Update virus corona: WHO mendeklarasi virus corona menjadi status gawat darurat di seluruh dunia.

Baca berita selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Positif Darurat Global

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasi wabah virus corona menjadi status gawat darurat sekaligus menjadikannya sebagai gawat darurat di seluruh dunia. Keputusan ini diambil dalam rapat yang sebelumnya digelar di Geneva, Swiss.

Tedros Adanom Ghebreyesus, Sekretaris Jenderal WHO dilansir dari laman cnnindonesia, Jumat (31/1), mengatakan;

“Karena jumlah pengidap terus bertambah dan terjadi penularan antarmanusia di luar China, maka WHO kembali menggelar rapat karena ada potensi wabah ini semakin meluas.”

 

Saat ini, virus tersebut telah menulari 98 orang dari delapan belas negara termasuk Amerika Serikat (AS) melaporkan kasus pertama penularan dari manusia ke manusia.

Para pakar juga menambahkan virus ini turut terdeteksi di luar China seperti Jerman, Vietnam, dan Jepang.

Sedangkan di China, wabah ini telah merenggut sekira 212 nyawa dengan kasus infeksi sudah mencapai lebih dari 7.700 orang dan membuat perkembangan virus ini menjadi sangat mengkhawatirkan karena berpotensi membuat virus menyebar lebih luas.

Tak Tertahan, Penyebaran Virus Corona Pengaruhi Sektor Ekonomi 01

[Baca Juga: Hebat! 60 Pasien Virus Corona Dinyatakan Sembuh]

 

Ghebreyesus, seperti yang dikutip dari laman wartaekonomi, Jumat (31/01), menerangkan;

“Izinkan saya jelaskan, deklarasi ini bukan suara tidak percaya pada China. Kekhwatiran terbesar kami adalah potensi bagi virus menyebar ke negara-negara dengan sistem kesehatan lebih lemah.”

 

Menanggapi ini, Otoritas China terkait juga dilaporkan telah melakukan berbagai langkah pencegahan untuk memerangi virus ini sejak Desember 2019 lalu.

Di antaranya adalah menutup Pasar Seafood Huanan di Wuhan, yang mana merupakan tempat penjualan hewan liar yang disebut-sebut sebagai asal penyebaran virus corona ini.

Bukan hanya itu, mereka juga membangun fasilitas medis secara cepat yang bisa digunakan mulai pekan ini dengan fasilitas tampung hingga 1.000 pasien.

“Inilah waktunya untuk fakta, bukan ketakutan. Inilah waktunya bagi ilmu pengetahuan, bukan rumor. Saatnya tiba bagi solidaritas, bukan stigma.”

 

Dalam kesempatan yang berbeda, dr. Mike Ryan selaku kepala Program Kedaruratan Kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, menyatakan kalau dirinya salut terhadap respon China terhadap wabah virus corona ini dengan mengatakan bahwa wabah virus ini merupakan sebuah tantangan yang besar tetapi China berhasil meresponnya sangat masif.

Hebat! 60 Pasien Dinyatakan Sembuh Dari Virus Corona 01

[Baca Juga: Lakukan 5 Langkah Ini Agar Tidak Tertular Virus Corona]

 

Dilansir dari laman kompas.com, lebih lanjut Ryan mengatakan kalau tim ahli internasional sedang berkumpul untuk pergi ke China dan bekerja sama dengan para ahli di sana untuk mempelajari lebih lanjut mengenai bagaimana penyakit ini ditularkan.

“Kami berada di titik penting dalam kejadian ini. Kami percaya rantai penularan ini masih dapat diputus.” Katanya seperti dilansir dari laman sains.kompas.com, Jumat (31/01).

Bahkan diketahui, para ilmuwan di Australia telah berhasil membuat ulang virus corona baru di luar China yang meningkatkan harapan bahwa itu dapat digunakan untuk mengembangkan tes diagnosa dini.

Sementara itu, dilansir dari laman sains.kompas.com, Ghebreyesus yang baru saja pulang dari kunjungannya ke China minggu ini menuturkan kalau ternyata kebanyakan orang yang tertular virus corona menderita gejala yang lebih ringan, tetapi sekitar 20 persen mengalami efek yang parah seperti pneumonia dan gagal pernapasan.

“China membutuhkan solidaritas dan dukungan dunia. Dunia harus bersatu untuk mengakhiri wabah, sekaligus belajar dari wabah yang terjadi di masa lalu.”

Tidak henti Finansialku mengingatkan Anda untuk tetap waspada dan melakukan pencegahan-pencegahan dini yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Lebih lanjut mengenai informasi tentang virus ini, klik Berita Virus Corona.

 

Sobat Finansialku, tahukah Anda bahwa ada begitu banyak masyarakat yang mengalami kesulitan untuk bertahan hidup selama pandemi ini? Benar! Mereka membutuhkan uluran tangan Anda…

Anda bisa memberikan sedikit harta Anda kepada mereka dengan menekan tombol di bawah ini. Donasi bersama Finansialku!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Percayalah, donasi yang Anda berikan bisa menyelamatkan hidup masyarakat yang terkena dampak COVID-19. Terima kasih untuk Sobat Finansialku!

 

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Silakan sebarkan informasi ini pada sebanyak mungkin sehingga semakin banyak orang yang sadar bahaya virus corona ini!

 

Sumber Referensi:

  • Gibran Maulana Ibrahim. 31 Januari 2020. WHO Umumkan Situasi Darurat Global Terkait Virus Corona. News.detik.com – http://bit.ly/38NiOu6
  • Admin. 31 Januari 2020. WHO Tetapkan Status Gawat Darurat Wabah Virus. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/2GFDZCi
  • Admin. 31 Januari 2020. Tok! WHO Nyatakan Wabah Virus Corona sebagai Darurat Global. Wartaekonomi.co.id. – http://bit.ly/38Soovf
  • Ardi Priyatno Utomo. 31 Januari 2020. Wabah Virus Corona, WHO Umumkan Status Darurat Dunia. kompas.com – http://bit.ly/37IQ3ia
  • Admin. 30 Januari 2020. Virus Corona Menginfeksi 7.711 Orang, WHO Peringatkan Dunia Ambil Tindakan. Sains.kompas.com – http://bit.ly/2RKQkvz

 

Sumber Gambar:

  • Corona Darurat Global 01 – http://bit.ly/2GE5hsT