasi Makeup yang Kamu Inginkan

Setiap kali kamu berencana untuk membeli barang tertentu, pastikan kamu mengetahui dengan detail spesifikasi barang yang akan kamu beli dan tujuan dari pembelian yang kamu lakukan.

Dengan demikian kamu tahu apa yang harus kamu lakukan dan seberapa besar upaya yang kamu butuhkan untuk mewujudkannya.

Cara Sakti Beli Alat Make Up Lengkap, Meski Gaji Rp3 Juta 01 - Finansialku

[Baca Juga: Beauty Haul Indo, Platform Top Beauty Shop di Indonesia]

 

Begitu pula halnya dengan membeli alat makeup. Kamu harus terlebih dahulu menentukan produk kosmetik seperti apa yang sesuai dengan kemampuan finansialmu.

  1. Apa merek produk makeupnya? Apakah merk tersebut tergolong ke dalam brand yang mahal atau sedang? Berapa kisaran harganya?
  2. Alat makeup seperti apa yang cocok dengan kebutuhan kamu? Apakah kamu akan menggunakan makeup tersebut untuk makeup ringan sehari-hari sebagai mahasiswi, makeup untuk ke kantor, atau makeup sebagai tata rias artis dan pengantin?
  3. Berapa lama target waktu yang kamu butuhkan untuk berhasil membeli barang tersebut? Tetapkan waktunya!

 

#2 Mempertimbangkan Kemampuan Finansial

Jangan pernah memaksakan diri untuk membeli barang dalam waktu cepat apabila kamu tahu hal itu hanya akan menjadikan keuanganmu tidak stabil.

Apabila kamu memang benar-benar menginginkan suatu barang, cobalah untuk mempertimbangkan dari sudut pandang finansial.

Kamu sudah mengetahui estimasi harga barang yang ingin kamu beli di poin sebelumnya. Semakin mahal barang yang kamu inginkan, semakin lama waktu yang kamu butuhkan untuk menabung dan memperoleh barang tersebut.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Atau pilihan lainnya adalah kamu bisa membeli barang tersebut dalam waktu yang lebih cepat tetapi kamu harus menabung lebih banyak setiap bulannya. Pilihan ada di tanganmu. Kamu yang tahu seberapa besar kesanggupanmu untuk menyisihkan uang di setiap bulannya. Intinya, jangan memaksakan ya.

Cara Sakti Beli Alat Make Up Lengkap, Meski Gaji Rp3 Juta 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Tips Hemat Beli Make Up Buat Gaji yang Pas-pasan]

 

#3 Download Aplikasi Finansialku

Mungkin jika hanya ingin membeli satu atau dua alat makeup saja bisa langsung kamu beli tanpa perencanaan yang panjang, toh harganya murah. Tapi tahukah kamu, jika kamu menginginkan satu set alat makeup yang lengkap kamu perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit?

Satu set alat makeup bisa berisi kurang lebih 50 item kosmetik dengan harga total mencapai jutaan rupiah. Jadi, kalau kamu tidak tahu caranya merencanakan keuangan dari sekarang, bagaimana keinginan cantik seperti para beauty vlogger bisa terwujud?

Aplikasi Finansialku siap menjadi asisten pribadi keuanganmu! Aplikasi ini dapat merencanakan keuangan untuk membeli barang, misalnya saja makeup set.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mengetahui berapa banyak uang yang harus kamu alokasikan untuk pembelian makeup set sesuai waktu pembelian yang kamu tetapkan. Cukup dengan mengunduh aplikasi Finansialku di Google Play Store atau App Store.

 

#4 Penghitungan Dana Membeli Makeup Set Dengan Aplikasi Finansialku

Sekarang waktunya berhitung!

Pada halaman utama di aplikasi Finansialku, akan ada beberapa pilihan perencanaan keuangan. Pilih fitur “Rencana Keuangan” dan klik tanda “+” di pojok kanan atas untuk beragam pilihan perencanaan yang ditawarkan.

Setelah itu, pilihlah fitur “Dana Membeli Barang” untuk mencari tahu perencanaan alokasi keuangan dalam memenuhi keinginanmu membeli makeup set.

Cara Sakti Beli Alat Make Up Lengkap, Meski Gaji Rp3 Juta 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tutorial Make Up Bagi Pemula, Mudah Tapi Hasil Maksimal]

 

Jika sudah, akan muncul beberapa hal yang harus kamu isi di sini. Caranya gampang, ikuti langkah-langkah di bawah ini yuk!

  1. Masukkan nama barang yang akan kamu beli, misalnya “makeup set
  2. Masukkan harga barang yang ingin kamu beli. Sebagai informasi, satu set alat makeup dengan brand Makeover memiliki 48 jenis item dengan total biaya Rp5.266.000.
  3. Masukkan berapa lama lagi kamu akan membeli barang tersebut. Apakah dalam waktu 3 bulan, 6 bulan, atau satu tahun misalnya.
  4. Masukkan dana yang sudah kamu miliki saat ini untuk membeli barang tersebut.
  5. Masukkan data inflasi atau kenaikan harga barang dalam satuan persen % per tahun
  6. Masukkan estimasi hasil investasi setiap tahunnya juga dalam satuan persen % per tahun

Setelah melakukan pengisian data dengan lengkap, klik “Hitung”.

Nanti akan muncul halaman “Kesimpulan” yang membantu kamu dalam menjelaskan berapa jumlah dana yang harus kamu pisahkan setiap bulannya untuk membeli barang yang kamu inginkan. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat simak contoh berikut:

Nadya berencana untuk memulai kariernya sebagai MUA pada 6 bulan mendatang. Untuk itu, Nadya ingin membeli Makeover makeup set lengkap dengan harga Rp5.266.000.

Dana yang Nadya punya saat ini baru sejumlah Rp2.000.000. Sementara perkiraan kenaikan harga sebesar 10% per tahun dan estimasi hasil investasi sebesar 12% per tahun. Berikut perhitungan dana yang akan muncul:

hitung 1

hitung 2

Bagaimana, mudah bukan?

 

#5 Menyukseskan Tujuan Untuk Membeli Makeup Set

Setelah menetapkan target dan mengakumulasi perincian dana, sekarang saatnya kamu bertindak. Berikut beberapa tips supaya kamu dapat berhasil membeli makeup set dengan target yang kamu tetapkan:

  1. Hemat Demi Target

Belajarlah untuk meminimalisasi pengeluaran di setiap bulannya. Hindari pembelian barang yang tidak begitu dibutuhkan. Fokus kepada tujuan bahwa ada target yang ingin kamu beli di waktu mendatang.

Dengan begitu, kamu dapat menabung sesuai dengan jumlah dari hasil perhitungan yang diberikan sebelumnya.

  1. Mencari Penghasilan Tambahan

Jika kamu merasa waktu yang kamu tetapkan terlalu lama untuk membeli barang yang kamu inginkan, cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan.

Dengan penghasilan tambahan dari pekerjaan ini, kamu dapat menyisihkan lebih banyak uang untuk ditabung setiap bulannya.

Cara Sakti Beli Alat Make Up Lengkap, Meski Gaji Rp3 Juta 04 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Dengan E-Commerce Kecantikan? Nih Ada Sociolla]

 

Finansialku Siap Membantu Merencanakan Keuanganmu

Keinginan membeli barang impian kini semakin mudah terwujud dengan perencana keuangan pribadi, seperti aplikasi Finansialku.

Mau beli apa saja dengan penghasilan berapa saja ternyata bisa. Kamu hanya butuh perencanaan yang matang dan komitmen dalam mendapatkan barang yang kamu inginkan.

 

Adakah barang impian yang kamu inginkan hingga saat ini? Apakah barang tersebut sekarang sudah menjadi milikmu? Jika belum, semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam merencanakan dana keuangan untuk mewujudkan barang impianmu tersebut!

Jika info ini bermanfaat, jangan lupa bagikan kepada teman-temanmu ya.

 

Sumber Gambar:

  • Alat Makeup Lengkap 1 – http://bit.ly/2PavbJo
  • Alat Makeup Lengkap 2 – http://bit.ly/3cX3Btz
  • Alat Makeup Lengkap 3 – http://bit.ly/39Vpnfk
  • Alat Makeup Lengkap 4 – http://bit.ly/38Qu7S6