Sudahkah Anda mengetahui apa saja aplikasi fintech yang banyak digunakan di Indonesia? Mungkin salah satunya sudah ada pada smartphone Anda.

Mari simak artikel berikut, agar Anda tidak ketinggalan informasi yang menarik dan bermanfaat. Selamat membaca…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Aplikasi Fintech yang Banyak Digunakan di Indonesia

Ada begitu banyak manfaat yang bisa diterima oleh masyarakat dengan adanya perusahaan fintech. Sebut saja manfaat mendapat pemahaman mengenai literasi keuangan, mengakses produk keuangan, hingga mempermudah transaksi keuangan.

Oleh karena perkembangan teknologi, berkembang jugalah perusahaan fintech di Indonesia.

Untuk menarik peminatnya masing-masing, aplikasi fintech tersebut menawarkan segala keuntungan yang akan didapat oleh pelanggan, apabila menggunakan produk aplikasi fintech mereka.

Fintech 1

[Baca Juga: 10 Pertanyaan yang Sering Muncul Tentang Fintech]

 

Lalu apa saja aplikasi fintech yang banyak digunakan di Indonesia? Berikut ini 10 aplikasi fintech yang umum di gunakan di Indonesia, dan yang baik perkembangannya.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

#1 Finansialku

Finansialku merupakan portal keuangan untuk individu dan juga keluarga, yang membantu Anda dalam merencanakan keuangan dengan tepat.

Dengan demikian Anda dapat mewujudkan tujuan keuangan. Finansialku juga telah diakui sebagai salah satu perusahaan fintech di Indonesia yang memiliki pertumbuhan tercepat.

Di Finansialku, Anda mendapat banyak artikel edukasi tentang keuangan.

Selain itu terdapat juga aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengatur keuangan, berkonsultasi dengan pakar keuangan, serta dapat mengikuti seminar-seminar perencanaan keuangan yang dilaksanakan oleh Finansialku.

Biar Gak Kalut, Pahami Risiko Pinjam Uang di Fintech Bodong 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Pertanyaan yang Sering Muncul Tentang Fintech Part 2]

 

Finansialku akan membantu penggunanya agar mengetahui bagaimana cara berinvestasi, menyiapkan dana pensiun dan juga mengenai asuransi.

Untuk Anda yang masih pemula dan belum memiliki modal pengetahuan dibidang tersebut, maka Finansialku juga menawarkan kursus belajar online. Aplikasi Finansialku dapat Anda unduh di Playstore dan Appstore dengan klik link di bawah ini.

playstore icon
appstore icon

 

Finansialku juga memiliki hubungan kerja sama dengan banyak partner yang berpengalaman dan profesional pada bidangnya masing-masing, sehingga Anda akan mendapat pelayanan terbaik.

 

#2 Bareksa

Aplikasi fintech ini didirikan oleh perusahaan Karaniya Dharmasaputra.

Sudah beroperasi secara resmi sejak bulan februari tahun 2013 yang lalu. Walaupun termasuk masih muda, tetapi pada aplikasi Bareksa, Anda dapat menemukan banyak produk reksa dana untuk investasi.

Setiap produk yang ada juga telah dilengkapi dengan profil yang lengkap, sehingga calon investor bisa mencari produk terbaik.

 

#3 Go Pay

Go Pay merupakan salah satu aplikasi fintech yang berkembang cukup pesat, dengan jumlah pengguna yang tidak sedikit.

Aplikasi yang menawarkan pembayaran non tunai ini juga selalu mengembangkan inovasi terbaru, yang membuat pengguna semakin betah.

 

#4 Amartha

Perusahaan fintech ini menawarkan layanan P2P lending dengan produk yang dinamai Tanggung Renteng.

Amartha sendiri sudah mulai beroperasi sejak tahun 2010, dan memiliki banyak pengguna, baik itu pengguna yang ingin menjadi investor ataupun pengguna yang menjadi peminjam dana.

Biasanya yang mengajukan pinjaman kepada Amartha ialah ibu-ibu yang hendak mendirikan usaha kecil-kecilan namun kekurangan modal.

 

#5 Doku

Doku mulai banyak digunakan di Indonesia sejak tahun 2007, dan memiliki 3 produk unggulan, dengan fungsi yang berbeda-beda.

Produk pertama ialah Doku My Shopping Card yang umum digunakan untuk bisnis kecil dan menengah, kemudian ada Doku Enterprise yang digunakan untuk pembayaran dengan jumlah yang besar.

Terakhir ada Doku Wallet yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan uang digital.

 

#6 Uang Teman

Uang Teman merupakan salah satu aplikasi fintech yang banyak digunakan. Khususnya bagi yang ingin meminjam uang dalam waktu yang singkat.

Disini Anda dapat meminjam dana dari 1 hingga 3 juta rupiah tanpa harus memberi agunan atau jaminan. Hanya saja, Anda tidak boleh meminjamnya lebih dari 30 hari.

7 Fintech yang Berpotensi Meningkatkan Perekonomian Indonesia 04 Gopay Finansialku

[Baca Juga: POJK Fintech: Pahami 9 Peraturan OJK Tentang Fintech di Indonesia]

 

Jadi, Uang Teman hanya cocok untuk Anda yang membutuhkan dana dengan nominal 3 juta ke bawah, dan yakin bahwa bisa melunasinya dalam 30 hari setelah peminjaman.

Jika tidak, maka tentu akan ada konsekuensi, sesuai dengan perjanjian yang berlaku.

 

#7 T-Cash

Aplikasi fintech dari Telkomsel ini memiliki manfaat yang beragam, mulai dari membeli pulsa, berbelanja, membayar tagihan, hingga melakukan pembayaran di tempat-tempat yang bekerja sama dengan T-Cash.

 

#8 Modalku

Modalku merupakan aplikasi fintech yang akan mempertemukan investor dengan pelaku usaha yang mengajukan pinjaman dana untuk usahanya.

Biasanya peminjam merupakan pelaku usaha kecil hingga usaha menengah. Jadi, investor dapat mencari data peminjam serta memberikan pinjaman melalui perantaraan Modalku.

 

#9 Midtrans

Midtrans awalnya berdiri dengan nama Veritrans, dan saat ini bergerak dalam memberi layanan jasa payment gate away setup, yang akan memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran.

Perusahaan ini juga telah membangun kerja sama dengan beberapa bank ternama di Indonesia, sehingga memiliki perkembangan yang juga cukup pesat.

 

#10 Cek Aja

Aplikasi fintech yang satu ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk membandingkan harga paket langganan TV nirkabel ataupun internet.

Namun selain itu, aplikasi fintech Cek Aja juga memberikan informasi seputar finansial, seperti kredit, investasi serta produk asuransi.

Buat Anda yang ingin melakukan perbandingan antara produk yang satu dengan yang lainnya, maka aplikasi ini termasuk aplikasi yang wajib Anda download.

 

Kenali Manfaatnya

Setiap aplikasi fintech diatas memiliki manfaat yang berbeda-beda, sesuai dengan tujuan dibentuknya aplikasi tersebut.

Untuk itu, kenali setiap manfaatnya  sehingga Anda bisa memilih aplikasi fintech apa yang Anda butuhkan.

 

Dari sekian banyak aplikasi fintech yang sudah dijelaskan di atas, aplikasi apa yang sudah ada pada smartphone Anda? Bagaimana pengalaman Anda dalam menggunakannya?

Yuk bagikan pengalaman itu di kolom komentar. Terima kasih…

 

Sumber Referensi:

  • Tohir. 10 Perusahaan Fintech Indonesia Paling Berkembang Saat Ini. Folderbisnis.com – https://bit.ly/2UpNlZB
  • Karin Hidayat. 08 November 2019. 10 Aplikasi Fintech yang Sering Digunakan Orang Indonesia. Duniafintech.com – https://bit.ly/2QzZQ3y
  • Admin. 5 Aplikasi Fintech Terbaik di Indonesia, Salah Satunya Wajib Anda Gunakan!. Fastpay.co.id – https://bit.ly/33zq8YS