Bagaimana cara membeli rumah dengan deposito? Inilah tips membeli rumah dengan deposito!

Selama ini, banyak orang yang berpikir sangat sulit untuk beli rumah dengan deposito. Tapi kini, Anda tidak perlu khawatir. Karena artikel Finansialku di bawah ini akan menjelaskan tentang tips mudah membeli rumah dengan deposito bersama Aplikasi Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Membeli Rumah dengan Deposito: Mudah atau Susah?

‘Rumah’ tentu terlintas dibenak semua warga atau bagi pasangan yang baru menikah dan belum memiliki rumah menginginkan agar segera dapat memiliki rumah impian dengan sukses dan aman.

Salah satu cara untuk dapat memilikinya dengan berinvestasi deposito. Berikutnya akan muncul pertanyaan bagaimana cara menghitung bunga deposito dan cara kerjanya agar dapat digunakan untuk membeli rumah impian.

Sebelum masuk lebih mendalam, Deposito sendiri didefinisikan sebagai simpanan sejenis investasi yang sederhana.

Biasanya produk ini ditawarkan oleh bank dengan cara menjanjikan suku bunga yang tetap dan relatif lebih tinggi dari suku bunga tabungan dengan jangka waktu tertentu.

Tapi selama jangka waktu yang telah disepakati tersebut, uang yang telah didepositokan ke bank tidak boleh ditarik oleh nasabah atau pemilik rekening.

 

Keuntungan Beli Rumah Pakai Deposito

Ada beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh apabila membeli rumah menggunakan deposito. Yang pertama adalah bunga tetap dan lebih besar. Mengapa demikian?

Karena suku bunga tabungan deposito ini secara umum berada pada kisaran 3%-7% dan Anda dapat menggunakan keuntungan yang besar untuk dapat membeli rumah hanya dengan menggantungkan dari suku bunga yang didapat dari deposito.

Berikutnya keuntungan mendepositokan uang karena akan mendapatkan fasilitas bebas administrasi bulanan, berbeda dengan tabungan biasa dimana akan ada biaya administrasi bulanan.

Bedanya adalah Anda akan dikenakan pajak dari besarnya bunga yang didapat dan uang yang dideposito pun tidak akan berkurang.

Mudah Dilakukan! Begini Tips Membeli Rumah Dengan Deposito 02 Membeli Rumah dengan Deposito 2 - Finansialku

[Baca Juga: Wujudkan Kepemilikan Rumah Minimalis Sederhana dengan Aplikasi Finansialku]

 

Keuntungan berikutnya adalah lebih aman, dikarenakan uang yang didepositokan tersebut akan dijamin oleh lembaga penjamin simpanan (LPS) dengan batas dana deposito sebesar 2 miliar rupiah.

Sehingga Anda dapat pastikan dahulu dana yang didepositokan tidak boleh lebih dari 2 miliar rupiah.

Keuntungan berikutnya kita mendepositokan uang adalah proses lebih mudah, dimana Anda hanya butuh untuk mendatangi bank tertentu dan membuka rekening dengan memberikan data diri secara lengkap dan juga menyetorkan dana yang akan didepositokan.

Keuntungan berikutnya adalah terdapat variasi jangka waktu, usahakan untuk disesuaikan dengan kebutuhan saat melakukan deposito dengan pilihan tenor antara 1,2,3,6 dan 12 bulan bahkan dapat disimpan selama 2 tahun.

Keuntungan yang terakhir adalah minim risiko. Deposito memang dikenal dengan minimnya risiko dimana tidak perlu pusing akan nilai tukar rupiah yang melemah atau kenaikan inflasi untuk setiap tahunnya.

Anda pun tidak perlu untuk dipusingkan seperti investasi saham yang memerlukan perhitungan yang lebih kompleks.

 

Tips Membeli Rumah dengan Deposito

Biasanya Anda sebagai pemilik deposito akan ditawari untuk waktu tenornya dimulai dari 1,3,5,12 dan 24 bulan. Dimana setiap bank akan menawarkan bunga yang kompetitif dan bersaing.

Penting diketahui, apabila ingin berdeposito pilihannya tidak hanya menggunakan uang dalam negeri tapi dapat juga menggunakan uang luar negeri.

Di Indonesia sendiri dikenal ada tiga jenis deposito yang populer yaitu deposito berjangka, Sertifikat deposito dan deposito on call.

Untuk lebih jelasnya berikut uraian tips mengenai cara dan strategi membeli rumah melalui deposito. Setelah Anda menentukan deposito mana yang akan diambil. Hal berikutnya adalah menentukan langkah-langkah sebagai berikut.

 

Tips 1: Mengetahui Cara kerja Deposito

Ketika ingin berinvestasi deposito, maka Anda harus memilih salah satu tenor misalnya 1,2,3,6,12 bulan atau 24 bulan.

Dengan banyaknya besaran bunga yang berbeda setiap jangka waktunya maka beranekaragam pula cara menghitungnya.

Strategi Investasi Deposito 2019 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Freelancer Sewa Rumah atau Beli Rumah? Ini Tips dan Triknya!]

 

Berikut contohnya adalah 1 bulan: 3%, 2 bulan: 3%, 3 bulan: 3,05 %, 6 bulan: 3,1%, 1 tahun: 3,15%. Jika Anda memilih tenor sebesar 3 bulan maka Anda dipastikan akan memperoleh bunga sebesar 3,05% per tahun pada akhir periode bulan ke-3.

 

Tips 2: Menghitung Bunga Deposito

Apabila Anda memiliki sejumlah uang sebesar 20 juta rupiah dan memilih untuk membagi dalam dua periode yang berbeda yaitu 6 bulan dan 12 bulan, maka perhitungan perolehan bunga dari deposito dapat dihitung sebagai berikut.

Untuk satu periode 6 bulan dengan suku bunga 3,1% dengan deposito 10 juta maka akan didapat bunga deposito sebesar Rp248.000.

Berikutnya untuk periode 12 bulan maka suku bunga yang didapat 3,15%, maka besar bunga setelah 366 hari maka jumlahnya adalah Rp310.000, dan setelah dipotong biaya lain-lain maka bunga yang diterima adalah Rp248.000.

Begitu juga dengan suku bunga berikutnya dengan penghitungan dan persentase yang sama.

 

Tips 3: Jalankan Strategi Beli rumah dengan Deposito

Ternyata, beli rumah dengan deposito juga ada strateginya. Tips berikutnya adalah menjalankan strategi tersebut. Yang pertama yaitu dengan menentukan jenis deposito untuk membeli rumah.

Di Indonesia secara umum ada 3 jenis deposito yang telah dipaparkan sebelumnya yaitu deposito berjangka, deposito on call dan sertifikat deposito. Perlu untuk diketahui deposito hanya berlaku untuk beberapa mata uang seperti USD, JPY, GBP, SGD, HKD dan EUR.

Berikutnya yaitu menentukan periode jangka waktu untuk tenor penghitungan. Usahakan untuk menyesuaikan dana yang dibutuhkan untuk untuk pengambilan rumah.

Jangan lupa untuk menghitung bunga yang diperoleh saat deposito tersebut berakhir sehingga dapat dilakukan perencanaan yang tepat untuk membeli rumah tipe dan ukuran berapa.

 

Gunakan Aplikasi Finansialku untuk Beli Rumah Dengan Deposito

Agar Anda tidak bingung dalam menghitung perencanaan dana membeli rumah dengan deposito, maka jangan lupa untuk memanfaatkan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini memiliki fitur simulasi kredit properti yang dapat digunakan untuk kredit pemilikan rumah dengan deposito.

Caranya Anda dapat menghitung dahulu dengan mengetahui jumlah kredit yang diambil berdasarkan jangka deposito yang telah di bank kan.

Anda dapat dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Setelah Anda download aplikasi Finansialku maka buka Widget kalkulator kredit pada aplikasi atau situs Finansialku.

Kemudian akan muncul pilihan jenis pinjaman yang akan digunakan kemudian lengkapi bagian pokok pinjaman, bunga pinjaman dan jangka waktu sesuai kebutuhan Anda.

Setelah itu tinggal klik hitung, maka dalam beberapa detik pada bagian kanan bawah akan muncul tulisan hasilnya.

Pertama-tama, buka Aplikasi Finansialku dan pilih menu Investasi.

Mudah Dilakukan! Begini Tips Membeli Rumah Dengan Deposito 03 Menu Investasi - Finansialku

Menu Investasi pada Aplikasi Finansialku

 

Setelah itu, klik bagian deposito seperti di bawah ini.

Mudah Dilakukan! Begini Tips Membeli Rumah Dengan Deposito 04 Deposito - Finansialku

Pilih Bagian Deposito

 

Selanjutnya, isilah jumlah deposito Anda pada kolom yang tersedia. Lalu klik hitung.

Mudah Dilakukan! Begini Tips Membeli Rumah Dengan Deposito 05 Investasi Deposito - Finansialku

Form Investasi Deposito

 

Lalu, akan muncul perhitungan bahwa Anda dapat berapa jumlah hasil investasi. Dari perencanaan tersebut Anda akan lebih mudah mengagendakan untuk deposito berjangka.

Setelah memahami ulasan di atas maka dapat ditarik kesimpulan semakin besar dan tepat Anda memilih deposito maka semakin besar keuntungan yang didapat untuk dapat membeli rumah impian Anda.

Untuk membantu penghitungan deposito supaya dapat membeli rumah yang diinginkan, maka Anda dapat download aplikasi Finansialku dan melakukan tahap-tahap yang sudah dijelaskan di atas.

Selain itu, Anda dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS agar Anda dapat lebih memahami mengenai Perencanaan keuangan yang tepat.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Apakah Anda akan merencanakan pembelian rumah?

Setelah membaca artikel di atas, tentu Anda ingin merencanakan keuangan Anda menggunakan Aplikasi Finansialku dan membeli rumah menggunakan deposito kan?

Jadi, jangan lupa untuk membagikan artikel bermanfaat ini pada teman, rekan dan kerabat Anda, terima kasih. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 07 November 2016. Tips Membeli Rumah Impian Pertama Dengan Sukses. 99.co – https://goo.gl/oxyRgf

 

Sumber Gambar:

  • Membeli Rumah dengan Deposito 1 – https://goo.gl/uq3arX
  • Membeli Rumah dengan Deposito 2 – https://goo.gl/ZYuRRK