facebook_pixel

Sebelum Mengambil Asuransi, Ketahui Dulu Manfaat dan Isi Polis Asuransi

Pernahkah Anda membaca atau mengetahui manfaat dan isi polis asuransi? Rubrik kali ini akan membahas mengenai manfaat dan isi polis asuransi, agar Anda dapat mengerti dengan lebih baik sebelum mengambil asuransi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Mengambil Asuransi Sebagai Perlindungan Terhadap Risiko

Apa yang Anda bayangkan pada saat Anda ditawarkan sebuah produk asuransi atau pada saat Anda ingin mengambil asuransi? Seperti yang kita ketahui, perusahaan asuransi semakin berkembang di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini. Semakin berkembangnya perusahaan asuransi, membuat semakin banyak pula tenaga penjual yang menawarkan produk asuransinya.

Pada saat Anda mengambil asuransi, yang terpenting tentunya adalah tujuan Anda mengambil sebuah asuransi. Asuransi merupakan sharing atau transfer risiko, dimana ketika risiko yang dapat menyebabkan kerugian finansial itu datang, Anda men-sharing-kannya atau mentransfer sebagian risiko tersebut kepada perusahaan asuransi.

Sebelum Mengambil Asuransi, Ketahui Dulu Manfaat dan Isi Polis Asuransi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisa Meneruskan Premi Asuransi Jika Berbeda Perusahaan Asuransi?]

 

Tetapi mengetahui tujuan saja, sebelum mengambil asuransi, masih belum cukup. Karena ketika risiko tersebut terjadi, tidak secara otomatis risiko tersebut ditransfer, dibutuhkan proses untuk mengklaim apa yang sudah menjadi perjanjian Anda dengan pihak asuransi.

Kontrak perjanjian yang mengikat antara nasabah dan perusahaan asuransi tertulis pada polis asuransi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa manfaat dan isi polis asuransi.

 

Polis Asuransi

Kebanyakan orang mengambil asuransi berdasarkan janji yang diberikan tenaga penjual, ada juga yang mengambil karena manfaat yang besar yang diperoleh dari asuransi, atau lain sebagainya. Tetapi pada saat mengambil, jarang sekali ada orang yang mengetahui isi dari polis asuransi terlebih dahulu.

Pada saat tenaga penjual menawarkan polis asuransi, biasanya yang mereka gunakan bukanlah contoh polis asuransi, tetapi mereka membawa proposal penawaran yang digunakan untuk menjelaskan manfaat asuransi kepada calon nasabah. Di dalam proposal juga ada banyak sekali tulisan-tulisan yang terlewatkan yang sebenarnya cukup penting untuk dibaca, salah satunya adalah bahwa ‘proposal ilustrasi bukanlah sebuah kontrak asuransi’. Jadi proposal tidak bersifat mengikat.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik?]

 

Semua tulisan yang ada di proposal tidak memiliki kekuatan hukum yang dapat kita percayai. Memang semua data yang ada di proposal menjadi acuan untuk membuat sebuah polis asuransi, tetapi polis asuransilah yang menjadi kontrak atau memiliki kekuatan hukum dimana kita sebagai calon nasabah, dapat mempercayai dan berpegangan kepadanya. Karena jika perusahaan tidak melakukan seperti yang tertulis di dalam polis asuransi, maka perusahaan tersebut tidak menepati janjinya dan dapat dituntut secara hukum. Di bawah ini kita akan melihat apa saja manfaat dan isi polis asuransi.

 

Manfaat dan Isi Polis Asuransi

Polis asuransi adalah kontrak perjanjian antara nasabah dan perusahaan asuransi. Manfaat dari polis asuransi adalah sebagai kontrak perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak dan memberikan konsekuensi kepada salah satu pihak yang tidak menepati perjanjian yang telah disepakati tersebut. Kedua belah pihak memiliki hak dan kewajiban yang tertulis di dalam polis asuransi tersebut.

Banyak orang yang tidak suka membaca isi polis asuransi karena di dalamnya banyak sekali peraturan-peraturan, istilah-istilah dengan menggunakan bahasa formal yang ada kaitannya dengan hukum, sehingga memang akan cukup sulit untuk dipahami jika hanya dibaca sekali atau secara sepintas. Oleh karena itu, memang untuk mengetahui isi polis asuransi secara detail dan terperinci akan sangat sulit. Saya akan membantu Anda untuk mengetahui bagian-bagian penting yang harus diketahui.

Infografis Asuransi Jiwa di Sepanjang Usia 01 - Finansialku

[Infografis: Asuransi Jiwa di Sepanjang Usia]

 

Polis asuransi biasanya berisi:

  • Rangkuman Manfaat Asuransi yang telah Anda sepakati untuk diambil. Rangkuman tersebut adalah data yang berasal dari proposal penawaran dan formulir pengajuan yang calon nasabah isi dan tanda tangani sebelumnya. Rangkuman ini biasanya berisi nomor polis asuransi atau nomor ID nasabah, nama produk asuransi, manfaat asuransi yang Anda ambil secara keseluruhan, biaya secara keseluruhan, tanggal pembayaran, tanggal berlakunya asuransi, penerima manfaat asuransi, dan jangka waktu asuransi.
  • Penjelasan secara umum mengenai istilah yang ada di polis, peraturan dan klausal-klausal hukum mengenai pelanggaran-pelanggaran, serta hak dan kewajiban kedua belah pihak, perusahaan asuransi dan calon nasabah.
  • Penjelasan rinci setiap manfaat asuransi yang telah Anda ambil, mulai dari istilah-istilah yang berkaitan dengan manfaat tersebut, risiko yang akan ditanggung, biaya yang akan ditagih oleh pihak asuransi, cara klaim dan persyaratannya.

 

Memang banyak sekali detail yang terdapat dalam polis asuransi, tergantung dari asuransi apa yang Anda ambil. Asuransi jiwa pada umumnya memiliki polis yang lebih banyak dibandingkan asuransi kendaraan, karena di dalam asuransi jiwa terdapat lebih banyak jenis manfaat dan istilah-istilah.

Dari sedemikian banyak hal yang tertulis di dalam polis, hal yang terpenting yang harus Anda ketahui adalah bagaimana cara agar klaim Anda dapat berjalan dengan baik. Bukan berdasarkan janji yang diberikan agen tetapi berdasarkan kontrak perjanjian Anda dengan pihak perusahaan asuransi, yaitu polis asuransi.

Jenis Asuransi Terbaik Asuransi Syariah atau Asuransi Konvensional 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jenis Asuransi Terbaik: Asuransi Syariah atau Asuransi Konvensional]

 

Secara khusus di dalam asuransi jiwa, nasabah sebenarnya mempunyai masa untuk menolak asuransi yang sudah Anda ambil. Masa ini dinamakan freelook period, yang memang diberikan kepada nasabah agar nasabah membaca terlebih dahulu polis yang telah diberikan. Freelook Period adalah masa selama 14 hari sejak Anda menerima polis asuransi, jika ternyata ada hal-hal yang tidak Anda setuju di dalam kontrak perjanjian tersebut, Anda dapat membatalkan polis atau mengembalikan polis tersebut sebagai tanda Anda tidak jadi mengambil asuransi tersebut. Dan semua dana yang telah Anda bayarkan akan dikembalikan kepada Anda, kecuali biaya cetak polis dan biaya medical check-up.

Perusahaan asuransi menggunakan polis asuransi sebagai pegangan mereka ketika ada nasabah yang mengajukan tuntutan atau komplain, karena semua perjanjian tertulis secara lengkap di dalam polis asuransi. Itulah pentingnya Anda mengetahui manfaat dan isi polis asuransi. Karena tujuan utama Anda mengambil asuransi adalah untuk menggunakan manfaatnya ketika risiko datang. Jika tidak bisa diklaim, untuk apakah asuransi tersebut?

Quiz Apakah Anda Mengenal Asuransi Jiwa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Mengenal Asuransi Jiwa?]

 

Ketahui Manfaat dan Isi Polis Sebelum Mengambil Asuransi

Seperti yang sudah saya jelaskan, sebelum mengambil asuransi, jauh lebih baik kita tidak hanya percaya dengan apa yang dikatakan oleh tenaga penjual saja. Tetapi kita juga harus mengetahui isi polis asuransi yang kita ambil. Kita dapat bertanya kepada tenaga penjual untuk memperlihatkan contoh polis yang ada atau kita dapat memanfaatkan freelook period untuk membatalkan polis yang telah kita ambil. Semoga informasi diatas membantu Anda untuk dapat mengetahui lebih jelas apa yang harus Anda ketahui sebelum mengambil asuransi.

 

Apakah Anda mengetahui isi polis asuransi sebelum Anda mengambilnya? Apakah Anda mengetahui isi polis asuransi Anda? Baca dan pahami isi polis Anda agar manfaat asuransi Anda dapat berguna pada saat dibutuhkan. Berikan pula komentar Anda pada kolom di bawah ini.

 

Sumber Gambar:

  • Reading – https://goo.gl/aDM8Pv dan https://goo.gl/Tx8R7Z

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-07-17T14:32:14+00:00 July 17th, 2017|Categories: Asuransi|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment