Bisnis waralaba atau biasa disebut dengan franchise kini semakin berkembang dan tersebar dimana-mana. Bisnis ini merupakan salah satu investasi yang cukup praktis dan menjanjikan, sehingga banyak yang tertarik dalam investasi ini.  Mari kita simak beberapa bisnis waralaba yang berkembang sangat besar di seluruh dunia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Bisnis Waralaba yang Praktis dan Menjanjikan

Bagi Anda para investor tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis investasi yang satu ini. Pada dasarnya, waralaba (franchise) adalah ikatan bisnis dimana salah satu pihak diberi kebebasan untuk menggunakan hak dalam penyediaan dan pemanfaatan barang atau jasa yang dimiliki pihak lainnya.

Karena seluruh sistem dan kebutuhannya telah disediakan oleh penyedia waralaba (franchisor), maka bisnis ini sangatlah praktis. Selain itu, karena sudah dikembangkan terlebih dahulu oleh franchisor-nya, maka bisnis ini juga cukup menjanjikan. Finansialku akan menjabarkan beberapa bisnis waralaba terbesar di dunia yang bisa Anda incar.

 

#1 Wyndham Hotel Group

Salah satu bagian dari Wyndham Worldwide Family ini menawarkan bisnis waralaba di bidang perhotelan. Berpusat di New Jersey, Amerika Serikat, Wyndham Hotel Group sudah berdiri sejak tahun 1990 dan kini telah memiliki 7200 unit hotel yang tersebar di seluruh dunia.

Apa Saja 10 Bisnis Waralaba Terbesar di Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

#2 Circle K

Salah satu waralaba yang sudah masuk ke Indonesia ini tentunya tidak asing lagi bagi Anda bukan? Waralaba yang mengambil konsep convenient store ini didirikan pada tahun 1951 di Arizona, Amerika Serikat. Sejak membuka peluang waralabanya pada tahun 1995 kini 7.450 lebih unit Circle K telah tersebar di seluruh dunia.

 

#3 Domino Pizza

Pizza kini menjadi salah satu makanan yang digemari di seluruh dunia. Siapa yang tidak mengenal roti ala Italia ini. Sejak didirikan pada tahun 1963, Domino Pizza mulai diwaralabakan 4 tahun kemudian dan kini telah memiliki 9.750 unit di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

 

#4 Dunkin Donuts

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan Dunkin Donuts. Bisnis waralaba yang menawarkan makanan cepat saji berupa donat, muffin, croissant, hingga kopi ini berdiri di Massachusetts, Amerika Serikat pada tahun 1954 dan menawarkan waralaba hanya setahun setelah didirikan. Kini cabangnya sudah mencapai lebih dari 10.000 gerai di seluruh dunia.

Apa Saja 10 Bisnis Waralaba Terbesar di Dunia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Manfaat Online Marketing untuk Bisnis Waralaba]

 

#5 Burger King

Salah satu makanan cepat saji yang beberapa lama ini merambah ke tanah air adalah waralaba Burger King. Dengan 12.300 lebih gerai yang tersebar dimana-mana, Burger King merupakan salah satu waralaba makanan cepat saji yang meraih kesuksesannya setelah berdiri pada tahun 1956 dengan menawarkan beragam jenis makanan mulai dari burger, fried chicken, hingga beragam side dish yang menarik.

 

#6 Pizza Hut

Salah satu waralaba pizza yang terkenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia adalah Pizza Hut. Berdiri sejak tahun 1958, Pizza Hut mulai menjual waralabanya pada tahun 1959, hanya setahun setelah melihat perkembangannya yang cukup pesat. Kini, restoran cepat saji ini telah memiliki lebih dari 13.400 gerai di seluruh penjuru dunia.

 

#7 Kentucky Fried Chicken

Sesuai dengan namanya, Kentucky Fried Chicken atau KFC didirikan di Kentucky, Amerika Serikat sejak tahun 1939. Pada awalnya makanan cepat saji ini belum digemari banyak orang, sehingga baru mencapai kesuksesannya dan mulai diwaralabakan pada tahun 1952.

Kini siapa yang tidak mengetahui KFC, dengan gerainya yang mencapai 16.850 unit dan dapat ditemukan dengan mudah di kota terdekat.

Apa Saja 10 Bisnis Waralaba Terbesar di Dunia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 8 Cara untuk Menjadi Pengusaha Waralaba yang Sukses]

 

#8 McDonald’s

Pesaing jenis makanan cepat saji berupa fried chicken yang kerap kali dibandingkan dengan Kentucky Fried Chicken adalah McDonald’s, yang sama-sama tersebar di seluruh penjuru dunia.

Restoran ini mulai berdiri sejak 1955 dan langsung menawarkan peluang waralaba pada tahun yang sama. McDonald’s mengalahkan pesaingnya, KFC dengan jumlah outlet yang kini sudah mencapai 33.520 banyaknya.

 

#9 Subway

Restoran yang menawarkan makanan cepat saji sandwich ini berdiri sejak tahun 1965 dan didirikan di Florida, Amerika Serikat. Pada tahun 1974, Subway mulai menawarkan waralabanya dan karena ketenarannya kini sudah memiliki 37.335 gerai di seluruh dunia.

 

#10 Seven Eleven

Convenient store yang menjual produk-produk kebutuhan sehari-hari ini menawarkan konsep praktis dan juga menawarkan beberapa makanan siap saji. Berpusat di Texas, Amerika Serikat, kini Seven Eleven telah merambah hingga ke Indonesia dan terus mengembangkan bisnisnya hingga mencapai total 44.700 gerai di seluruh penjuru dunia.

Apa Saja 10 Bisnis Waralaba Terbesar di Dunia 05 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Semua Bisnis Waralaba Mampu Mencetak Laba Lho, Kalau Mau Beli Bisnis Waralaba Pilih yang Seperti Ini]

 

Peluang Investasi Bagi Anda

Anda pun dapat menjadi bagian dari kesuksesan 10 waralaba tersebut dengan berinvestasi di bisnis waralaba. Jika Anda sudah menyediakan sejumlah dana namun belum tahu ingin membuka usaha atau menginvestasikannya dimana, maka bisnis ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda.

Franchise merupakan bisnis yang cukup mudah dan menjanjikan bagi Anda para investor pemula yang ingin merintis bisnis yang tidak ingin pusing memikirkan segala kebutuhannya.

 

Apakah Anda mengetahui bisnis waralaba sukses lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Detik. 27 September 2012. 10 Waralaba Terbesar di Dunia. Detik.com – https://goo.gl/IZoI5M

 

Sumber Gambar:

  • Businessman – 123rf
  • Wyndham Hotel Group – https://goo.gl/3GXuMC
  • Dunkin Donuts – https://goo.gl/EsK5eR
  • Kentucky Fried Chicken – https://goo.gl/N4plZV
  • Seven Eleven – https://goo.gl/RyK3kX

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang