Apa saja faktor yang mempengaruhi naik dan turunnya suku bunga deposito? Bunga deposito terkadang dapat berubah-ubah. Ada beberapa hal yang mempengaruhi perubahan tersebut. Mari kita bahas satu per satu faktor-faktor yang mempengaruhi  perubahan tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Faktor yang Mempengaruhi Naik Turunnya Suku Bunga Deposito

Bunga deposito merupakan dambaan semua orang. Tentu menyenangkan mendapatkan uang lebih hanya dengan menginvestasikan uang Anda pada sebuah produk investasi dengan risiko yang sangat rendah. Tanpa perlu mengontrol investasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan.

Hanya saja ada kalanya bunga deposito dapat naik dan turun. Serupa halnya dengan pasar saham yang harganya dapat selalu berubah-ubah. Apa saja faktor yang mempengaruhi perubahan harga tersebut? Kali ini Finansialku akan membahasnya sehingga Anda bisa mengetahui kapan kondisi terbaik untuk menggunakan produk deposito ini.

Berdasarkan hasil penelitian sebuah jurnal yang berjudul Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Suku Bunga Deposito Berjangka pada Bank Umum di Indonesia (Almilia, L. S. Utomo, A. W. 2006) diambil kesimpulan bahwa ada 6 faktor yang mempengaruhi perubahan tingkat suku bunga deposito.

Berikut adalah beberapa produk yang mempengaruhi naik atau turunnya suku bunga deposito:

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Naik dan Turunnya Suku Bunga Deposito 02 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Deposito Jadi Salah Satu Cara Untuk Bebas Keuangan]

 

#1 Perkembangan Likuiditas Perekonomian

Likuiditas perekonomian adalah jumlah uang yang beredar dalam sebuah negara. Perkembangan likuiditas perekonomian memiliki pengaruh positif terhadap terhadap tingkat suku bunga deposito. Artinya jika likuiditas perekonomian meningkat maka suku bunga deposito juga akan meningkat.

 

#2 Inflasi

Inflasi tentunya memiliki andil dalam perubahan suku bunga deposito. Tingkat inflasi memiliki pengaruh positif terhadap suku bunga deposito. Artinya jika inflasi meningkat maka suku bunga deposito akan meningkat.

 

#3 Perkembangan Perekonomian

Perkembangan perekonomian memiliki pengaruh negatif terhadap suku bunga deposito. Jika perekonomian negara meningkat maka suku bunga deposito secara umum akan turun.

Ini Manfaat Menyimpan Dana Darurat di Deposito ketika Suku Bunga Meningkat 1 - Finansialku

  [Baca Juga: Ini Manfaat Menyimpan Dana Darurat di Deposito ketika Suku Bunga Meningkat]

 

#4 CAR (Capital Adequacy Ratio)

CAR (Capital Adequacy Ratio) adalah rasio kinerja bank untuk mengukur kecukupan modal yang dimiliki bank untuk menunjang aktiva yang mengandung atau menghasilkan risiko. Berdasarkan ketentuan Bank Indonesia, Bank yang dinyatakan termasuk sebagai bank yang sehat harus memiliki CAR paling sedikit 8%. CAR memiliki pengaruh negatif terhadap suku bunga deposito. Jika CAR meningkat maka suku bunga deposito akan menurun.

 

#5 ROA (Return on Asset)

Rasio ini digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam memperoleh keuntungan (laba) secara keseluruhan. Semakin besar ROA suatu bank, semakin besar pula tingkat keuntungan yang dicapai bank tersebut. ROA memiliki pengaruh positif terhadap suku bunga deposito, maka jika ROA meningkat, suku bunga deposito juga akan meningkat.

 

#6 LDR (Loan to Deposits Ratio)

Loan to Deposits Ratio menggambarkan perbandingan antara uang yang dipinjamkan serta jumlah deposito yang dimiliki oleh bank. Bank bisa meminjamkan uang dalam bentuk kredit, KTA, dan lainnya. Dengan pinjaman tersebut maka bank akan mendapatkan keuntungan. Sementara dengan memiliki deposito dari nasabah maka bank sama dengan berutang kepada para nasabah. Kedua nilai tersebut diharapkan selalu berimbang, dengan begitu bank bisa mendapatkan keuntungan yang optimal.

Jika jumlah pinjaman terlalu besar dibandingkan uang yang didepositokan oleh nasabah, artinya bank bisa kekurangan dana untuk dipinjamkan. Karena itu bank akan meningkatkan suku bunga deposito agar masyarakat tertarik untuk mendepositokan uangnya di bank tersebut. Sebaliknya jika bank memiliki deposito yang terlalu banyak maka bank akan menurunkan suku bunga deposito.

Bagaimana Cara Menyimpan Sertifikat Deposito yang Aman 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menyimpan Sertifikat Deposito yang Aman?]

 

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian, keenam faktor yang telah dibahas di atas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penetapan tingkat suku bunga deposito berjangka satu bulan, tiga bulan, enam bulan dan dua belas bulan pada bank umum di Indonesia.

Pada penetapan suku bunga deposito berjangka 3 bulan faktor yang memiliki pengaruh terbesar adalah inflasi, ROA, dan LDR. Sementara itu untuk menentukan suku bunga deposito berjangka 6 bulan, ROA dan LDR memiliki pengaruh yang paling signifikan. Begitu pula halnya dalam menetapkan suku bunga deposito berjangka 12 bulan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hasil penelitian tersebut, Anda dapat mengakses jurnal Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Suku Bunga Deposito Berjangka pada Bank Umum di Indonesia (Almilia, L. S. Utomo, A. W. 2006).

Fasilitas Deposito, Automatic Roll Over (ARO) - Finansialku

[Baca Juga: Saat Tepat Masuk Produk Deposito]

 

Mengapa Anda Perlu Tahu?

Perubahan dalam suku bunga deposito dapat mempengaruhi rencana yang telah Anda susun untuk memenuhi berbagai tujuan keuangan yang telah ditetapkan. Misalnya dana pendidikan anak, dana pensiun, dan lain sebagainya. Jika suatu waktu suku bunga deposito berubah (baik naik ataupun turun), maka perhitungan yang sudah Anda buat mungkin harus disesuaikan kembali.

Jika suku bunga deposito turun, sudah pasti Anda harus meningkatkan dana yang diinvestasikan, dengan begitu kebutuhan tujuan keuangan dapat tetap terpenuhi sesuai target waktunya. Sementara jika suku bunga deposito meningkat maka dana yang diinvestasikan dapat dikurangi sehingga Anda dapat menggunakan dana yang berlebih untuk kebutuhan lain.

Memang faktor-faktor tersebut terlihat cukup rumit, tetapi Anda perlu memahaminya agar siap untuk mengantisipasi setiap perubahan dalam suku bunga deposito. Jangan sampai Anda ketinggalan informasi dan tidak tahu langkah antisipasi apa yang harus dilakukan sehingga akhirnya tujuan keuangan yang ingin dicapai dengan deposito tidak terpenuhi.

 

Dari 6 faktor yang sudah dijelaskan sebelumnya, faktor apa yang paling berpengaruh terhadap naik turunnya suku bunga deposito? Silakan beri jawaban Anda pada kolom yang disediakan berikut, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Almilia, L. S. Utomo, A. W. 2006. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Suku Bunga Deposito Berjangka pada Bank Umum di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis ANTISIPASI Vol. 10. No. 1, Oktober 2006 ISSN: 1410 – 5055.
  • Pertumbuhan Ekonomi – https://goo.gl/PDwDtb
  • Jenis-jenis Uang – https://goo.gl/4iS8fm

 

Sumber Gambar:

  • Rupiah – https://goo.gl/xsP0B9
  • Rupiah Baru – https://goo.gl/DhRWZy

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang