Apa itu asuransi kesehatan rawat jalan? Apakah klaim dan jenisnya sama saja seperti asuransi kesehatan pada umumnya?

Pada kesempatan kali ini, Finansialku akan membahas mengenai asuransi kesehatan rawat jalan serta contoh produk asuransi kesehatan rawat jalan terbaik di tahun 2020.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk asuransi yang sudah tidak asing lagi. Asuransi yang satu ini memiliki manfaat perlindungan jaminan atas biaya pengobatan dan perawatan bagi pemegang polis.

Untuk kondisi yang ditanggung biasanya karena sakit atau kecelakaan dan secara rinci akan ditulis di dalam polis asuransi.

Pengecualian untuk tanggungan pun akan dituliskan dengan jelas di dalam polis pada saat Anda menandatangani perjanjian asuransi.

Sebagai gantinya, pemilik polis harus melunaskan kewajiban untuk membayar premi bulanan. Premi ini jumlahnya beragam sesuai dengan manfaat asuransi kesehatan yang dibeli.

Asuransi kesehatan sendiri dapat dibagi menjadi dua tergantung pada jenis perawatannya. Ada asuransi kesehatan rawat jalan dan asuransi kesehatan rawat inap.

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Perlukah Dibeli Gini Ulasannya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Produk Asuransi Kesehatan Manulife, Cocok Buat Siapa?]

 

Yang umum dan banyak dimiliki oleh para nasabah adalah asuransi kesehatan rawat inap. Alasannya karena biaya rawat inap cukup tinggi sehingga manfaat asuransi dapat dimaksimalkan dengan mengambil produk asuransi kesehatan rawat inap.

Namun, tidak semua penyakit membutuhkan perawatan inap, ada pula penyakit ringan yang hanya perlu diobati dengan rawat jalan. Di sinilah asuransi kesehatan rawat jalan bermanfaat.

Asuransi kesehatan rawat jalan dapat memberikan jaminan atas biaya perawatan dan pengobatan tanpa memiliki syarat perawatan inap atau melebihi sekian jam.

Selain itu, penyakit yang ditanggung pun biasanya lebih beragam, mulai dari penyakit ringan hingga berat.

Mulai dari biaya obat, biaya konsultasi hingga biaya perawatan setelahnya akan ditanggung seluruhnya oleh pihak asuransi.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan rawat jalan.

 

Daftar Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Terbaik 2020

Di bawah ini adalah beberapa daftar asuransi kesehatan rawat jalan terpercaya dan menguntungkan di tahun 2020 ini.

 

#1 Allianz SmartMed Premier

SmartMed Premier merupakan produk asuransi kesehatan untuk pribadi dan keluarga dari perusahaan asuransi Allianz.

Produk ini memberikan perlindungan secara komprehensif dan menjangkau berbagai wilayah di seluruh dunia dengan total manfaat hingga Rp 6 miliar per orang dalam setahun.

SmartMed Premier merupakan gabungan antara perlindungan asuransi rawat inap beserta rawat jalan dan memberikan fasilitas medis kelas VIP di rumah sakit jaringan Allianz yang berada di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan lainnya.

Manfaat tambahan yang juga ditawarkan oleh asuransi ini yaitu kemoterapi, hemodialisis, evakuasi medis dan pemulangan darurat, HIV/AIDS, serta biaya pemakaman.

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Perlukah Dibeli Gini Ulasannya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Produk dan Premi Asuransi Kesehatan Untuk Usia 40an]

 

Pada rumah sakit jaringan Allianz, Anda dapat menggunakan sistem klaim cashless dan pada rumah sakit di luar jaringan Allianz, Anda dapat menggunakan sistem reimbursement.

Persyaratan dan tata cara pengajuan polis:

  • Usia masuk adalah 15 hari – 75 tahun. Khusus untuk manfaat persalinan berusia 16-45 tahun.
  • Melengkapi Formulir Aplikasi Asuransi Kesehatan Perorangan (FAAKP).
  • Menandatangani ilustrasi manfaat
  • Menyertakan fotokopi KTP/KITAS dan dokumen yang telah terisi lengkap

 

#2 MiUltimate HealthCare Manulife

Selanjutnya, asuransi kesehatan yang dapat Anda pertimbangkan adalah dari perusahaan asuransi Manulife, yaitu MiUltimate HealthCare. Asuransi ini juga menawarkan manfaat rawat jalan kepada pemegang polis.

Selain itu, MiUltimate HealthCare juga memberikan limit tahunan jika pemegang polis menderita sakit kritis, seperti kanker, serangan jantung, gagal ginjal, atau transplantasi organ.

Sistem klaim dapat dilakukan secara cashless dan reimbursement. Untuk persyaratan dan tata cara pengajuan polis, adalah sebagai berikut:

  • Usia masuk untuk pasangan 18-70 tahun, untuk anak-anak 6 bulan – 17 tahun, dan untuk manfaat melahirkan berusia 20-43 tahun.
  • Mengisi formulir pengajuan asuransi MiUltimate HealthCare.

 

 

#3 Perlindungan kesehatan PRIMA

Perlindungan kesehatan PRIMA merupakan produk asuransi dari MyProtection.id. Asuransi ini menawarkan berbagai manfaat, salah satunya adalah pilihan manfaat perlindungan rawat inap dan rawat jalan.

Perlindungan kesehatan PRIMA juga menawarkan 24 jam contact center dan case monitoring serta menawarkan layanan eksklusif Personal Medical Assistance di rumah sakit terpilih.

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Perlukah Dibeli Gini Ulasannya! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga yang Terbaik]

 

Sistem klaim untuk polis asuransi ini adalah sistem cashless. Selain itu, yang unik dari polis asuransi ini adalah Fitur Saldo Prima.

Fitur ini memberikan penggantian atas biaya pembelian obat tanpa perlu melakukan perawatan inap atau perawatan jalan.

Untuk menjadi peserta asuransi, minimal Anda berusia 0 tahun dan maksimal 60 tahun. Usia perpanjangan sampai dengan 65 tahun.

Selain itu, terdapat periode masa tunggu, yaitu 15 hari sejak tanggal efektif kepesertaan, kecuali karena kecelakaan dan manfaat tambahan Saldo Prima dan 270 hari sejak tanggal efektif kepesertaan untuk 15 penyakit khusus.

 

#4 Cigna Premium Health Protection

PT Asuransi Cigna juga menyediakan asuransi kesehatan rawat jalan yang bernama Cigna Premium Health Protection.

Sistem klaim yang ditawarkan oleh polis ini adalah sistem klaim cashless yang dapat dimanfaatkan di seluruh rumah sakit jaringan Cigna yang berjumlah lebih dari 800 rumah sakit.

Manfaat yang ditawarkan antara lain, pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi penyakit sejak dini, rawat jalan yang juga mencakup konsultasi medis dan pemeriksaan diagnostik, rawat inap termasuk ICU dan pembedahan, serta pemulihan pasca rawat inap.

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Perlukah Dibeli Gini Ulasannya! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia 7 Faktor Premi Asuransi Kesehatan Bisa Besar!]

 

Persyaratan dan tata cara pengajuan polis asuransi Cigna Premium Health Protection adalah:

  • Usia masuk untuk pasangan 18-70 tahun, untuk anak-anak 6 bulan – 17 tahun dengan pemegang polis minimal berusia 21 tahun.
  • Mengisi formulir pengajuan asuransi Cigna Premium Health Protection.
  • Menyertakan fotokopi KTP/KITAS dan melengkapi dokumen yang ditentukan.

 

Bijak Memilih Asuransi Kesehatan

Setelah membaca penjelasan tentang asuransi Kesehatan rawat jalan dan contoh produknya di atas, semoga Anda bisa bijak dalam memutuskan asuransi Kesehatan mana yang tepat untuk Anda dan keluarga.

Jika Anda masih bingung, konsultasikan dengan ahli keuangan agar mendapat rekomendasi asuransi Kesehatan yang tepat sesuai dengan keuangan Anda.

Terhubunglah dengan ahli keuangan dalam fitur Perencana Keuangan di aplikasi Finansialku. Aplikasi ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Download aplikasinya dan manfaatkan promo potongan Rp 50 ribu untuk menjadi member Premium dan miliki akses semua fitur aplikasi dengan memasukkan kode CUAN50.

playstore icon
appstore icon

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda mengetahui perbedaan asuransi kesehatan rawat jalan dan rawat inap serta pilihan produk yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

GRATISSS, Yuk Download Sekarang!

ASURANSI KESEHATAN Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Teti Purwanti. 15 Januari 2020. Intip Daftar Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Terbaik 2020. Cekaja.com – https://bit.ly/3g1Dwul
  • Admin. Perlindungan Kesehatan PRIMA. Myprotection.id – https://bit.ly/2CXdYjL

 

Sumber Gambar:

  • Rawat Jalan 1 – https://bit.ly/31hFIaQ
  • Rawat Jalan 2 – https://bit.ly/3fmcrAL
  • Rawat Jalan 3 – https://bit.ly/2Dqzayu
  • Rawat Jalan 4 – https://bit.ly/31dyDIj