Apakah selama ini Anda memiliki rencana yang matang dalam mengatur keuangan? Jika ya, seperti apa pengaturan keuangan yang Anda lakukan? 

Ayo simak beberapa referensi cara mengatur keuangan di artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!    

 

Summary

  • Mengatur keuangan sangat penting untuk mengantisipasi pengeluaran yang tidak terduga di masa depan.
  • Dalam mengatur keuangan, Anda perlu menyiapkan anggaran keuangan, belajar menabung sejak dini, hindari utang, membuat catatan keuangan, mengatur prioritas, membuat rencana masa depan, serta berinvestasi.                                                                                               

 

Pentingnya Mengatur Keuangan 

Mengatur keuangan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Terkadang kita juga masih keliru dan banyak melakukan kesalahan dalam mengelola uang. Sehingga banyak terjadi pengeluaran yang tidak terduga. 

Di usia yang masih sangat muda, kita tentu harus mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan yang baik dan benar.

Karena di masa mendatang akan memerlukan banyak sekali kebutuhan. Bukan hanya kebutuhan di masa yang akan datang saja. 

Tetapi kita juga perlu mengendalikan keuangan ini guna menghadapi keadaan-keadaan yang membutuhkan biaya di masa mendatang.

Seperti dalam kondisi sakit, atau kondisi lain yang membutuhkan dana lebih. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengelola uang yang dimiliki. 

[Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Yang Baik dan Mudah]

 

Cara Mengatur Keuangan dengan Baik dan Benar 

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur uang yang dimiliki. Meskipun setiap orang memiliki caranya masing-masing dan juga kebutuhan yang berbeda, namun tetap dengan satu tujuan yang sama.

Yaitu guna memiliki uang lebih, atau memiliki jaminan masa depan yang lebih cerah. 

 

#1 Menyiapkan Anggaran Keuangan 

Anggaran keuangan ini sangat diperlukan guna mengatur rencana keuangan kedepannya. Dengan adanya anggaran ini bisa dijadikan acuan untuk membeli berbagai kebutuhan. 

Sehingga Anda harus berpikir ulang jika mengeluarkan budget di luar anggaran tersebut. Karena jika tidak terdapat anggaran tersendiri dalam sebuah keuangan maka akan terjadi pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga. 

Dengan adanya anggaran dana ini maka cukup tidak cukup akan tetap pada nominal yang sama. Sehingga uang yang ada di luar anggaran ini tidak boleh digunakan kecuali dalam keadaan-keadaan darurat. 

[Baca Juga: Inilah 15 Tips Menyusun Anggaran Keuangan Yang Benar]

 

#2 Belajar Menabung Sejak Dini

Menabung merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Bahkan mulai dari anak-anak pun penting untuk diajarkan menyisihkan uang atau menabung.

Karena dengan kegiatan menabung ini maka uang yang kita miliki akan terus bertambah dan bisa digunakan ketika dibutuhkan dalam keadaan darurat. 

Selain untuk keadaan darurat, menabung juga akan membantu masa depan Anda lebih cerah. Baik itu masa depan yang terencana maupun masa depan yang tidak terencana. 

Untuk bisa menabung lebih banyak lagi, maka Anda bisa mulai perlahan memperbaiki gaya hidup.

Yaitu dengan membeli barang-barang yang memang dibutuhkan dan tidak membeli apa yang diinginkan melainkan apa yang dibutuhkan. 

Serta uang yang tersisa dapat dimasukkan dalam tabungan tersebut. Karena kita biasanya lebih banyak membeli apa yang diinginkan ketimbang apa yang dibutuhkan. 

Tak hanya untuk orang dewasa yang ada di rumah, cara menabung juga harus diajarkan pada anak-anak.

Mereka akan bisa membiasakan dan mempelajari konsep hemat di masa mendatang dengan lebih mudah, untuk mencegah perilaku konsumerisme dan hedonisme. 

[Baca Juga: Kenapa Harus Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini?]

 

#3 Hindari Melakukan Utang Piutang 

Dengan Anda melakukan utang maka akan menambah beban setiap bulannya. Pasalnya dengan adanya utang ini akan menghambat perencanaan keuangan untuk ke depannya.

Karena jika dengan memiliki utang maka Anda harus menyisihkan sebagian penghasilan yang dimiliki untuk membayar utang tersebut pada setiap bulannya. 

Maka dari itu sebaiknya mulai sekarang mulailah melunasi utang-utang yang Anda miliki. Mulailah menyisihkan sedikit demi sedikit uang yang tersisa untuk masa depan yang lebih cerah. 

Apalagi, untuk utang yang sifatnya konsumtif. Sebisanya, hindari melakukan kegiatan tersebut untuk menyelamatkan keuangan Anda. 

 

#4 Membuat Catatan Keuangan 

Tips mengatur keuangan yang keempat adalah dengan membuat catatan keuangan. Catatan keuangan ini dapat digunakan untuk mengetahui pengeluaran-pengeluaran apa saja yang Anda lakukan dalam bulan tersebut. 

Serta juga berapa pemasukan dalam bulan tersebut, sehingga di bulan-bulan berikutnya Anda dapat mengeliminasi atau mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak dibutuhkan. 

Dana yang seharusnya digunakan untuk pengeluaran yang tidak dibutuhkan tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan yang lain yang lebih mendesak.

[Baca Juga: Manfaat Catatan Keuangan dan Cara Membuatnya]

 

#5 Atur Anggaran Sesuai Prioritas 

Mulai saat ini Anda bisa mulai mencatat anggaran yang biasa dikeluarkan dalam bulan tersebut. Anggaran ini hanya digunakan untuk kebutuhan kebutuhan yang penting saja.

Seperti makanan pakaian ataupun pembayaran pembayaran tagihan listrik maupun air. 

Selain itu, sisihkan sebagian uang untuk dana darurat pada bulan tersebut. Jika pada bulan tersebut tidak terjadi keadaan darurat yang membutuhkan uang, maka uang tersebut akan dimasukkan ke dalam tabungan. 

Dengan menentukan anggaran pada setiap bulannya ini, maka keadaan keuangan Anda akan lebih stabil dan juga sisa uang dalam 1 bulan tersebut lebih tertata dan bisa disisihkan. 

 

#6 Bayangan Kehidupan Masa Depan 

Selain kegiatan diatas, Anda juga bisa mengatur keuangan dengan berbekal bayangan masa depan.

Karena dengan memiliki impian-impian di masa yang akan datang maka akan membuat kita lebih semangat lagi untuk terus bekerja keras dan menyisihkan sedikit uang. 

Cara mengelola keuangan ini berasal dari pikiran yang Anda miliki dan juga keinginan Anda.

Maka pengaruh yang berasal dari kekuatan mimpi yang Anda miliki ini bisa cukup besar dalam mempengaruhi kebiasaan-kebiasaan  guna mengelola finansial atau keuangan secara lebih baik lagi.

 

#7 Mulai Berinvestasi 

Kegiatan investasi ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat menguntungkan. Karena dengan adanya investasi ini maka kita sama saja menyimpan atau menyisihkan sebagian dana kita kepada beberapa saham. 

Sehingga kita akan mendapatkan keuntungan pula dibalik investasi tersebut. Dengan adanya investasi ini maka masa depan Anda sudah tidak perlu ditakutkan lagi. Karena sudah pasti terjamin dengan adanya investasi tersebut. 

Apa saja sih jenis investasi itu? Anda bisa mencoba reksa dana, saham, dan juga cryptocurrency

Semuanya bisa menjadi peluang investasi yang baik untuk masa depan. Apalagi jika Anda merupakan seseorang yang tekun dalam memaksimalkan potensi diri dan juga lebih telaten ketika mengamati sistemnya. 

Nah, bagi Anda yang ingin mempelajari investasi khususnya reksa dana, Anda bisa membaca ebook Finansialku di bawah ini.

Anda akan menemukan tips cara memilih reksa dana yang tepat agar tidak salah langkah dalam berinvestasi.

Banner Iklan Ebook Cara Mudah Maksimalkan Untung di Reksa Dana - PC
Banner Iklan Ebook Cara Mudah Maksimalkan Untung di Reksa Dana - HP

 

Rencanakan Keuangan Mulai Sekarang

Kesimpulan dari beberapa hal diatas adalah terdapat banyak cara untuk mengatur keuangan yang Anda miliki saat ini.

Dengan mengikuti cara-cara di atas maka keadaan finansial yang tadinya berantakan bisa menjadi lebih baik lagi. 

Serta juga terdapat sisa dana yang bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak atau pun bisa dimasukkan ke dalam tabungan guna kehidupan di masa depan yang lebih layak. 

Jika Anda masih merasa kesulitan atau ada kendala dalam merencanakan keuangan, tak ada salahnya untuk diskusi dan konsultasi dengan ahli keuangan terpercaya.

Anda bisa hubungi perencana keuangan Finansialku untuk mendapat solusi terbaik atas kendala Anda. Hubungi perencana keuangan Finansialku di menu ‘Konsultasi Keuangan’ di aplikasi Finansialku, atau lewat WhatsApp di nomor 0851 5866 2940.

Banner Iklan Konsultasi via Apps - PC
Banner Iklan Konsultasi Apps - HP

 

Apakah Anda sudah mulai memiliki rencana terbaik untuk memaksimalkan dana di masa mendatang?

Diskusikan ide Anda dengan berbagi artikel Finansialku ini pada teman-teman yang tertarik juga pada financial planning. Terima kasih. 

 

Editor: Maria Christianti

Sumber Referensi: 

  • Admin. 5 Cara Mengelola Keuangan Secara Baik dan Optimal. Cimbniaga.co.id – https://bit.ly/3rSrri9

 

Sumber Gambar: 

  • Cover – https://bit.ly/32GXxFe