Tahukah Anda faktor apa saja yang memengaruhi harga premi asuransi kesehatan? Di sini akan dibahas, dan Anda wajib tahu ini.

Selamat membaca…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Faktor Premi Asuransi Kesehatan

Mau punya asuransi kesehatan tapi kok preminya mahal-mahal sih? Mengapa premi asuransi kesehatan bisa mahal? Seperti yang kita ketahui bersama, premi asuransi kesehatan setiap orang itu berbeda-beda.

Setidaknya ada 7 faktor yang memengaruhi harga premi asuransi kesehatan. Setelah baca pembahasan di bawah ini, tentu Anda akan mengerti alasannya.

 

#1 Usia Tertanggung

Semakin muda seseorang mengambil produk asuransi kesehatan, maka preminya akan semakin murah. Coba cek. Kamu bisa daftarkan 2 anggota keluargamu yang usianya berbeda, misalnya kamu berusia 25 tahun dengan adikmu yang baru berusia 20 tahun.

Dalam prospectus kesehatannya, kamu akan mendapati harga premi asuransi kesehatan yang berbeda. Saya sebagai penulis pun sempat mengamati hal ini. Sekitar 3 tahun yang lalu saya coba mendaftarkan asuransi kesehatan untuk adik saya yang berusia 21 tahun.

Hasilnya jauh lebih murah hingga Rp 150 ribu dibandingkan premi asuransi kesehatan saya yang sudah berusia 28 tahun. Jadi dapat disimpulkan, faktor pertama yang mempengaruhi harga premi asuransi kesehatan adalah usia.

Kenali Mitos Asuransi Jiwa yang Masih Dipercaya Sampai Saat Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Pembelajaran Mengatur Keuangan Ala Generasi Milenial. Apa yang Mereka Lakukan?]

 

Usia saat kita membeli asuransi kesehatan akan menentukan harga premi produk asuransi kesehatan yang harus kita bayarkan setiap bulannya. Faktor ini tidak hanya berlaku bagi asuransi kesehatan, tetapi juga asuransi jiwa lho.

Mengapa semakin muda akan semakin murah dan sebaliknya semakin tua akan semakin mahal?

Faktor ini terkait erat dengan risiko yang kesehatan yang nantinya akan ditanggung oleh perusahaan. So, buat Anda yang masih muda, segera cari asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan.

Butuh konsultasi buat milih asuransi kesehatan yang cocok buat Anda? Konsultasi saja pada Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda.

 

#2 Riwayat Kesehatan

Namanya juga asuransi kesehatan. Tentu riwayat kesehatan juga menjadi faktor penentu preminya. Yang tiap bulannya harus Anda bayarkan.

Umumnya, perusahaan asuransi akan memberikan syarat berupa tes kesehatan bagi para calon nasabahnya yang akan membeli produk polis asuransi kesehatan dari perusahaannya.

Berkas hasil tes kesehatan itu akan menjadi faktor penentu besarnya premi asuransi yang akan muncul dalam prospectus polis. Sebelum akhirnya akan Anda tanda tangani sebagai bentuk kesepakatan atas pengajuan polis asuransi.

Asuransi Jiwa Term Life vs Asuransi Jiwa Whole Life, Pilih Mana_ 03

[Baca Juga: 5 Hal Menarik yang Harus Diketahui Investor Milenial yang Mulai Berinvestasi]

 

Selain itu, riwayat kesehatan pribadi dan juga riwayat kesehatan keluarga seperti orang tua misalnya, akan menjadi salah satu prasyarat yang harus dilampirkan.

Dari data riwayat kesehatan itu, akan menjadi dasar penentu sebuah perusahaan asuransi kesehatan untuk menentukan harga premi yang tertera dalam polis asuransi.

Riwayat kesehatan ini akan sangat berpengaruh juga pada risiko besar kecilnya tingkat kematian seseorang. Amit-amit kalau kita punya riwayat kesehatan yang tidak baik.

Misalnya, pernah mengalami penyakit yang akut, maka premi asuransi yang harus dibayarkan akan semakin mahal. Begitu sebaliknya.

 

#3 Kebiasaan Merokok

Nah, ini dia salah satu kebiasaan buruk yang bisa meningkatkan tingkat kematian seseorang. Kebiasaan merokok menjadi salah satu alasan dari sebuah perusahaan asuransi membuat premi asuransi lebih mahal.

Sudah tahu alasannya kan? Tak salah jika ada slogan yang mengatakan “Merokok Membunuhmu” Jika riwayat kesehatan orang tua baik, tapi calon nasabah memiliki kebiasaan merokok, harga premi asuransi sudah pasti akan mahal.


Risiko Selain diminta menuliskan riwayat kesehatan, kita biasanya juga diminta menuliskan data apakah kita termasuk perokok aktif atau tidak. Sebab, mayoritas perusahaan asuransi menilai seorang perokok memiliki risiko kesehatan lebih besar ketimbang yang tidak merokok.

 

#4 Jenis Pekerjaan

Pekerjaan Anda juga bisa jadi penentu harga premi asuransi. Orang yang bekerja dengan tingkat risiko kematian yang tinggi, tentu biaya asuransi kesehatannya akan lebih mahal.

Misalnya seperti para pekerja tambang minyak atau gas bumi, orang yang bekerja di maskapai penerbangan, pekerja konstruksi bangunan.

Asuransi Jiwa Pertama - Finansialku

[Baca Juga: Beli Kue di China Pakai Cicilan Kartu Kredit 3 Tahun? Begini Perilaku Milenial Di Sana]

 

Tak jarang pekerjaan sebagai seorang jurnalis juga dinilai memiliki risiko kematian yang tinggi. Berbeda dengan mereka yang bekerja sebagai  orang kantoran yang memiliki risiko kematian rendah. Tentu premi asuransi kesehatan tidak mahal.

Jadi, jika jenis pekerjaan memiliki risiko kematian yang tinggi, itulah kenapa perusahaan asuransi menentukan premi asuransi yang mahal.

 

#5 Besarnya Uang Pertanggungan (UP)

Uang Pertanggungan yang semakin besar akan membuat premi asuransi semakin mahal. Jelas donk! Kan nantinya uang pertanggungan yang keluarga kita terima akan sebanding dengan apa yang kita bayarkan.

Oleh sebab itu sangat disarankan untuk bijak dalam melakukan perhitungan kebutuhan nilai uang pertanggungan asuransi ya! Kamu bisa review polis asuransimu dengan Perencana Keuangan Finansialku lho!

Kebutuhan asuransimu akan dihitung dengan cermat. Sesuai kebutuhan dan berdasarkan tingkat inflasi dimasa mendatang oleh Perencana Keuangan Finansialku. Supaya Anda tidak kesulitan saat membayar preminya nanti.

Kaum milenial! Sudah tahu gambaran tentang masa depanmu? Segera rencanakan kehidupan keuanganmu dari sekarang dengan mengunduh E-Book Gratis Panduan Perencanaan Keuangan sesuai usia dari Finansialku berikut ini:

 

#6 Masa Kontrak Polis

Ada banyak varian kontrak asuransi atau masa perlindungan asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi kesehatan.

Mulai dari asuransi perjalanan yang paling singkat hingga asuransi whole life yang meng-cover perlindungan seumur hidup. Semakin lama masa kontrak polis yang kamu beli, maka semakin mahal juga biaya premi asuransinya.

 

#7 Jenis Asuransi

Jenis asuransi juga menentukan besarnya premi asuransi yang kamu harus bayarkan. Asuransi jiwa Term Life adalah jenis yang paling murah karena asuransi ini benar-benar memfokuskan biaya premi untuk keperluan proteksi.

Berbeda degan asuransi berjenis unit link yang memiliki 2 fungsi sekaligus, yaitu untuk proteksi sekaligus investasi yang tentunya premi asuransinya akan lebih mahal.

 

Cara Dapat Premi Asuransi Kesehatan Yang Lebih Terjangkau

Selain ingin dapat fasilitas proteksi yang sesuai kebutuhan dan oke punya, tentu ga ada yang menolak untuk mendapat harga premi asuransi yang murah. Gimana caranya?

 

#1 Semakin Muda, Semakin Murah, Semakin Baik

Intinya, jangan tunda-tunda memiliki asuransi kesehatan. Segera miliki sejak masih muda karena premi asuransinya akan lebih murah. Semakin kita bertambah usia, tentu risiko terkena penyakit akan lebih besar karena sistem organ tubuh kita mengalami penurunan fungsinya.

Hal ini akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan kita tentunya. Tidak ada kata terlambat untuk membeli asuransi kesehatan. Jangan tunda ya!

 

#2 Gunakan Asuransi Term Life

Asuransi Term Life memang sudah dikenal sebagai asuransi tradisional yang memiliki premi asuransi yang murah karena fasilitasnya difokuskan pada proteksi jiwa secara murni.


Berbeda dengan asuransi unit link atau asuransi endowment yang mengharuskan nasabahnya untuk membayar premi lebih mahal dan dengan uang pertanggungan yang rendah.

 

#3 Asuransi Kelompok

Dibandingkan dengan asuransi individu, asuransi kelompok jauh lebih murah preminya. Asuransi kelompok ini biasanya diperuntukkan bagi karyawan dan tak jarang bagi keluarga.

Asuransi kelompok bisa jadi pilihan tepat bagi asuransi keluarga dengan premi asuransi yang lebih terjangkau.

 

#4 Ketahui Produk Asuransi Rider

Dalam asuransi ada yang namanya produk rider atau tambahan pembelian asuransi yang membuat premi asuransi akan lebih mahal. Misalnya asuransi jiwa yang kamu beli sudah termasuk dengan proteksi untuk kesehatan dan juga kecelakaan.

Dengan kata lain, asuransi yang kamu beli adalah asuransi untuk jiwa, kesehatan dan juga kecelakaan. Karena manfaatnya yang semakin banyak, tentu biaya premi asuransinya juga akan semakin mahal.

 

 

Jadi, sudah tahu alasannya kenapa biaya premi asuransi mahal?

Kalau masih belum mengerti dan ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai asuransi kesehatan, Anda  dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap memberikan penjelasan dan nasihat sesuai dengan kebutuhan finansial Anda. Atau tinggalkan komentar pada kolom komentar

Anda juga dapat membagikan informasi dari artikel di atas kepada orang-orang yang membutuhkan! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Prudential. Mengenal Lebih Jauh Tentang Premi Asuransi Kesehatan. Prudential.co.id – https://bit.ly/2W3RZgw
  • Raditya Wardana. 25 November 2019. Premi Asuransi Jiwa. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3bNVuOP
  • Dion. 30 April 2019. Inilah Penyebab Mengapa Premi Asuransi Anda Jadi Mahal. Avrist.com – https://bit.ly/3bLahKj