Menjelang Tahun Baru Imlek, sudah kamu menyiapkan anggaran pengeluaran Imlek? Siapkan dari sekarang, jangan sampai utang kamu membengkak, gara-gara tidak ada perencanaan anggaran yang sehat!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Anggaran Pengeluaran Tahun Baru Imlek

Menjelang Tahun Baru Imlek, banyak orang menyiapkan diri dengan berbelanja berbagai barang, seperti baju tradisional atau bernuansa merah, makanan hingga pernak-pernik untuk memeriahkan acara akbar yang setiap tahunnya dinantikan oleh para kaum Tionghoa.

Selain berbagai pernak-pernik, yang harus disiapkan untuk menyambut kedatangan keluarga besar yaitu angpau.

Nah, agar tidak ada yang lupa dalam persiapan Tahun Baru Imlek dan tetap membawa hoki, simak berbagai pengeluaran yang harus dianggarkan untuk menyambut Tahun Baru Imlek berikut ini.

 

#1 Angpau

Angpau memang menjadi salah satu tradisi berbagi keberuntungan yang tak pernah bisa dilewatkan dan selalu dinanti.

Angpau, menurut bahasa aslinya, memiliki arti sebuah amplop berwarna merah, dimana di dalamnya diisi sejumlah uang sebagai hadiah yang akan diberikan kepada sanak atau keluarga di Tahun Baru Imlek.

Berdasarkan tradisi kebudayaan Tionghoa, warna merah merupakan lambang keberuntungan dan kesejahteraan. Itulah sebabnya amplop merah atau angpau ini menjadi sebuah pertanda kesejahteraan seseorang yang mau membagikan kesejahteraan serta keberuntungannya kepada orang lain.

Pengeluaran untuk Mempersiapkan Perayaan Tahun Baru Imlek 2018 04 Angpao - Finansialku

[Baca Juga: Daripada Jajan, Mending Angpao Imlek 2020 Untuk 5 Hal Ini!]

 

Menurut tradisi, mereka yang sudah menikah diwajibkan untuk memberikan angpau kepada sanak atau keluarga yang belum menikah. Pernikahan biasanya dianggap sebagai batas antara masa kanak-kanak dan dewasa.

Namun demikian, dewasa ini banyak ditemui orang-orang yang belum menikah tetapi sudah mapan secara finansial memberi angpau kepada keponakan mereka.

Selain memberikan kepada orang yang lebih muda (yang biasanya belum menikah), angpau juga bisa diberikan kepada orang yang dituakan di dalam keluarga.

Karena anggaran untuk angpau ini adalah sebuah kewajiban, agar tidak over budget, kita perlu membuat daftar yang berisi nama-nama penerima angpau yang akan kita sediakan.

 

Seperti ilustrasi pada komik, mengganti Rupiah menjadi Dollar bisa jadi salah satu ide cemerlang untuk menghemat pengeluaranmu, terutama soal memberi angpau.

Angpau berisi Dollar bisa membuat sang penerima merasakan sensasi yang berbeda karena setiap tahunnya mereka menerima angpau dengan mata uang Rupiah.

 

#2 Pernak Pernik

Setiap tahunnya saat menjelang Tahun Baru Imlek, orang-orang Tionghoa biasa menempelkan striker FU berwarna emas berlatar warna merah dan berukuran besar di depan pintu agar pemilik rumah semakin makmur sepanjang tahun.

Selain stiker FU, mereka juga tidak lupa untuk memasang stiker LU (beruntung) dan SHOU (panjang umur).

Pernak-pernik lainnya yang biasanya tak terlupakan adalah hiasan lampion, petasan, pohon uang, pohon jeruk dan gantungan ikan.

10+ Fakta Unik Perayaan Tahun Baru Imlek yang Harus Kamu Ketahui 03 Tahun Baru Imlek 3 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Fakta Unik Perayaan Imlek]

 

Untuk menghemat anggaran pengeluaran saat Tahun Baru Imlek, kamu dapat menggunakan pernak-pernik tahun lalu yang masih bisa terpakai.

Selain itu juga, kamu bisa menggunakan Aplikasi Finasialku dalam merencanakan anggaran. Coba cek deh video berikut untuk mengetahui cara membuat anggaran:

 

#3 Makan Bersama Keluarga

Tahun Baru Imlek memang selalu dimeriahkan dengan tradisi saling berkunjung antar keluarga dan kerabat dekat. Saat momen spesial berkumpul dengan keluarga besar, tentu makan-makan adalah salah satu momen yang tidak boleh dilewatkan.

Entah masak sendiri di rumah atau memesan hidangan dari restoran, pengeluaran untuk makan bersama keluarga harus tetap dianggarkan.

Salah satu anggaran pengeluaran ini biasanya yang akan membengkak.

Untuk mengantisipasi membengkaknya budget pengeluaran Tahun Baru Imlek, kamu dapat memanfaatkan berbagai promo menarik yang tersedia, entah itu dari kartu kredit atau melalui berbagai e-commerce yang memberikan berbagai penawaran promo menarik spesial Tahun Baru Imlek yang biasanya dapat menghemat biaya pengeluaran.

TTS 10 Barang yang Wajib Ada Saat Perayaan Imlek 01 - Finansialku

[Baca Juga: TTS: 10 Barang yang Wajib Ada Saat Perayaan Imlek]

 

Tips Mengatur Keuangan Tahun Baru Imlek

Setiap anggaran tersebut di atas tentu membutuhkan dana bukan? Oleh sebab itu, kita perlu mengatur keuangan lebih ketat agar dana yang tersedia dapat dialokasikan sesuai dengan kebutuhan.

 

#1 Konsisten Membuat Anggaran Bulanan

Langkah awal untuk mengatur keuangan agar tetap sehat adalah dengan membuat anggaran bulanan yang disusun setiap bulannya secara fleksibel dan konsisten.

Kunci untuk mengatur keuangan pribadi dan keluarga yang baik adalah membuat dan menyusun anggaran bulanan sebagai gerbang utama mencapai kehidupan finansial yang sejahtera.

Buatlah daftar pengeluaran setiap bulannya dengan memilah antara kebutuhan dan keinginan.

Dengan demikian, kamu dapat mempertimbangkan dan memutuskan barang mana yang wajib dan harus dibeli atau diprioritaskan.

Ucapan Tahun Baru Imlek 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Menganggarkan Keuangan Untuk Merayakan Tahun Baru Imlek]

 

Untuk memudahkan kamu dalam mengatur keuangan dan membuat anggaran, andalkan saja Aplikasi Finansialku dengan fasilitas pencatatan keuangan harian melalui gadget pintarmu.

Untuk menjadi MEMBER PREMIUM dan berkonsultasi dengan perencana Keuangan Finansialku, gunakan kode promo “POTONG50RIBU” untuk harga yang lebih ekonomis.

 

#2 Bandingkan Anggaran Tahun Baru Imlek Tahun Sebelumnya

Jika kamu sudah pernah membuat anggaran pengeluaran di tahun sebelumnya, kamu bisa menggunakan anggaran tersebut sebagai acuan. Biasanya, kamu perlu menambahkan setidaknya 10% dari total anggaran tersebut sebagai pertimbangan dari inflasi tahunan.

 

#3 Manfaatkan Diskon & Daur Ulang Barang Lama

Menjelang Tahun Baru Imlek, biasanya para merchant akan menawarkan berbagai barang-barang promo spesial Tahun Baru Imlek. Dari sekian banyak barang yang terpampang di etalase dan toko, tidak semuanya kamu butuhkan.

Daftarkan barang kebutuhan yang diperlukan dan lihat apakah barang-barang tersebut ada yang masih kamu miliki di gudang penyimpanan di rumah. Misalnya seperti pohon angpau dan pernak-pernik hiasan Tahun Baru Imlek.

Tak perlu membeli barang baru, kamu bisa menggunakan barang lama yang masih baik kualitasnya dan dapat terpakai.

Dengan demikian, budget pengeluaranmu setidaknya dapat sedikit terpangkas dan dapat dialokasikan untuk memaksimalkan keperluan lainnya.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Apa strategimu untuk menghemat anggaran pengeluaran menjelang Tahun Baru Imlek? Berikan tanggapan dan komentarmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Kamu juga dapat membagikan informasi ini kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Selamat menyambut Imlek 2020!

 

Sumber Referensi:

  • Editorial Team Indo Zone. 16 Januari 2020. Supaya Belanja di Tahun Baru Imlek Jadi Hoki, Ikuti Tips Berikut Ini. Indozone.id – https://bit.ly/2sFv28J
  • Admin. Rayakan Tahun Baru Imlek dengan 4 Kiat Belanja Hemat Ini. Urbanloka.com – https://bit.ly/2TLGQRQ
  • Admin. 8 Tips Mengatur Keuangan Tahun Baru Imlek. Kosngosan.com – https://bit.ly/2TDhKof

 

Sumber Gambar:

  • Imlek 2020 – https://bit.ly/2uqMyhp