Napak tilas jasa Ashraf Sinclair pada perusahaan startup yang disuntiki dana.

Simak faktanya di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Jasa Ashraf Sinclair Suntik Dana ke Perusahaan Startup

Selain aktif sebagai seorang aktor, semasa hidupnya, Ashraf Sinclair juga diketahui aktif sebagai investor.

Almarhum bahkan telah aktif menjadi angel investor untuk perusahaan-perusahaan startup di Indonesia.

Melansir laman ayobandung.com, istilah angel investor sendiri dimiliki oleh orang-orang pribadi yang bersedia melakukan investasi pada sebuah perusahaan startup dengan menggunakan uang pribadinya.

Sebagai balasan, orang tersebut (angel investor) akan mendapatkan saham dari startup yang dia modali.

Ashraf Sinclair sendiri tercatat sebagai venture partner dan bergabung dengan perusahaan modal ventura asal Amerika Serikat, ‘500 Startup’ yang juga dikenal sejak 2017 silam, sebagaimana dikutip dari laman crunchbase.com, Selasa (18/02).

“Kami menyambut Ashraf Sinclair untuk bergabung di tim Asia Tenggara 500 startups untuk membantu dan memilih gelombang baru untuk investasi Indonesia.” Terang pihak 500 Startups di laman resminya, 500.co sebagaimana dikutip dari laman dream.co.id, Selasa (18/02).

Kiat dan Cara Memilih Angel Investor yang Cocok 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kiat dan Cara Memilih Angel Investor yang Cocok!]

 

Perusahaan ini juga merupakan wadah akselerasi bagi perusahaan startup. Programnya serupa dengan program NextIcorn yang dibuat oleh pemerintah untuk perusahaan startup yang ada di Indonesia.

Perannya dalam perusahaan 500 Startups sendiri adalah mencari perusahaan startup asal Indonesia yang berpotensi untuk mendapatkan pendanaan tahap awal.

Program ini dinamai dengan program ‘500 Durians Fund’ atau ‘500 Dana Investasi Durian’.

Kata ‘Durian’ dipilih dengan filosofi buah Durian yang merepresentasikan kawasan Asia Tenggara yang familiar dengan buah yang dijuluki sebagai ‘raja buah’ di negara barat, seperti yang dilansir dari laman kumparan.com, Selasa (18/02).

Berkatnya, 500 Startups telah memberikan pendanaan pada sejumlah perusahaan startup dan unicorn di Indonesia seperti BukaLapak, Kredivo, Hijup, Kudo, dan Konserku.

Sebelum bergabung dengan ‘500 Startup’, Ashraf Sinclair sebelumnya juga telah aktif melakukan investasi di perusahaan startup.

Satu tahun sebelum bergabung dengan ‘500 Startup’ tepatnya pada 2016, Ashraf dan istrinya, Bunga Citra Lestari pernah melakukan investasi pada platform crowdfunding konser bernama ‘Konsaato’.

Sosok Ashraf Sinclair dan Hobinya Investasi Perusahaan Startup 02

[Baca Juga: Mengenal Lebih dekat Venture Capital sebagai Pendanaan Start Up]

 

Meninggalnya Ashraf tentu bukan hanya mengejutkan rekan sesama artisnya, namun juga rekan-rekan sesama investornya.

Khailee Ng, selaku managing partner di 500 Startup, lewat akun instagramnya turut memberikan ucapan belasungkawa atas kepergian Ashraf untuk selama-lamanya.

“Ashraf, I love you and miss you. Your friendship was a real gift to me, and your life, a real legacy of service to many.

Indonesian portofolio founders, friends, and colleagues here at @500startups mourn the loss of @ashrafsinclair. In these pictures you’ll see him not as an actor, but as a giver. Working hard between to give startup founders an extra boost where he could. His typical call to me would be, “This founder needs our help…” – he had a gift of intuition and always connected to people from heart to heart. Uplifting them. We are so fortunate to have had been able to meet him, and to journey with him. We send positive thoughts to his family. We will live on with the positivity and generosity that Ashraf upheld, and will pay it forward. It is what he would’ve been proud to see.”

 

Terjemahan:

“Ashraf, aku cinta dan merindukanmu. Pertemananmu adalah hadiah yang sebenarnya untuk saya, dan hidupmu adalah warisan bagi banyak orang.

Founder dari Indonesia portofolio, teman, dan kolega di 500 Startups sangat kehilangan Ashraf Sinclair. Di beberapa gambar ini, Anda akan melihat dia bukan sebagai seorang aktor, tapi seorang dermawan. (Ashraf) bekerja keras untuk memberi dorongan ekstra pada para pendiri startup. Kalimat kebiasaannya yang dilontarkan kepadaku adalah, “Founder ini memerlukan bantuan kita…” -dia memiliki bakat intuisi dan selalu terhubung dengan orang-orang dari hati ke hati, mengangkat mereka. Kita sangat beruntung pernah bertemu dengannya dan melakukan perjalanan bersamanya. Kami menyampaikan pemikiran positif kepada keluarganya. Kita akan hidup bersama dengan sikap positif dan murah hati yang ditegakkan Ashraf. Ini pasti menjadi hal yang ingin dia lihat.”

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Finansialku  turut kehilangan atas sosok Ashraf Sinclair. Kami berharap semoga kebaikannya dapat menuntunnya kepada jalan menuju Tuhan YME.

Sampaikan informasi mengharukan ini kepada rekan-rekan Anda, agar Ashraf Sinclair selamanya dapat dikenang sebagai pahlawan untuk para perusahaan rintisan di Indonesia!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 18 Februari 2020. Bukan Hanya sebagai Aktor, Ini Pekerjaan Lain Ashraf Sinclair Semasa Hidup. Ayobandung.com – http://bit.ly/2SXmTpb
  • Astrid Rahardiani Putri. 18 Februari 2020. Mengenang Ashraf Sinclair dan Investasi ‘500 Dana Durian’ untuk Startup Asia. Kumparan.com – http://bit.ly/2SH552R
  • Admin. 18 Februari 2020. Selain Aktor, Ashraf Sinclair Akrab dengan Dunia Investasi. Borneonews.co.id – http://bit.ly/2V2H0oI
  • Arif Budiansyah. 18 Februari 2020. Mengenang Ashraf Sinclair Suami BCL si Angel Investor Startup. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/37KqM6B
  • Arie Dwi Budiawati. 18 Februari 2020. Ashraf Sinclair Ternyata Sang Penolong Pebisnis Startup. Dream.co.id – http://bit.ly/2STOh7C
  • Fahmi Ahmad Burhan. 18 Februari 2020. Sisi lain Ashraf Sinclair, Seorang Venture Partner Startup. Katadata.co.id – http://bit.ly/2SYWpDJ

 

Sumber Gambar:

  • Ashraf Angel Investor 01 – http://bit.ly/2P9wKYa
  • Ashraf Angel Investor 02 – http://bit.ly/2V1Bu5E