Pengen tahu tips menyusun anggaran dengan baik? Yuk simak artikel ini! Dapatkan ilmunya, dan mulailah menyusun anggaran kamu.

Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Ini Tips Menyusun Anggaran yang Wajib Kamu Tau!

Anggaran pada dasarnya adalah rencana untuk uang kamu, yang nantinya akan memberikan gambaran dan tindakan yang jelas mengenai ke mana nantinya semua uang tersebut dialokasikan.

Nah… apakah sebelumnya kamu pernah menyusun anggaran?

Buat yang masih belum, kamu perlu tau kalau menyusun anggaran itu sangat berguna banget lho

Khususnya dalam membantu kamu untuk mencapai tujuan keuangan seperti menyiapka dana liburan, menabung untuk masa pensiun nanti, hingga agar untuk terbebas dari hutang dan sebagainya.

Kok bisa? Emang ada pengaruhnya?

Yes… karena dengan adanya anggaran, kamu bisa tetap menjaga agar pengeluaran bulanan kamu terkendali, sehingga uang atau gaji bulanan kamu tidak akan hilang tanpa jejak atau terbuang sia-sia.

Menyusun anggaran sendiri sebenarnya tidak rumit loh… hanya saja kamu perlu menyusunnya dengan teliti dan penuh pertimbangan, agar kamu dapat menyusun anggaran yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Nah… buat kamu yang masih bingung ataupun sering merasa kerepotan, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat menyusun anggaran.

 

#1 Sesuaikan dengan Status Pernikahan Kamu

Tips pertama dalam menyusun anggaran ialah menyesuaikan dengan status pernikahan kamu.

Maksudnya apabila kamu sudah menikah, maka tentu saja cara kamu dalam menyusun anggaran akan berbeda dengan yang masih lajang, dan begitu pula sebaliknya.

Jika kamu sudah menikah, maka pertimbangkanlah untuk mulai menyusun anggaran bersama dengan pasangan kamu.

Seandainya pasangan kamu selama ini belum pernah menyusun anggaran, maka kamu perlu mengajak ia berdiskusi dan menjelaskan mengapa kamu ingin menyusun anggaran, menjelaskan manfaat membuat anggaran untuk rumah tangga kalian, hingga memberi tahu tujuan keuangan yang ingin kamu capai.

Sebagai pasangan, uang yang kamu miliki tentu kini tidak hanya menjadi milikmu sendiri, tetapi menjadi milik berdua.

Pentingnya Memiliki Anggaran Keuangan Dalam Kesuksesanmu 03- Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Memiliki Anggaran Keuangan Dalam Kesuksesanmu]

 

Maka dari itu pastikan bahwa kamu dan pasanganmu memiliki pemikiran yang sama tentang uang, hingga sebisa mungkin memiliki tujuan keuangan dan mimpi yang sama.

Dengan begitu, kalian akan menjadi lebih mudah dalam membuat sebuah keputusan, termasuk saat menyusun anggaran.

Selain itu, saat kamu dan pasangan telah memiliki sebuah komitmen yang bulat untuk menerapkan anggaran, tentu saja tujuan keuangan kamu akan menjadi lebih mudah tercapai, karena kamu mendapat dukungan darinya.

Lalu bagaimana dengan yang lajang?

Buat kamu yang masih lajang, kamu sebenarnya memiliki lebih banyak keleluasaan dalam membuat anggaran, karena kamu masih belum memiliki tanggung jawab seperti kepada pasangan atau keluarga kamu.

Hanya saja akan lebih baik juga jika kamu memiliki seseorang yang bertindak sebagai partner akuntabilitas, yang mana ia bisa membantu kamu untuk tetap menjalankan komitmenmu, khususnya dalam hal budgeting.

 

#2 Urutkan Kebutuhan Anda, Mulai Dari yang Terpenting

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, membuat anggaran berarti membuat rencana untuk keuangan kamu, yaitu kemana saja nantinya uang itu akan kamu gunakan, dan hal ini tentunya bertujuan agar uang kamu dialokasikan ke hal-hal yang penting atau memang kamu butuhkan.

Maka dari itu dalam menyusun budget, kamu perlu memperhatikan urutan setiap kebutuhan kamu.

Kamu perlu memastikan bahwa kamu menempatkan hal-hal yang penting di posisi teratas dalam daftar budget kamu.

Contohnya, kamu menempatkan menabung dan memberi di posisi teratas, kemudian disusul dengan kebutuhan bulanan, dan kemudian baru kategori lainnya.

INGAT!!! Jangan sampai terbalik ya…

Buat Anggaran 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tips Membuat Anggaran Dengan Mudah dan Efektif]

 

Eitss… sebelum masuk ke tips selanjutnya, akum au ngasih tau dulu kalau sekarang kamu sudah bisa membuat anggaran yang teratur dan terurut hanya dengan melalui smartphone kamu lho… caranya ialah dengan menggunakan Aplikasi Finansialku!

Aplikasi Finansialku adalah sebuah aplikasi perencana keuangan nomor satu di Indonesia, yang akan selalu siap membantu kamu untuk merencanakan keuangan kamu, sehingga tujuan-tujuan keuangan kamu bisa tercapai.

Nah… di Aplikasi Finansialku ini, kamu bisa menemukan fitur Anggaran, yang bisa kamu manfaatkan untuk menyusun anggaran pribadi ataupun keluargamu.

Yuk langsung saja download Aplikasi Finansialku di smartphone kamu sekarang juga, dan rasakan sendiri bagaimana manfaatnya buat keuangan kamu!

playstore icon
appstore icon

 

#3 Anggaran Berbasis Nol

Tips ini bukan berarti kamu haru memiliki Rp 0 di rekening atau di dompetmu, tetapi maksudnya adalah pendapatan atau uang yang kamu miliki dikurangi semua pengeluaran (anggaran) sama dengan nol.

Artinya, sejak awal saat kamu menerima uang, semua uang yang kamu miliki itu langsung kamu kasih nama.

Jadi seandainya income kamu dalam sebulan adalah Rp 10 juta, maka saat gajian kamu harus langsung tau kemana yang Rp 10 juta ini akan kamu alokasikan (melakukan budgeting), hingga tidak ada sisa.

Eits… tapi bukan berarti kamu harus membelanjakan semuanya lho ya… karena disini kamu juga perlu memasukkan dalam anggaranmu berapa jumlah uang yang akan kamu gunakan untuk menabung ataupun berinvestasi.

Contohnya tuh seperti ini:

Kamu dalam satu bulan memiliki total income sebesar Rp 10 juta.

Kemudian dalam anggaranmu, kamu menetapkan untuk sedekah dan donasi sebesar Rp 1 juta, tabungan dan investasi sebesar Rp 3 juta, asuransi sebesar Rp 1,5 juta, cicilan & utang sebesar Rp 1,5 juta, belanja bulanan Rp 2 juta, dan keperluan lainnya sebesar Rp 1 juta.

Jadi total pengeluaran kamu ialah Rp 10 juta, dan pemasukan kamu pun Rp10 juta, sehingga tidak ada lagi dana yang belum diketahui akan dialokasikan kemana.

 

#4 Segera Lunasi Utang Anda

Melunasi utang termasuk salah cara untuk mencapai keamanan keuangan, maka dari itu pastikan bahwa utang masuk dalam budget kamu, bahkan sebisa mungkin ini menjadi salah satu yang wajib kamu prioritaskan.

Jika hutang kamu, khususnya yang bersifat konsumtif tidak segera dibereskan atau dilunasi, kamu bisa saja jatuh ke jebakan utang, dan ini akan sangat berbahaya untuk keuangan kamu.

 

#5 Kelola Anggaran Anda Setiap Bulan

Kebutuhan kamu tentu saja akan selalu berbeda setiap bulannya, dan terkadang di bulan-bulan tertentu akan memiliki pengeluaran tambahan.

Seperti misalnya di awal semester kamu perlu membeli perlengkapan sekolah buat anak atau mungkin perlengkapan kuliah buat dirimu sendiri.

Begitu juga saat musim liburan tiba, kamu mungkin butuh nyiapin dana untuk liburan.

Dengan begitu, setiap bulan kamu perlu mengelola kembali anggaran yang telah kamu susun, dan disesuaikan kembali untuk kebutuhan di bulan yang akan datang.

Jika kamu rajin menyusun anggaran dan selalu menyesuaikannya dengan kebutuhan, maka kamu akan menjadi lebih siap untuk segala kemungkinan yang akan terjadi.

 

#6 Susun Jadwal Belanja Kamu

Untuk jenis pengeluaran yang rutin, ada baiknya juga jika kamu menyusun jadwal yang tetap.

Contohnya saja untuk belanja kebutuhan rumah tangga, kamu bisa menetapkan di tanggal berapa saja kamu akan belanja, dan berapa jumlah uang yang akan kamu gunakan setiap kali kamu berbelanja.

Hal ini akan membuat kamu lebih mudah lagi dalam mengontrol pengeluaran.

Selain itu jika memungkinkan, kamu juga dapat memanfaatkan sistem pembayaran otomatis untuk keperluanmu.

Hal ini biasanya diterapkan untuk pembayaran metode non-tunai, seperti pembelian produk investasi dan sebagainya.

 

#7 Jangan Melupakan Pengeluaran yang Tak Terduga

Selain dari pengeluaran-pengeluaran yang ada di daftar anggaran, terkadang ada beberapa pengeluaran yang tidak terduga dan sifatnya penting atau harus dipenuhi.

Maka dari itu setiap kali kamu menyusun anggaran, sebisa mungkin sisihkan sedikit uang yang kamu miliki untuk pengeluaran tak terduga ini.

Kalau kamu adalah pengguna Aplikasi Finansialku, kamu bisa memasukkan pengeluaran ini dalam kategori Biaya Lainnya yang terdapat di fitur Anggaran maupun di fitur Catatan Keuangan.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI EMAS BATANGAN/PERHIASAN Untuk PEMULA

6 Panduan Berinvestasi Emas Batangan/Perhiasan Untuk Pemula

 

#8 Jangan Ragu untuk Memangkas Anggaran

Dalam beberapa situasi yang mendesak, terkadang kamu perlu memangkas anggaran yang selama ini sudah kamu terapkan.

Misalnya saja selama ini kamu telah memiliki anggaran untuk makan di luar, namun karena kamu sedang membutuhkan dana yang cukup banyak untuk sebuah keperluan, kamu bisa saja memangkas anggaran untuk makan di luar ini.

Selalu ingat bahwa anggaran yang kamu buat saat ini bukanlah sesuatu yang bersifat kaku dan tidak dapat dirubah, tetapi sebaliknya kamu bisa saja melakukan penyesuaian di kemudian hari jika memang dibutuhkan.

 

#9 Pertimbangkan untuk Menggunakan Uang Tunai

Meskipun perkembangan teknologi saat ini memungkinkan kita untuk melakukan pembayaran secara non-tunai.

Terkadang metode tersebut membuat kita sulit untuk mengontrol pengeluaran, belum lagi jika terdapat promo-promo menarik yang akhirnya membuat kita terus-menerus mengeluarkan uang untuk berbelanja.

Untuk mengatasinya, pada beberapa jenis pengeluaran cobalah menggunakan uang tunai untuk melakukan transaksi.

Panduan Membuat Anggaran Rumah Tangga yang Ideal 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Melunasi Utang dengan Cepat yang Harus Kamu Tahu]

 

Sebagai contoh, saat besok kamu ke pasar atau supermarket untuk belanja kebutuhan bulanan, maka sebelum ke tempat perbelanjaan pastikan kamu sudah menyiapkan uang tunai yang akan kamu gunakan untuk berbelanja.

Nantinya jika uang tunai yang kamu bawa sudah habis, maka itu tandanya kamu harus berhenti untuk berbelanja.

Untuk mencegah kamu dari godaan-godaan yang ada di sana, ada baiknya juga jika kamu meninggalkan kartu debit atau uang untuk keperluan lainnya di rumah, sehingga meskipun nantinya ada promo yang sangat menarik, kamu tidak bisa menggunakan uang itu.

 

#10 Cobalah Melihat Kemajuan Kamu Pada Akhir Bulan

Salah satu cara terbaik untuk membuat kamu terus semangat menyusun anggaran setiap bulan dan menerapkannya ialah dengan melihat kemajuan yang sudah kamu capai dalam keuangan kamu setelah mulai menyusun anggaran.

Buat kamu yang masih lajang, kamu bisa menggunakan waktu di akhir bulan untuk melihat kemajuan pada keuangan pribadimu.

Dan buat kamu yang sudah menikah, kamu bisa mengajak pasangan untuk bersama-sama melihat apa yang sudah kalian lakukan selama ini, serta dampak baiknya terhadap keuangan kalian.

Jika ternyata dengan menyusun anggaran kondisi keuangan kamu dan pasangan menjadi lebih baik, maka tidak ada salahnya jika kamu merayakan kemenangan kecil ini sehingga menjadi lebih semangat lagi dalam menerapkan hal ini dalam kehidupan sehari-hari.

Selain untuk melihat kemajuan yang sudah kalian capai, saat-saat seperti ini juga bisa menjadi waktu yang tepat bagi kamu untuk melihat apa yang masih kurang dalam penyusunan anggaran kalian, dan menjadikannya sebagai bahan pertimbangan untuk penyusunan anggaran di bulan-bulan selanjutnya.

 

#11 Stop Penggunaan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit hanya akan membuat semakin banyak pembayaran minimum yang perlu ditambahkan di anggaran kamu.

Kartu kredit juga bisa saja membuat kamu semakin khawatir dan stres dengan biaya atau suku bunga yang tinggi.

Dan yang terpenting, penggunaan kartu kredit akan membuat kamu susah untuk memulai gaya hidup hemat, karena tingginya godaan untuk menghambur-hamburkan uang.

Maka dari itu, saat ini juga stop penggunaan kartu kredit, dan gantikan ia dengan menggunakan kartu debit ataupun uang tunai.

Terlebih lagi jika kamu ingin terlepas dari hutang, maka kamu wajib banget mengeluarkan kartu kredit ini dari hidupmu, dan mulailah berpegang pada anggaran yang sudah kamu susun.

 

#12 Miliki Setidaknya Satu Tujuan yang Sangat Ingin Kamu Capai

Banyak yang akhirnya gagal untuk berpegang pada anggaran yang telah ia susun karena belum memiliki sebuah tujuan yang menurutnya harus dicapai, ataupun karena tidak tau dengan pasti mengapa ia harus menyusun anggaran dan mengikutinya.

Maka dari itu, kamu wajib banget memiliki setidaknya satu tujuan yang sangat ingin kamu capai, baik itu untuk menghimpun dana darurat, melunasi hutang konsumtif, membayar biaya pendidikan, atau pun untuk tujuan-tujuan penting lainnya.

Dengan adanya tujuan ini, maka kamu memiliki alasan yang jelas mengapa harus melakukan pengorbanan ini.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

#13 Selesaikan Masalah Secara Bertahap

Menerapkan anggaran selama satu atau dua bulan memang tidak membuat masalah keuangan kamu menjadi beres dalam sekejap, tetapi biasanya dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk menyelesaikan semua masalah ini,

Bahkan selain untuk menyelesaikan masalah, kamu juga butuh waktu sekitar 3 hingga 4 bulan untuk membuat kamu terbiasa dengan yang namanya menyusun anggaran.

Nah maka dari itu, jangan mudah menyerah ketika kamu merasa seakan belum ada perubahan yang signifikan pada keuangan kamu.

 

#14 Cobalah untuk Bersikap Puas

Berkaitan dengan poin sebelumnya, mungkin kondisi yang kamu alami saat ini masih belum dapat disebut sangat baik, bahkan mungkin saat melihat orang lain kamu merasa bahwa mereka jauh lebih baik darimu.

Nah… perasaan yang seperti ini sebenarnya hanya akan membuat kamu menjadi lebih gampang merasa putus asa, dan yang pasti akan merampas kegembiraan yang seharusnya kamu miliki.

Karena itu, cobalah untuk bersikap puas dengan apa yang kamu miliki saat ini, dan jadikan itu sebagai pemicu semangatmu untuk menjadi lebih baik lagi.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

#15 Susun Anggaranmu dengan Aplikasi Finansialku

Pernah gak sih kamu merasa males menyusun anggaran karena harus mencatat dengan menggunakan pena dan kertas?

Belum lagi kamu harus melakukan beberapa perhitungan dengan uangmu, agar bisa mengalokasikannya dengan jumlah yang pas.

Nah… dari pada ribet dan akhirnya males untuk nyusun anggaran, akan lebih baik jika kamu menggunakan Aplikasi Finansialku.

Seperti yang sudah dibahas pada poin ke dua, Aplikasi Finansialku dapat kamu andalkan untuk menyusun anggaran dengan sangat mudah dan teratur.

Selain itu, jika kamu mengalami masalah keuangan dan bingung harus ngapain, kamu juga tinggal buka Aplikasi Finansialku dan masuk ke menu Konsultasi Keuangan, dan nantinya kamu bisa curhat ke para financial planner yang ada di Finansialku.

 

Ikuti Tips Menyusun Anggaran dari Sekarang!!

Selamat!!! Sekarang kamu sudah tau tips menyusun anggaran.

Dengan begitu, mulai sekarang kamu sudah bisa menyusun anggaran dan menerapkan tips-tips yang sudah kamu ketahui.

 

Semoga artikel kali ini dapat berguna dan membantu kamu buat mencapai tujuan keuanganmu ya… kalau kamu memiliki pertanyaan, kamu bisa lansung tanyakan saja dengan mengetiknya di kolom komentar.

 

 

Sumber Referensi:

  • Rachel Cruze. 15 Practical Budgeting Tips. Daveramsey.com – https://bit.ly/30wFQUk