Menantikan kehadiran buah hati tentu menjadi impian banyak pasangan, namun bagaimana jika terhambat oleh PCOS? Apa itu PCOS? Yuk kenali gejala awal PCOS dan segera atasi!

Jangan biarkan PCOS semakin memburuk dari waktu ke waktu, kenali gejalanya dan segera atasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Apa itu PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)?

Mayoritas pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan tentu saja menginginkan kehadiran buah hati atau momongan yang akan meramaikan suasana rumah Anda.

Namun sayangnya masih banyak pasangan yang belum berhasil meraih impiannya ini disebabkan oleh sebuah kondisi yang disebut dengan PCOS (Polycystic Ovary Syndrome atau sindrom ovarium polikistik).

Kondisi ini memang masih belum umum di tengah masyarakat Indonesia, sehingga sering kali tidak diketahui dan cenderung diabaikan.

Padahal, penting bagi wanita yang ingin memiliki anak untuk mengenal dan mengatasi PCOS dengan segera.

PCOS sendiri merupakan sebuah kelainan atau gangguan hormonal pada wanita dimana hormon estrogen dan hormon progesteron tidak seimbang. 

Apa Itu PCOS Yuk, Kenali Gejala Awal PCOS! Jangan Diabaikan Ya… 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Cepat Hamil yang Alami dan Sehat, BUKTIKAN SENDIRI!]

 

Penderita PCOS juga memiliki tingkat hormon androgen yang tinggi, sehingga menyebabkan kesulitan berovulasi dan mengakibatkan siklus mens yang tidak teratur.

Pada setiap siklus haid, seharusnya folikel membuka dan melepaskan telur yang matang. Pada wanita penderita PCOS, proses ini tidak terjadi. Sebaliknya, folikel tongkat malah berpotensi menjadi sebuah kista kecil.

Dari sinilah mulai terjadi kerumitan. Kista sendiri menghasilkan androgen, sehingga tidak jelas apakah kista yang menyebabkan PCOS atau kista terjadi karena tubuh terlalu banyak menghasilkan androgen.

Jessica Lalley, MD, profesor kebidanan dan kandungan di Michigan State University mengatakan:

“Ini seperti menjadi apakah lebih dulu ayam atau telur.”

 

Karena menyebabkan kesulitan ovulasi, PCOS disebut-sebut sebagai penyebab utama infertilitas pada wanita.

Banyak wanita tidak menyadari bahwa mereka memiliki PCOS sampai saat mereka mencoba untuk hamil dan tidak kunjung berhasil.

Anuja Dokras, MD, PhD, direktur Penn Medicine’s Polycystic Ovary Syndrome Center menjelaskan:

“Jika Anda tidak mendapatkan menstruasi setiap bulan maka Anda tidak berovulasi setiap bulan. Karena itu, kesempatan untuk hamil menurun.”

 

Melihat penjelasan di atas mungkin Anda bertanya-tanya:

  • “Apakah Saya juga menderita PCOS?”
  • “Apa yang menyebabkan PCOS?”
  • “Apa saja gejala awal PCOS yang dapat dideteksi?”

Jangan khawatir, Finansialku siap membantu Anda mendeteksi PCOS lebih awal melalui rangkuman berikut ini:

 

Penyebab PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

Sampai saat ini, belum ada yang mengetahui dengan pasti apa yang dapat menyebabkan PCOS. Namun beberapa hal berikut sering dikaitkan dengan penyebab PCOS pada wanita:

 

#1 Faktor Keturunan atau Genetic

Faktor keturunan atau genetic merupakan salah satu penjelasan rasional mengenai penyebab PCOS terjadi.

Risiko Anda untuk menderita PCOS tinggi jika salah satu wanita di keluarga Anda menderita PCOS atau mempunyai periode menstruasi yang tidak teratur atau menderita diabetes.

Para peneliti juga melihat kemungkinan bahwa gen tertentu terkait dengan PCOS.

 

#2 Resistensi Insulin

PCOS kerap dikaitkan dengan resistensi tubuh akan insulin.

Para ahli menemukan bahwa resistensi insulin dapat menyebabkan peningkatan kadar androgen, tetapi dokter masih meneliti apakah memiliki terlalu banyak androgen dapat menyebabkan resistensi insulin.

 

#3 Obesitas

Obesitas tidak menyebabkan PCOS tapi ada tumpang tindih yang signifikan antara dua kondisi tersebut.

Teorinya, obesitas berkontribusi terhadap munculnya kondisi resistensi insulin yang meningkatkan kadar androgen dan memperburuk gejala PCOS. Lalley menjelaskan:

“Bahkan, walau penderita hanya kehilangan lima persen saja dari berat badannya, dia sudah dapat merasakan dampak positif pada profil metaboliknya.”

 

Dengan kata lain, walau berat badan hanya turun sebanyak lima persen, gejala PCOS akan berkurang dan kesempatan hamil bertambah.

Apa Itu PCOS Yuk, Kenali Gejala Awal PCOS! Jangan Diabaikan Ya… 03 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Tanda Awal Kehamilan dan Cara Mempersiapkannya]

 

Gejala Awal PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

PCOS disebut-sebut tidak dapat disembuhkan seumur hidup, namun setidaknya dapat diminimalisasi efeknya dengan pengobatan yang tepat.

Namun disebutkan bahwa penanganan akan semakin baik jika gejala PCOS masih dini dan belum parah.

Dengan demikian, Anda sebaiknya mengecek gejala ini sejak dini sehingga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter atau para ahli secepatnya.

Seperti apa saja gejala awal PCOS yang bisa dengan mudah Anda deteksi? Berikut penjabarannya:

 

#1 Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, PCOS menyebabkan kesulitan ovulasi pada wanita. Artinya, siklus menstruasi tidak normal dan teratur.

Sering kali wanita dengan PCOS memiliki kurang dari sembilan periode menstruasi per tahun, kegagalan menstruasi selama 4 bulan atau lebih, atau jarak antar menstruasi lebih dari 35 hari. 

 

#2 Banyaknya Rambut pada Tubuh

Sekitar 70 persen wanita dengan PCOS mengalami hirsutisme, atau pertumbuhan rambut pada bagian tubuh perempuan yang biasanya tidak ditumbuhi rambut. 

Hal ini disebabkan oleh tingginya hormone androgen dalam tubuh, sehingga penderita PCOS cenderung memiliki ciri fisik yang biasanya dimiliki pria tersebut.

Rambut biasanya gelap dan kasar, dan tumbuh di sekitar dada, bawah dagu, atas bibir, atau punggung.

 

#3 Rambut Rontok

Beberapa wanita dengan PCOS dapat mengalami kebotakan dengan pola seperti pada laki-laki, seperti penipisan rambut di daerah dahi.

Meskipun tidak biasa, tapi gejala PCOS ini memang bisa terjadi dan mungkin bertambah parah di usia paruh baya.

 

#4 Berat Badan Naik Banyak

Umumnya penderita PCOS juga mengalami yang namanya kenaikan berat badan, dan akan kesulitan untuk menurunkannya.

Dikutip dari situs kesehatan Web MD, sekitar setengah dari perempuan dengan PCOS mengalami obesitas berupa masalah kenaikan berat badan dan sulit menurunkan berat badan.

 

#5 Tingkat Kesuburan Menurun

Umumnya wanita penderita PCOS baru menyadari kondisinya ini saat sedang berusaha memiliki anak. Hal tersebut disebabkan PCOS akan membuat tingkat kesuburan wanita menurun dan kesulitan bereproduksi.

Jadi, dengan adanya PCOS, besar kemungkinan penderitanya akan sulit memiliki keturunan, meskipun berada dalam usia yang ideal untuk bereproduksi (usia subur).

 

#6 Gejala Lain yang Harus Diperhatikan

Selain 5 gejala awal di atas, masih banyak gejala lainnya yang juga bisa dihubungkan dengan PCOS, tapi hubungannya belum begitu jelas.

Melansir dari Hellosehat.com , beberapa gejala tersebut adalah sebagai berikut:

  • Munculnya jerawat. Sebenarnya, jerawat bukan tanda utama untuk mendiagnosis PCOS karena jerawat sangat umum terjadi. Jerawat yang muncul pada wanita PCOS terjadi karena faktor menstruasi yang tidak teratur, dan jerawat yang muncul cenderung lebih sulit diatasi.
  • Sekitar setengah dari wanita dengan PCOS mengalami obesitas. Wanita dengan PCOS yang kelebihan berat badan atau obesitas juga sering mengalami resistensi insulin, yang menyebabkan kenaikan berat badan atau meningkatkan risiko diabetes.
  • Perubahan mood dapat terjadi karena faktor hormon yang tidak stabil. Wanita dengan PCOS cenderung lebih moody, mengalami kecemasan, depresi, serta gangguan makan (seperti makan berlebihan atau bulimia).

 

Sambil Atasi PCOS, Pikirkan juga Masalah KEUANGAN

Menikah dan memiliki keturunan merupakan sebuah tahapan dalam siklus hidup manusia. Memiliki momongan memang menjadi cita-cita banyak pasangan yang tentunya menjalani siklus yang sama.

Namun tahukah Anda bahwa kehamilan pun harus dipersiapkan sedemikian rupa? Terutama saat Anda menderita PCOS, akan dibutuhkan banyak biaya ke depannya.

Dengan kata lain, jangan lupakan faktor keuangan dalam mengatasi masalah PCOS ini, karena tentu masih banyak kebutuhan keuangan setelahnya juga. Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan adalah:

  • Keuangan pra melahirkan (termasuk penanganan PCOS)
  • Keuangan melahirkan
  • Keuangan pasca melahirkan
  • Keuangan pendidikan anak

 

Keuangan pra melahirkan tergolong rendah, biasanya biaya ini mencakup pemeriksaan kehamilan rutin secara berkala, serta persiapan kebutuhan bayi nantinya (misalnya: perabot bayi, pakaian, obat-obatan, popok, susu formula, dan sebagainya).

Namun jika Anda mengidap PCOS, tentunya Anda membutuhkan penanganan yang tepat, kemudian program hamil yang sedikit berbeda dari umumnya. Anda perlu mempertimbangkan baik-baik faktor biayanya.

Keuangan melahirkan tentunya adalah biaya yang dibutuhkan untuk proses persalinan itu sendiri. Biayanya pun bervariasi, umumnya tergantung atas jenis persalinan (normal atau Caesar), pilihan rumah sakit serta kelasnya. Untuk informasi biaya persalinan di Bandung, simak artikel berikut:

Hamil Muda Anak Laki-Laki, Perempuan atau Kosong 1 Finansialku

[Baca Juga: Yuk Tengok Video Proses Persalinan dan Perhitungan Biaya Ibu Melahirkan]

 

Keuangan pasca melahirkan biasanya termasuk pemeriksaan pasca persalinan bagi ibu dan bayi dan seluruh kebutuhan bayi di awal kelahirannya.

Terakhir adalah yang terberat, yakni keuangan pendidikan anak. Meski terlihat masih lama, namun biaya ini adalah yang terbesar dan terpenting bagi masa depan anak-anak Anda.

Saya sendiri berkonsultasi kepada perencana keuangan Finansialku dan baru saja mengetahui 5 langkah mudah untuk mempersiapkan dana pendidikan ini:

  1. Cari tahu terlebih dahulu berapa biaya sekolah yang dibutuhkan.
  2. Melakukan perhitungan secara finansial: berapa kekurangan biayanya (dengan memperhatikan inflasi), berapa yang harus diinvestasikan, periode investasi dan lain sebagainya.
  3. Memilih produk asuransi yang tepat sebagai strategi manajemen risiko.
  4. Memilih produk investasi yang tepat sebagai strategi memenuhi kebutuhan dana pendidikan.
  5. Melakukan review.

 

Bahkan saya diajak untuk men-download ebook “Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!” untuk memperoleh informasi lengkap mengenai dana pendidikan ini.

Ebook ini disusun berdasarkan pengalaman Finansialku.com dalam menangani kasus klien sehingga tentunya didasarkan pada kasus nyata yang bisa direfleksikan pada kebutuhan Anda.

Download segera e-book-nya secara GRATIS dengan klik tautan berikut ini:

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

 

Kami Paham Kesulitan Anda

Belum lama ini teman saya bercerita pada saya soal kesulitannya memiliki anak karena mengidap PCOS. Dirinya bercerita sudah melakukan proses inseminasi buatan namun belum berhasil juga.

Saat saya bertanya soal biayanya, ternyata biaya yang dikeluarkannya fantastis. Kira-kira mencapai 150 juta. Ini semua baru biaya pra melahirkan.

Dari sini saya sangat paham betapa faktor keuangan memegang peranan penting bagi penderita PCOS untuk menjalankan program hamilnya.

Dengan demikian, saya sangat mengajak Anda untuk mendeteksi PCOS sejak dini dan mengatasinya segera agar kelak bisa menjalani program hamil dengan lebih lancar.

Kami juga mengajak Anda untuk mulai merencanakan keuangan demi buah hati Anda ini. Untuk informasi lebih jelas, Anda bisa langsung menghubungi perencana keuangan Finansialku.

Perencana keuangan kami adalah pemegang lisensi CFP® aktif dan selalu siap membantu Anda secara profesional. Untuk dapat berkonsultasi secara langsung, Anda bisa menggunakan fitur Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku.

Anda bisa upgrade Aplikasi Finansialku menggunakan kode referral POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan Rp50.000 saat upgrade Aplikasi Finansialku premium tahunan.

Sehingga Anda hanya perlu membayar Rp300.000 untuk satu tahun penuh Aplikasi Finansialku Premium. Jika dihitung-hitung hanya Rp25.000/bulan, terjangkau bukan? Yuk rencanakan sekarang!

#Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True.

 

Yuk bagikan artikel ini kepada rekan terdekat Anda supaya mereka pun mengetahui informasi ini juga. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Arinda Veratamala. Mengenal PCOS, Gangguan Hormon Wanita yang Membuat Sulit Hamil. Hellosehat.com – http://bit.ly/2H5Cs9u
  • Novi Sulistia Wati. 5 Tanda dan Gejala PCOS, Gangguan Hormon yang Bikin Haid Tidak Teratur. Hellosehat.com – http://bit.ly/31L3FGp
  • Admin. 11 Juni 2019. Mengenal Gejala Gangguan Hormonal PCOS. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/2N5aE8O
  • Lily Turangan. 14 Desember 2016. 7 Hal Penting tentang PCOS yang Sebaiknya Tak Diabaikan. Lifestyle.kompas.com – http://bit.ly/2Z5iF3Y

 

Sumber Gambar:

  • PCOS 1 – http://bit.ly/2KFN7IE
  • PCOS 2 – http://bit.ly/2KxWriY
  • PCOS 3 – http://bit.ly/2KObpQS