Pasti diantara kalian ada yang ingin tinggal di sebuah apartemen. Pertanyaannya, apakah semua apartemen memiliki harga yang sangat tinggi? Adakah Apartemen kelas menengah di bawah Rp1 miliar?

Tidak perlu khawatir, Kali ini Finansialku akan membahas mengenai Apartemen untuk kelas menengah dengan harga dibawah Rp1 miliar.

Mari simak pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Apartemen Kelas Menengah Dibawah Rp1 Miliar

Saat ini banyak masyarakat kelas menengah yang melirik apartemen di pinggiran Jakarta. Hal ini dikarenakan apartemen ini lebih terjangkau.

Kelas menengah di Indonesia kini telah mengalami pertumbuhan yang signifikan seiring dengan perbaikan ekonomi.

Hal ini disinyalir turut mendorong meningkatnya permintaan terhadap hunian khususnya properti apartemen.

Maraknya Apartemen Kelas Menengah Dibawah Rp1 Miliar 02 Apartemen 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Dimana Tinggal? Cek Dulu Tips Mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen]

 

Untuk kalangan menengah, mereka banyak meminati apartemen yang dekat dengan tempat bekerja guna menghindari kemacetan. Saat ini kelas menengah banyak yang memburu apartemen di harga kisaran Rp300-700 juta.

Meski pasokan apartemen pada tahun ini diprediksi akan turun sebesar 20% menjadi 1.500 unit saja, tapi permintaan terhadap apartemen khususnya yang memiliki harga di bawah Rp1 miliar masih akan tetap membaik.

Dengan banyaknya permintaan, kini para pengembang properti tertarik untuk mengedepankan pasar unit apartemen yang dibanderol di bawah Rp1 miliar, karena apartemen dengan ukuran kecil adalah unit yang banyak dicari.

Hal tersebut pun telah dilakukan oleh PT Summarecon Agung Tbk. Hingga saat ini mereka telah mengembangkan unit apartemen, harganya di bawah Rp1 miliar.

Menurut Sekretaris Perusahaan Summarecon Agung, ada sekitar 75% unit yang mereka jual yang menaruh harga rendah untuk menyasar segmen pasar menengah.

Hal tersebut dilakukan agar dapat terjangkau oleh kalangan kelas menengah. Jemmy Kusnadi mengatakan:

“Kalangan kelas menengah saat ini merupakan segmen yang cukup besar bagi bisnis properti.”

 

Namun penentuan harga produk apartemen yang dipasarkannya pun tergantung dengan lokasi apartemen itu berdiri. Karena beberapa lokasi yang strategis di Jakarta memiliki harga tanah yang sudah tinggi.

Jemmy mengatakan:

“Di Serpong dan Bekasi memang sebagian besar harga yang dipasarkan masih di bawah Rp1 M per unit, walaupun ada juga yang harganya di atas itu.”

 

Untuk menggaet lebih banyak konsumen di kelas menengah, emiten properti berkode saham SMRA ini memberikan berbagai macam promo seperti untuk pembelian unit apartemen The Springlake View di Summarecon Bekasi.

Konsumen bisa mendapatkan hadiah berupa full furnished unit atau voucher IKEA sampai Rp165 juta. Selain itu, ada juga free maintenance fee dan sinking fund selama dua tahun, dan beberapa hadiah lainnya.

Pengamat Properti Panangian Simanungkalit pun mengatakan bahwa saat ini kebutuhan rumah paling besar datang dari segmen usia milenial. Spesifikasi harga apartemen di bawah Rp1 miliar masih menjadi primadona.

Ia mengatakan:

“Tahun 2019, pasar akan didominasi hampir 80% oleh end user dari kalangan milenial segmen menengah bawah atau dibawah Rp1 miliar.”

 

Mengapa banyak kaum milenial yang memiliki minat tinggi terhadap apartemen dibawah Rp1 miliar?, hal ini dikarenakan kalangan milenial lebih menginginkan aspek, fungsional, efisien, praktis, kasual dan terjangkau.

Strategi yang dijalankan oleh PT Summarecon Agung Tbk ini pun sesuai dengan PT PP Properti Tbk (PPRO) yang sedang mengembangkan beberapa proyek apartemen.

Seperti apartemen Mazhoji di Depok, apartemen di Cibubur, Apartemen Tana Babarsari di Yogyakarta, Apartemen Green Park di Cilegon dan Grand Sagara di Suramadu.

Direktur Utama PPRO, Taufik Hidayat mengungkapkan bahwa apartemen yang sedang dikembangkan oleh perusahaannya sebagian besar ditujukan untuk kaum milenial.

Rentang harga yang ditawarkan pun masih disesuaikan dengan kemampuan milenial yaitu dibawah Rp1 miliar, diantara Rp300 juta hingga Rp700 juta per unit.

PT Ciputra Development Tbk pun tidak mau kalah, Apartemen The Newton generasi pertama di Ciputra World 2 Jakarta berhasil menjual habis sekitar 600 unit dengan harga mulai Rp1 miliar.

Bagi unit The Newton 2 sudah sulit jika mematok harga di bawah Rp1 miliar terutama di pusat Jakarta. Padahal unit apartemen The Newton 1 pada 2016 masih bisa ditawarkan dengan harga mulai Rp800 jutaan.

Hal ini terjadi karena menurut Artadinata Djangkar, di Jakarta sudah tidak bisa dengan harga dibawah Rp1 miliar karena tanahnnya saja sudah mahal. Tapi kalau di pinggiran Jakarta masih memungkinkan.

Namun CTRA akan berencana membangun apartemen di luar kawasan Jakarta untuk menghindari harga tanah yang selangit, sehingga konsumen bisa mendapatkan produk DTRA secara terjangkau.

 

Alasan Memilih Apartemen Kelas Menengah Jadi Hunian

Ini dia beberapa keunggulan yang dapat dirasakan oleh masyarakat yang memilih tinggal di apartemen, tentunya dengan harga yang terjangkau bagi kalangan menengah.

Maraknya Apartemen Kelas Menengah Dibawah Rp1 Miliar 03 Apartemen 3 - Finansialku

[Baca Juga: Tinggal Di Apartemen? Gini Lho 10 Cara Merawat Apartemen]

 

#1 Apartemen Membuat Biaya Hidup Lebih Terjangkau

Jika Anda adalah satu satu orang rantauan untuk mencari kerja, lebih baik jika memilih apartemen yang berdekatan dengan lokasi tempat kerja. Maka apartemen adalah pilihan hunian pertama yang bisa menghemat biaya.

Harga rumah tapak pun kini semakin tinggi di beberapa pusat kota, misalnya di Jakarta Pusat yang mencapai Rp40 juta per meter persegi.

Sementara saat ini masih banyak apartemen yang membanderol harga yang masih terjangkau sekitar Rp500 juta.

 

#2 Biaya Perawatan Yang Rendah

Jika memilih tinggal di Apartemen, Anda tidak harus melakukan perawatan hunian yang banyak. Seperti memotong rumput, membersihkan selokan depan rumah atau seperti kegiatan yang dilakukan jika di rumah tapak.

Bila tinggal di apartemen Anda hanya perlu fokus melakukan perawatan di area interior dan balkon saja. Dengan waktu yang lebih efisien tanpa harus merawat bangunan.

Meskipun nilai investasi rumah tapak Anda bisa meningkat dalam beberapa tahun, tapi hal ini sesuai dengan biaya perawatan yang dikeluarkan setiap tahunnya.

 

#3 Renovasi Sedikit Untuk Hasil Maksimal

Jika tinggal di apartemen Anda bisa melakukan renovasi dengan budget yang lebih sedikit. Karena biasanya ketika kita membeli properti, selalu ada modelnya yang tidak persis seperti dengan apa yang Anda bayangkan.

Dengan luas bangunan yang terbatas, di apartemen Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Cukup membeli karpet atau sofa berukuran kecil agar hunian terasa lebih nyaman.

 

#4 Potensi Investasi yang Menjanjikan

Dengan Anda memilih apartemen sebagai hunian, selain memiliki biaya perawatan yang murah, properti ini juga mudah dijual atau disewakan dengan cepat.

Karena tidak selamanya hunian pertama yang dipilih akan menjadi tempat ideal dalam jangka waktu yang lama. Ketika Anda sudah memiliki cukup tabungan dan kebutuhan hunian yang baru, tidak ada salahnya untuk menjual hunian lama.

Membeli sebuah apartemen tentunya bukan biaya yang kecil, Anda perlu merencanakan dan mengatur keuangan Anda dengan baik agar tujuan membeli apartemen bisa tercapai.

Anda bisa dengan mudah menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda. Aplikasi Finansialku dapat Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain itu, Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda dapat tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel tentang Apartemen kelas menengah dengan harga di bawah Rp1 miliar? Berikan tanggapan Anda pada komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Andy Dwijayanto. 11 Maret 2019. Permintaan Apartemen di Bawah Rp 1 Miliar Masih Tinggi. Industri.kontan.co.id – https://goo.gl/CxggVi
  • M Imaduddin. 11 Maret 2019. Bidik Segmen Menengah 75 Apartemen Summarecon Agung Berharga di Bawah Rp 1 Miliar. Industri.kontan.co.id – https://goo.gl/tgtwqp
  • M Imaduddin. 11 Maret 2018. Ciputra Development Kembali Pasarkan Apartemen The Newton 2 dengan Harga Rp 1 Miliar. Industri.kontan.co.id – https://goo.gl/qRxp86
  • Isnaini Khoirunisa. 2 Maret 2016. Ini Alasan Memilih Apartemen Jadi Hunian. Liputan6.com – https://goo.gl/qbkrah

 

Sumber Gambar:

  • Apartemen 1 – https://goo.gl/JdARVQ
  • Apartemen 2 – https://goo.gl/MBJdN8
  • Apartemen 3 – https://goo.gl/WnmKXS