Jangan salah pilih! Kenali tingkat suku bunga deposito perbankan terbaik untuk investasi Anda.

Anda mungkin selama ini menyimpan uang di deposito karena keamanannya, tapi apakah Anda sudah memperoleh keuntungan maksimal? Cari tahu jawabannya di sini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengapa Deposito?

Dewasa ini, sudah sangat banyak alternatif instrumen investasi yang dapat Anda pilih.

Namun banyaknya produk investasi tentu membuat masyarakat bingung. “Manakah yang aman dan imbal hasilnya besar?” inilah pertanyaan paling umum diberikan masyarakat, karena mayoritas produk investasi yang aman imbal hasilnya kecil.

Potensi SBN Baru ST003 yang Dijamin Pemerintah Sepenuhnya 02 Modal Investasi - Finansialku

[Baca Juga: Tanya Jawab Tentang Deposito Berjangka di Indonesia]

 

Apabila Anda ingin mendalami mengenai investasi, langsung download ebook investasi GRATIS dari Finansialku. Anda bisa memperoleh banyak informasi terbaru dan menarik mengenai investasi.

Ebook ini akan membekali diri Anda sebelum memasuki dunia investasi, dan Anda bisa memperolehnya sekarang juga dengan meng-klik tautan berikut ini:

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Jika Anda juga tipe orang yang senang main aman, biasanya Anda lebih memilih instrumen investasi yang aman dengan tingkat risiko rendah karena Anda tentu tidak ingin nilai investasi Anda malah berkurang bukan?

Jenis investasi aman yang banyak dipilih masyarakat yakni deposito. Tentunya hampir semua orang tahu dong apa itu deposito?

Deposito merupakan produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja.

Deposito sendiri memiliki banyak macam, diantaranya adalah 3 jenis umum deposito berikut ini:

 

#1 Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah jenis deposito yang paling umum Anda temui.

Sesuai dengan namanya, ciri khas dari deposito berjangka adalah jenis tabungan berjangka yang dimunculkan menurut jangka waktu tertentu mulai dari 1, 2, 3, 6, 12, 18, atau 24 bulan sesuai dengan tanggal yang telah disepakati antara nasabah dan pihak bank.

Deposito berjangka disebut berjangka karena uang yang disimpan hanya bisa diambil ketika jatuh tempo oleh pihak yang tertera pada bilyetnya.

 

#2 Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito merupakan simpanan dana yang diberikan pada nasabah dengan jangka waktu 3, 6, atau 12 bulan yang disertai dengan sertifikat.

Sertifikat tersebut tidak mengacu pada nama seseorang atau lembaga tertentu karena sertifikat tersebut nantinya dapat digunakan untuk memindahtangankan atau bisa juga dijual pada pihak lain.

Pencairan bunga dari sertifikat deposito dapat dilakukan di muka, tiap bulan, atau tiap jatuh tempo, baik tunai maupun non tunai.

 

#3 Deposito On Call

Jenis ketiga deposito adalah deposito on call, yakni jenis tabungan berjangka dengan waktu minimal tujuh hari atau paling lama kurang dari satu bulan.

Deposito ini diterbitkan dengan mengatasnamakan nasabah dan dalam jumlah yang besar. Besarnya bunga bisa dihitung per bulan tergantung negosiasi antara nasabah dengan pihak bank.

Pencairan bunganya bisa dilakukan pada saat pencairan deposito on call dengan catatan bahwa nasabah sudah memberitahukan sebelumnya bahwa tabungannya akan diambil atau dicairkan.

Deposito biasanya dimanfaatkan untuk menyimpan uang dingin, karena tidak dapat dicairkan kapan saja. Periode penyimpanan bervariasi bergantung pada bank, namun umumnya berkisar antara 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun.

Suku bunga yang ditawarkan berkisar pada angka 4% hingga 8%, namun jangan lupa suku bunga tersebut belum dipotong pajak. Berdasarkan ketentuan direktorat jenderal pajak yaitu:

  • PP 131 Tahun 2000 (berlaku sejak 1 Januari 2001) tentang PPh atas bunga deposito dan tabungan serta diskonto SBI.
  • KMK-51/kmk.04/2001 (berlaku sejak 1 Januari 2001) tentang pemotongan PPh atas bunga deposito dan tabungan serta diskonto SBI.
  • SE-01/PJ.43/2001 (berlaku sejak 1 Januari 2001) tentang PP 131 Tahun 2000.

 

Maka ditentukan bahwa pajak bunga deposito di Indonesia adalah 20%. Jika ditulis bunga 10% per tahun, maka setelah dipotong pajak Anda akan menerima bunga: 10% x (100% – 20%) = 8%.

Sebagai informasi, berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dari deposito:

Kelebihan

Kekurangan

Lebih aman karena dana deposito di perbankan di bawah Rp2 miliar dijamin sepenuhnya oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Uang Anda tetap berwujud uang, sehingga besar kemungkinan uang tersebut akan tergerus inflasi seiring waktu.

Hampir tidak ada risiko penurunan jumlah atau kerugian. Skenario terburuknya hanyalah bunga yang terus mengecil.

Tingkat keuntungannya cenderung datar, tidak ada perubahan drastis layaknya saham. Sehingga imbal hasilnya cenderung kecil

Potensi risiko rendah (aman)

Uang yang telah didepositokan oleh nasabah pada pihak bank tidak boleh diambil sebelum jatuh tempo (jika terpaksa akan dikenakan penalti tertentu)

 

Jika Anda juga tertarik untuk menabung atau berinvestasi dengan deposito, Anda harus tahu mana tingkat suku bunga deposito perbankan terbaik.

Nah, dalam artikel kali ini, Finansialku akan menjabarkan tingkat suku bunga deposito perbankan terbaik bagi investasi Anda:

 

Tingkat Suku Bunga Deposito Perbankan Terbaik untuk Investasi Anda

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, deposito masih jadi instrumen investasi yang diminati masyarakat. Hal ini disebabkan risiko yang sangat kecil dimana hampir tidak ada risiko penurunan jumlah atau kerugian.

Berapa Tingkat Suku Bunga Deposito Perbankan Terbaik Untuk Investasi 02 Investasi Deposito 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mudah Dilakukan! Begini Tips Membeli Rumah Dengan Deposito]

 

Selain itu, suku bunganya lebih besar dari tabungan biasa, meski uang Anda tetap berwujud uang.

Namun, bukan berarti investasi Anda yang berwujud deposito tidak bisa memberi keuntungan besar. Anda bisa mengakalinya dengan mencari tingkat suku bunga deposito perbankan yang terbaik dalam investasi Anda.

Misalnya adalah dalam beberapa bank yang menawarkan tingkat suku bunga sangat menarik berikut ini:

 

#1 Panin Bank

Perlu Anda ketahui, Panin Bank tercatat sebagai bank terbesar ke-7 di Indonesia.

Hingga akhir tahun 2014 Panin Bank memiliki total aset mencapai Rp172,6 triliun, kredit yang diberikan sebesar Rp111,9 triliun, dana pihak ketiga sebesar Rp126,1 triliun, dan modal sendiri sebesar Rp23,2 triliun.

Sebagai salah satu bank yang berfokus pada produk jasa konsumen dan komersial, Panin menawarkan berbagai produk keuangan yang tentunya akan memuaskan konsumennya.

Salah satunya adalah deposito dengan tajuk Deposito Panin Rupiah, yakni produk deposito berjangka dalam mata uang Rupiah dan/atau valuta asing, dengan tingkat suku bunga yang bervariasi dan kompetitif.

Adapun beberapa keuntungan dari Deposito Panin Rupiah terangkum dalam beberapa poin berikut ini:

  • Deposito Panin Rupiah memberikan tingkat bunga yang cukup tinggi diantara berbagai macam produk deposito yaitu sebesar 6 persen.
  • Jangka waktu yang ditawarkan variatif mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.
  • Tidak dikenakan biaya penarikan sebelum jatuh tempo.
  • Pencairan deposito dapat dilakukan pada masa tempo yang telah ditentukan. Namun, kamu pun bisa menggunakan fitur Automatic Roll Over atau perpanjang otomatis.

 

#2 Bank Danamon

Selain Panin Bank, bank kedua yang menawarkan produk deposito dengan tingkat suku bunga menarik adalah Bank Danamon.

Deposito Online dari Bank Danamon sedang menawarkan program khusus pemberian bunga hingga 6,5 persen.

Program ini berlaku bagi seluruh nasabah yang menempatkan dana di deposito dalam mata uang Rupiah melalui Danamon Online Banking atau D-Bank.

Adapun beberapa keuntungan dari deposito Bank Danamon terangkum dalam beberapa poin berikut ini:

  • Tingkat suku bunga deposito tinggi mencapai 6,5 persen.
  • Pilihan jangka waktu yang diberikan mulai dari 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Dana simpanan awal minimal sebesar Rp8 juta.

 

#3 PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk (BTPN)

Tentunya nama PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk (BTPN) sudah tidak asing lagi di telinga Anda.

Dulunya bernama Bank Pegawai Pensiunan Militer (Bapemil), BTPN Mendapat penghargaan sebagai The Most Reliable Bank kategori Bank Konvensional Nasional 2016 dan The Best Bank in Retail Banking Services bank konvensional 2016 dengan aset antara Rp50-Rp100 triliun.

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk (BTPN) menerbitkan Deposito Berjangka Rupiah yang tentunya menawarkan suku bunga yang tinggi bagi para nasabahnya.

Beberapa keuntungan dari Deposito Berjangka Rupiah adalah:

  • tingkat bunga yang tergolong tinggi untuk produk deposito yaitu sebesar 6,25% sampai 7,75%.
  • Jangka waktu yang ditawarkan bervariasi mulai dari 1, 3, 6, dan 12 bulan.
  • Tidak dikenakan biaya penarikan sebelum jatuh tempo.
  • Tidak terdapat biaya lainnya, BTPN Deposito Berjangka bebas biaya.
  • Tersedia fasilitas Non ARO dan ARO serta dapat dibuka untuk rekening gabungan atau joint account.

 

Selain itu, BTPN juga baru-baru ini menerbitkan aplikasi perbankan yang diberi tajuk Jenius. Nah, Jenius memiliki salah satu fitur simpanan deposito bernama Maxi Saver.

Fitur ini memungkinkan Anda mengatur dan membuka deposito sesuai kebutuhan langsung dari smartphone.  

Namun untuk membuka Maxi Saver, Anda perlu menyiapkan dana awal minimal Rp10 juta. Saat ini Maxi Saver menawarkan bunga hingga 6,5 persen per tahun.

 

#4  BJB

BJB merupakan bank lainnya dengan reputasi tak kalah baik.

BJB mendapatkan penghargaan Titanium Trophy untuk kategori bank dengan kinerja keuangan “Sangat Bagus” selama 15 tahun berturut-turut (2000-2015) kategori Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) III versi Infobank.

BJB juga dinobatkan sebagai The Best Small Cap in Indonesia versi Finance Asia.

Berapa Tingkat Suku Bunga Deposito Perbankan Terbaik Untuk Investasi 03 Investasi Deposito 3 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Strategi Investasi Deposito 2019 Supaya Makin Untung]

 

BJB tentunya tidak mau kalah dengan 3 bank di atas. BJB menawarkan produk bersaing dengan tajuk BJB deposito, sarana investasi yang tepat karena menawarkan jangka waktu fleksibel dan setoran minimum rendah, yaitu hanya Rp2,5 juta saja.

Adapun beberapa keuntungan dari BJB Deposito terangkum dalam beberapa poin berikut ini:

  • Memberikan tingkat bunga yang cukup tinggi diantara berbagai macam produk deposito yaitu sebesar 5,75% sampai 6,25%.
  • Jangka waktu yang ditawarkan variatif mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.
  • Tidak dikenakan biaya penarikan sebelum jatuh tempo.
  • Hanya terdapat biaya administrasi untuk stamp fee.
  • Tersedia fasilitas Non ARO dan ARO.

 

#5 Permata 

Terakhir adalah program tabungan dari bank Permata, Permata Deposito Rupiah.

Perlu Anda ketahui, Bank Permata adalah bank berpengalaman yang merupakan hasil merger dari 5 bank besar di Indonesia. Bank permata telah melayani sekitar dua juta nasabah di 60 kota di Indonesia.

Per Juli 2014 Permata Bank memiliki 329 cabang (16 Cabang Syariah dan 313 Cabang Konvensional), 20 Cabang Bergerak (Mobile Branch), tiga Payment Point, 940 ATM dengan akses di lebih dari 69.000 ATM (VisaPlus, Visa Electron, MasterCard, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima).

Nah, adapun keuntungan Permata Deposito Rupiah terangkum dalam beberapa poin berikut ini:

  • Memberikan tingkat bunga yang cukup tinggi diantara berbagai macam produk deposito yaitu sebesar 5,5 persen.
  • Jangka waktu yang ditawarkan variatif mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.
  • Tidak dikenakan biaya penarikan sebelum jatuh tempo.
  • Tidak ada biaya lainnya alias bebas biaya.
  • Tersedia fasilitas Non ARO dan ARO.
  • Serta dapat dijadikan sebagai jaminan kredit (Kredit Swadana).

 

Menghitung Keuntungan Deposito dengan Aplikasi Finansialku (Panduan Mobile)

Jika Anda juga tertarik untuk menabung atau berinvestasi dengan deposito, Anda harus tahu bagaimana cara menghitung keuntungannya.

Kabar baiknya bagi Anda adalah kini sudah banyak aplikasi yang siap membantu Anda merencanakan keuangan, misalnya saja aplikasi keuangan Finansialku.

Aplikasi Finansialku menyediakan fitur kalkulator investasi untuk menghitung berapa bunga yang Anda dapat (dalam Rupiah) setelah dikenai pajak. Sehingga Anda bisa menghitung keuntungan deposito dengan cepat dan akurat.

Jika Anda merupakan pengguna baru, jangan ragu lagi dan silakan daftar pada link di bawah ini atau download melalui Google Play Store:

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Setelah Anda men-download Aplikasi Finansialku, Anda dapat menghitung keuntungan deposito dengan mengikuti tutorial singkat berikut ini:

  1. Pertama-tama masuklah ke dalam Aplikasi Finansialku, kemudian pilih menu “Investasi”.
  2. Pilih “Deposito”.
  3. Masukan data yang diperlukan:
  • Dana yang didepositokan (dalam Rupiah)
  • Periode (dalam bulan)
  • Bunga deposito per tahun (dalam persen sebelum pajak)
  1. Kemudian tekan tombol “Hitung”.
  2. Anda akan dapat melihat hasil perhitungan pada bagian atas aplikasi Finansialku.

 

Masih bingung? Simak panduan jelasnya dalam video berikut ini:

 

Bagaimana? Mudah sekali bukan menghitung keuntungan deposito pakai aplikasi Finansialku?

Tunggu apa lagi? Let’s start now!

 

Pilih Sesuai Kebutuhan Anda

Kini Anda mengetahui beberapa produk deposito dengan tingkat suku bunga terbaik untuk berinvestasi di tahun 2019 ini.

Namun melihat pembahasan tadi tentunya Anda paham bahwa tingkat suku bunga bukanlah satu-satunya pertimbangan dalam pemilihan deposito.

Tentukan dahulu tujuan finansial dan kebutuhan Anda, kemudian pertimbangkan fasilitas lainnya (misalnya biaya lain, penalti penarikan lebih cepat, dan sebagainya). Dengan demikian Anda bisa berinvestasi dengan memuaskan. Selamat memilih!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai tingkat suku bunga deposito perbankan terbaik untuk investasi lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ulfa Sekar. 3 Oktober 2018. 5 Pilihan Deposito dengan Suku Bunga Terbaik di 2018. Moneysmart.id – https://goo.gl/ULGErU

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Deposito – https://goo.gl/pVdDg1
  • Investasi Deposito 2 – https://goo.gl/gf7unB
  • Investasi Deposito 3 – https://goo.gl/UqJdwp