Asuransi kesehatan keluarga dapat menjadi solusi perlindungan ekstra untuk keluarga Anda. Bagaimana caranya memilih asuransi kesehatan yang baik?

Oleh karena itu, simak tips memilih asuransi kesehatan untuk keluarga dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

Kini, banyak sekali produk asuransi kesehatan untuk keluarga yang beredar. Masing-masing produknya memiliki keunggulan masing-masing.

Umumnya, asuransi kesehatan akan melindungi Anda dan keluarga dari risiko kesehatan yang akan muncul di masa depan.

Dengan menggunakan asuransi kesehatan keluarga, Anda akan mendapatkan pula perlindungan finansial saat penyakit datang di kondisi yang tak terduga.

Di antara banyaknya produk asuransi kesehatan untuk keluarga, Anda harus jeli dalam memilih asuransi kesehatan yang tepat. Berikut ini beberapa tips untuk memilih asuransi kesehatan untuk keluarga yang terbaik:

 

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

#1 Belilah Sesuai Anggaran Anda

Setiap keluarga pasti ingin yang terbaik untuk kesehatan keluarganya, akan tetapi Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan membeli produk asuransi kesehatan. Salah satunya, kondisi keuangan Anda.

Membeli asuransi kesehatan sesuai kondisi keuangan Anda merupakan cara terbaik. Jangan sampai Anda memikirkan pembayarannya setelah ditawarkan harga premi dari agen.

Anda harus menghitung keperluan lain terlebih dahulu. Misalnya saja, menabung, investasi, kebutuhan primer, dan bayar tagihan, sebelum akhirnya membeli produk asuransi kesehatan untuk keluarga.

Anda membeli produk asuransi keluarga setelah kebutuhan lain terpenuhi agar premi asuransi tidak membebani keuangan Anda.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga yang Terbaik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia 7 Faktor Premi Asuransi Kesehatan Bisa Besar!]

 

#2 Pilih Jenis Perawatan Yang Dibutuhkan

Setiap produk asuransi kesehatan memiliki berbagai jenis perawatan mulai dari rawat inap, rawat jalan, kesehatan gigi, kesehatan mata, dan sebagainya.

Perawatan seperti apa yang Anda butuhkan? Perlu Anda ketahui bahwa harga premi Asuransi yang memiliki perawatan lengkap akan jauh lebih mahal. Semakin lengkap fasilitas yang didapat akan mempengaruhi harganya.

Jadi, tentukan batas paling rendah yang dapat Anda toleransi. Ambillah asuransi kesehatan yang sesuai supaya Anda tidak membayar premi lebih banyak. Tujuannya supaya uang dapat Anda alokasikan ke tujuan keuangan lainnya.

 

#3 Ketahui Kebutuhan Keluarga Anda

Ketahui kebutuhan dan riwayat penyakit keluarga Anda. Dengan mengetahui kebutuhan kesehatan keluarga Anda dengan spesifik, Anda dapat memilih asuransi kesehatan dengan jangkauan polis yang sesuai.

Selain itu, jenis asuransi pun harus Anda pilih sesuai kebutuhan keluarga. Ada dua jenis asuransi, yaitu asuransi kesehatan tradisional berjangka (term) dan asuransi kesehatan unitlink. 

Asuransi kesehatan berjangka akan melindungi Anda untuk jangka waktu tertentu. Kelebihannya, harga premi yang jauh lebih murah daripada asuransi unitlink.

Sementara itu, asuransi kesehatan unitlink merupakan manfaat tambahan dari manfaat dasar asuransi jiwa. Oleh karena itu, harga premi tentu lebih mahal dibandingkan asuransi jiwa berjangka.

Jadi, jenis asuransi harus dicek baik-baik apakah sudah memenuhi kebutuhan keluarga Anda atau tidak.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga yang Terbaik 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jatuh Sakit Bikin Jatuh Miskin! Ini Pentingnya Asuransi Kesehatan]

 

#4 Pilih Jenis Asuransi Keluarga Yang Mudah Digunakan

Pilihlah asuransi kesehatan dengan klaim cashless, yaitu tanpa mengeluarkan uang. Anda hanya perlu menggunakan kartu asuransi untuk melakukan pembayaran biaya kesehatan.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk biaya kesehatan. Pihak asuransi yang akan menanggungnya.

Sayangnya, sistem cashless membutuhkan kuitansi asli. Itu artinya, Anda tak dapat mengajukan klaim ke asuransi lainnya.

Sistem cashless dinilai lebih praktis jika dibandingkan dengan sistem reimbursement. Pasalnya, dengan sistem reimbursement,

Anda akan mengeluarkan biaya terlebih dahulu jika Anda rawat jalan atau rawat inap di rumah sakit. Tentunya Anda akan repot jika kondisi keuangan Anda sedang tidak begitu baik.

 

#5 Cek Rumah Sakit Rekanan

Pastikan Anda memilih perusahaan asuransi yang memiliki rekanan rumah sakit di dekat dengan rumah Anda. Hal ini akan memudahkan Anda ketika perlu menggunakan fasilitas kesehatan.

Selain itu, pilihlah asuransi yang memiliki banyak rekanan di berbagai kota. Jadi, jika Anda dan keluarga sedang di luar kota, Anda bisa menggunakan asuransi kesehatan tersebut.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga yang Terbaik 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Pilih Asuransi Agar Terhindar Penipuan Asuransi Kesehatan]

 

Memahami Kondisi Keluarga Anda

Setiap keluarga memiliki kebutuhan kesehatan masing-masing. Anda harus jeli dengan kebutuhan keluarga Anda.

Jangan sampai memilih asuransi dengan fasilitas lengkap, tapi anggaran tidak mendukung. Ini tentu akan mempersulit Anda dan keluarga.

Anda dapat memilih asuransi kesehatan dengan premi terjangkau. Tentu saja, jaminan atau manfaat kesehatannya yang standar. Namun, ini sudah cukup menjamin Anda supaya tidak kesulitan saat musibah datang.

Bagi Anda bingung memilih produk asuransi kesehatan untuk keluarga, Anda dapat berkonsultasi dengan para perencana keuangan Finansialku.

Caranya, Anda dapat mengunduh aplikasi Finansialku di Google Playstore dan Appstore atau lewat link di bawah ini. Dengan fitur konsultasi, Anda dapat berdiskusi dan mendapatkan ulasan langsung dari para ahli.

playstore icon
appstore icon

 

Itu dia tips memilih asuransi kesehatan untuk keluarga yang terbaik. Jangan lupa share artikel ini. Siapa tahu rekan atau kerabat Anda sedang membutuhkan informasi ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 5 Cara Tepat Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik yang Perlu Diperhatikan. Prudential.co.id – https://bit.ly/35S16pa

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 1 – https://bit.ly/2zuGqaI
  • Asuransi 2 – https://bit.ly/2Lyro6F
  • Asuransi 3 – https://bit.ly/35UhjtK