Memiliki hunian idaman bersama keluarga tercinta adalah impian setiap orang. Membeli apartemen menggunakan Kredit Pemilikan Apartemen adalah solusinya. Inilah tips mengajukan kredit apartemen!

Ingin tahu bagaimana cara agar pengajuan KPA diterima? Simak yuk artikel Finansialku berikut ini yang akan memberikan beberapa tips mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Siapa Saja yang Bisa Mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen

Di era milenial ini berbagai macam jenis hunian sudah menjamur dimana-mana dari rumah, ruko, rusun, kontrakan dan yang  terbaru yaitu apartemen.

Apartemen sebagai hunian bukan berarti selalu ditinggali oleh orang yang kaya dan bergengsi tinggi saja. Zaman sekarang mahasiswa/i pun banyak yang  tinggal di apartemen apalagi karyawan swasta/negeri dan sebuah keluarga.

Bingung Dimana Tinggal Cek Dulu Tips Mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen 02 Apartemen - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Kredit Apartemen KPA Menguntungkan Bagi Masyarakat?]

 

Anda bisa menyesuaikan apartemen mana yang akan Anda jadikan hunian berdasarkan kebutuhan dan kemampuan Anda, meskipun sebenarnya harga apartemen tidaklah murah seperti kontrakan atau kos-kosan.

Adanya program dari perbankan yaitu Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) dapat membantu semua orang untuk membeli apartemen.

Program seperti ini sebelumnya sudah tak asing lagi hanya saja yang diajukan pada program sebelumnya adalah rumah atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Sama halnya dengan KPR pengajuan KPA juga memiliki syarat yang harus di lengkapi agar pengajuan KPA disetujui oleh Bank.

Persyaratan yang diberikan oleh pihak bank terdiri dari dua golongan yaitu persyaratan untuk pegawai atau karyawan dan persyaratan untuk professional atau wirausahawan.

Semua orang bisa mengajukan pembelian dan tinggal di apartemen idaman jika bisa memenuhi syarat yang diminta dari program ini.

 

Tips Mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen

Harga tanah dimana-mana sudah sangat tinggi, tak heran jika pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) semakin lama semakin meningkat.

Tapi ternyata syarat yang diberikan pihak bank untuk mengajukan KPA juga tak bisa di anggap sepele, dengan syarat yang cukup ketat ini banyak orang yang gagal disetujui pengajuan KPA-nya oleh bank yang bersangkutan.

Selain persyaratan dokumen yang ditetapkan oleh pihak bank, kondisi dan kemampuan keuangan Anda juga menjadi  penentu berhasil atau tidaknya pengajuan KPA Anda.

Anda perlu merencanakan dan mengelola keuangan Anda dengan matang demi kelancaran KPA yang akan Anda ajukan, Anda dapat membaca ebook di bawah ini secara gratis untuk membantu mengkondisikan keuangan Anda.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Penting bagi Anda untuk mempersiapkan dan memahami semua persyaratan yang harus dijalani agar pengajuan KPA Anda tidak ditolak.

Bagi Anda yang ingin mengajukan KPA, beberapa saran dibawah ini dapat membantu Anda untuk mematangkan persiapan pengajuan KPA ke pihak bank. Simak tips-tips berikut:

 

#1 Cermat terhadap Riwayat Kredit Anda

Jika sebelumnya Anda sering menggunakan sistem kredit dengan bank, cermati kembali bagaimana riwayat kredit Anda sebelumnya, karena riwayat kredit Anda adalah salah satu pertimbangan utama pihak bank dalam menyetujui permohonan KPA Anda.

Riwayat kredit Anda akan terekam di dalam Sistem Informasi Debitur (SID) yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Jika riwayat kredit Anda bermasalah maka kemungkinan besar pengajuan KPA Anda akan ditolak.

 

#2 Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Banyak dokumen yang harus disiapkan oleh pengaju KPA. Umumnya dokumen yang diminta seperti KTP, buku nikah, KK, slip gaji, SIUP, rekening koran, NPWP dan masih banyak lagi tergantung dari pekerjaan Anda.

Dalam menyiapkan dokumen yang sebenarnya sudah sangat umum ini dan semestinya semua orang memilikinya, masih banyak pengaju KPA yang merasa bingung dan terbebani saat melengkapinya.

Padahal dengan melengkapi semua dokumen yang diminta sudah selangkah lebih maju mendekatkan Anda dengan hunian idaman Anda beserta keluarga.

 

#3 Laporan Keuangan

Kemampuan keuangan juga penentu disetujui atau tidaknya pengajuan KPA Anda meskipun tidak semua bank memintanya. Bagaimana Anda mampu mengajukan KPA jika kondisi keuangan Anda tidak stabil?

PPh Pasal 25 (Pajak Penghasilan Pasal 25) Tarif, Cara Hitung dan Pelaporannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui dan Pahami Cara Mengajukan Kredit Apartemen Beserta Syaratnya!]

 

Oleh karenanya rekaman keuangan Anda yang bisa dilihat dengan rekening koran Anda akan menjadi salah satu pendukung kelancaran proses pengajuan KPA Anda.

Biasanya pihak bank akan meminta Anda untuk melampirkan fotokopi rekening Anda selama 3 bulan terakhir.

 

#4 Lakukan Simulasi Kemampuan Bayar

Jika pengajuan KPA Anda disetujui berarti jumlah utang Anda pun akan bertambah dalam jumlah besar. Sebelum mengambil utang dalam jumlah besar seperti pembelian apartemen baiknya Anda perhatikan kestabilan keuangan Anda.

Lakukanlah simulasi kemampuan Anda dalam membayar utang dengan melunasi semua utang Anda sebelumnya secara teratur dan lancar sesuai tenggatnya.

 

#5 Uang Muka

Pihak bank dan developer akan meminta uang muka untuk pengajuan KPA Anda  jika disetujui dalam jumlah yang cukup besar, biasanya berkisar antara 15-30 persen.

Selain uang muka biasanya akan ada uang administrasi yang harus dibayarkan. Jadi, persiapkan uang Anda sebesar nominal yang diminta oleh pihak bank dan developer.

 

#6 Ajukan Kredit KPA di Bank Anda

Banyak bank yang menyediakan program Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). Bijaklah dalam memilih bank mana yang akan Anda jadikan tumpuan untuk memiliki hunian tersebut.

Meskipun sebenarnya mengajukan KPA di bank mana apapun sah-sah saja, tapi mengajukan KPA pada bank yang selama ini Anda gunakan akan mempermudah Anda dalam mengajukan KP.

Bingung Dimana Tinggal Cek Dulu Tips Mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen 03 Ajukan KPA - Finansialku

[Baca Juga: Membeli Apartemen dengan Kredit Kepemilikan Apartemen]

 

Pasalnya pihak bank sudah mengenali Anda dalam bentuk data dan status keuangan Anda sudah terekam didalam sistem bank tersebut.

Jika keuangan Anda stabil maka semakin mudah KPA mempercayai Anda menggunakan jasa KPA pada bank tersebut.

 

#7 Jangan Mengajukan KPA di Banyak Bank yang Berbeda

Mengajukan KPA berarti mengajukan utang yang besar pada pihak bank.

Mengajukan KPA di banyak bank sekaligus akan mempersulit pihak bank untuk memverifikasi kesiapan data Anda karena pihak bank harus mengecek riwayat kredit Anda di sistem informasi debitur (SID).

Anda bisa mengajukan KPA dalam bersamaan maksimal 2 bank saja, jika keduanya ditolak barulah Anda mengajukan kembali di bank lainnya.

 

Matangkan Persiapan Pengajuan KPA dan Miliki Hunian Idaman Anda

Dengan banyaknya fasilitas dari perbankan memiliki apartemen sebagai hunian Anda tidaklah mustahil. Mengajukan KPA membutuhkan persiapan yang benar-benar matang terutama dari segi finansial.

Jangan berani ambil resiko dengan mengajukan KPA padahal kesiapan Anda belum matang. Cermat dan pahami setiap hal yang dibutuhkan supaya proses pengajuan KPA Anda mudah dan cepat disetujui oleh pihak bank.

Jika semua persyaratan sudah lengkap dan Anda dapat menjalani prosesnya maka apartemen idaman Anda akan segera menjadi milik Anda.

Apakah Anda ingin memulai kredit tapi bingung dalam merencanakan keuangan kedepannya? Anda dapat menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan, menganggarkan dan mengelola keuangan Anda.

Anda dapat dengan mudah download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau melalui link di bawah ini. Selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Bagi Anda yang ingin memiliki hunian idaman secepatnya bersama keluarga Anda pastinya informasi diatas akan sedikit membantu Anda dalam proses pengajuan KPA.

Jangan lupa bagikan artikel tersebut kepada teman dan kerabat Anda. Terimakasih.  

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Monica Sari . 2 September 2018 . Begini Caranya Agar Pengajuan Kredit Apartemen Tak di Tolak Bank. Liputan6.com – https://goo.gl/CGDY5B

 

Sumber Gambar:

  • KPA – https://goo.gl/YeZ26m
  • Apartemen – https://goo.gl/XqXG2Z
  • Ajukan KPA – https://goo.gl/Z7UaNe