Untuk sementara waktu, Arab Saudi memberhentikan umrah atas dasar memerangi penyebaran virus corona.

Simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Arab Saudi Memberhentikan Umrah, Kok Bisa?!

Virus Corona atau Covid-19 belum juga berhenti berdampak pada sektor hubungan international. Penyebaran wabah corona ini juga menjadi faktor dari keberangkatan umrah.

Pemerintah Arab Saudi untuk sementara waktu menyetop jumlah umrah dari luar negaranya. Dalam hal ini Indonesia juga termasuk.

Penghentian visa umrah tersebut diberlakukan atas dasar untuk mencegah virus corona yang sedang ganas menyebar ke beberapa negara.

Selain umrah, larangan untuk ziarah Masjid Nabawi pun diatur.

Arab Saudi berupaya memerangi penyebaran virus corona ini dengan menerapkan standar international dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Aturan Rekam Biometrik Jamaah Umrah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gawat! WHO Umumkan Virus Corona Sebagai Darurat Global!]

 

Dilansir dari Kumparan.com dari kantor berita SPA, Kamis (27/2), membeberkan bahwa kebijakan itu diambil Kementerian Luar Negeri Arab Saudi atas rekomendasi Kementerian Kesehatan.

Pemerintah Saudi menyatakan langkah pencegahan virus corona itu bersifat sementara dan akan terus dievaluasi.

Sebanyak 22 negara dicegah memasuki Saudi untuk sementara waktu, diantaranya; China, Iran, Italia, Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India, Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia, dan Vietnam.

Tak hanya itu, Penggunaan kartu identitas nasional (bukan paspor) untuk perjalanan ke atau dari Kerajaan Arab Saudi juga dihentikan.

Tetapi, ada pengecualian diberikan kepada warga lokal yang meninggalkan Arab Saudi menggunakan kartu identitas nasional mereka, atau warga negara Dewan Kerja Sama Teluk yang ingin kembali dari Arab Saudi dengan menunjukkan kartu identitas nasional mereka.

Melansir dari CNN Indonesia, Kamis (27/02) di Timur Tengah, Iran menjadi negara dengan infeksi terbanyak dengan 139 kasus dan 19 orang meninggal dunia.

Sementara Kuwait dan Bahrain baru-baru ini melaporkan kasus infeksi Covid-19 pertama.

Sejumlah negara tetangga seperti Pakistan, Afghanistan dan Irak mulai menutup perbatasan dengan Iran untuk menghalau penyebaran virus corona.

Wujudkan Impianmu! Begini Cara Berangkatkan Orang Tua Umrah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kini Visa Progresif Umroh Dihapus, Ini Ketentuannya]

 

Sementara itu, berdasarkan data dari akun twitter Spectator Index, Kamis  (27/02) mengumumkan jumlah nyawa yang hilang akibat virus corona, berikut nama negara dan jumlah kematiannya:

  • China: 2744
  • Iran: 19
  • South Korea: 13
  • Italy: 12
  • Diamond Princess Ship: 4
  • Japan: 3
  • Hong Kong: 2
  • France: 2
  • Taiwan: 1
  • Philippines: 1

 

Sobat Finansialku, tahukah Anda bahwa ada begitu banyak masyarakat yang mengalami kesulitan untuk bertahan hidup selama pandemi ini? Benar! Mereka membutuhkan uluran tangan Anda…

Anda bisa memberikan sedikit harta Anda kepada mereka dengan menekan tombol di bawah ini. Donasi bersama Finansialku!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Percayalah, donasi yang Anda berikan bisa menyelamatkan hidup masyarakat yang terkena dampak COVID-19. Terima kasih untuk Sobat Finansialku!

 

Bagaimana tanggapan Sobat Finansialku mengenai penyebaran virus corona yang semakin ganas merebak sampai mengganggu hubungan international.

Sila, tuangkan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ini. Sebarkan informasi ini pada kawan dan sanak saudara. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Jihad Akbar. 27 Februari 2020. Cegah Corona, Arab Saudi Setop Kedatangan Jemaah Umrah, Termasuk dari Indonesia. Kumparan.com – https://bit.ly/2PtETGQ
  • Redaksi. 27 Febuari 2020. Arab Saudi Tolak Jamaah Umrah 22 Negara, Termasuk Indonesia Gara-gara Virus Corona. Pojoksatu.id – https://bit.ly/2VwY7iV
  • Anton Suhartono. 27 Febuari 2020. Saudi Hentikan Sementara Izin Masuk untuk Umrah Terkait Virus Korona. Inews.id – https://bit.ly/2PsuwD4
  • Redaksi. 27 Febuari 2020. Arab Saudi Setop Sementara Visa Umrah di Tengah Wabah Corona. CNNIndonesia.com – https://bit.ly/3a2Byq6

 

Sumber Gambar:

  • Arab Saudi Memberhentikan Umrah – https://bit.ly/382t68U