Merdeka merdeka merdeka! Semua masyarakat Indonesia bergembira merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73.

Selain gembira merayakan kemerdekaan Indonesia, masyarakat pun gembira dengan banyaknya promo HUT kemerdekaan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)  

Uang Tabungan Terganggu Promo HUT Kemerdekaan

Meski sudah lewat beberapa hari, momen kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus ini masih diramaikan dengan promo dan diskon di pusat-pusat perbelanjaan.

Promo ini tentunya sangat ditunggu-tunggu masyarakat, walau terkadang tak jarang juga yang kantongnya jebol karena lapar mata dan menghabiskan uang untuk beli barang ini dan itu.

Diskon dan promo gila-gilaan di momen perayaan mulai dari hari raya keagamaan hingga hari kemerdekaan memang bisa menggoda kita. Untuk itulah, kita harus pandai dalam mengelola keuangan.

Ini Caranya Agar Uang Tabungan Tidak Terganggu di Tengah Maraknya Promo HUT Kemerdekaan 2 Finansialku

[Baca Juga: Pilih Merdeka Finansial Atau Bokek Finansial? Begini Cara Meraih Kemerdekaan Finansial]

 

Pendapatan kita hendaknya dialokasikan untuk membiayai kebutuhan pokok, ditabung serta diinvestasikan.

Walau manusia tidak mungkin seratus persen terlepas dari pengeluaran tambahan, ada cara agar tetap bisa mengontrol keuangan dalam berbelanja. Adapun cara tersebut adalah melakukan smart spending atau belanja pintar.

Salah satunya dengan memilih jenis tabungan yang bisa memberikan banyak keuntungan bagi nasabahnya. Keuntungannya pun bermacam-macam seperti voucher, promo, maupun hadiah lainnya.

Jika Anda menggunakan kartu kredit, ini saatnya Anda mendapatkan banyak penawaran diskon-diskon dari merchant yang bekerja sama dengan layanan kartu kredit tersebut.

Eits, tapi ingat ya, kartu kredit harus digunakan secara bijak agar tidak menjadi petaka di kemudian hari!

Oh iya, selain selain pusat perbelanjaan, kini toko-toko online pun tidak ingin ketinggalan untuk memberikan berbagai macam diskon, mulai dari cashback, voucher, hingga flash sale.

Well, kita akan semakin diuji nih untuk tidak tergiur terhadap paparan promo-promo tersebut.

 

Tips Agar Kantong Tidak Jebol Menghadapi Promo-promo Toko Online di Hari Kemerdekaan

Maraknya fenomena belanja online memicu makin banyaknya keberadaan toko atau merchant online di Indonesia.

Selain praktis, belanja online memang lebih digemari karena banyak merchant yang menawarkan berbagai promo spesial.

Bebas-dari-Godaan-Belanja-Online-05-Finansialku

[Baca Juga: Mari Rayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus HUT RI dengan Meraih Kemerdekaan Finansial Anda!]

 

Namun jika tidak cerdas dalam berbelanja online, di momen peringatan HUT RI ini bisa jadi Anda semakin konsumtif dan boros. Pada akhirnya, belanja online malah dapat mengganggu kondisi keuangan Anda.

Sudah tahu bagaimana merencanakan keuangan yang tepat bagi usia Anda? Setiap jenjang usia memiliki prioritas yang berbeda, dan Anda harus tahu tentang itu.

Pelajari kiat mengatur keuangan yang tepat bagi usia Anda supaya Anda bisa mencapai segala tujuan keuangan Anda.

Bingung belajar di mana? Tenang, kami sediakan ebook-nya untuk Anda! Ada panduan perencanaan keuangan untuk usia 30-an, dan untuk usia 20-an.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

#1 Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Pastikan juga apakah sudah memiliki barang tersebut. Seseorang cenderung lupa sudah memiliki barang serupa karena tergiur diskon yang besar.

 

#2 Bandingkan Setiap Merchant

Langkah kedua, selektif menentukan di mana akan berbelanja online lalu bandingkan diskon antara satu merchant dengan merchant lainnya. Apalagi di sekitar momen hari kemerdekaan Indonesia, banyak promo yang ditawarkan oleh berbagai merchant online.

Quiz-Tipe-Konsumen-Ecommerce-Jual-Beli-Online-3-Finansialku

[Baca Juga: 10 Ide Memulai Usaha untuk Pensiunan Muda Agar Meraih Kemerdekaan Finansial]

 

#3 Belanja di Merchant yang Aman

Ketiga, pastikan berbelanja di merchant yang aman sehingga tidak akan mengalami penipuan. Hal ini penting untuk diperhatikan, kenapa? Karena di jaman now, terkadang kita merasa semuanya bisa dibeli secara online, dan membuat kita semakin percaya terhadap toko-toko online.

Padahal, masih banyak masyarakat yang menjadi korban penipuan oknum yang menawarkan barang atau jasa melalui toko-toko online. So, kita musti waspada ketika hendak berbelanja online.

 

#4 Buat Anggaran yang Rinci

Selanjutnya, buat anggaran secara terperinci agar Anda bisa rem pengeluaran jika memang pos yang dikeluarkan sudah melebihi anggaran.

Untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku dalam membuat anggaran.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Dengan fitur-fiturnya, Anda bisa mengelola keuangan dalam waktu yang singkat!

Anda bisa download aplikasinya sekarang juga di Google Play Store, atau akses langsung aplikasinya di browser Anda dengan mengklik link berikut ini.

 

#5 Catat Pengeluaran Anda

Terakhir, catat setiap pengeluaran Anda, dengan cara seperti ini Anda akan mengetahui pos keuangan mana saja yang sudah melebihi anggaran.

Percaya atau tidak, rajin mencatat setiap pengeluaran membuat kita lebih hemat, saya sendiri telah merasakan hal tersebut.

 

Bijak dalam Melihat Peluang

Promo dan diskon di momen kemerdekaan ini memang merupakan sebuah peluang yang dapat Anda nikmati manfaatnya. Tapi, jangan sampai Anda terlena hingga membeli barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Belajar lah untuk mengerem hasrat berbelanja Anda. Susah memang, tapi tidak ada yang tak mungkin. Lalu, bagaimana caranya? Yakni dengan memiliki catatan serta anggaran pengeluaran.

Dengan demikian Anda bisa mengetahui jelas berapa sisa uang Anda di bulan ini dan apa saja pengeluaran-pengeluaran penting yang musti Anda penuhi.

 

Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai, semoga bermanfaat. Silakan berikan komen di kolom komentar, dan jangan lupa share ke orang-orang terdekat.

 

Sumber Referensi:

  • Robi Setiawan. 17 Agustus 2018. Suka Belanja Tapi Tak Ingin Tabungan Terganggu? Ini Caranya. Detik.finance.com – https://goo.gl/Hf6vdP
  • Tia Reisha. 15 Agustus 2018. Tips Agar Kantong Tak Jebol Saat Berburu Promo Belanja Online. Detik.finance.com – https://goo.gl/46bwUo

 

Sumber Gambar:

  • Promo HUT RI – https://goo.gl/3Hr9vv
Summary
Ini Caranya Agar Uang Tabungan Tidak Terganggu di Tengah Maraknya Promo HUT Kemerdekaan!
Article Name
Ini Caranya Agar Uang Tabungan Tidak Terganggu di Tengah Maraknya Promo HUT Kemerdekaan!
Description
Merdeka merdeka merdeka! Semua masyarakat Indonesia bergembira merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo