Bebas keuangan adalah salah satu impian yang paling didambakan setiap orang, dan impian itu ada untuk hal yang baik. Anda tidak akan pernah tahu kapan akan terjadi krisis keuangan yang dapat menghabiskan seluruh kekayaan dan sumber penghasilan Anda. Oleh karena itu, mendidik diri Anda tentang pentingnya bebas keuangan dan dapat mencapai hal itu sangatlah penting.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apakah Baru Lulus Kuliah Bisa Bebas Keuangan

Bebas keuangan selalu menjadi impian semua orang. Tetapi kebanyakan dari mereka merasa bahwa bebas keuangan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah bekerja cukup lama, sudah mempunyai banyak pengalaman di dunia pekerjaan, orang yang kaya atau sudah mempunyai usaha sendiri yang bisa menghasilkan uang yang cukup besar.

Pendapat itu tidak sepenuhnya salah, tetapi bebas keuangan yang sebenarnya, dapat juga dirasakan oleh orang-orang muda, orang yang bahkan baru lulus kuliah pun bisa mengalami yang namanya bebas keuangan. Robert T. Kiyosaki, salah seorang penulis buku dan orang yang terkenal dalam literasi keuangan, dalam bukunya “Rich Dad Poor Dad”, menjelaskan beberapa prinsip agar setiap orang dapat merasakan bebas keuangan.

Apakah Orang-Orang Usia Muda, Baru Lulus Kuliah Bisa Jadi Orang Kaya dan Bebas Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Kaya ala Anak Muda Top Ittipat]

 

10 Prinsip Bebas Keuangan

Terdapat 10 prinsip bebas keuangan yang akan dijelaskan secara lebih mendalam untuk pada orang-orang usia muda, yaitu:

 

#1 Menerima Tanggung Jawab Secara Penuh

Setiap pilihan yang Anda lakukan, pasti ada akibatnya. Beberapa akibatnya bahkan bisa membuat kerusakan yang sangat parah terhadap kekayaan Anda. Dengan demikian, Anda memiliki tanggung jawab secara penuh untuk melindungi masa depan kekayaan Anda. Anda harus mengerti bahwa setiap pilihan dan keputusan yang Anda buat hari ini akan berdampak terhadap kehidupan Anda di masa depan. Oleh karena itu, Anda harus mengevaluasi semua keputusan yang berhubungan dengan keuangan Anda. Setiap pembelian dan pengeluaran berhubungan dengan tujuan keuangan jangka panjang Anda.

 

#2 Mengkontrol Pengeluaran

Kita tinggal di dalam dunia yang berpusat pada konsumen, dimana kita didorong untuk selalu tidak henti-hentinya untuk membeli, baik barang ataupun hal lainnya. Kebiasaan Anda untuk berbelanja adalah salah satu alasan utama kenapa Anda tidak dapat melindungi masa depan keuangan Anda dengan mudah. Selalu catat setiap pengeluaran Anda dan berpikirlah dua kali sebelum membeli. Pada mulanya, hal ini akan sulit untuk dilakukan, apalagi Anda adalah orang yang biasanya berbelanja dengan tidak terkontrol. Tetapi setelah Anda belajar untuk mengkontrol pengeluaran Anda, mencapai bebas keuangan akan menjadi hal yang cukup mudah.

Quiz Apakah Anda Berbakat Menjadi Orang Kaya - Finansialku

[Baca Juga: Quiz: Apakah Anda Berbakat Menjadi Orang Kaya?]

 

#3 Membuat Anggaran Adalah Hal Yang Krusial

Membuat anggaran belanja dan hidup sesuai dengan batasan anggaran tersebut sangatlah penting untuk mencapai kebebasan keuangan. Sebuah anggaran akan memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk mengkontrol pemasukkan dan pengeluaran Anda. Singkatnya, sebuah anggaran akan membuat Anda berada dalam kontrol dan dapat diandalkan. Jika Anda ingin mengamankan keuangan pribadi Anda, maka membuat anggaran adalah salah satu alat bantu untuk mencapai hal itu.

 

#4 Bekerja Untuk Mengembangkan Dirimu Terlebih Dahulu

Salah satu kunci dasar untuk mencapai kebebasan keuangan adalah bekerja untuk diri sendiri. Sebelum Anda bekerja untuk perusahaan Anda, belajarlah terlebih dahulu bekerja untuk mengembangkan diri Anda sendiri. Dengan begitu, ketika Anda semakin berkembang, perusahaan dimana Anda bekerja juga akan ikut berkembang. Proses menuju bebas keuangan hanya dimulai pada saat Anda bekerja mengembangkan diri Anda. Apa yang Anda investasikan hari ini, akan menjadi keuntungan Anda di masa depan.

 

#5 Jangan Pernah Berutang

Utang adalah salah satu penyebab utama ketidakamanan keuangan di kehidupan banyak orang. Utang menggerogoti Anda dari dalam diri Anda, menghentikan Anda untuk mengejar impian, harapan dan tujuan hidup Anda. Utang membuat Anda jauh dari kehidupan yang bahagia. Kehidupan yang berutang membuat Anda merasa berada dalam penjara dimana Anda selalu dituntut untuk membayar utang tersebut. Bebas dari utang harus menjadi prioritas utama dalam hidup Anda, dan Anda harus berkomitmen terhadap diri Anda untuk tetap bebas dari utang. Kehidupan yang bebas dari utang harus menjadi keinginan utama Anda jika Anda ingin mencapai bebas keuangan.

6 Aturan Dasar Berinvestasi, Ala Ayah Kaya Robert T. Kiyosaki 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Aturan Dasar Berinvestasi, Ala Ayah Kaya Robert T. Kiyosaki]

 

#6 Mempunyai Dana Darurat

Dana darurat adalah dana aman yang akan men-support pengeluaran Anda, paling sedikit selama 3 bulan. Dana ini juga sangat bermanfaat ketika Anda membutuhkan pengeluaran tidak terduga di dalam kehidupan sehari-sehari Anda, seperti biaya perbaikan alat rumah tangga, biaya pengobatan, dan biaya tidak rutin lainnya. Mempunyai dana darurat adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa Anda tidak berutang ketika ada kondisi darurat yang muncul. Memastikan bahwa kebutuhan hidup Anda terpenuhi selama 3 bulan ke depan juga akan memberikan Anda ketenangan pikiran. Salah satu cara yang terbaik adalah memiliki dana darurat yang disimpan di bank yang berbeda dan mulailah menabung dari sekarang.

 

#7 Jangan Pernah Berhenti Belajar

Mendidik diri Anda tentang literasi keuangan secara berkala harus menjadi prioritas Anda yang utama. Pada saat ini, banyak sekali sumber-sumber dimana Anda bisa mengupdate pengetahuan Anda tentang industri keuangan. Ambil tanggung jawab secara penuh dalam kehidupan keuangan Anda dengan cara berkomitmen untuk terus belajar. Belajarlah mulai dari topik tertentu tentang keuangan daripada belajar semua hal sekaligus. Sebagai contoh, Anda dapat belajar tentang membuat anggaran rumah tangga yang baik, jika Anda tertarik dengan hal itu. Dan ada banyak sekali hal-hal yang berhubungan dengan keuangan yang dapat Anda pelajari secara berkala, yang akan meningkatkan pengetahuan literasi keuangan Anda secara menyeluruh.

Inilah Rahasia-rahasia seorang Miliarder Wirausaha untuk Mencapai Kekayaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Rahasia-rahasia seorang Miliarder Wirausaha untuk Mencapai Kekayaan]

 

#8 Memiliki Tujuan Keuangan Yang Jelas dan Terperinci

Jika Anda tidak memiliki tujuan keuangan yang jelas dan terperinci, maka akan sangat sulit untuk mencapai bebas keuangan. Jika Anda ingin membangun sebuah bisnis yang besar, Anda harus memulainya dengan membuat sebuah perusahaan Anda sendiri. Sama halnya dengan itu, jika Anda ingin menjadi seorang investor, Anda harus belajar untuk mencari peluang yang baik dan mendapatkannya ketika kesempatan itu datang. Hanya ketika Anda mengetahui apa tujuan Anda, apa yang Anda inginkan, Anda baru bisa merencanakannya dan mengeluarkan potensi yang ada dalam diri Anda. Mempunyai tujuan dan mengejar tujuan tersebut juga akan memotivasi Anda untuk mempunyai hidup yang Anda impikan.

 

#9 Membangun Jaringan

Bisnis jaringan adalah hal yang tidak membutuhkan biaya yang besar dan akan menjadi sebuah keuntungan yang besar nantinya. Sangatlah sulit untuk membangun bisnis yang besar tanpa dana dan waktu yang besar. Sebuah perusahaan jaringan dapat membantu Anda untuk membangun kemampuan berbisnis Anda dan mengembangkan Anda dari karyawan dengan level paling bawah sampai kepada seorang pebisnis dengan bayaran yang tinggi. Dengan demikian, bisnis jaringan adalah salah satu cara yang baik untuk mencapai bebas keuangan. Bisnis jaringan akan menyediakan Anda penghasilan secara terus menerus, bahkan pada saat Anda tidur atau travelling.

Tengok 5 Kebiasaan dalam Keuangan yang Membuat Anda Kaya Raya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tengok 5 Kebiasaan dalam Keuangan yang Membuat Anda Kaya Raya]

 

#10 Buat Hidupmu Lebih Sederhana

Hidup semakin lama semakin kompleks setiap harinya. Mengejar kekayaan dan tujuan keuangan akan menjauhkan Anda dari hal yang paling penting dalam hidup Anda. Dan sebagai hasilnya, lama-kelamaan Anda akan mulai kehilangan motivasi dan jatuh ke dalam kegelapan. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk membuat hidup Anda lebih sederhana dan membebaskan pikiran Anda dari segala kegelisahan dan kekuatiran tentang mengejar kekayaan.

Kunci untuk bebas dari keuangan sebenarnya sesederhana mengubah semua penghasilan berkala Anda menjadi sebuah penghasilan pasif atau aset yang menghasilkan dengan sendirinya. Jika Anda meletakkan hal sederhana ini dipikiran Anda, akan menjadi mudah untuk mencapai bebas keuangan, tanpa Anda kehilangan hal-hal yang sangat berharga di dalam kehidupan Anda.

 

Semuanya Berasal Dari Dalam Diri

Bebas dari keuangan dan menjadi kaya bukanlah keadaan Anda pada saat Anda sudah kaya raya. Tetapi ketika Anda dalam keadaan sekarang pun Anda bisa melakukannya, yaitu dengan mengubah pikiran Anda dan karakter Anda, sehingga dengan sendirinya kekayaan itu yang akan datang pada Anda. Karena sebelum Anda bisa mengubah keadaan dari miskin menjadi kaya, Anda harus bisa mengubah pikiran dan hatimu dari miskin menjadi kaya. Dan tentu saja, anak-anak muda pun bisa melakukannya.

 

Mulailah belajar menjalani proses menuju bebas keuangan. Apakah Anda sedang dalam proses menuju bebas keuangan? Prinsip manakah yang masih Anda pelajari dan butuh diperbaiki?

 

Sumber Referensi:

  • Joel Brown. 10 Maret 2013. Robert Kiyosaki’s 10 Keys to Financial Freedom. Addicted2success.com – https://goo.gl/p1hN9H

 

Sumber Gambar:

  • Kaya di Usia Muda – https://goo.gl/KBOUWU
  • Young Entrepreneur – https://goo.gl/eiZhMq

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang